Jenis Bumbu Dapur

Jenis bumbu dapur merupakan pengetahuan yang harus diketahui ibu rumah tangga dan seorang chef, karena pekerjaan meraka memasak. Bila tidak tau jenis bumbu dapur tentunya harus dipelajari karena hal itu adalah tuntutan pengetahuan dalam hal memasak.

jenis bumbu dapur

Ciri khas masakan Indonesia adalah terletak dari kekayaan beragam bumbu yang digunakan. Oleh karena itu tak heran bila masakan indonesia banyak disukai oleh orang luar negeri. Berbeda dengan masakan Amerika dan Eropa yang lebih dominan menggunakan bumbu yang simpel saja. Masakan indonesia lebih banyak menggunakan berbagai jenis bumbu yang lebih mengutamakan cita rasa khas. Karena masakan merupakan salah satu warisan budaya Indonesia yang patut kita semua lestarikan.

Semua orang tau bahwa salah satu kunci utama dari kelezatan sebuah hidangan adalah dari bumbu yang digunakan. Masakan nusantara kaya akan bumbu-bumbu dapur khas nusantara menjadi rahasia utamanya semua orang tau hal itu. Tapi, ada banyak sekali bumbu dapur yang ada di Indonesia dengan fungsi dan karakter yang berbeda. Anda perlu kenali lebih dalam berbagai bumbu dapur wajib khas nusantara untuk bantu sempurnakan cita rasa dari masakan yang kamu punya.

Tak hanya berguna menambah citarasa dan kelezatan masakan, jenis-jenis bumbu dapur berikut ternyata juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Ini beberapa di antaranya.

Beberapa Jenis Bumbu Dapur

Berikut ini ada beberapa jenis bumbu dapur yang perlu kita ketahui dan pelajari pengetahuannya dan manfaatnya simak berikut ini:

  • Lengkuas

Sekilas bumbu dapur satu ini terlihat seperti jahe, namun lengkuas memiliki cita rasa dan fungsi yang berbeda. Lengkuas umumnya digunakan untuk memasak kuliner bersantan, sayur asam, dan berbagai masakan tumisan. Lengkuas memiliki aroma yang lebih wangi dan rasa pahit keasaman khas rempah-rempah. Di beberapa daerah di Indonesia, bumbu dapur ini dikenal juga dengan nama Laos.

  • Bawang putih

Zat alicin yang memberi citarasa dan aroma menyengat pada bawang putih bersifat antiseptik dan antibakteri. Konsumsi bawang putih diketahui ampuh untuk mengobati sakit flu, menormalkan tekanan darah,  menurunkan kadar kolesterol, memelihara stamina, dan penawar racun.

  • Bawang merah

Bawang merah punya kandungan flavonoid dan fenol yang bersifat antioksidan dan bisa membantu meredakan peradangan dan kerusakan akibat radikal bebas. Menurut penelitian, bawang merah juga mengandung senyawa sulfur yang berguna menyeimbangkan kadar gula darah dan kolesterol, serta mengatasi infeksi bakteri dan virus.

  • Daun Salam

Bila kebanyakan bumbu dapur sebelumnya merupakan umbi, bumbu dapur selanjutnya berupa daun. Daun salam memiliki fungsi memberikan aroma khas dalam masakan-masakan seperti lodeh, opor, dan berbagai hidangan yang menggunakan santan lainnya. Selain itu, daun salam juga bisa membantumu mengusir aroma-aroma nggak sedap dari hidangan seafood. Maka dari itu, daun salam sering menjadi salah satu bumbu pelengkap ikan bakar ataupun pepes ikan.

  • Lada atau merica

Citarasa lada yang pedas ampuh digunakan untuk menghangatkan tubuh. Selain itu, bumbu dapur ini juga berguna untuk meredakan sakit kepala, mengatasi bau keringat yang tidak sedap, asma, menstruasi tidak teratur, dan meningkatkan gairah seks.

lada

  • Ketumbar

Meskipun berasal dari daratan Eropa Selatan, rempah-rempah satu ini merupakan bumbu dapur yang cukup populer digunakan dalam berbagai hidangan tradisional di Indonesia. Ketumber yang berbentuk bijian ini biasanya akan ditumbuk atau geprek sebeluk digunakan untuk memberikan aroma yang sedap dan lembut pada hidangan.

  • Biji Pala

Air rebusan bunga pala biasa digunakan sebagai obat untuk mengatasi sulit tidur. Selain itu, pala juga berguna melancarkan peredaran darah dan mengatasi masalah pencernaan. Sebuah riset di Thailand menyatakan bahwa kandungan zat di dalam pala mampu menghambat pertumbuhan kanker.

  • Kayu Manis

Bumbu dasar dapur lainnya adalah kayu manis yang sebenarnya merupakan kulit kayu yang di dapat dari beberapa jenis species pohon Cinnamomum. Selain memberikan aroma manis, bumbu dapur ini juga memberikan rasa segar pada masakan. Selain pada hidangan masakan, bahan dasar ini juga kerap menjadi pelengkap bahan membuat minuman dan juga kue.

  • Kunyit

Sejumlah penelitian membuktikan manfaat zat curcumin di dalam kunyit mampu mengatasi peradangan dan meredakan rasa sakit. Karenanya, kunyit bisa digunakan untuk membantu meredakan rasa sakit akibat menstruasi, sakit kepala, sakit perut, dan nyeri pada persendian. Selain itu, kunyit, juga bisa digunakan untuk meningkatkan nafsu makan.

kunyit

  • Kemiri

Bumbu dapur selanjutnya adalah kemiri yang juga terkenal sebagai bahan penyubur rambut. Sebelum digunakan Biji kemiri sebelumnya disangrai atau ditumis dengan minyak terlebih dahulu sebelum dicampur kedalam masakan untuk mengentalkan masakan dan juga memberikan rasa gurih pada hidangan.

  • Kencur

Sejak lama, air perasan kencur dipercaya ampuh meredakan sakit batuk. Selain itu, kencur juga berguna mengatasi sakit kepala, gangguan pencernaan, diare, dan juga membersihkan darah.

  • Jahe

Kandungan zat gingerol di dalam jahe memiliki khasiat anti peradangan dan antioksidan, sehingga jahe bisa digunakan untuk meredakan rasa sakit dan nyeri. Air rebusan jahe juga ampuh untuk mengatasi gejala masuk angin, seperti sakit kepala, kembung, mual, dan badan pegal-pegal. Selain itu, jahe juga berguna untuk mengatasi bau mulut dan melancarkan sirkulasi darah.

  • Serai

Selain digunakan untuk menyegarkan ruangan dan menangkal nyamuk, bumbu dapur ini juga bisa digunakan untuk mengatasi nyeri lambung, diare, batuk, dan badan pegal-pegal. Tak hanya itu, air perasan akar serai juga berguna untuk obat batuk, obat kumur, dan peluruh keringat.

  • Asam Jawa

Sesuai dengan namanya, bumbu dapur ini memiliki fungsi memberikan rasa asam yang segar pada masakan. Asam jawa biasa digunakan pada sayur asam dan juga gado-gado untuk memberikan rasa yang lebih segar.

  • Bunga Lawang

Bila kamu ingin memberikan aroma yang lezat pada masakan, bumbu dapur satu ini bisa jadi pilihan pelengkap bumbu masakanmu. Dikenal juga dengan mana kembang lawang atau “pekak”, bahan dasar ini nggak cuma terkenal sebagai pelengkap bumbu masakan nusantara tapi juga di berbagai negara lainnya di Asia. Namun, perlu diingat bahwa cita rasa dari bumbu dapur ini adalah pahit sehingga penggunaanya haruslah sesuai takaran agar nggak merusak

bunga lawang
bunga lawang

Itulah tadi beberapa jenis bumbu dapur yang khas dan perlu kita ketahui sebagai masyarakat indonesia yang masakannya kaya akan bumbu dan sangat suka men campur bumbu dalam satu resep. Oleh karena itu jangan lupakan warisan menu masakan nenek moyang kita, sebab itu adalah sdalah satu warisan budaya kita. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda.