Ini Dia Bahan-Bahan Membuat Bakso dan Tips Memilihnya

bahan bahan membuat bakso

Wiratech.co.id – Jika sudah tahu cara membuat bakso yang baik, ini saatnya kamu mencari tahu cara memilih bahan-bahan membuat bakso terbaik. Setuju atau tidak, bahan-bahan masakan adalah salah satu faktor terpenting yang mempengaruhi rasa masakan yang kita buat. Sebaik apa pun skill memasak seseorang, jika bahan yang dimasak tidak sesuai atau bagus, maka rasanya pun tidak akan bisa sempurna.

Berikut ini adalah bahan-bahan membuat bakso yang harus kamu tahu:

1. Daging Sapi

Daging sapi segar 1

Yang pertama dan yang utama adalah daging sapi karena daging adalah komponen rasa yang paling dibutuhkan dalam sebuah bakso. Oleh karena itu, kamu harus memastikan memilih daging sapi dengan kualitas terbaik untuk baksomu dengan beberapa pertimbangan seperti:

  • Warna dagingnya. pastikan daging memiliki warna kemerahan yang tampak segar, jangan yang pucat atau kotor
  • Tekstur dagingnya. Pegang daging dan perhatikan apakah daging tersebut memiliki tekstur yang kenyal? Daging bertekstur kenyal menandakan daging tersebut masih baru dan fresh.
  • Aroma dagingnya. Mencium aroma adalah hal yang paling mudah untuk menilai kondisi daging, jika tercium tidak sedap dan sedikit asam, maka daging tersebut kemungkinan sudah mulai membusuk. Cari yang wanginya segar dan khas.

Selain itu, kamu juga bisa memilih jenis daging lain sesuai dengan jenis bakso yang mau dibuat: daging ayam atau bahkan seafood.

2. Tepung Tapioka atau Tepung Terigu

Tepung Terigu 1

Bakso tidak akan bisa jadi tanpa hadirnya tepung untuk membuat adonan dagingnya. Kamu bisa menggunakan tepung tapioka atau tepung terigu biasa, sesuai dengan hasil adonan yang kamu inginkan. Jika ingin bakso yang lebih kenyal, kamu bahkan bisa menggunakan tepung sagu di adonan baksomu.

3. Bumbu Dapur

bumbu dapur 1

Bahan-bahan membuat bakso tentu tidak bisa lepas dari bumbu dapur untuk memberikan sentuhan rasa di adonan baksomu. Bumbu dapur yang dimaksud antara lain seperti bawang putih, bawang merah, bubuk pala, lada bubuk, dan garam. Untuk masalah bumbu, tidak ada tips khusus dalam memilihnya, melainkan hanya kejelian dalam menentukan takaran yang kamu tuang di dalam adonan. Pastikan kamu melakukannya sesuai selera.

4. Baking Powder dan Kaldu Sapi

baking powder 1

Mungkin kamu juga akan membutuhkan sedikit baking powder untuk hasil adonan yang lebih baik dan kaldu sapi untuk lebih memperkuat rasa baksomu.

Setelah melengkapi semua bahan-bahan membuat bakso yang pokok seperti di atas, hal yang tidak boleh ketinggalan untuk dimiliki yaitu peralatan membuat bakso. Mulai dari yang manual hingga yang otomatis seperti mesin pembuat bakso. Kehadiran alat-alat ini tentu lah yang akan membantu proses pembuatan baksomu sehingga bisa lebih mudah, praktis, dan lebih cepat jadi. Mesin pembuat bakso juga akan membantu baksomu terbentuk bulat sempurna sehingga selain rasanya yang enak, tampilannya pun bisa lebih bagus.

Kesimpulan

Pada dasarnya, bakso yang kamu buat akan menghasilkan rasa yang enak jika kamu memilih bahan-bahan membuat bakso dan juga mengikuti cara membuat bakso yang baik dan benar. Selamat mencoba resep baksomu sendiri! By. Saiful.