Mesin Roti 1 Jutaan

Mesin Roti 1 Jutaan – Memiliki hobi akan sangat menyenangkan jika disalurkan menjadi bisnis. Salah satu hobi yang menguntungkan adalah dapat membuat roti dan kue dengan kreasi sendiri. Apalagi jika kamu sudah berhasil mendapatkan respon positif dari teman-teman akan rasa kuemu. Hal itu merupakan bentuk dukungan dalam memulai bisnis.

Mengapa menyenangkan berbisnis dengan hobi? Dengan hobi kamu dapat menjalani bisnis dengan niat dan tujuan yang terarah. Kamu juga akan selalu merasa senang untuk mewujudkan bisnis dari hobimu. Gak salah jika banyak orang yang memilih usaha sesuai minat, hobi, atau kegemaran. Namun, hal yang perlu diingat adalah tidak semua hobi bisa kamu jadikan dalam media berbisnis.

mesin roti banner

Salah satu hobi yang dapat dikembangkan menjadi bisnis bukan lain adalah memasak. Akan lebih spesifik jika yang kamu buat adalah kue atau roti. Siapa yang tidak mengenal makanan ini? Saat ini, warga Indonesia banyak yang berlomba-lomba untuk membangun bisnis kue dengan rasanya yang kekinian. Begitu juga dengan para selebriti yang memanfaatkan situasi tersebut.

Sayangnya banyak orang yang menyerah dalam memulai bisnis. Bagi mereka membangun bisnis membutuhkan modal yang banyak dan sangat menguras tenaga. Jika pikiran awal sudah ter-mindset seperti itu, tentu saja bisnis tidak akan berkembang. Padahal banyak cara untuk kamu memulai bisnis roti.

Tips Bangun Bisnis Roti Rumahan

  • Punya kreasi roti yang unik

Sesuatu yang unik untuk dijual akan lebih cepat dikenal oleh masyarakat luas. Roti dengan sajian unik mampu meninggalkan kesan mudah diingat dan tak terlupakan. Kreasi unik roti dapat kamu mulai dari rasa dan tampilan yang berbeda. Ciptakanlah sesuatu yang luar biasa dengan kreatifitasmu sendiri.

  • Rangkul kerabat terdekat

Sebagaimana mestinya makhluk sosial pasti membutuhkan pertolongan. Kamu tentu tidak mampu untuk membangun usaha sendirian. Ajak teman atau kerabat terdekatmu untuk memulai bisnis bersama. Membangun bisnis bersama akan terasa lebih ringan. Kamu juga dapat berbagi atau menerima ide dari mereka.

  • Manfaatkan mesin dengan harga murah

Siapa bilang mesin yang berkualitas selalu memiliki harga mahal? Dengan memanfaatkan harga yang lebih murah juga tidak kalah hebatnya kok. Namun perlu diingat, sebelum membeli mesin ketahui terlebih dahulu spesifikasi dan komponennya. Tidak semuanya mesin murah memiliki spesifikasi baik.

Pemilihan mesin dengan harga murah ini juga menjadi solusi bagi kamu yang baru memulai bisnis. Kamu dapat memanfaatkan mesin roti kapasitas kecil dengan harga terjangkau. Masih ingin menekan budget? Kamu dapat memanfaatkan mesin roti bekas. Memilih mesin roti bekas juga perlu dilakukan secara teliti. Pilihlah mesin bekas yang masih layak pakai.

mesin pemotong roti TR350A

Jika kamu tertarik membeli mesin roti bekas, usahakan pilih dengan jangka waktu pemakaian sebentar. Dengan jangka waktu yang sebentar, biasanya mesin masih dalam kondisi prima dan layak untuk digunakan.

Berbicara tentang mesin, untuk menunjang hasil roti yang maksimal, kamu perlu menggunakan rangkaian paket mesin roti. Paket mesin roti terdiri dari mixer, proofer, dan oven. Dengan kapasitas tampung yang besar, ketiga mesin tersebut tentu saja memiliki harga jual yang tinggi. Nah, kamu tidak perlu takut. Banyak toko kebutuhan rumah tangga yang menyediakan mixer dengan harga di bawah Rp1jutaan.

Jenis dan Harga Mesin Roti hingga Rp1jutaan

Masa sih ada mesin roti dengan harga Rp1jutaan? Tentu ada dong! Mesin ini dirancang khusus untuk kamu yang ingin membuka bisnis rumahan. Mesin ini juga sering digunakan oleh para ibu rumah tangga dalam menyajikan kue untuk anak dan suami. Wah seru banget kan bisa memanfaatkan mesin murah?

Ada tiga jenis mesin roti yang dapat kamu nikmati, yaitu mixer, oven, dan proofer roti. Ketiga mesin tersebut rangkaian aktif untuk memproses roti. Mulai dari tahap pengadukan adonan yang menggunakan mixer, lalu pengembangan adonan dengan proofer, dan terakhir proses pemasakan yang menggunakan oven.

  • Mixer roti

Dalam bisnis bakery profesional, penggunaan mixer roti terbagi menjadi tiga, yaitu mixer planetary, mixer spiral, dan mixer horizontal. Ketiga mesin tersebut memiliki cara kerja dan pemilihan adonan yang berbeda. Namun, bagi kamu yang baru merintis usaha ini tidak menjadi masalah untuk menggunakan satu jenis mixer saja.

Berikut harga mixer rumahan yang bisa kamu manfaatkan:

Tipe Mixer Harga
Miyako HM-620 Rp130.000
Miyako SM-625 Rp182.000
Cosmos CM-9000 Rp1.599.000
Oxone OX-833 Rp315.000
Oxone Stand Mixer OX-855 Rp1.860.000
Maspion MT1150 Rp152.000
  • Oven Roti

Oven digunakan sebagai proses akhir dari pembuatan roti. Oven juga memiliki berbagai macam jenis yang digunakan sesuai kebutuhan mulai dari bisnis rumahan hingga industri berkembang. Oven yang digunakan untuk skala bisnis rumahan memiliki ukuran dan daya tampung yang sedikit. Oven jenis ini memiliki harga yang lebih murah dan tidak menguras budget.

Penggunaan oven dalam industri berkembang memang membutuhkan uang yang cukup banyak. Namun, siapa sangka bagi kamu pemula bisnis dapat memanfaatkan oven dengan harga di bawah Rp1juta secara cuma-cuma. Harga di bawah Rp1juta ini dapat mengirit uang di dompetmu. Yuk cek harga selengkapnya!

Tipe Oven Harga
Maspion MOT-500 Rp208.000
Kirin KBO-90M Rp269.000
Maspion MOT600 Rp370.000
Kirin KBO-190LW Rp465.000
Kirin KBO-250RA Rp549.000
Kirin KBO-190RA Rp594.000
Kirin KBO-200RAB Rp614.000
Maspion MOT-600 Rp646.000
Kirin KBO-200RA Rp655.000
Sharp EO-28LP-K Rp680.000
  • Proofer roti

Berbeda dengan mixer dan oven, proofer roti memiliki harga tinggi di atas Rp1juta. Mesin ini memang dikhususkan untuk industri roti profesional. Harga normal mesin ini dapat mencapai Rp7juta bahkan lebih. Begitu juga dengan harga mesin bekasnya. Kamu perlu mengeluarkan uang di atas Rp1juta. Lalu apakah ada solusi lain?

Tentu saja ada. Masih banyak cara untuk menghasilkan roti yang berkualitas. Kamu bisa menggunakan cara tradisional, yaitu dengan ragi. Cara menggunakan ragi ini memang dibutuhkan kesabaran dan ketelitian. Kamu perlu memeriksa keaktifan ragi terlebih dahulu. Cara memeriksanya dengan mencampurkan air hangat.

Wirastar Mesin Proofer-roti-BFR-YF30B

Air yang digunakan harus terjaga suhunya tidak boleh terlalu panas atau terlalu dingin. Tanda ragi yang masih aktif, yaitu munculnya gelembung-gelembung pada permukaan air. Setelah itu ragi dapat dicampurkan dengan adonan. Setelah adonan diuleni diamkan beberapa saat di wadah yang tertutup. Setelah roti mengembang, dapat dimasukkan ke oven untuk tahap pemanggangan.

Manfaat Menggunakan Mesin Roti

Demi menghasilkan roti yang berkualitas, penggunaan serangkaian mesin roti memang perlu dipertimbangkan. Mulai proses pengadukan adonan sebenarnya bisa saja menggunakan kedua tangan secara manual. Namun, untuk menempuh cara profesional tentu saja kamu perlu meninggalkan cara manual.

Penggunaan mesin juga dapat mengefesienkan waktu dan tenaga. Selain itu, dengan memanfaatkan tenaga mesin adonan lebih higienis karena tidak bersentuhan langsung dengan tangan. Mesin juga dapat mempermudah untuk kita melakukan kegiatan lainnya. Misalnya penggunaan mixer standing, sambil menunggu hasil adonan merata kamu dapat menyiapkan penggunaan ragi untuk proses pengembangan. Sangat efisien bukan?

mesin roti 1 jutaan

Dengan harga Rp1jutaan bahkan di bawahnya kamu dapat menikmati manfaat mixer dan oven rumahan. Nah, jika kamu sudah yakin bisnis yang dibangun akan berjalan lancar, mulailah beralih menggunakan mesin dengan kapasitas yang lebih besar. Yuk kembangkan hobi menjadi masa depanmu!

 

(Zakiah)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

19 − one =