Mengenal Aneka Jenis Mesin Kopi Modern,Minimalis & Canggih

Jenis Mesin Kopi Espresso

Jenis Mesin Kopi espresso berdasarkan fiturnya ada beberapa macam jenisnya itu yang perlu anda kenali. Mesin kopi espresso memang biasa digunakan dalam bisnis keday kopi. Untuk membuat kopi espresso yang banyak di sukai orang karena kualitasnya.

jenis mesin kopi

Dalam bisnis usaha coffee shop, salah satu mesin yang wajib Anda miliki, yaitu mesin kopi espresso. Berbagai jenis minuman kopi berbahan dasar espresso sebaiknya menggunakan mesin espresso agar menghasilkan ekstraksi biji kopi yang lebih berkualitas.

Kata espresso berasal dari Bahasa Italia yang berarti express atau cepat. Berbeda dengan manual brewing yang disajikan melalui proses atau tahapan yang cukup lama, mesin espresso dapat mengekstraksi biji kopi yang sudah digiling melalui semburan air panas di bawah tekanan tinggi.

Didalam sebuah mesin espresso, terdapat beberapa bagian yang sangat penting untuk menghasilkan espresso berkualitas, dan sajian lainnya yang berbahan dasar espresso.Beberapa bagian dari mesin espresso, diantaranya group head, group handle, steam nozze, steam wand, on-off control, shower, seal, filter basket, drip tray, cup warmer, boiler, dan lain-lain.

Beberapa Jenis Mesin Kopi Espresso untuk Bisnis

Bila diklasifikasikan mesin espresso juga terbagi dalam beragam jenis berdasarkan kebutuhan penggunanya. Ingin memulai usaha coffee shop dan mencari jenis mesin kopi terbaik? Berikut beberapa tips memilih mesin espresso yang sesuai dengan kebutuhan dan budget:

  • Mesin kopi super-automatic
  • Mesin kopi automatic
  • Mesin kopi semi-automatic
  • Mesin kopi manual
  • Mesin kopi komersial/professional

Harga Jenis Mesin Kopi Espresso

  • Mesin Kopi Super-Automatic   Harga: mulai 30 juta
  • Mesin Kopi Automatic  Harga: 5 – 10 juta
  • Mesin Kopi Semi-Automatic   Harga: 1 – 2 juta
  • Mesin Kopi Manual   Harga: mulai 1 juta
  • Mesin Kopi Komersial/Professional    Harga: mulai 15 juta

 

Mesin Kopi Super-Automatic

Belum memiliki barista untuk coffee shop Anda? Tak perlu khawatir, coffee shop Anda tidak akan terlantar jika memiliki mesin espresso bertipe super-automatic. Seperti nama tipenya, mesin super-automatic dapat menggiling, memadatkan, dan memanaskan kopi sekaligus.

Wirastar Mesin Giling Kopi COG-HS600

Cara menggunakannya pun sangat mudah, cukup tekan satu tombol, dan mesin espresso ini akan segera membuat kopi sesuai dengan menu yang Anda pilih. Beberapa contoh merk mesin tipe super-automatic yang dapat Anda pilih adalah delonghi dan jura.

Mesin Kopi Automatic

Mesin automatic memiliki desain yang keren dan bergaya modern. Jika Anda pernah melihat Dolce Gusto dan Nespresso, Anda mungkin tak asing lagi dengan mesin yang juga sering dikenal dengan istilah mesin pod coffee ini.

Beberapa orang menggemari mesin tipe ini, karena penggunaannya yang cukup praktis tanpa harus banyak belajar, yaitu hanya membuat kopi seperlunya saja, cukup dengan menggunakan satu kapsul kopi yang akan kita minum. Salah satu merk mesin automatic Dolce Gusto termasuk salah satu yang paling digemari.

Mesin Kopi Semi-Automatic

Mesin tipe semi automatic sangat cocok bagi penggemar kopi yang berkeinginan untuk menjadi barista di rumah sendiri. Anda dapat menakar kopi yang ingin Anda buat dalam takaran yang tepat dengan menggunakan mesin tipe ini.

Untuk menghasilkan ekstraksi, mesin tipe semi-automatic ini memiliki beberapa fitur, diantaranya boiler, portafilter dan sebuah lever.Saat menggunakan mesin ini, Anda harus tetap menggiling dan memadatkan (stamp) espresso sebelum mulai mengekstraksi kopi. Mesin-mesin espresso semi-automatic biasanya terdiri dari dua jenis, yaitu: manual control dan programmable doses.

Mesin Kopi Manual

Desain vintage dari mesin espresso manual memberikan kesan elegan, sekaligus klasik pada saat yang bersamaan.Pada umumnya, mesin tipe manual memiliki fitur fungsional yang lebih lengkap, yaitu boiler, steam pressure gauge, portafilter, serta manual lever untuk mengendalikan lamanya ekstraksi espresso secara manual.

Mesindo Mesin Penyangrai Kopi

Jika Anda ingin belajar menjadi barista sendiri di rumah, mesin-mesin tipe ini akan menjadi pilihan yang cocok. Saat menggunakan mesin espresso tipe manual, Anda harus menggiling sendiri biji kopi, tamping, mengatur suhu dan tekanan, hingga lamanya ekstraksi. Beberapa merk mesin bertipe manual yang dapat Anda coba adalah La Pavoni dan Ganggia.

Mesin Kopi Komersial / Professional

Mesin bertipe komersial / professional merupakan mesin impian dari para barista. Mesin ini memiliki ciri-ciri berukuran besar dan terlihat tangguh.Tipe ini memiliki group head lebih dari satu guna menunjang kecepatan produksi dan memiliki ketahanan yang sangat kuat. Mesin tipe komersial pada umumnya menarik daya listrik sekitar 40-50 amps dalam kapasitas mencapai 220 volts.

Dengan tingkat kesulitan yang cukup tinggi, mesin ini cenderung digunakan oleh barista professional, karena cara penggunaannya lebih rumit dan teknikal.Tak heran, segmentasi dari mesin espresso tipe ini adalah kafe-kafe (besar) yang berfokus pada kualitas kopi. Salah satu merk mesin komersial yang banyak digemari oleh banyak barista adalah LM GS3 Titanium.

Tidak hanya mesin kopi Espresso, untuk menunjang operasional bisnis coffee shop, Anda juga dapat menggunakan aplikasi GoBiz di internet. Kelola coffee shop dari mana dan kapan saja, cari tahu menu kopi apa yang paling laris dan dapatkan laporan penjualan harian secara otomatis.

Demikian pembahasannya tentang Jenis Mesin Kopi Espresso yang biasa digunakan pada kedai kopi atau café serta rumahan semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda.

Chat via WhatsApp