Apa Yang Dimaksud Dengan Kemasan, Yuk Kita Kupas Lebih Dalam

Apa Yang Dimaksud Dengan Kemasan

Apa yang dimaksud dengan kemasan ?, jawabannya, kemasan ialah bungkus atau wadah yang juga berfungsi sebagai pelindung. guna untuk mencegah atau meminimalisir terjadinya kerusakan pada barang yang dikemas atau dibungkusnya. Sedangkan definisi pengemasan adalah suatu proses memberi wadah atau pembungkus kepada suatu produk.

Apa Yang Dimaksud Dengan Kemasan

Kemasan juga dapat diartikan sebagai suatu sistem yang disusun sedemikian rupa untuk mempersiapkan barang atau produk agar dapat didistribusikan, dijual, disimpan, dan digunakan.

Kemasan pada produk bertujuan untuk melindungi dan mencegah kerusakan terhadap apa yang dijual industri. Kemudian, kemasan juga bisa menjadi sarana informasi dan pemasaran yang baik dengan membuat desain kemasan yang kreatif. Sehingga lebih menarik dan mudah diingat konsumen.

Kemasan yang di design dengan baik dapat membangun kekayaan merek dan mendorong penjualan. Kemasan adalah bagian pertama produk yang dihadapi pembeli dan mampu menarik pembeli atau menyingkirkan pesaing produk. Pengemasan suatu produk biasanya dilakukan oleh produsen untuk dapat merebut minat konsumen terhadap pembelian barang. Produsen berusaha memberikan kesan yang baik pada kemasan produknya dan menciptakan model kemasan baru yang berbeda dengan produsen lain yang memproduksi produk-produk sejenis dalam pasar yang sama.

Manfaat Kemasan dan Tujuannya

Ada beberapa manfaat dan tujuan dibuatnya kemasan suatu produk/ barang. Berikut ini penjelasannya:

  • Physical Production; Pembuatan kemasan bertujuan untuk melindungi produk/ barang dari suhu, getaran, guncangan, tekanan dan sebagainya yang ada di sekitarnya
  • Barrier Protection; Pemasangan kemasan pada suatu produk/ barang bertujuan untuk melindunginya dari hambatan oksigen uap air, debu dan lain sebagainya.
  • Containment or Agglomeration; Pengemasan barang juga bertujuan untuk pengelompokkan sehingga proses penanganan dan transportasi menjadi lebih efisien.
  • Information Transmission; Pada kemasan juga dapat dicantumkan mengenai cara menggunakan transportasi, daur ulang, dan membuang kemasan atau label tersebut.
  • Reducing Theft; Pemasangan kemasan pada produk/ barang juga bertujuan untuk mencegah pencurian dengan melihat kerusakan fisik pada kemasan.
  • Convenience; Kemasan merupakan fitur yang menambah kenyamanan dalam distribusi, penanganan, penjualan, tampilan, pembukaan, kembali penutup, penggunaan dan digunakan kembali.
  • Marketing; Desain kemasan dan label dapat dimanfaatkan oleh pemasar untuk mendorong calon pembeli untuk membeli produk.

Image result for Kemasan wiratech

Cara Membuat Kemasan Yang Menarik

Setelah mengetahui pengertian kemasan beserta fungsi dan tujuan pembuatan kemasan, lalu bagaimana cara membuat kemasan yang menarik? Berikut ini tips-tipsnya:

  • Membuat Desain Kemasan yang Unik

Salah satu point penting dalam membentuk kemasan adalah dengan mendesainnya secara unik, inovatif dan berbeda dari produk lainnya. Kemasan yang unik sangat efektif untuk menarik minat masyarakat dan membuat penasaran.

Sebagai contoh misalnya ketika di rak supermarket berderet kemasan berbentuk kotak, kemudian Anda membuat kemasan yang berbentuk bulat maka secara otomatis konsumen akan mengamatinya dengan seksama dan penasaran tentang isi didalamnya.

  • Desain Kemasan Sesuai Target Market

Desain kemasan yang digunakan hendaknya disesuaikan dengan target pasar. Misalnya jika target pasar Anda adalah anak-anak usia 5-12 tahunan maka buatlah  desain kemasan bisa ditambahkan gambar kartun yang paling digemari anak-anak atau dengan bentuk kemasan yang menyerupai mainan. Begitu juga jika targetnya orang dewasa maka desain juga harus menyesuaikan.

  • Membuat Kemasan dengan Beberapa Ukuran

Jika produk yang Anda jual merupakan produk baru, usahakan untuk membuat kemasan dengan berbagai ukuran misalnya small, medium dan large. Masyarakat cenderung akan memilih kemasan yang paling kecil untuk produk yang baru dirilis.

  • Mencantumkan Informasi Produk Secara Lengkap

Jangan lupa untuk mencantumkan informasi produk pada kemasan. Misalnya secara standar kemasan mencantumkan komposisi produk, jenis produk, cara penggunaan dan tanggal kadaluarsa. Konsumen cenderung tidak tertarik pada produk yang memiliki informasi minim.

Image result for Kemasan wiratech

Dari sekian banyak bahan kemasan bahan kemasan plastiklah yang banyak digunakan oleh para produsen produk karena lebih fleksibel dan penggunaannya lebih tahan terhadap kondisi cuaca serta memberikan perlindungan yang cukup aman pada suatu produk yang dikemas, terutama produk pada makanan penggunaannya lebih sering dan sudah menjadi tren.

Demikian pembahasannya tentang apa yang dimaksud dengan kemasan dengan berbagai penjelasan fungsinya dan tujuan dari pengemasan itu sendiri. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda tentang kemasan. Yang kini menjadi ujung tombak dari penjualan suatu produk dengan ciri khas suatu brand produk.