Mesin Es Krim Roll

Mesin es krim roll merupakan alat yang digunakan untuk membuat es krim menjadi bentuk gulungan. Mesin ini juga disebut dengan Mesin Es Krim Pan. Es krim yang dihasilkan dari mesin ini memiliki bentuk yang berbeda pada umumnya. Meskipun berbeda bentuk, pada dasarnya rasa es krim tetap segar dan nikmat disantap.

Selain mesin es krim roll, terdapat jenis mesin es krim lainnya. Jenis mesin es krim tersebut memiliki perbedaan hasil. Misalnya mesin soft ice cream, mesin tersebut menghasilkan es krim dengan tekstur yang lembut. Biasanya es krim ini ditampung menggunakan cone yang bisa langsung dimakan.

Mesin kedua adalah mesin hard ice cream. Mesin ini dapat menghasilkan tekstur es krim yang lebih padat dari pada soft ice cream. Jenis es krim ini tidak mudah meleleh seperti soft ice cream. Hard ice cream juga disebut dengan istilah gelato. Anda juga bisa menikmatinya dengan cone atau ditampung menggunakan wadah tersendiri.

Berikutnya adalah mesin popsicle. Mesin popsicle merupakan mesin es krim yang diolah layaknya es lilin. Mesin ini dapat mengolah es krim dengan tangkai sebagai pegangan. Es krim popsicle memiliki tektstur yang lebih padat daripada kedua jenis es krim sebelumnya.

Nah, jenis mesin berikutnya adalah tentu saja mesin es krim roll. Mesin es krim roll atau mesin es krim pan menghasilkan bentuk es krim yang berbeda dari umumnya. Mesin es krim roll ini dapat membuat es krim dengan ukuran yang sangat tipis lalu digulung. Es krim gulung ini mungkin tidak sefamiliar jenis es krim lainnya.

Baca Juga :

mesin es krim bekas murah

mesin es krim roll

mesin es krim maksindo

mesin es krim manual

cara kerja mesin es krim

merk mesin es krim yang bagus

kredit mesin es cream

harga mesin ice cream 3 kran

Jenis es krim lainnya dapat Anda temukan di berbagai swalayan. Sedangkan es krim roll disajikan lebih formal menggunakan wadah mangkuk khusus. Es krim roll biasanya ditemukan di berbagai kafe atau rumah makan yang menyediakan dessert sebagai penutup makan.

Peluang Usaha Es Krim Roll

Uniknya bentuk es krim roll ini mungkin saja membuka peluang Anda untuk berbisnis di rumah. Anda dapat memanfaatkan konsep kekinian, mulai dari padanan rasa, desain wadah es krim, topping, dan lain-lain.

Es krim gulungan ini cocok dipadukan dengan berbagai irisan buah atau taburan biskuit, seperti oreo. Setelah es krim gulungan jadi, biasanya dituangkan sedikit susu untuk menambah rasa manis. Membuat es krim gulung ini juga sangat mudah lho. Anda tidak perlu menyiapkan banyak bahan. Namun, untuk hasil yang terbaik Anda perlu menggunakan mesin es krim roll.

bisnis es krim roll

Mudahnya membuat es krim gulung ini membuat banyak orang berani untuk berkreasi sendiri dalam menggabungkan berbagai bahan. Beberapa bahan yang sering digunakan adalah susu, heavy cream, minuman soda, biskuit, kacang mede, dan lain-lain. Sudah penasaran ingin membuat es krim gulung? Yuk cek beberapa resep berikut!

Es Krim Roll Soda

Bahan-bahan

  • Fanta hijau
  • Fanta merah
  • Susu kental manis putih
  • Heavy Cream
  • Topping cair rasa blueberry (atau sesuai selera)
  • Potongan buah stoberi atau ceri

Alat

  • Spatula
  • Mesin es krim roll

Langkah-langkah

  1. Campurkan susu kental manis dengan heavy cream dan susu kental manis putih secukupnya. Kemudian aduk hingga merata. Lalu sisihkan sementara.
  2. Tuang secukupnya fanta hijau dan fanta merah di atas pan mesin es krim. Lalu aduk hingga merata dan pecahkan. Ulang-ulangi langkah ini hingga tercampur.
  3. Setelah tercampur dan dipecahkan, tuangkan heavy cream yang sudah dicampurkan susu kental manis. Aduk-aduk hingga merata.
  4. Lalu olah menjadi ukuran yang sangat tipis sesuai dengann luas loyang
  5. Tuangkan topping cair blueberry di atas adonan. Lalu tumpahkan sedikit fanta hijau.
  6. Setelah sedikit membeku, gulung es krim perlahan menggunakan spatula.
  7. Pindahkan es krim gulung ke dalam mangkuk kecil.
  8. Hias es krim menggunakan potongan buah yang sudah disiapkan.
  9. Es krim gulung siap disantap!

Es Krim Roll Oreo

Bahan-bahan

  • 1 buah oreo ukuan besar
  • 4 buah oreo sebagai topping
  • 400ml whiped cream
  • 200ml susu cair putih
  • Topping cair cokelat

Alat

  • Spatula
  • Mesin es krim roll

Langkah-langkah

  1. Letakkan oreo ukuran besar di tengah-tengah pan
  2. Tuangkan campuran whipped cream dan susu cair putih di atas oreo.
  3. Potong-potong oreo sampai ukuran kecil. Lalu aduk dengan campuran susu tadi hingga merata.
  4. Setelah merata, buat adonan es krim tipis menyeuaikan bentuk pan mesin es krim
  5. Lalu hancurkan kembali dua buah oreo. Letakkan di salah satu sisi adonan.
  6. Tuangkan topping cair cokelat di atas oreo yang sudah dihancurkan tadi.
  7. Lalu bentuk gulungan dari sisi yang tidak terkena oreo.
  8. Setelah es krim sudah membentuk roll, pindahkan ke dalam wadah.
  9. Hiaskan topping cair cokelat di atas es krim gulung. Tambahkan dua buah oreo.
  10. Es krim gulung siap disantap

Membuat es krim roll atau es krim gulung ini memang terbilang mudah. Namun, Anda harus menggunakan bahan wajib untuk membuat es krim gulung ini, yaitu susu dan whipped cream atau heavy cream. Susu terlebih dahulu dicampur dengan whipped cream atau heavy cream. Anda hanya perlu memilih salah satu dari kedua jenis krim tersebut. Jika Anda memilih whipped cream maka tinggalkan heavy cream dan sebaliknya.

Bahan-bahan lainnya diperlukan kekreativitasan Anda. Anda bisa menggunakan padanan biskuit, tambahan berbagai topping¸ atau buah-buahan. Tambahan padanan tersebut dapat Anda jadikan sebagai bahan dasar pembuatan es krim. Selain itu, juga bisa menjadi hiasan yang dapat mempercantik tampilan luar es krim.

Apakah ada Trik Cara membuat es krim tanpa mesin?

            Tentu bisa! Anda bisa membuat es krim gulung tanpa menggunakan mesin. Caranya dengan memasukkan loyang yang sudah diberikan adonan ke freezer untuk dibekukan. Sayangnya, Anda perlu menunggu beberapa lama untuk membuat adonan menjadi beku. Adonan yang sudah dikeluarkan dari dalam freezer pun juga harus secepatnya digulung.

            Hal tersebut disebabkan karena es krim akan cepat meleleh menyesuaikan suhu ruangan. Sedangkan dengan menggunakan mesin es krim roll suhu dingin adonan tetap bertahan. Anda bisa menggulung es krim secara perlahan dengan suhu yang terjaga, sehingga saat di-roll es krim tidak hancur dan tergulung rata.

            Tanpa menggunakan mesin memang sangat mengirit pengeluaran. Namun, es krim yang dihasilkan tidak akan sebanding dengan yang menggunakan mesin.  Jika Anda ingin mengutamakan rasa dan tampilan, gunakanlah mesin es krim roll. Mesin ini juga memudahkan Anda untuk membuka usaha penjualan es krim gulung.

Mesin Es Krim Roll Pan CB-550Y

            Jika Anda menggunakan cara manual, yaitu tanpa mesin dikhawatirkan akan membuat pelanggan lama menunggu. Sedangkan menggunakan mesin lebih mempermudah dan menghemat proses pembuatan es krim roll.

            Oleh karena itu, membuat es krim roll akan lebih baik menggunakan mesin. Salah satu toko mesin makanan dan minuman menjual mesin es krim roll. Carilah mesin yang memiliki garansi. Adanya garansi akan lebih menjamin penjagaan tingkat kualitas mesin. Wiratech, salah satu toko mesin yang menjual mesin es krim roll dengan garansi resmi.

Tipe Harga
Mesin Es Krim Pan CB-550Y Rp10.000.000
Mesin Es Krim Pan CB-550Y/2 Rp18.000.000

  Kedua jenis mesin tersebut dibedakan berdasarkan jumlah pan. Mesin es krim pan CB-550Y memiliki 1 pan, sedangkan mesin es krim pan CB-550Y/2 memiliki dua pan. Jika Anda ingin membuat es krim dengan cepat, bisa menggunakan mesin dengan 2 pan. Namun, Anda harus menguras kocek lebih dalam.

Memilih mesin tipe pertama pun tidak menjadi masalah. Apalagi untuk para pemula. Anda akan berlatih terlebih dahulu sebelum akhirnya es krim hasil produksi sendiri akan cepat dikenal masyarakat luas. Selain itu, untuk memilih mesin sesuaikanlah dengan persiapan budget Anda. Jika memang cukup untuk membeli mesin es krim roll dengan dua pan, mengapa tidak?

 

 

(Zakiah)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

9 + six =