Manfaat Buah Pisang

Tampil sehat dan cantik alami bisa kamu rasakan melalui kayanya manfaat pisang. Pisang merupakan buah tropis yang disukai banyak orang. Pisang memiliki tekstur yang lembut dengan rasa manis. Umumnya pisang tidak termasuk kategori buah yang segar. Pisang tidak memiliki banyak kandungan air.

manfaat Buah pisang

Teksturnya yang lembut menjadikan buah yang satu ini cocok dikonsumsi oleh semua umur. Bahkan balita pun menyukai pisang. Teksturnya yang lembut memudahkan anak untuk mencernanya secara perlahan. Pisang juga sering dijadikan sebagai bubur buah dengan cara dihaluskan, dan di jadikan panganan buka puasa dalam bentuk Kolak

Hampir setiap musim, pisang selalu terpampang hampir di seluruh toko buah. Dengan harganya yang murah, kamu sudah bisa mendapatkan satu sisir pisang. Pisang memiliki berbagai jenis. Ada yang bisa langsung dikonsumsi, ada juga yang tidak. Meskipun demikian, tentu tidak akan mengurangi lezatnya rasa pisang.

Jenis-jenis Pisang

  • Pisang Cavendish

Ada yang baru mendengar jenis pisang yang satu ini? Biasanya pisang cavendish mudah ditemukan di berbagai supermarket. Pisang cavendish memiliki kulit yang mulus dan bersih. Banyak orang yang beranggapan pisang ini berasal dari luar negeri. Padahal pisang ini asli dari Lampung. Kamu bisa mengonsumsinya secara langsung atau dimanfaatkan sebagai topping makanan. Pisang cavendish juga cocok untuk dikonsumsi dengan yoghurt dan oat.

  • Pisang Mas

Pisang mas memiliki bentuk dengan ukuran yang super cute. Bentuknya kecil-kecil dengan warna kuning dan kulit yang mulus. Pisang mas mempunyai daging buah yang manis dan lembut. Pisang mas bisa kamu santap langsung. Dijadikan adonan bolu atau brownies juga tidak kalah enak.

  • Pisang Susu

Pisang susu memiliki tekstur yang mirip dengan pisang candevish. Bedanya, pisang susu memiliki bentuk yang lebih mini dan gempal. Rasanya pun lebih manis dan memiliki sensai creamy seperti susu. Pisang susu memiliki kulit yang lebih tipis dengan bintik cokelat kehitaman. Bentuknya melengung tanpa siku. Pisang susu juga bisa dikonsumsi langsung atau dijadikan isian dadar gulung pisang cokelat atau sandwich.

  • Pisang Nangka

Pisang ini memiliki ciri yang unik. Baik mentah maupung matang warna kulitnya tetap berwarna hijau. Namun, daging buahnya tentu saja tetap berwarna kuning kemerahan dengan tekstur agak keras. Pisang ini kurang nikmat jika disantap langsung karea memiliki perpaduan rasa manis dan sepat. Pisang ini sering dijadikan bahan baku pembuatan keripik atau kudapan pisang epe.

  • Pisang Raja

Pisang raja adalah salah satu jenis yang paling mudah ditemukan di pasaran. Pisang raja memiliki warna kuning pucat dan kusam disertai dengan sedikit corak yang kehitaman. Selain mudah ditemukan, pisang raja adalah jenis yang banyak disukai. Pisang ini memiliki daging buah yang tebal dan padat. Bisa dikonsumsi langsung atau sebagai isian kue seperti nagasari atau diolah menjadi es pisang ijo.

  • Pisang Tanduk

Pisang ini memiliki fisik yang tidak sedap dipandang. Bentuknya paling panjang di antara jenis pisang lainnya. Sesuai dengan namanya, bentulknya melengkung seperti tanduk. Tekstur dagingnya cukup keras, sehingga lebih lezat jika disantap setelah diolah menjadi pisang goreng.

  • Pisang Ambon

Pisang ambon memiliki daging buah yang lembut dan pulen dengan warna kuning pucat kemerahan. Pisang ambon memiliki aroma harum yang dominan. Biasanya jenis pisang ini dimanfaatkan untuk membuat bolu pisang. Mau dikonsumsi langsung? Juga bisa kok!

  • Pisang Kepok

Pisang kepok memiliki bentuk paling lebar dengan ukuran pendek pipih dan seperti memiliki siku. Pisang kepok memiliki dua jenis, yaitu kepok kuning dan kepok putih. Keduanya dapat kamu konsumsi secara langsung atau bisa juga di di buat kolak pisang. Kepok putih memiliki tekstur daging lebih keras dan rasanya sepat. Pisang kepok putih sering dimanfaatkan sebagai pakan burung. Sedangkan kepok kuning enak diolah menjadi pisang goreng tepung, dikukus, atau dibakar.

cara membuat kolak pisang

Mengonsumsi buah-buahan memang sangat membantu untuk menjaga kesehatan tubuh. Buah memiliki kandungan yang bermanfaat untuk menyehatkan, termasuk dari pisang ini. Salah satu kandungannya adalah karbohidrat. Banyak orang yang memanfaatkan pisang sebagai saranan makanan diet pengganti nasi. Lalu apa saja manfaat lainnya?

Manfaat Buah Pisang untuk Kesehatan

kandungan gizi pisang

  • Menyehatkan jantung

Kandungan potassium yang tinggi dan natrium yang rendah merupakan makanan terbaik untuk menajaga kesehatan jantung. Kandungan tersebut ada di dalam pisang. Pisang juga mampu menjaga sel-sel di tubuh kita berfungsi dengan baik, sebagai sumber energi, dan meningkatkan kekuatan kontraksi otot (bisep) dan otot (jantung).

  • Memiliki nutrisi yang lengkap

Pisang adalah sumber makanan yang penuh akan gizi. Pisang memiliki kandungan vitamin esensial dan mineral, seperti kalsium, kalium, magnesium, mangan, zat besi, folat, niacin, vitamin B6, dan riboflavin. Seluruh kandungan pisang tersebut akan berkontribusi besar menjaga fungsi tubuh agar tetap fit.

  • Meningkatkan imun tubuh

Pisang kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan yang berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Jika kamu mengonsumsi 1 buah pisang berukuran sedang dapat memenuhi 15% kebutuhan vitamin C harian kita. Jika kamu rutin mengonsumsi vitamin C sangat bermanfaat untuk menjaga level sistem imun agar tetap prima.

  • Menurunkan berat badan

Kandungan serat soluble dan insoluble serta pati resisten terdapat pada pisang yang sangat bermanfaat sebagai teman diet. Serat soluble berguna untuk menghambat proses mencerna makanan, membuat rasa kenyang lebih lama, dan mencegah gula darah naik. Sedangkan serat insoluble bermanfaat sebagai sumber makanan bagi bakteri dalam usus, sehingga buang air besar lebih lancar. Lalu pati resisten berguna untuk meningkatkan metabolism lemak, sehingga bobot tubuh mudah turun.

  • Mendorong energi keluar

Saat berolahraga atau melakukan aktivitas berat lainnya, tentu akan menguras tenaga begitu banyak. Bahkan di tengah-tegah aktivitas yang padat sering terasa kehabisan tenaga. Manfaat buah pisang di sini akan bekerja. Pisang akan membantu meningkatkan energi kembali dalam waktu singkat. Terutama pisang nangka yang banyak mengandung gula dan karbohidrat.

  • Manfaat Buah Pisang untuk Ibu Hamil

Selain memiliki manfaat untuk kesehatan. Pisang juga baik dikonsumsi oleh wanita hamil. Menurut National Intitues of Health, mengonsumsi 3-4 porsi pisang setiap harinya dapat mencukupi nutrisi yang sangat dibutuhkan ibu hamil dan janinnya.

  • Mencegah bayi lahir prematur

Pisang memiliki asam folat yang memiliki peran penting dalam perkembangan saraf, otak, dan sumsum tulang belakang. Mengonsumsi pisang ternyata mampu mencegah defisiensi asam folat menyebabkan bayi lahir prematur dan risiko cacat lahir.

  • Menyeimbangkan darah

Salah satu kasus yang sering terjadi pada wanita hamil adalah flukuasi tekanan darah. Untuk menyeimbangkan tekanan darah kamu bisa melakukan diet sehat dengan pisang. potassium dalam pisang akan membantu menjaga tekanan darah ibu hamil. Kalium pada pisang juga membantu mengurangi kram otot dan nyeri kaki selama kehamilan.

  • Mengurangi morning sickness

Pisang memiliki kandungan vitamin B6 yang larut dalam air. Vitamin tersebut mampu meningkatkan perkembangan sel sistem saraf pusat pada janin. Vitamin B6 ini juga bisa mengurangi morning sickness. Dengan mengonsumsi satu pisang kamu sudah mendapatkan 4mg vitamin B. Sedangkan vitamin B6 yang dibutuhkan sebesar 1.9mg.

  • Mencegah risiko bayi lahir dengan bibir sumbing

Protein pada pisang berfungsi sebagai sumber kalori dan juga pembentukan antibodi untuk janin dan ibu. Pisang dengan paduan oatmeal adalah pilihan baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Protein alami dalam pisang terdapat 2.5gr per 225gr pisang. Jika kamu mengonsumsi secara rutin akan menjauhkan bahaya bayi lahir dengan bibir sumbing.

Itu dia berbagai manfaat buah pisang yang bisa kamu peroleh. Mengonsumi pisang secara rutin akan membantu menyehatkan tubuhmu lebih cepat. Terlebih lagi pisang merupakan bahan alami yang minim akan risiko efek samping, sehingga aman jika dikonsumsi dalam jumlah intens. Sudah sering mengonsumsi? Manfaat buah pisang mana yang kalian rasakan?

 

 

(Zakiah)