Makanan Khas Solo

Siapa yang tidak mengenal Solo? Aneka macam makanan khas solo selalu sukses menggoyangkan lidah. Tidak hanya itu kota Surakarta ini juga memiliki sejarah yang sangat melekat di hati warga Indonesia. Nama Solo juga semakin terkenal karena kota tersebut menjadi tempat kelahiran Presiden Indonesia Joko Widodo.

makanan khas solo

Sejarah Singkat Solo

Pada mulanya nama Solo diambil karena wilayah tersebut banyak ditumbuhi pohon sala (sejenis pohon pinus). Dalam pengucapannya berasal dari bahasa Jawa asli dibaca (solo). Nama tersebut diterima dan pada akhirnya semakin akrab di telinga warga Indonesia.

Sedangkan Ibu Kota dari Solo adalah Surakarta. Pemberian nama Surakarta Hadiningrat memiliki arti harapan akan terciptanya negara yang tata tentrem karta raharja (teratur tertib aman dan damai). Selain itu pemberian nama tersebut juga disertai dengan tekad dan keberanian menghadapi segala rintangan yang menghadang (sura) untuk mewujudkan kehidupan dunia yang indah (Hadiningrat).

Kemudian kata “Karta” dimunculkan kembali sebagai wujud permohonan berkah dari para leluhur pendahulu dan pendirian kerajaan Mataram. Kota Solo ini juga awalnya menjadi lokasi Kerajaan Mataram Islam yang kemudian terpecah karena propaganda kolonialisme Belanda.

Semenjak Joko Widodo terpilih menjadi presiden Indonesia, kota kelahirannya ini menjadi pembicaraan hangat warga Indonesia. Ibu Kota Surakarta ini masih memiliki kekentalan tradisi adat tradisional yang apik. Solo juga terkenal dengan batik. Tidak heran jika setiap tahun diadakan Solo Batik Carnival.

Selain itu, makanan khas solo juga menjadi salah satu alasan kota ini semakin dikenal. Ada berbagai macam minuman dan makanan khas solo yang dapat menggoyangkan lidahmu. Karena berasal dari daerah, cita rasa makanan tradisional dari rempah-rempah begitu melekat di lidah. Jika kamu berkunjung ke kota ini, jangan lewatkan makanan khas solo berikut ya!

Jenis Makanan Khas Solo

  • Nasi Liwet

Melalui rasanya yang lezat, nasi liwet kini sudah banyak ditemui di seluruh pelosok Indonesia. Nasi liwet terdiri dari nasi gurih dengan sayuran jipang, daging ayam, telur, santan kental (kumut), opor, dan bahan lainnya yang disajikan dengan alas daun pisang. Cara penyajiannya juga unik, yaitu menyematkan lidi di ujung daun menyerupai kerucut yang disebut dengan pincukan.

nasi liwet solo

Salah satu rekomendasi tempat nasi liwet enak di Solo adalah Nasi Liwet Wongso Lemu. Kamu dapat berkunjung di Keprabon, Jalan Teuku Umar. Rumah makan ini sudah berdiri dari 1950. Kamu hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp19.000 sudah bisa menikmatinya.

  • Soto Gading

Soto gading adalah soto ayam dengan kaldu yang kental. Soto gading juga menjadi salah satu kuliner favorit yang sering dikunjungi presiden Indonesia. Nama soto tersebut mewakili karena letaknya yang berada di daerah Gading, kawasan di selatan Keraton Kasunanan Surakarta.

soto gading

Selain soto, kamu juga dapat menikmati jenis lauk lainnya. Menikmati sajian soto gading ini hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp1.000-Rp10.000. Waah, murah banget kan? Kuliner ini cocok banget untuk kamu yang sedang mengirit uang jajan.

  • Serabi Notosuman

Serabi adalah jenis pancake yang berasal dari tepung beras, santan, gula, garam, dan daun pandan. Serabi asal solo ini berbeda dari jenis serabi lainnya. Serabi notosuman tidak dihidangkan dengan kuah manis. Bentuknya lebih tipis, sehingga rasa santan lebih terasa.

serabi notosuman

Sesuai dengan namanya, serabi ini berasa di daerah Notosuman sejak 1926. Untuk menikmatinya kamu hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp1.800-15.000. Serabi notosuman juga sering dijadikan oleh-oleh khas solo.

  • Tengkleng

Makanan ini memiliki olahan dengan bahan dasar daging kambing. Namun, tulang-tulang kambing lebih mendominasi daripada dagingnya. Tidak hanya tulang, tetapi juga jerohan, mata, pipi, kuping, dan lain-lain. Tengkleng diolah seperti gulai berkuah kental

tengkleng solo

Salah satu tengkleng di Solo yang dapat kamu coba adalah Tengkleng Bu Edi. Kuah tengkleng Bu Edi bewarna kuning dengan cabai rawit merah. Rasanya asin bercampur gurih dan pedas. Bagi kamu yang tertarik coba dapat mengunjungi Pasar Klewer, Los 7-14, Jl. Radjiman, No. 1 Pasar Kliwon, Surakarta dengan harga Rp20.000 per porsi.

  • Selat Solo

Selat solo terdiri dari irisan daging seperti steak, telur, potongan buncis, wortel, dan kentang yang dilengkapi kuah semur. Kata “selat” merupakan lafal Jawa dari kata “Slaatje” atau salad dalam bahasa Belanda. Terkenalnya selat solo ini sampai menjadi salah satu hidangan khusus saat Raja Salman berkunjung.

selat solo

Salah satu rumah makan yang menjual selat solo adalah Warung Seat Vien’s. Lokasinya terletak di Jalan Hasanuddin Nomor 99 D&E, Banjarasari, kota Surakarta. Kabar baiknya lagi selat solo di di sini dijual dengan harga murah, yaitu Rp3.000-15.000. Jadi gak sabar mau coba kan?

  • Sate Buntel

Sate buntel ini dibuat dari daging sate kambing cincang yang dibungkus lemak kambing lalu dibakar, sehingga disebut dengan sate buntel. Buntel sendiri dalam bahasa Jawa berarti bungkus. Sata buntel juga merupakan makanan khas solo yang disukai Bapak Jokowi.

sate buntel

Spot sate buntel yang dapat kamu kunjungi adalah Warung Sate Bu Hj Bejo di Jalan Sungai Sebakung, Nomor 10 Pasar Kliwon, kota Surakarta. Harga yang dibandrol mulai dari Rp5.000-40.000.

  • Gudeg Ceker

Makanan ini terdiri dari nangka muda, krecek (kulit sapi), telurm daging ayam, dan ceker. Gudeg asal solo ini memiliki rasa asin dan gurih. Nah, bagi kamu yang ingin mencoba gudeg khas solo ini dapat mengunjungi Gudeg Ceker Bu Kasno di Jalan Wolter Monginsidi Nomor 41-43 Banjarsari, kota Surakarta. Kamu dapat menikmati mulai dari harga Rp5.000-25.000.

gudeg ceker

  • Timlo Solo

Makanan khas solo ini berisi daging ayam, ati ampela, sosis goreng khas solo, serta telur pindang khas kedai timlo. Sosis yang dimaksud terbuat dari kulit lumpia atau risoles yang dilipat seperti martabak dan digoreng. Di dalam lipatan terdapat daging ayam yang disuwir. Setelah digoreng, disajikan dengan potongan-potongan kecil. Makanan khas solo ini disajikan dengan kuah.

timlo solo

Jika kamu mampir ke Solo dapat mengunjungi Timlo Sastro di Jalan Pasar Gede Timur Nomor 1-2, Balong, Solo. Kamu bisa mendapatkanya dengan harga mulai dari Rp2.000-Rp18.000. Di kedai ini juga menyediakan berabagai minuman yang cocok disaantap bersama timlo.

Masih banyak jenis makanan khas solo lainnya. Selain, makanan tentu saja solo juga memiliki minuman khas. Nah, untuk kamu yang ingin berkunjung ke Surakarta jangan lupa untuk mencoba berbagai makanan khas solo. Makanan lezat bisa kamu dapatkan dengan harga murah di sini.

 

 

(Zakiah)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

four × four =