Kebab Turki

Kebab Turki biasanya menggunakan olahan daging giling cincang yang dibungkus menggunakan tortilla. Tortilla sendiri adalah lapisan dari olahan tepung terigu untuk melindungi daging dan tambahan sayur-sayuran lainnya. Kebab pertama kali di berbagai negara Timur Tengah. Salah satu kebab yang terkenal berasal dari Turki.

kebab turki

Resep kebab turki ini diadaptasi dari berbagai rasa kebab di beberapa negara Timur Tengah. Salah satu rasa kebab yang patut diperhitungkan adalah asal dari Turki ini. Kebab saat ini tidak populer di negara asalnya saja. Indonesia salah satu negara yang ikut berpartisipasi dalam menjual kebab.

Para pedagang kebab turki di Indonesia menjual dengan sebuah gerobak yang mudah ditemukan di mana saja. Namun, tidak jarang juga kebab ada di daftar menu sebuah restoran atau rumah makan di Indonesia. Kata “kebab” sendiri berasal dari bahasa Persia atau Arab berarti daging yang digoreng bukan dipanggang.

Pada abad ke-14 menurut kamus Lisan al’Arab kebab memiliki persamaan kata dengan kata tabahajah dalam bahasa Persia yang artinya sajian sepotong daging yang digoreng. Kata kebab lebih sering digunakan di Turki sebelumnya menemukan kata shiwa untuk daging yang dipanggang.

Kebab meskipun dijadikan jajanan di Indonesia, nyatanya bisa membuat perut kita kenyang. Sajian daging dan tortilla memiliki tekstur padat yang mampu mengganjal perut. Selain daging, kebab ini ternyata sangat menyehatkan lho. Bahan lainnya yang digunakan adalah sayur selada dan tambahan bumbu rempah-rempah lainnya. Beberapa sajian kebab terkadang juga menggunakan yoghurt. So, masih kurang sehat apalagi coba? Tertarik buat?

Resep Kebab Turki

Bahan-bahan pengolahan daging kebab

  • ½ kg daging sapi yang diiris melintang pada bagian seratnya
  • 1 ruas jahe
  • ½ sdt ketumbar
  • Yoghurt tanpa rasa
  • 3 buah cabai merah
  • 2 siung bawang putih
  • Garam secukupnya
  • Lada secukupnya

Bahan-bahan isian kebab

  • 1 lembar tortilla atau roti kebab
  • 25gr bawang bombay yang diiris tipis
  • 25gr tomat yang diiris tipis
  • 25gr timun yang diiris tipis
  • Saus tomat secukupnya
  • Mayonnaise secukupnya

Cara membuat daging kebab

  1. Cuci bersih daging. Kemudian pukul-pukul hingga agak melebar.
  2. Siapkan cabai merah, bawang putih, jahe, dan ketumbar. Kemudian haluskan hingga tercampur rata.
  3. Tambahkan yoghurt beserta garam dan lada secukupnya.
  4. Campur bahan-bahan tersebut dengan daging. Lalu diamkan selama kurang lebih 10 menit hingga semua bumbu meresap pada daging.
  5. Setelah 10 menit, panggang daging hingga matang. Daging siap dimanfaatkan.

Cara penyajian

  1. Siapkan wajan yang telah diolesi margarin. Kemudian panaskan dengan api kecil.
  2. Panggang tortilla di atasnya hingga terlihat bercak kecokelatan pada tortilla.
  3. Angkat tortilla lalu letakkan di piring.
  4. Tata sayuran, tomat, timun, bawang bombay yang sudah digoreng sekilas di atas tortilla.
  5. Berikan saus di atas bahan-bahan tersebut. Kemudian tambahkan daging di atasnya.
  6. Tambahkan mayonnaise di atas daging. Gulung tortilla dan padatkan
  7. Berikan margarin kembali di atas wajan lalu panaskan kebab panggang tersebut beberapa saat. Kebab turki siap disantap!

Tortilla atau kulit pembungkus ternyata tidak hanya digunakan untuk lampisan kebab saja, tetapi sering dimanfaatkan untuk berbagai macam makanan asal Spanyol. Tortilla sebagai pelindung kebab dapat Anda temukan secara instan di berbagai swalayan. Namun, jika Anda penasaran dengan proses pembuatannya bisa membuat sendiri di rumah. Selain resep kebab, berikut resep tortilla yang bisa Anda coba sendiri di rumah.

Resep Tortilla

Bahan-bahan

  • 3 mangkuk kecil tepung terigu atau dapat menyesuaikan dengan jumlah tortilla yang akan dibuat
  • 1sdt garam
  • 1sdt baking powder
  • 4sdm minyak sayur
  • 200ml air hangat

Cara membuat

  1. Campurkan tepung terigu, garam, dan baking soda dalam sebuah wadah.
  2. Tambahkan minyak sayur dan air. Lalu aduk hingga merata dan tidak menggumpal. Diamkan 10 menit.
  3. Pisahkan adonan menjadi 16 bagian. Lalu ratakan menggunakan roll
  4. Siapkan penggorengan yang telah dioles mentega.
  5. Goreng tortilla dengan cara menekan-nekan kemudian dibolak-balik agar tidak gosong sebelah.
  6. Tortilla siap dihidangkan.

Seperti penjelasan sebelumnya resep kebab turki ini tidak hanya sekadar tahapan lho, tetapi juga membuahkan manfaat yang baik untuk kita. Tidak salah kebab ini berhasil tinggal di hati para penggemarnya. Salah satu kebab yang terkenal adalah kebab baba rafi. Kebab turki baba rafi ini konsisten memperhatankan makanan asal Timur Tengah ini dengan kelezatannya. Oleh karena itu para penggemarnya tidak akan bosan menjadikan kebab sebagai jajanan yang mengenyangkan.

Manfaat kebab turki

  1. Meningkatkan kecerdasan otak

Kebab memiliki kandungan protein dan omega 3 yang bermanfaat dan berkhasiat untuk kesehatan otak. Hal tersebut dapat membantu mengembangkan kemampuan kognitif anak Anda dengan cepat.

  1. Mencegah anemia

Anemia merupakan penyakit yang terjadi pada seseorang dengan kurangnya sel darah merah. Anemia biasanya juga disebut dengan darah rendah. Kandungan zat besi mampu mencukupi kebutuhan sel darah merah yang ada di dalam tubuh.

  1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Nutrisi yang terkandung dalam kebab dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Nutrisi sendiri berasal dari daging sapi. Daging sapi mampu meningkatkan daya tahan tubuh agar terhindar dari berbagai macam penyakit.

  1. Mempertahankan kesehatan kulit

Kesehatan kulit adalah salah satu hal yang selalu dijaga oleh kita semua. Pasalnya, kulit ini memiliki peran sebagai pelindung tubuh dan terliat langsung oleh seluruh orang. Jika kulit kita memiliki masalah atau berbeda dengan yang lainnya tentu akan merasa risih sendiri. Kandungan lemak, vitamin, protein, serta mineral mampu meregenerasi sel-sel kulit.

  1. Mencegah serangan jantung

Kebab turki memiliki kandungan omega 3 dan omega 6 yang mampu mengurangi risiko serta meminimalisir dari penyakit serangan jantung.

            Melihat berbagai penjelasan di atas, tentunya resep kebab turki akan sangat berguna untuk Anda. Memiliki rasa yang lezat, mampu mengenyangkan, dan bermanfaat untuk tubuh merupakan paket lengkap menjadikan kebab sebagai pilihanan makanan favorit.

 

 

(Zakiah)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

seventeen + five =