Hand Sealer Alumunium Foil, Alat Press Simpel Perlindungan Double

Hand Sealer Alumunium Foil

Hand sealer alumunium foil adalah alat press yang dapat digunakan untuk jenis kemasan alufoil. Hand sealer sendiri merupakan alat press sederhana yang paling banyak digunakan oleh para wirausaha di rumah. Biasanya sebagian dari mereka yang menggunakan hand sealer memiliki produksi yang notabenenya masih minim atau sedikit permintaan.

Kemasan Kombinasi Stand Up Non Zipper (2)

Mengapa demikian? Hand sealer memiliki cara kerja manual dan hanya bisa digunakan sekali proses untuk satu plastik. Nah, kebayang dong jika produksi menggunung menggunakan hand sealer tentu sangat melelahkan. Oleh karena itu, hand sealer disarankan untuk penggunaan produksi rumahan.

Sedangkan alumunium foil (alufoil) merupakan paduan alumunium yang dibuat dalam bentuk lembaran tipis. Biasanya  alufoil memiliki ketebalan 0.2mm dengan kandungan alumunium 92-99%. Alufoil tersedia dengan berbagai ukuran dan karakteristik.

Biasanya masing-masing barang yang dikemas dengan alufoil memiliki karakteristik yang berbeda. Misalnya penggunaan alufoil pada makanan dengan bahan nonpangan jenisnya tidak sama. Terkadang alufoil juga dilapis plastik, sehinga membuatnya lebih kuat.

Apakah Alufoil Aman Di­-seal dengan Hand Sealer?

Jika Anda memiliki produk makanan, tentu saja ingin menjamin kualitasnya hingga ke tangan konsumen bukan? Salah satu caranya, yaitu dengan memastikan tidak salah memilih kemasan dan alat press-nya.

Alumunium foil sendiri sebenarnya memiliki material yang lentur. Untuk beberapa case alufoil digunakan sebagai pelapis bahan makanan yang akan dipanggang di dalam oven. Ada juga yang memanfaatkannya sebagai bahan bangunan rumah. Ini mengapa Anda perlu mengetahui jenis alufoil yang digunakan untuk makanan dan non-pangan.

hand sealer plastik mini

Bahan alufoil untuk memanggang makanan sebenarnya tidak disarankan untuk di-seal dengan hand sealer. Selain penggunaanya yang kurang tepat, jenis alufoil tersebut tanpa di-seal dengan hand sealer sebenarnya dapat membungkus ke seluruh permukaan makanan dengan baik. Sifatnya yang mengingkat mampu untuk menjaga makanan di waktu sementara. Nah, jadi jenis alumunium foil seperti apa yang aman di-press dengan hand sealer?

Jenis Aluminium Foil yang Bisa Di-press dengan Hand Sealer

Untuk mendapatkan hasil press yang bagus ternyata juga dipengaruhi dari pemilihan kemasan alumunium yang tepat. Alumunium foil yang terlalu tebal kurang bekerja maksimal saat di-press dengan hand sealer. Untuk itu, kami rekomendasikan kemasan alufoil yang bisa digunakan dengan hand sealer.

  • Alufoil Standing Pouch

Jenis pertama adalah alumunium foil dengan model kemasan standing/berdiri. Biasanya kemasan ini juga dilengkapi dengan fitur ziplock. Tidak salah alufoil standing pouch menjadi salah satu jenis kemasan yang banyak dicari para wirausaha makanan. Kedua sisi kemasan ini dilapisi penuh dengan alufoil.

Adanya material alufoil ini dapat menghalangi oksigen, air, udara, kelembapan, dan sinar matahari langsung, sehingga produk dapat menekan pertumbuhan bakteri dan jamur. Selain dari alufoil, biasanya material PET dan LLDPE juga terdapat pada jenis kemasan ini, agar aman digunakan sebagai kemasan makanan.

  • Alufoil Gusset

Posisi kedua ditempati oleh gusset. Gusset merupakan kemasan yang memiliki bentuk unik dan berbeda dari jenis lainnya. Gusset memiliki lekukan di bagian kiri dan kanannya yang bertujuan untuk membuat isi produk agar lebih efisien dan memperkecil ruang penyimpanan.

Gusset merupakan kemasan alufoil yang dapat menjaga cita rasa isi produk dan membuatnya lebih awet. Biasanya kemasan ini digunakan untuk produk kopi, snack ringan, bumbu kering, kue, keripik, dan teh.

  • Standing Pouch Kombinasi Alufoil

Apa yang dimaksud dengan kombinasi? Kombinasi mengartikan penggunaan material yang tidak hanya alufoil saja. Biasanya standing pouch alufoil ini dikombinasikan dengan material plastik bening OPP. Jadi, bagian depan kemasan terbuat dari OPP dan sisi belakang dari alufoil. Dengan kombinasi OPP bagian depan, memudahkan pelanggan dapat melihat fisik produk lebih jelas.

Kemasan Kombinasi Stand Up Non Zipper (4)

Jenis kemasan ini juga dilengkapi dengan fitu ziplock. Namun, juga tersedia kemasan kombinasi tanpa ziplock kok. Standing pouch kombinasi alufoil bisa Anda manfaatkan untuk beberapa kebutuhan seperti snack ringan, kopi, dan sebagainya.

  • Alufoil Three Side Seal

Kemasan alufoil yang satu ini juga disebut sebagai pouch atau saset. Sesuai dengan nama kemasannya, alufoil ini memiliki 3 sisi bagian yang sudah di­-seal. Material campuran selain alufoil yang sering digunakan adalah PET dan LLDPE. Alufoil three side seal sering digunakan untuk produk kemas seperti kopi, snack ringan, keripik, dan sebagainya.

Selain berbagai jenis kemasan di atas, ternyata ada juga jenis material yang hampir menyerupai alufoil lho, yaitu metalized. Metalized juga sering digunakan sebagai kemasan makanan. Namun jangan salah fungsi dan kegunaannya berbeda lho dengan alufoil.

Perbedaan Alufoil dan Metalized

Pernah dengar kemasan dari metalized? Kemasan metalized sekilas hampir sama dengan alufoil. Bahkan banyak yang mengira bahwa kedua jenis kemasan tersebut sama hanya karena warnanya yang silver/abu-abu. Padahal keunggulan dari keduanya jauh berbeda lho.

  • Kemasan Alumunium Foil

Salah satu ciri khas dari alumunium foil adalah jika diterawang ia tidak tembus cahaya. Meskipun memiliki permukaan yang mengkilap alufoil dipastikan tidak tembus pandang, sehingga menjaga isi produk dari keadaan suhu, cuaca, atau kontaminasi lainnya.

Kemasan Kombinasi Stand Up Non Zipper (5)

Cara untuk memastikan alufoil lainnya, yaitu dengan cara membakarnya. Jika terdapat sisa bekas lembaran tips terbakar, sudah dapat dipastikan itu merupakan alumunium foil. Alumunium foil memiliki harga jual yang lebih mahal daripada jenis kemasan lainnya.

Dengan memanfaatkan alufoil makanan juga bisa dipastikan lebih tahan lama. Namun karena sifatnya yang mudah keriput membuat alufoil tidak maksimal saat digunakan. Oleh karena itu, alufoil sering kali dilaminasi kembali dengan material tambahan seperti PET, LLDPE, OPP, PP, dan lain-lain.

  • Metalized

Metalized memiliki warna silver yang sangat mengkilat. Saat diterawang dengan cahaya metalized masih terlihat tembus pandang. Bahan metalized cukup bisa melindungi produk didalamnya dari sinar ultraviolet, oksigen, dan kelembapan.

Metalized sering dimanfaatkan untuk mengemas makanan ringan berkadar pati tinggi. Namun sayangnya untuk ketahanan tidak selama bahan alumunium foil. Bahan metalized ini sering menjadi kemasan alternatif untuk pelaku UKM dengan budget minim. Selain hand sealer alumunium foil, metalize juga bisa di-press menggunakan berbagai alat sealer termasuk hand sealer.

Kemasan Kombinasi Pouch Zipper (3)

Sekarang udah tahu kan perbedaan antara alufoil dan metalized? Sebelum memilih kemasan, jangan lupa untuk memahami perbedaannya terlebih dahulu. Baik alufoil maupun metalized bisa di-seal menggunakan hand sealer alumunium foil, sehingga Anda ada masih bisa menghemat budget penggunaan alat.

 

(Zakiah)

Chat via WhatsApp