Mengenal Beberapa Jenis Food Dehydrator Terbaik Dipasaran

Food Dehydrator Terbaik

Food dehydrator terbaik tentunya yang banyak dicari para pebisnis makanan, petani (pengusaha tani), dan juga chef. Dalam mengolah bahan makanan yang ingin diawetkan atau dikeringkan untuk proses selanjutnya dalam pembuatan makanan.

Food Dehydrator Terbaik

Food dehydrator sangat efektif mengurangi kadar air pada makanan, alat ini tidak mengurangi cita rasa asli pada makanan saat proses pengeringan. Umumnya pengeringan pada makanan ditunjukan untuk mengamankan produktifitas panen yang melimpah agar tidak gagal hasil panen karena pembusukan. Alat ini sangat penting bagi Anda yang ingin menyimpan produk panen buah Anda tidak mubazir. Karena dengan melakukan pengeringan, makanan akan menjadi lebih awet dan memiliki masa kadaluarsa lebih panjang.

Food dehydrator tidak sama dengan vacuum frying, karena vacuum frying akan menjadikan buah menjadi kripik. Dengan begitu dipastikan nutrisi pada makanan yang di vacuum frying akan berkurang secara signifikan. Alat ini memiliki fungsi lebih dari itu, makanan yang diproduksi akan sama rasanya, nutrisnya. Bahkan bentuknya bukanlah keripik akan tetapi menjadi bertekstur kenyal dan sama enaknya dengan konsumsi aslinya.

Alat pengering bahan makanan ini beberapa bentuk, jenis dan juga system pengeringan yang berbeda. Berikut ini beberapa jenis dan bentuk food dehydrator yang ada dipasaran:

Ada Beberapa Food Dehydrator Terbaik Di Pasaran

Ini dia beberapa jenis food dehydrator terbaik yuk simak:

  • Excalibur Food Dehydrator

Dehidrator ini menyediakan banyak ruang pengeringan – dengan sembilan baki sebesar 15 kaki persegi tepatnya. Setiap baki dilengkapi dengan layar antilengket, yang cocok untuk sebagian besar pengeringan. Tetapi ada juga beberapa jenis lembaran dehidrator yang tersedia untuk nampan, yang ideal untuk membuat kulit buah atau mengeringkan cairan tebal lainnya seperti saus.

Termostat dapat disesuaikan dari 105 hingga 165 derajat Fahrenheit dan memiliki pengatur waktu 26 jam sehingga Anda dapat meninggalkan pengeringan makanan saat Anda bekerja atau tidur. Sebuah kipas di bagian belakang unit bersirkulasi udara secara merata di seluruh bagian.

Bila Anda memiliki makanan yang lebih tinggi yang ingin Anda keringkan, Anda dapat menghapus beberapa baki untuk membuat lebih banyak ruang. Unit ini juga dapat digunakan untuk membuktikan adonan saat memanggang atau gulung hangat atau roti sebelum disajikan. Dengan hampir semua baki dihapus, Anda bahkan dapat menggunakan model ini untuk mengolah yoghurt buatan sendiri. Bila warna penting, tersedia dalam warna hitam atau putih. Kekurangannya adalah model ini cukup besar dan membutuhkan banyak ruang untuk disimpan.

  • Nesco Snackmaster Pro Food Dehydrator

Sedikit lebih kecil dari pilihan utama kami, model ini sangat cocok untuk ukuran rata-rata makanan kering. Muncul dengan lima nampan, tetapi dapat menangani hingga 12 bila Anda ingin bekerja dalam batch yang lebih besar. Termostat pada dehidrator ini dapat disesuaikan dari 95 hingga 160 derajat Fahrenheit, dan memiliki kipas yang dipasang di atas yang dirancang untuk mengirim udara ke bawah dan kemudian secara horizontal di seluruh nampan makanan untuk lebih banyak pengeringan.

Seiring dengan dehidrator, itu juga mencakup dua lembar liner padat untuk membuat buah rollups atau saus pengeringan atau zat cair seperti lainnya, dua lembar mesh untuk makanan lain, dan tiga paket rempah-rempah dendeng untuk membuat Anda mulai membuat dendeng Anda sendiri. Bagian luarnya berwarna abu-abu.

Satu-satunya kelemahan adalah bahwa dehidrator ini tidak memiliki pengatur waktu, jadi Anda harus berada di dekatnya untuk mematikannya ketika makanan sudah siap.

 

  • Dehydrator Makanan Listrik Presto Dehydro

Unit starter yang sempurna dan ideal untuk batch kecil, dehidrator ini dilengkapi dengan empat nampan tetapi Anda dapat menambahkan empat baki tambahan untuk menggandakan ruang pengeringan Anda. Kipas berada di bagian bawah unit yang memungkinkan jus-jus makanan menetes ke atasnya. Jadi ingatlah itu ketika Anda mengeringkan produk segar.

Lembar gulung dan lembaran mesh tersedia untuk menyesuaikan dehidrator ini. Suhu tidak bisa diatur; ini beroperasi secara konsisten pada sekitar 165 derajat Fahrenheit. Sarang nampan untuk penyimpanan yang lebih kompak dan kabelnya tersimpan di bagian bawah pangkalan. Dehidrator memiliki eksterior putih dengan penutup atas yang jelas sehingga Anda dapat menonton proses pengeringan. Sayangnya, tidak ada penghitung waktu, jadi Anda harus berada di dekatnya untuk mematikannya saat makanan selesai. Tapi itu waktu yang ideal untuk merasakan tes juga.

  • NutriChef Food Dehydrator

Bila makanan dehidrasi adalah sesuatu yang akan Anda lakukan sesekali, daripada cara Anda memberi makan diri sendiri selama musim dingin yang panjang dan keras, Anda mungkin mencari pengering yang ramah anggaran seperti ini. Ia melakukan apa yang Anda butuhkan, tetapi tanpa merusak bank dengan fitur tambahan.

Ini beroperasi hanya dengan satu tombol yang menyalakannya untuk memulai proses dehidrasi. Suhu dapat diatur hingga 180 derajat, sehingga Anda dapat mengeringkan berbagai bumbu, buah, dan sayuran. Ini termasuk lima baki removable dan stackable yang mudah dibersihkan.

Pabrikan menyatakan bahwa ini dapat digunakan untuk membuat dendeng, tetapi situs keamanan makanan memiliki peringatan tentang penggunaan dehidrator sederhana untuk daging, jadi baca informasi dengan seksama sebelum melanjutkan.

  • Tribest Sedona Express Digital Food Dehydrator

Bila Anda memiliki kebun yang besar dan ingin mengambil makanan Anda dehidrasi ke tingkat profesional, mesin ini adalah yang Anda butuhkan. Suhu dapat diatur dari 77 hingga 167 derajat Fahrenheit, dan suhu yang tinggi itu berarti Anda dapat memasak dendeng dari awal sampai selesai dalam mesin ini tanpa perlu memasaknya terlebih dahulu untuk keamanan. Plus, secara otomatis dapat beralih dari suhu tinggi awal ke yang lebih rendah untuk pengeringan lebih cepat tanpa terlalu matang.

Unit ini memiliki 11 baki stainless steel, pintu kaca, dan lampu LED interior sehingga lebih mudah untuk memeriksa proses pengeringan. Ada beberapa mode memasak (cepat, mentah, kombinasi, dan berkelanjutan) dan pengatur waktu dapat diatur hingga 99 jam per mode atau total hingga 120 jam — lebih dari yang Anda butuhkan. Bagian luarnya berwarna hitam dan kipas berada di belakang unit, dengan filter untuk mencegah debu. Unit tidak dapat diperluas. Dehidrator top-of-the-line ini dapat melakukan semuanya, dan label harganya menunjukkannya. Bila Anda ingin menghemat sedikit uang, Anda dapat memilih baki plastik sebagai pengganti baja tahan karat, tetapi yang terbuat dari stainless steel akan tahan lebih lama. Anda harus mengeringkan banyak keripik kale untuk menutup biaya, tetapi karena dilengkapi dengan garansi 10 tahun, kemungkinan besar Anda akan mendapatkan banyak manfaat darinya.

  • Nesco Gardenmaster Food Dehydrator

Dehidrator ini hanya memiliki empat baki, tetapi Anda dapat membeli nampan tambahan dan menggunakan hingga 20 sekaligus memberi Anda banyak ruang pengeringan. Tekanan pengeringan menyesuaikan untuk jumlah baki yang digunakan, bahkan untuk mengeringkan berapa pun banyaknya makanan yang Anda miliki. Kontrol suhu adalah digital dan menyesuaikan dari 90 hingga 160 derajat Fahrenheit.

Unit ini memiliki kipas yang dipasang di atas, dan pengatur waktu dapat diatur hingga 48 jam waktu pengeringan. Model ini memiliki eksterior putih, dan dilengkapi dengan satu layar dan satu lembar gulung buah. Bila Anda ingin mulai dengan lebih banyak ruang pengeringan, model ini juga tersedia dengan harga lebih tinggi dengan enam nampan, bukan empat, serta tiga lembar gulung buah, tiga layar, enam paket rempah-rempah dendeng, dan sebuah senapan dendeng.

Food Dehydrator Terbaik 2

  • Hamilton Beach 5 Tray Dehydrator

Lima baki susun persegi panjang menyediakan banyak ruang untuk tangkai panjang bumbu atau potongan sayuran, serta irisan yang lebih pendek. Aliran udara terus menerus menyediakan bahkan pengeringan, menghilangkan kebutuhan untuk terus memutar baki. Sebuah thermostat yang dapat diatur memungkinkan Anda mengatur suhu yang tepat untuk makanan yang berbeda, sementara timer 48 jam dengan shut-off otomatis memungkinkan Anda menyalakannya dan pergi. Tutup yang jelas memungkinkan Anda memeriksa makanan tanpa membuka dehidrator.

Ini termasuk dua lembar khusus untuk keserbagunaan. Lembaran mesh dapat digunakan untuk mengeringkan bumbu yang sebaliknya akan jatuh melalui layar, dan lembaran padat dapat digunakan untuk pure buah yang dapat diubah menjadi gulungan buah versi buatan sendiri.

Tips Memilih Food Dehydrator

Berikut beberapa tips memilih food dehydrator berkualitas :

  • Pastikan terlebih dahulu bahan utama yang digunakan dalam mesin tersebut. Hal ini sangat penting karena anda akan menggunakannya untuk pengolahan makanan sehingga keamanannya juga harus diperhatikan secara teliti
  • Cek apakah power listrik yang digunakan memang sesuai dengan kapasitas mesin sehingga adanya keseimbangan tersebut akan membantu untuk membuat mesin menjadi lebih awet. Tentu akan sangat merugikan bila anda membeli sebuah mesin yang kemudian cepat rusak saat digunakan
  • Rangka yang digunakan pada mesin tersebut harus kuat dan kokoh, sehingga getaran yang disebabkan dari jalannya mesin tidak akan membuatnya bergeser dari posisi awal

Keunggulan Food Dehydrator

Beberapa keunggulan food dehydrator saat digunakan :

  • Mengurangi kadar minyak pada makanan anda sehingga bisa lebih tahan lama tanpa menurunkan kualitas makanan tersebut
  • Mesin ini tidak akan mengubah rasa dari makanan yang anda keringkan, sehingga tidak perlu khawatir mengenai hal tersebut
  • Mempercepat proses produksi karena anda tidak perlu menunggu terlalu lama untuk proses pengeringan karena kinerja mesin yang maksimal dan sesuai kapasitas kebutuhan anda
  • Bisa juga multifungsi untuk mengurangi kadar air pada sayuran bila anda juga membutuhkan pengolahan tersebut. Sehingga cukup ekonomis memiliki mesin ini dalam pengembangan usaha anda
  • Mesin yang tidak terlalu besar tidak akan memakan tempat di lokasi produksi anda, sehingga cukup praktis untuk digunakan
  • Anda bisa menyesuaikan saringan yang digunakan dengan bahan makanan yang akan dikeringkan. Sehingga memudahkan bahwa satu mesin bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan pengeringan bahan makanan
  • Proses pengoprasian yang mudah, bahkan untuk mesin pengering dalam bentuk seperti oven anda bisa menyesuaikan suhunya dengan kebutuhan bahan makanan yang dikeringkan

Keunggulan tersebut akan sangat bermanfaat bila bisa dimaksimalkan fungsinya, dengan begitu anda tidak sia-sia membeli mesin tersebut untuk proses pengembangan bisnis anda.

Food Dehydrator Terbaik 3

Demikian pembahasannya perihal mengenal beberapa food dehydrator terbaik yang ada dipasaran semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda.

Chat via WhatsApp