Es Batu Unik, Bikin Tampilan Suguhan Minuman Kian Menarik

Es Batu Unik, Kreasi Ide Usaha Minuman Kekinian

Es Batu Unik –  Es batu adalah air yang dibekukan menjadi berbagai bentuk khusus hingga menjadi padat. Es batu memiliki peranan penting untuk bisnis kuliner terutama minuman. Dengan es batu dapat menambah sensasi minuman menjadi lebih segar dan tentunya dingin. Saat ini, es batu banyak diolah dengan berbagai variasi. Bahkan hanya dengan es batu Anda sudah bisa menikmatinya.

Es Batu Unik

Namun, berbeda istilah di dunia pabrik atau industri besar dalam memproduksi es batu. Pernah mendengar istilah es batu kristal? Istilah es batu kristal digunakan untuk merujuk kepada berbagai bentuk es batu dengan hasil cetak berjumlah banyak atau besar. Masing-masing bentuk es batu kristal ini memiliki jenis mesin yang berbeda.

Ragam Es Batu Kristal

Meskipun fungsinya mendinginkan, berbagai es batu kristal berikut memiliki cara penyajian yang berbeda. Begitu juga dengan pemilihan mesinnya. Dahulu yang dimaksud es batu kristal adalah es dengan bentuk pipih atau flake dengan jumlah banyak. Namun saat ini istilah es batu kristal semakin meluas dengan munculnya ragam bentuk yang unik.

  • Ice Cube

Sudah ketebak dong bentuknya seperti apa? Jenis mesin es kristal berikut ini memiliki bentuk kubus atau kotak. Ice cube ini memiliki bentu yang padat. Umumnya lebih sering digunakan oleh kebutuhan rumahan. Biasanya es batu kubus ini dibuat secara manual dengan cetakan dari freezer kulkas di rumah.

Namun, untuk saat ini es cube juga banyak digunakan oleh beberapa kafe. Agar hasil cetak es batu lebih cepat ternyata ada lho mesin cetak ice cube. Mesin es cube mampu mencetak es batu  dalam jumlah banyak untuk sekali proses.

  • Ice Tube

Berikutnya es batu dengan bentuk tabung. Es batu kristal berikut memiliki lubang di sisi kanan dan kirinya. Jenis mesin es batu ini paling banyak digunakan untuk kebutuhan usaha minuman di kafe dan restoran. Mesin ice tube memiliki harga jual lebih tinggi daripada mesin ice cube. Ukuran mesinnya pun dirancang untuk kebutuhan industri besar. Sekali proses bisa menghasilkan berton-ton. Untuk membuat es batu ini harus menggunakan mesin, tidak bisa dilakukan secara manual seperti ice cube di atas.

  • Ice Flake

Dahulu ice flake inilah yang disebut-sebut es batu kristal. Mengapa demikian? Ice flake memiliki bentuk serpihan tipis tak beraturan seperti potongan-potongan kristal. Namun, perlu digarisbawahi bahwa ice flake tidak layak untuk dikonsumsi. Ice flake dibuat dengan bantuan bahan non-konsumsi, sehingga akan sangat berbahaya jika dicampur dengan minuman.

Lalu apa fungsinya? Ice flake digunakan untuk menjaga kesegaran ikan di pasar. Ice flake diletakkan disekeliling ikan. Selain itu, ice flake juga bisa digunakan untuk kebutuhan daging dan ikan kemasan plastik. Cara penggunannya sama, yaitu dengan meletakkan ice flake di sekeliling produk.

  • Snow Ice (Es Serut)

Kalau hasil es yang satu ini memiliki tekstur yang sangat halus bahkan mudah untuk dicerna. Dari es padat, es batu diserut atau dihancurkan menggunakan mesin ice crusher. Es serut ini banyak diangkat sebagai jajanan dari yang murah meriah hingga yang mewah sekali pun. Salah satu minuman yang simpel adalah hidangan es serut dengan sirop atau jajanan es kepal milo yang dulu sempat populer.

Kreasi Es Batu yang Gak Bikin Bosan

Enggak hanya makanan dan minuman yang kekinian. Es batu pun juga bisa Anda buat kekinian. Di bawah ini ada berbagai kreasi es batu yang menarik banget. Mulai dari bentuk, es batu berwarna, atau es batu dengan isian. Nah, inovasi ini bisa Anda manfaatkan untuk  meningkatkan ide Anda dalam berbisnis minuman atau kafe.

  • Es Batu Buah

Percaya gak kalau jenis es batu pertama ini tidak memerlukan air untuk dibekukan? Caranya Anda pilih beberapa buah yang memiliki banyak cairan. Lalu potong menjadi ukuran kecil atau sesuai keinginan Anda. Berikutnya bekukan di dalam freezer. Beberapa buah yang bisa Anda coba untuk menjadi es batu, yaitu semangka, melon, mangga, dll.

  • Es Batu dengan Bentuk Unik

Bosan dengan bentuk kubus atau tabung? Anda bisa memanfaatkan cetakan pudding atau kue untuk menghasilkan es batu yang unik. Untuk hasil yang minimalis, gunakan ukuran kecil hingga sedang yah WiraSob. Atau Anda bisa menggunakan ukuran sedang dengan jumlah 1 buah untuk ukuran 1 gelas kecil. Pasti akan sangat menarik bukan?

  • Es Batu dengan Isian

Kalau jenis yang satu ini Anda bisa memanfaatkan bentuk kubus. Sebelum diisi air, Anda bisa menambahkan isian seperti jeli, agar, atau cincau. Lalu tambahkan isian air atau cairan lainnya yang mendukung. Konsep aquarium juga bisa Anda coba. Buat jeli dengan bentuk ikan, lalu isi dengan warna cairan yang mendukung.

  • Es Batu Sebagai Hiasan

Salah satu komponen hiasan yang bisa Anda gunakan adalah bunga. Bunga dapat Anda bekukan di dalam ice cube. Posisikan bunga berada di tengah-tengah agar terlihat presisi. Namun, karena bunga tidak layak dikonsumsi, es batu hias ini dapat Anda gunakan sebagai pendingin minuman botol di berbagai restoran. Letakkan botol di dalam wadah yang sudah berisi es batu tersebut. Anda akan melihat tampilan yang cantik.

  • Es Batu Kopi

Berikutnya buat es batu kopi. Cara ini mudah banget. Anda bisa melakukannya seperti membuat es batu pada umumnya. Sebelumnya sedu kopi panas terlebih dahulu. Lalu tuangkan ke dalam cetakan secara perlahan. Nah, sebelum dibekukan di dalam freezer pastikan kopi sudah dingin terlebih dahulu yaah agar freezer Anda juga awet.

Untuk cara menikmatinya bisa dengan segelas coffee latte lho. Masukan es batu kopi ke gelas, lalu tuangkan susu hingga mencair. Mudah banget kan? Dengan berbagai kreasi es batu di atas sebenarnya bisa lho Anda manfaatkan sebagai peluang berbisnis minuman segar kekinian. Ada ide lain untuk menambah ragam variasi es batu?  (Zakiah)

Chat via WhatsApp