Mesin Giling Daging Besar Untuk Industri Makanan

Mesin Giling Daging Besar

Mesin giling daging besar biasa digunakan dalam industry makanan dalam pengolahan daging. Produk makanan berbahan dasar daging ada banyak sekali dipasaran. Jadi tak heran bila mesin giling daging besar sangat diperlukan dalam pengolahan produk makanan berbahan dasar daging.

Mesin Giling Daging Besar 1

Ukuran penggilingnya yang besar dan kapasitas daya tamping yang besar. Sehingga mampu menggiling daging dalam jumlah yang banyak untuk kebutuhan industry makanan berbahan dasar daging. Seperti industry bakso, sosis, nugget, patties burger, kornet dan masih banyak lagi.

Dalam penggunaannya mesin giling daging mesar memberikan banyak sekali manfaat dalam melakukan pekerjaan menghaluskan daging. Salah satunya memudahkan pekerjaan pengolahan daging, mempercepat produksi makanan, juga meningkatkan omset penjualan. Berikut ini ada beberapa manfaat mesin giling daging besar, yuk simak.

Beberapa Manfaat Mesin Giling Daging Besar

Apabila Anda bergerak pada bisnis makanan yang menggunakan dagaing sebagai bahan utamanya, maka mesin penggiling daging harus ada di dapur Anda. Mesin penggiling daging tidak hanya akan menghemat banyak uang tetapi juga waktu produksi yang Anda butuhkan. Selain itu, Anda bisa mendapatkan kekasaran daging yang tepat karena ada beberapa bilah pisau yang tersedia untuk kekasaran yang berbeda.

Bagi orang awam, mesin ini hanya digunakan untuk menggiling daging saja. Namun, mesin penggiling daging juga dapat diaplikasikan pada bahan lain. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah ulasannya:

  • Menggiling Daging

Pada dasarnyam mesin ini berguna untuk menggiling daging jenis apa pun. Karena itu, Anda akan mampu menghasilkan daging segar, berair, dan empuk untuk hidangan kapan pun Anda mau. Ketersediaan berbagai ukuran pisau pada mesin ini menghasilkan daging dengan kekasaran yang berbeda. Ini memungkinkan Anda untuk menyiapkan semua hidangan yang biasanya Anda beli dari swalayan. Oleh karena itu, mesin penggiling daging memberi Anda kemudahan untuk menyiapkan hampir semua hidangan di dapur rumah dan bisnis makanan Anda.

  • Membuat sosis

Sosis merupakan salah satu makanan favorit bagi pecinta daging dan ada begitu banyak hidangan berbeda yang bisa Anda buat dari oalahan daging yang satu ini. Dengan memanfaatkan mesin penggiling daging, Anda dapat menyiapkan sosis denga kekerasan daging yang berbeda. Kemudian Anda bisa membumbui sosis tersebut dan menyajikannya kepada para pelanggan atau keluarga Anda.

  • Daging burger

Dengan memanfaatkan mesin ini, Anda juga bisa membuat daging burger atau yang biasa disebut dengan patty. Anda bisa memasukkan daging yang Anda sukai serta jumlah lemak yang Anda inginkan pada mesin ini. Anda juga bisa menambahkan beberapa tetes minyak dan rempah-rempah untuk menghasilkan rasa dan tekstrur daging yang Anda inginkan. Dengan begitu, Anda memiliki kontrol penuh hasil daging yang Anda inginkan. Untuk memudahkan Anda, yang harus Anda lakukan adalah membuat bentuk patty begitu daging keluar dari mesin ini.

  • Menggiling tulang

ApabilaAnda memiliki hewan peliharaan di rumah, Anda dapat menggiling tulang mentah dari daging jenis apa pun dengan bantuan mesin ini. Baik itu ayam, bebek, kelinci, sapi, kambing atau domba, mesin penggiling daging akan dapat meggilingnya. Dengan begitu, hewan peliharaan Anda akan lebih mudah memakan tulang daripada memberikan mereka potongan tulang secara utuh.

  • Menggiling sayuran

Mesin penggiling daging juga bisa dimanfaatkan untuk hidangan vegetarian. Anda dapat menggiling berbagai jenis sayuran dengan mudah menggunakan mesin ini. Mesin ini berguna ketika Anda mempersiapkan acar dan lainnya. Faktanya, beberapa koki lebih menyukai mesin ini ketimbang melakukannya secara manual. Anda juga bisa mencampur beberapa rempah sambil menggiling sayuran untuk menghasilkan rasa yang Anda inginkan.

Ada banyak kegunaan dan manfaat dari sebuah mesin penggiling daging. Oleh karena itu, mesin penggling daging kapasitas besar ini adalah salah satu peralatan dapur paling menguntungkan untuk dimiliki. Anda juga dapat menemukan kegunaan lain pada bahan-bahan berbeda saat Anda menggunakannya untuk mempersiapkan hidangan yang Anda inginkan.

 

Cara Penggunaan Mesin Giling Daging Otomatis

  • Pertama, Bekukan daging selama 30 menit.  Ini akan membuat daging mudah untuk dipotong menjadi kotak kecil-kecil untuk digiling.
  • Kedua, Potong daging, menggunakan pisau yang tajam, menjadi kotak-kotak kecil berukuran satu inchi.  Letakkan kembali ke dalam freezer hingga mesin penggiling Anda sudah siap untuk digunakan.
  • Ketiga, Siapkan mesin penggiling Anda dan atur sesuai panduan penggunaan.  Untuk mesin penggiling stand-alone, bisa jadi sudah termasuk pengaman penggilingnya untuk diletakan di atas meja dengan menggunakan penjepit.  Untuk mesin penggiling yang menjadi satu dengan mixer, pastikan bahwa mesin penggiling tetap pada tempatnya.
  • Keempat, Letakkan mangkuk besar atau baki di bawah moncong/output mesin penggiling.
  • Kelima, Nyalakan mesin dan mulai menggiling daging. Gunakan plunger yang ada di mesin untuk menekan daging masuk ke dalam gergaji penggiling.
  • Keenam, Lanjutkan menggiling daging sampai menjadi kecil kecil
  • Ketujuh, Ubahlah pisau pemotong pada mesin penggiling menjadi pisau halus jika mesin Anda dilengkapi dengan beberapa pisau.  Ulangi proses penggilingan hingga selesai.

 

Mesin Giling Daging Besar 2

Tips Mengolah Daging Dengan Mesin Giling Daging

Untuk bisa memanfaatkan dan mendapatkan hasil terbaik dari sebuah mesin penggiling daging, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan selama pengolahan, antara lain:

  • Ukuran potongan daging

Pada saat mengolah daging, salah satu hal yang perlu Anda perhatikan agar olahan daging sempurna adalah ukuran potongan yang dimasukkan kedalam mesin. Secara umum, untuk mendapat potongan yang baik, Anda bisa memotong daging dengan ukuran 3-5cm. Dengan ukuran potongan tersebut, Anda bisa mendapatkan olahan daging yang lembut dan lezat saat diolah.

  • Kecepatan putar mesin

Tingkat kelembutan serat daging saat akan diolah menjadi olahan lain terkadang tergantung dari kecepatan putaran mesin. Semakin cepat perputaran mesin, adakalanya daging yang terbentuk akan semakin halus. Namun demikian, berapapun kapasitas daging giling yang Anda inginkan, sesuaikan dulu dengan tujuan penggilingan daging yang ingin Anda dapatkan, misalnya saja saat Anda menggiling 2kg daging dalam sekali putaran mesin untuk membuat bakso.

  • Jumlah daging yang dimasukkan

Keberadaan mesin penggiling daging akan mempermudah aktivitas Anda dalam menghasilkan daging yang lembut dan berkualitas. Ketika Anda ingin mendapatkan hasil daging giling yang banyak, Anda perlu memperhatikan jumlah kg daging yang dimasukkan kedalam mesin sekali putaran. Hal ini akan memberi Anda estimasi waktu yang dibutuhkan untuk mengolah semua daging yang sudah Anda siapkan.

  • Jenis pisau yang digunakan

Sebuah mesin penggiling pasti memiliki pisau yang membantu agar tingkat kelembutannya sesuai. Namun demikian, menggiling daging tidak akan memberi hasil yang optimal apabila pisau yang digunakan tidak disesuaikan dengan kriteria serat daging maupun ukuran potong daging. Itu sebabnya, saat Anda ingin menggiling daging, sesuaikan bentuk pisau yang digunakan dengan jenis daging yang akan digiling.

  • Higienitas Daging

Setiap daging yang diolah dengan mesin penggiling, perlu diperhatikan higienitasnya. Dengan begitu, hasil olahan daging yang didapatkan bisa memiliki kualitas yang diharapkan untuk diolah menjadi jenis makanan jadi.

Cara Perawatan Mesin Giling Daging

  • Usahakan mesin giling dalam keadaan kering saat tidak digunakan. Sedangkan saat ingin menggunakan dinginkan dulu sejenak.
  • Pastikan potongan daging yang tidak terlalu besar atau terlalu kecil. Dengan ukuran tersebut akan memudahkan mesin untuk memproses lebih cepat penggilingan daging.Mesin pun lebih awet dan tidak cepat rusak.
  • Perhatikan ketajaman pisau penggiling. Pertahakan pisau agar selalu bersih. Jika pisau berkarat akan mempengaruhi olahan daging yang digiling. Setiap selesai digunakan, cuci bersih pisau kemudian lap sampai bersih dan kering sebelum dimasukkan ke lemari.
  • Sesuaikan pisau penggiling dengan hasil gilingan daging yang Anda inginkan. Pilihlah grind sesuai daging yang ingin Anda olah, misalnya untuk bakso grind lebih kasar, sedangkan untuk sosis daging digiling dengan lebih halus.
  • Gunakan garam sebelum proses penggilingan karena dapat menjadi tambahan protein dan akan berpengaruh pada tekstur daging.

Bila melakukan perawatan di atas akan menjaga kualitas mesin selalu prima saat dipakai. Pastinya anda tidak mau bukan bila mesin Anda sering mengalami kerusakan?. Untuk itu, rawatlah mesin Anda dan jaga kondisi mesin agar tetap prima sehingga menghasilkan daging giling yang terbaik.

Mesin Giling Daging Besar 3

Demikian pembahasannya tentang mesin giling daging besar yang digunakan dalam industry produk makanan. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda.

Chat via WhatsApp