Harga Kemasan Makanan 2020 Terbaru, Manakah Pilihan Anda??

Harga Kemasan Makanan

Harga kemasan makanan dipasaran memang sangat bervariasi dan bersaing namun anda perlu jeli memilihnya yang tepat untuk produk anda. Standarisasi sebuah kemasan bukan hanya dari segi murahnya saja namun anda juga perlu memperhatikan kualitasnya untuk keamanan prodik anda.

plastik kemasan makanan banner

Dalam memilih kemasan yang tepat dan berkualitas, kemasan perlu di sesuaikan terlebih dahulu dengan suatu produknya agar cocok dan aman. Tidak sedikit produsen yang mencari kemasan makanan murah namun tidak melupakan kualitas kemasan tersebut bila anda produsen makanan.

Banyak para produsen makanan yang mencari informasi tentang harga kemasan makanan dipasaran sebagai referensi informasi mencari kemasan makanan murah untuk menekan biaya produksi produk makanan. Berikut ini ada sedikit informasi tentang harga kemasan makanan dipasaran:

Daftar Harga Kemasan Makanan Dipasaran

Berikut ini adalah contoh daftar harga kemasan makanan standing pouch dengan beberapa ukuran dan jenisnya dipasaran :

  • Standing pouch transparan

Ukuran 9 x 15 . (150gr/ml) Harga/lembar Rp. 450

Ukuran 13 x 20 (250 gr /ml) Harga/lembar Rp. 800

Ukuran 14 x 23. (500 gr/ml) Harga/lembar Rp. 950

Ukuran 18 x 29. (1100 gr/ml) Harga/lembar Rp. 1.500

Ukuran 22 x 29. (2000 gr/ml) Harga/lembar Rp. 1.700

  • Standing Pouch TRANSMETS (Kombinasi)

stand up pouchh OLD

Ukuran 9 x 15 . (150gr/ml) Harga/lembar Rp. 700

Ukuran 13 x 20 (250 gr /ml) Harga/lembar Rp. 1.300

Ukuran 14 x 23. (500 gr/ml) Harga/lembar Rp. 1.500

Ukuran 18 x 29. (1100 gr/ml) Harga/lembar Rp. 2.500

*Standing Pouch Full Alumunium Foil

Ukuran 13 x 20 (250 gr /ml) Harga/lembar Rp. 1.500

Ukuran 14 x 23. (500 gr/ml) Harga/lembar Rp. 1.800

Ukuran 18 x 29. (1100 gr/ml) Harga/lembar Rp. 3600

Tips Memilih Plastik Kemasan Murah Dan Berkualitas

  • Anda harus pintar-pintar mencari alamat website penjual online plastik makanan kemasan yang terpercaya, karena selain berkualitas biasanya di dalam sistem online lebih gampang proses transaksi pembeliannya yaitu kita tidak perlu repot beranjak dari tempat duduk kita atau pergi ke  toko mereka kita hanya perlu transaksi via rekening  ATM hingga proses pengiriman barang.
  • Memperhatikan jenis material, desain merek atau gambar dan bentuk dari plastik itu sendiri sehingga dalam memilih plastik berkualitas dan murah yang nantinya kita harapkan akan memberikan banyak sekali keuntungan dengan pemilihan yang tepat sesuai dengan produk yang kita produksi dalam usaha karena hal ini sangat penting agar produk yang kita hasilkan sesuai dengan plastik kemasan yang kita pilih. Dimana seperti contoh plastik Standing Pouch kombinasi dimana jenis fitur plastik ini menghasilkan kemasan produk akan menjadi terlihat mewah dan elegan dan tidak hanya itu sesuai dengan materialnya yaitu Aluminium Foil yang dapat mencegah sinar matahari dan oksigen serta udara masuk ke dalam produk itu sendiri. Kemasan plastik ini sangat cocok untuk produk berupa keripik, brownies kering, cokelat, abon, dan lain-lainnya, dan kita juga dapat memilih Plastik Super Clear PP dengan zipper sebagai pembungkus produk UKM seperti kacang goreng, keripik, dan snack, dan bahan makanan lainnya yang memiliki fungsi kemasan yang bening sehingga sangat menarik untuk menyimpan makanan.
  • Agar dapat menemukan plastik kemasan yang murah ialah dengan cara mencari web penjual online yang sedang menyediakan diskon atau potongan harga untuk pembelian plastik kemasan itu sendiri dengan jumlah tertentu dan tentunya kita juga harus berlangganan sama mereka. Sehingga budget yang kita keluarkan bisa lebih hemat dibandingkan kita beli dengan harga normal. Dan dalam menjalankan bisnis UKM kita harus pintar dan cerdas dalam memilih kualitas pembungkus plastik agar dapat menguntungkan sehingga menghasilkan laba yang besar.

Tips Memilih Kemasan Makanan Untuk Bisnis Kuliner

  • Kemasan kedap udara

Salah satu kriteria kemasan makanan yang baik adalah kedap udara. Hal ini dikarenakan faktor udara dari luar yang mengandung debu, virus, atau hal lain yang dapat menganggu kesehatan. Dengan menggunakan kemasan yang kedap udara maka akan dapat memperkecil peluang masuknya udara dari luar sehingga meminimalkan resiko kontaminasi. Selain itu kemasan yang tidak kedap udara akan mempengaruhi rasa dan tekstur makanan .

Kemasan Vacuum Bag Nylon Thumb

  • Kemasan kedap air

Sifat kantong plastik yang mampu menahan air dan fleksibel untuk berbagai produk menjadikan banyak pelaku usaha kuliner menggunakannya sebagai kemasan makanan. Hal ini disebabkan karena ada beberapa jenis makanan yang rentan jika terkena air dari luar sehingga dapat menurunkan kualitasnya. Kontaminasi air dari luar dapat mengakibatkan makanan mudah basi atau rusak. Inilah yang membuat kemasan makanan kedap air sangat dibutuhkan.

Yang harus diingat oleh pelaku usaha kuliner adalah tidak semua kemasan kedap air atau plastik dapat digunakan sebagai kemasan makanan. Berikut adalah beberapa jenis plastik yang dapat digunakan untuk kemasan makanan:

  1. Polyethylene terephtalate (PTE atau PETE): untuk kemasan air minum, minuman ringan berkarbonasi, jus buah, selai, saus, jeli, minyak goreng.
  2. High density polyethylene (HDPE): untuk kemasan susu, yoghurt, botol dan galon minum.
  3. Low density polyethylene (LDPE): untuk kemasan rapat yang biasa digunakan untuk megemas roti, makanan beku dan botol plastik yang dapat ditekan.
  4. Polypropylene (PP): untuk kemasan saus tomat, margarin dan sup .

Diantara jenis-jenis plastik diatas yang relatif aman dan telah diuji dan dievaluasi oleh FDA adalah PTE.

  • Hindari Bahan styrofoam

Kriteria berikutnya untuk menunjang kemasan makanan yang baik untuk kesehatan yakni dengan menghindari bahan styrofoam. Styrofoam memang sudah sangat akrab digunakan dalam berbagai kemasan makanan. Terutama untuk makanan cepat saji, styrofoam menjadi pilihan yang paling mudah karena beberapa sifatnya seperti tahan panas dan harga yang relatif lebih murah.Namun styrofoam tidaklah 100% aman untuk kemasan makanan. Meskipun sudah dilapisi kertas minyak, resiko larutnya material kimia yang ada dalam styrofoam masing mungkin terjadi. Maka, disarankan untuk menghindari kemasan berbahan styrofoam ini, atau jika memang terpaksa menggunakannya sebaiknya diberi lapisan yang berbahan aman.

  • Hindari kemasan yang berbahan logam

Penggunaan kemasan makanan yang berbahan logam dapat mempengaruhi kesehatan. Kemasan logam yang berkualitas rendah memiliki resiko mudah mengelupas dan berkarat sehingga membahayakan kesehatan. Kemasan yang berbahan logam memang efektif untuk produk jenis makanan yang digunakan untuk jangka panjang. Namun akan lebih bijak jika Anda mempertimbangkan untuk menggunakan kemasan lain yang lebih aman.

Hasil gambar untuk kemasan logam

  • Memberikan sirkulasi udara pada kemasan

Sedikit berbeda dengan poin 1, beberapa jenis makanan membutuhkan adanya lubang pada kemasan untuk sirkulasi udara. Kemasan ini biasa digunakan untuk makanan dengan suhu tinggi atau yang baru diolah. Pemberian sirkulasi udara ini juga harus disesuaikan dengan jenis makanan yang dikemas.

Demikian pembahasannya tentang harga kemasan makanan dan bagaimana memilih kemasan makanan yang murah dan berkualitas. semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda.