Jenis Plastik Kemasan Makanan dan Minuman yang Terbaik

Jenis Plastik Kemasan Makanan

Jenis Plastik Kemasan Makanan adalah salah satu benda yang mungkin selalu kita jumpai di manapun, baik di rumah hingga supermarket. Bagaimana tidak? Plastik dibutuhkan oleh semua orang sebagai bahan dasar sebuah benda atau sebagai pembungkus sesuatu. Berbicara mengenai plastik, hal yang menarik untuk diulas adalah Plastik Kemasan.

plastik kemasan makanan banner

Mengapa? Karena beberapa perusahaan besar atau kecil maupun usaha rumah tangga pasti membutuhkan plastik untuk membungkus produk mereka. Plastik kemasan merupakan plastik yang dikemas untuk menjadikan suatu produk terlindung aman hingga ketangan konsumen. Bahkan dapat membuat produk tersebut awet dalam jangka waktu lama walau tidak menggunakan bahan pengawet sekalipun. Plastik kemasan juga dapat dijadikan media promosi produk itu sendiri sehingga menarik perhatian konsumen untuk membeli produk itu sendiri. Karena pada kemasan tersebut terdapat design yang menarik sebagai icon dari produk tersebut dan juga diberi informasi lengkap tentang keterangan dari produk tersebut.

Dari sekian banyak produk, kopi adalah salah satu produk yang membutuhkan plastik untuk mengemasnya secara rapi. Bila anda kebetulan memiliki usaha dalam memproduksi kopi atau sejenisnya, anda bisa mencoba untuk menggunakan gusset. Namun ada juga kopi yang menggunakan plastik standing pouch klip untuk menyimpan biji kopi. Agar kopinya tidak masuk angin alias apek karena terkontaminasi dengan udara terbuka. Bila usaha anda bergerak dalam penjualan biji kopi maka tentunya anda memerlukan kemasan terbaik. Kemasan yang dapat membuat biji kopi anda tetap fresh awet dan layak untuk diminum

Apa itu gusset? Gusset adalah salah satu kemasan kopi tertua yang pernah digunakan. Hal inilah yang kemudian menjadikan gusset sebagai bungkus kopi paling dikenal di masyarakat. Plastik Kemasan gusset saat  ini sudah mengalami banyak perubahan dan penyesuaian sehingga lebih nyaman dan efisien digunakan oleh konsumen. Adapun keunggulan yang dimiliki oleh gusset adalah memiliki sisi yang berbeda.

Ada yang kedua sisinya tertutup dan ada yang terbuka di salah satu sisinya. Selain itu, produk gusset yang baik biasanya juga dilengkapi dengan continuous sealer sehingga meskipun sisi kemasan telah terbuka, konsumen tetap bisa merapatkan kemasan tersebut tanpa khawatir tumpah atau terkena udara luar. Selain itu, produk gusset yang menarik para konsumen dan terlihat elegan adalah produk gusset yang dilengkapi dengan zipper.

Selain gusset, Jenis Plastik Kemasan Makanan lain yang cukup terkenal adalah plastic jenis pouch. Kemasan pouch biasanya digunakan untuk mengemas aneka makanan yang mudah kadaluarsa atau makanan yang tidak boleh terkena udara luar agar tetap awet. Contoh bahan makanan yang menggunakan jenis plastik ini adalah bakso, ikan, sosis, beras, kacang, dan aneka seafood. Pouch Vakum dengan bahan transparan adalah altenatif paling tepat untuk anda yang mencari plastik agar bahan makanan tersebut bisa dibungkus dengan rapi dan tahan lama. Plastik ini kedap udara sehingga segala bentuk kuman penyebab makanan cepat basi tidak akan bisa berkembang biak. Untuk hasil yang lebih maksimal, anda bisa menggunakan mesin pendingin ketika menyimpan makanan tersebut.

gusset OLD

Itu adalah sedikit contoh yang tentang plastik pembungkus makanan yang bisa anda coba untuk mengemas makanan anda sehingga rapi, elegan, dan tahan lama. Jika anda tertarik untuk menggunakan produk plastik tersebut, anda bisa menghubungi penyedia plastik pembungkus makanan yang terpercaya. Salah satu penyedia plastik pembungkus makanan yang sudah mendapatkan kepercayaan dari para perusahaan makanan adalah wiratech. Pelayanan yang professional tentu akan dapatkan dari wiratech. Demikian sekilas informasi tentang Plastik Kemasan pembungkus makanan dan minuman yang bisa anda ketahui.

 

Hal Penting Yang Perlu Diperhatikan Pada Kemasan

  • Elemen-elemen visual seperti bentuk, gambar, tulisan serta warna.
  • Material yang digunakan apakah itu kertas, plastic, gelas, kayu, atau material lainnya yang disesuaikan dengan produk.
  • Identitas brand atau merek berupa logo, mascot, slogan, dan endorsement
  • Informasi yang menjelaskan atau labelling, seperti data perusahaan, cara penyimpanan, cara pemakaian, manfaat produk, tanggal kadaluarsa, barcode, label halal, info/peringatan, serta authentication seal.

Jadi sebelum mendesain kemasan, pastikan material yang digunakan tepat untuk produk dan pada saat mendesain kemasan sertakan semua unsur-unsur di atas agar kemasan Anda lebih ciamik.

 

Keunggulan Kemasan Berbahan Plastik (Plastik Kemasan)

  • Melindungi isi dengan baik, unsur proteksi merupakan fungsi pengemasan..
  • Ringan (biaya transportasi lebih murah).
  • Tidak mudah pecah sehingga mengurangi faktor resiko dan kerugian selama penyimpanan dan transportasi.
  • Bisa diberikan warna untuk memenuhi selera.
  • Bisa dibuat berbagai macam bentuk.
  • Bisa diprinting.
  • Memiliki daya tahan terhadap karatan, keadaan cuaca dan berbagai jenis bahan kimia.

 

Plastik secara umum mempunyai sifat ;

  • Sifat tembus pandang (clarity) yang baik.
  • Stiffnes : kekakuan dinyatakan dalam psi/100.
  • Permeabel terhadap gas.
  • Mar resisteance Ketahanan terhadap segala bentuk benturan, gesekan, dll.
  • Warpage : dapat dilengkungkan/dibengkokan, berhubungan dengan sifat mengerut dalam cetakan.
  • Impact Strength : berhubungan dengan ketahanan terhadap benturan.
  • Tear Strength : berhubungan dengan ketahanan terhadap sobekan.

 

Demikian pembahasannya tentang jenis plastik kemasan yang layang digunakan untuk mengemas produk, untuk melindungi produk tersebut. Bagi anda pengusaha yang bergerak di bidang penyedia makanan dan minuman, semoga informasi ini bermanfaat bagi anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

two × three =