Mesin Pembuat Mie

Mesin pembuat mie adalah alat yang bekerja secara otomatis untuk mencetak mie dengan bentuk presisi. Mesin ini menjadi alat wajib para produsen mie. Mesin ini juga digunakan para penjual mie ayam atau kwetiaw yang ingin memiliki cita rasa tersendiri. Uniknya mesin pembuat mie dapat mencetak menjadi beberapa ukuran.

mie ayam

Hadirnya mesin otomatis ini memudahkan para produsen untuk mencetak mie dalam jumlah banyak dan bentuk yang presisi. Mesin ini juga memberikan keuntungan yang tinggi. Seperti yang kita tahu, makanan yang layaknya seperti rambut keriting ini memiliki banyak penggemar. Melihat kondisi itu, banyak para pebisnis rumahan yang mencoba untuk menjual makanan dari bahan mie.

Karena banyaknya permintaan, mie mudah ditemukan di mana saja. Para penjual mie ayam, kwetiaw, dan olahan mie lainnya pun terkadang lebih memilih mie yang dijual di pasaran daripada membuat sendiri. Mereka tidak mau ambil pusing untuk bekerja dua kali, membuat mie kemudian memasaknya.

Hal itu memang sah-sah saja. Namun, jika Anda memiliki keinginan yang lebih kreatif tentu saja membuat mie sendiri lebih diutamakan. Selain itu, menggunakan mesin pembuat mie ini Anda bisa mengatur tingkat ketebalan mie yang diinginkan. Mau bentuk mie ayam atau kwetiaw? Anda bebas menentukan.

Senada dengan itu, mie yang dijual di pasaran biasanya memiliki tekstur dan rasa yang sama. Menggunakan mie yang sama dan dimanfaatkan oleh banyak orang tentu saja kita tidak bisa membentuk identitas dari produk makanan. Itu mengapa banyak penjual mie ayam yang mulai mencoba mesin pembuat mie agar memiliki rasa yang berbeda dari lainnya.

Dengan begitu, ternyata mesin pembuat mie bisa dijadikan alat bantu dalam berbisnis. Di Indonesia para pebisnis kuliner berlomba-lomba mencari cara agar produk makanannya mudah dikenal dan rasanya diterima oleh masyarakat.

Wirastar Mesin Cetak Mie NOD-200

Hidangan mie sendiri beragam, mulai dari warna, tampilan, rasa, dan lain-lain. Namun, hal yang utama adalah tekstur dan rasa dari mie. Jika cara pengolahan salah, akan berdampak pada langkah-langkah berikutnya. Biasanya tektsur mie terlalu keras atau bahkan sebaliknya terlalu lembut hingga mudah putus.

Berbisnis menggunakan mesin pembuat mie tidak hanya memanfaatkan mesin cetak saja lho. Mesin pembuat mie ini dapat Anda manfaatkan mulai dari proses pengadukan adonan hingga pemasakkan mie. Lalu apa saja ya jenis-jenis mesin pembuat mie?

Jenis Paket Mesin Mie

Horizontal Mixer

            Mesin ini memiliki fungsi dengan jenis mixer lainnya. Namun, cara kerja mesin ini berbeda. Untuk mengaduk adonan menggunakan mesin ini melalui proses dengan cara mendatar atau horizontal. Maksud pengolahan tersebut bertujuan untuk mempermudah saat mencetak mie. Mengapa demikian?

Horizontal mixer memberikan hasil adonan yang berkualitas dalam bentuk lembaran. Nah, adonan yang berbentuk lembaran itulah yang memudahkan Anda nantinya dalam mencetak mie. Jika menggunakan mixer biasa, Anda harus bekerja dua kali, yaitu memipihkan adonan terlebih dahulu agar bisa dicetak dengan mesin cetak mie.

Mesin Cetak Mie

Kalau mesin ini sudah pasti apa kegunaannya, yaitu mencetak mie. Mesin ini dapat diatur terlebih dahulu untuk menentukan ukuran mie yang mau dicetak sesuai keinginan Anda. Biasanya adonan akan sedikit dipipihkan terlebih dahulu dengan menggunakan mesin inu. Kemudian baru dicetak.

Saat pencetakkan, ada baiknya ditaburi terigu di bawah tempat jatuhnya mie atau saat mie dicetak di mesin. Hal itu bertujuan agar tidak terjadi kelengketan pada mie. Mesin cetak mie ini memiliki ukuran kecil dan besar. Mesin cetak mie kecil biasanya sering dimanfaatkan oleh pebisnis rumahan yang baru memulai usahanya. Sedangkan mesin cetak mie ukuran besar diprioritaskan oleh produsen yang sudah berpengalaman di bidangnya.

Menggunakan mesin cetak mie ukuran kecil juga menguntungkan. Mie ini bisa ditempatkan di berbagai tempat dan dibawa ke mana saja. Sedangkan mesin ukuran besar Anda harus menyesuaikan dengan tata ruang outlet terlebih dahulu.

Wirastar Mesin Cetak Mie NOD-300SS

Meskipun memiliki kedua perbedaan ukuran, kerja mesin ini otomatis dan praktis. Selain mesin otomatis, mesin cetak mie juga memiliki model manual yang harus memutar tuas untuk mencetak mie. Hal tersebut akan sedikit menghambat waktu dan tenaga.

Gas Noodle Cooker

            Gas noodle cooker adalah mesin yang dirancang khusus untuk memasak mie. Biasanya Anda menggunakan panci untuk merebus mie. Hadirnya gas noodle cooker akan lebih mempermudah Anda. Mesin ini juga memiliki control panel seperti kompor. Anda bisa mengatur tingkatan api yang digunakan, sehingga mie tidak akan terlalu keras atau kelembutan.

Peluang Bisnis

Memilih mesin pembuat mie akan membantu Anda dalam segala proses mengadon, mencetak, dan memasak mie. Mesin pembuat mie ini memiliki banyak jenis mulai dari ukuran kecil hingga besar. Selain mesin pembuat mie otomatis, juga tersedia alat pencetak mie manual. Namun, bagi Anda yang mengedepankan kecepatan akan lebih baik menggunakan mesin pembuat mie otomatis.

Mengawali bisnis terkait kuliner salah satu hal yang perlu disiapkan adalah keunikan hidangan. Berbicara tentang mie rasanya semua jenis hidangan mie selalu menarik perhatian. Mie selalu berhasil tinggal di lidah pelanggan dengan berjuta rasanya yang lezat. Namun, sebelum merasakan mie hal pertama kali yang dilihat adalah tampilan.

Tampilan yang unik akan menarik rasa penasaran konsumen untuk mencobanya. Salah satu mie yang menarik perhatian adalah mie hitam. Sesuai dengan namanya, mie ini memiliki warna yang tidak lazim seperti biasanya. Sebagian orang mungkin tidak menginginkan mie ini. Tampilan mie yang hitam tentu akan terlihat aneh dan muncul ekspetasi berlebihan tentang rasanya.

Padahal rasa mie hitam ini tidak jauh berbeda dengan jenis mie lainnya lho. Hitam pada mie tersebut berasal dari tinta hitam cumi. Selain tinta hitam, sesekali beberapa orang juga banyak memanfaatkan cumi untuk membuat rasa lebih menarik. Hitam pada mie juga bisa berasal dari kecap, arang bambu, atau bahan pewarna makanan alami lainnya.

Nah, untuk topping dan bumbu pelengkapnya sebenarnya sama saja dengan mie lainnya. Namun, jika Anda ingin refrensi baru juga tidak menjadi masalah. Siapa tau mie buatan Anda lezat dan mudah diterima di lidah warga Indonesia.

Selain mie hitam ada hidangan menarik lagi, yaitu mie terbang. Hii membayangkannya saja sudah seru bukan? Bagaimana cara memakannya jika mie tersebut terbang? Nah, ini juga bisa dikreasikan sebagai menu makanan yang nantinya akan Anda jual. Membuat hidangan mie hitam terbang adalah konsep gabungan yang mungkin bisa Anda kembangkan lebih kreatif.

Cara Membuat Mie Hitam

mie hitam

Bahan-bahan

  • 500gr tepung terigu yang berprotein tinggi
  • 2 butir telur ayam yang dikocok lepas
  • 30ml air khi
  • 750gr tinta cumi-cumi segar
  • 200ml air
  • 2sdm tepung sagu
  • 1 liter air untuk merebus
  • 1sdm minyak goreng

Langkah-langkah

  • Campur telur kocok dengan terigu. Tuang air khi lalu aduk hingga rata menyeluruh.
  • Masukkan tinta cumi-cumi. Kemudian aduk rata kembali.
  • Tuang air sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga kalis.
  • Bagi adonan menjadi 6 bagian. Masing-masing bagiannya taburi dengan tepung sagu.
  • Tipiskan adonan menggunakan alat pembuat mie hingga ketebalan 2mm.
  • Kemudian taburi kembali dengan tepung sagu. Setelah itu, cetak menggunakan alat pembuat mie.
  • Rebus mie dengan air mendidih yang telah diberikan minyak goreng selama 7 menit.
  • Setelah lunak, siram menggunakan air matang dingin.
  • Mie siap diolah

Banyak orang yang bertanya mengapa tinta cumi-cumi bisa dijadikan sebagai pewarna mie? Padahal tinta tersebut berfungsi untuk mengelabuhi musuh jika cumi-cumi merasa dirinya terancam. Meskipun digunakan untuk menyerang musuh, tinta cumi-cumi memiliki manfaat untuk manusia. Tinta cumi-cumi ini dapat melawan sel kanker yang tumbuh dalam tubuh manusia. Tinta cumi bersifat anti-angiogenic yang dapat mencegah pertumbuhan tumor.

Nah, sudah tahu kan sekarang tinta cumi tidak berbahaya untuk kita. Setelah olahan mie hitam jadi, saatnya menyiapkan topping dan bahan-bahan lainnya. Menyiapkan topping untuk mie sebenarnya tidak jauh dari potongan ayam, sambal, dan lain-lain. Karena kita ingin membuat mie terbang, sepertinya resep topping yang paling mudah dari mie ayam.

Resep Topping Mie Ayam Enak

Bahan utama

  • 300gr daging dada ayam
  • 100gr kulit ayam (boleh tidak digunakan)

Bumbu halus

  • 3 siung bawang putih
  • 2 siung bawang merah
  • 3 butir kemiri
  • 1 ruas kunyit
  • ½ sdt merica
  • ½ sdt ketumbar
  • 1sdm gula merah yang disisir
  • Gula secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Penyedap rasa secukupnya

Bumbu kasar

  • 1 batang serai, memarkan
  • 1 ruas lengkuas, memarkam
  • 3 lembar daun jeruk
  • 1sdm saus tiram
  • 1sdm kecap manis

Langkah-langkah

  1. Potong dadu ayam. Kemudian rebus hingga matang. Sisa air rebusan jadikan kaldu. Kemudian tiriskan daging ayam.
  2. Tumis kulit ayam hingga keluar minyaknya. Kemudian masukkan 3 siung bawang putih yang dimemarkan. Lalu sisihkan.
  3. Tumis bumbu halus hingga harum. Tambahkan serai, daun jeruk, dan lengkuas. Lalu tumis hingga tercium aroma harum.
  4. Masukkan daging, kulit ayam, dan sedikit air kaldu. Tambahkan garam, gula merah, kecap, dan saus tiram. Masak seluruhnya, kemudian tes rasa.
  5. Topping siap disajikan di atas mie.

Cara Menyajikan Mie Hitam Terbang

  1. Siapkan piring. Kemudian ambil satu potong bahan pemberat seperti kentang, wortel, atau apel. Letakkan di atas piring
  2. Tancapkan dua buah sumpit atau tusuk sate ke tengah-tengah bahan pemberat. Lalu ujung sumpit dimasukkan ke sela-sela garpu pada sisi kanan dan kirinya. Pastikan sudah tertancap dan garpu tidak jatuh.
  3. Mie yang sudah direbus dan diberikan topping hidangkan di atas piring. Biarkan mie jangan dipotong-potong.
  4. Agar terlihat terbang. Lilitkan mie di atas garpu hingga menutupi sumpit. Tata hingga terlihat rapi dan melayang. Mie hitam terbang siap dihidangkan!

Bagaimana teman-teman? Dengan menggunakan mesin pembuat mie saja Anda sudah bisa berkreasi sejauh ini. Mesin pembuat mie ini tidak terdiri dari pencetak saja. Anda bisa menggunakan mesin ini mulai dari proses pembuatan hingga pemasakkan mie. Waah, berarti dengan satu paket lengkap mesin pembuat mie semakin memudahkan Anda untuk berbisnis. Masih banyak kesempatan Anda untuk membuka usaha. Yuk berbisnis!

mesin pembuat mie mj180 OLD

(Zakiah)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

three × five =