5 Makanan Khas Betawi Yang Bikin Lidah Penasaran

Makanan Khas Betawi

Makanan khas Betawi adalah segala macam lauk pauk, penganan, kue, yang memiliki cita rasa atau tampilan istimewa dari suku Betawi. Makanan khas Betawi ini memiliki percampuran dari budaya masakan Melayu, India, Tionghoa, Arab, dan Eropa. Namun, sayangnya sebagian makanan khas Betawi hanya disajikan saat momen-momen tertentu misalnya seperti prosesi besanan.

Makanan Khas Betawi

Sebagian lagi tentu saja pasti kamu sering menemui makanan khas ini di mana saja. Misalnya selendang mayang, kerak telor, kue rangi, kue pancong, dan masih banyak lagi lainnya. Bahkan keempat makanan tersebut menjadi jajanan yang dinikmati warga Jakarta. Khusus selendang mayang dan kerak telor juga sering dijumpai di beberapa ikon tempat di kota Jakarta, missal seperti Kota Tua dan Monas.

Makanan khas Betawi juga digadang-gadangkan dan dianggap sebagai oleh-oleh Jakarta yang ditunggu-tunggu jika bertandang ke luar kota. Lalu apa saja sih jenis oleh-oleh Jakarta yang ditunggu-tunggu?

9 Oleh-oleh Khas Betawi Yang Unik

Meskipun menjadi ibu kota, tetapi Jakarta juga memiliki beragam oleh-oleh kok. Kamu bisa menyantap oleh-oleh ini sambil mengingat Jakarta tempo dulu lho. Seperti yang sudah dijelaskan di atas kamu juga bisa menikmati wisata ke Kota Tua. Namun, untuk kamu yang belum berkesempatan hadir cobain oleh-olehnya dulu yuk!

  • Dodol Betawi

Sama seperti dengan jenis dodol pada umumnya. Dodol Betawi juga diolah dengan banyak tenaga. Cara membuatnya harus terus diaduk secara konsisten. Karena teksturnya yang sangat lengket, itu yang menyebabkan dodol butuh tenaga untuk terus diaduk. Tujuan untuk diaduk terus-menerus agar dodol tidak lengket pada permukaan panci. Biasanya dodol Betawi memiliki rasa ketan hitam, ketan putih, dan durian.

  • Kembang Goyang

Hasil gambar untuk kembang goyang

Sesuai dengan namanya, untuk membuat oleh-oleh makanan yang satu ini dengan cara digoyangkan di dalam minyak panas. Kembang goyang memiliki cetakkan khusus. Adonan yang berasal dari santan, tepung beras, gula, dan garam setelah diadon dituangkan sedikit ke atas cetakkan yang sudah terendam di minyak panas. Sangat unik bukan?

  • Kue Semprong

Satu lagi oleh-oleh khas Betawi yang renyah, yaitu kue semprong. Kue semprong memiliki aroma harum dan rasa yang manis. Biasanya kue semprong dijual oleh pedagang keliling dengan gerobak pikul. Para pedagang akan berkeliling sepanjang jalan untuk menemukan pelanggan. Sayangnya saat ini, sudah semakin sedikit orang yang mencari kue semprong.

  • Bir Pletok

Tenang! Meskipun tersemat nama bir pada oleh-oleh ini, minumannya tidak memabukkan kok. Bir pletok dari Betawi ini justru memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan tubuh. Bir pletok terbuat dari jahe, batang serai, daun pandan, dan rempah-rempah lainnya. Khasiatnya dapat meredakan pegal-pegal, flu, dan masuk angin. Pletok sendiri diambil dari suara meletup saat air direbus.

  • Kue Akar Kelapa

Camilan krispy yang wajib banget dijadikan oleh-oleh berikut adalahnya kue akar. Nama oleh-oleh ini diambil karena bentuknya yang mirip akar kelapa. Bentuknya panjang dan bergerigi, namun lucunya bahan dasar kue ini tidak memiliki olahan kelapa sedikit pun lho. Kue akar kelapa terbuat dari tepung ketan, mentega, gula, tepung terigu, dan telur.

  • Biji Ketapang

Meskipun memiliki nama awalan biji, bukan berarti makanan yang satu ini terbuat dari biji-bijian. Biji Ketapang terbuat dari parutan kelapa dan tepung terigu. Mengapa disebut biji? Karena makanan khas Betawi yang satu ini memiliki bentuk seperti biji-bijian. Akan lebih nikmati jika disantap dengan selai, gula serbuk, atau bahan dari cokelat.

  • Souvenir ondel-ondel

Hasil gambar untuk ondel ondel

Ondel-ondel merupakan ikon terkenal dari Jakarta. Ondel-ondel memiliki makna sebagai penolak bala atau kesialan. Saat pentas ondel-ondel harus tampil berpasangan sebagai bentuk keseimbangan antara kekuatan baik dan buruk. Nah, miniatur ondel-ondel ini bisa lho kamu jadikan oleh-oleh jika bertandang ke luar kota. Biasanya ondel-ondel dijual dalam bentuk gantungan kunci, magnet kulkas, boneka, dsb.

  • Miniatur Bajaj

Salah satu transportasi yang terkenal di Jakarta adalah Bajaj. Bajaj juga menjadi ikonik dari Jakarta. Meskipun sedikit sempit, masih banyak penumpang menikmati naik kendaraan yang satu ini. Sebagai hiasan rumahmu, Jakarta juga menghadirkan miniatur bajaj yang menarik untuk oleh-oleh.

  • Souvenir Kaleng Kerupuk

Oleh-oleh unik lainnya adalah kaleng kerupuk. Kaleng kerupuk selain menjadi hiasan juga bisa dimanfaatkan sebagaimana mestinya lho. Souvenir ini biasanya dicat dengan berbagai warna, sehingga lebih mudah menarik perhatian pelanggan.

5 Makanan Khas Betawi

Meskipun menjadi Ibu Kota, tidak menutup kemungkinan bahwa Jakarta juga memiliki makanan khas. Nah, untuk kalian yang ingin berkunjung ke Jakarta jangan sampai tidak mencoba berbagai makanan khas Betawi. Ada apa saja ya makanannya? Yuk simak!

  1. Kerak Telor

Kerak telor memiliki raga gurih. Kerak telor terbuat dari olahan beras ketan putih, telur ayam atau telur bebek, ebi yang disangrai menjadi serundeng, dan bawang goreng. Lalu tambahkan bumbu halus seperti kelapa sangrai dan lain-lain. Kerak telor menjadi makanan wajib yang harus kamu coba saat berkunjung di Jakarta.

  1. Kue Lupis

Di Jakarta, kue lupis menjadi jajanan tradisional yang banyak ditemukan di berbagai sekolahan. Jenis makanan khas Betawi yang satu ini menggunakan beras ketan sebagai olahan utamanya. Beras ketan dibuat dengan daun pisang yang dibalut seperti lemper. Setelah itu diiris tipis-tipis dan dicampur parutan kelapa. Tambahkan gula aren kental sebagai pelengkap.

  1. Semur Jengkol

Kalau hidangan yang satu ini mungkin tidak banyak orang yang menyukainya. Jengkol terkenal dengan aromanya yang khas dan terkadang dianggap menusuk. Padahal jengkol dipercaya dapat menambah nafsu makan. Jengkol juga kaya akan kandungan gizinya lho. Jadi apa kami tertarik untuk mencoba semur jengkol?

  1. Selendang Mayang

Dari tadi kita membahas makanan, nah khas Betawi yang satu ini adalah minuman segar bernama selendang mayang. Isian selendang mayang berupa agar-agar dengan berbagai warna. Macam-macam warna itulah yang disebut dengan berbagai warna cantik pada selendang. Minuman dari Betawi ini dihidangkan dengan es batu, sirup gula jawa, dan kuah santan.

  1. Soto Betawi

Sama seperti provinsi lainnya, Betawi juga memiliki soto khasnya. Soto Betawi memiliki isian daging sapi beserta jeroan dan organ sapi atau ayam. Soto Betawi juga merupakan salah satu makanan khas Jakarta yang banyak diburu masyakarat dari berbagai Indonesia. Rasanya lebih gurih dan lezat. Penasaran untuk mencoba jenis soto yang satu ini?

Sangat beragam bukan makanan khas Betawi. Selain makanan, Betawi juga memiliki berbagai pernak-pernik atau souvenir unik sebagai hiasan. Nah, untuk kalian yang ingin bertandang ke Jakarta, jangan bingung mencari makanan khas betawi. Selain berbagai makanan khas tersebut, masih banyak jenis lainnya lho. Kalua kamu kira-kira tertarik mau coba yang mana?

 

 

(Zakiah)

Customer Service