Tips Trik Bikin Desain Kemasan Keripik Agar Lebih Unik dan Menarik

Desain Kemasan Keripik

Desain kemasan keripik yang bagus memang menjadi daya tarik tersendiri terhadap makanan rakyat yang kini menjadi sangat mendunia. Dengan desain yang menarik yang bisa diterima oleh semua kalangan membuat keripik yang satu ini semakin di kenal. Bahkan sudah masuk pasar internasional

Produksi makanan ringan khususnya camilan keripik, kini semakin kreatif dan berkembang dari segi rasa dan tampilan kemasan. Hal tersebut tentu menjadi berita baik untuk perkembangan ekonomi masyarakat kita. Dengan meningkatnya jumlah pelaku bisnis keripik berimbang dengan meningkatnya kebutuhan desain kemasan keripik di kalangan pelaku usaha.

Dalam industri cemilan ringan, kemasan produk tidak hanya bermanfaat sebagai wadah atau pelindung. Namun juga mempermudah proses distribusi serta memberi kenyamanan kepada konsumen. Disinilah nilai efisiensi kemasan produk yang bisa anda didapatkan.

Pebisnis cemilan keripik dituntut kreatif dan inovatif untuk menampilkan produk makanan ringan berbeda dari produk lain, dalam menghadapi persaingan pasar. Seperti halnya membuat inovasi baru bentuk dan desain kemasan keripik yang jauh lebih menarik.

Trik Membuat Desain Kemasan Keripik Menarik

Berikut adalah beberapa trik membuat desain kemasan keripik yang menarik:

  • Desain kemasan keripik harus inovatif dan kreatif, serta mempermudah konsumen saat membawa dan mengkonsumsinya karena saat ini para konsumen lebih mengutamakan nilai kepraktisannya.
  • Memilih warna kemasan yang cerah dan menarik. Penggunaan warna yang menarik pada kemasan produk akan membuat kemasan terlihat lebih menonjol dari sisi pewarnaan. Efek mengkilat yang dihasilkan dari warna kemasan itulah yang akan lebih memberi kesan mewah dan bermutu pada kemasan produk.
  • Informasi yang singkat dan jelas tentang produk yang ada didalam kemasan produk. Informasi yang dicantumkan mengenai petunjuk penggunaan d-an manfaat produk. Selain itu, penting juga bagi pelaku bisnis makanan ringan untuk mencantumkan data legalitas dari lembaga pemerintahan yang berwenang. Misal untuk bisnis makanan ringan maka badan yang terkait diantaranya adalah Dinas Kesehatan atau Badan Pengawas Obat dan Makanan.
  • Nilai dari jenis kemasan produk yang tampilannya dibuat mewah, terkadang memiliki harga pembuatan yang tinggi pula sehingga dapat memberatkan harga beli konsumen. Untuk itu, sebelum membuat kemasan produk perlu mempertimbangkan target konsumen yang akan dibidik. Jika target konsumen adalah kelas menengah ke bawah, maka akan sulit untuk bersaing. Lain halnya ketika konsumen yang akan dibidik adalah kelas menengah ke atas, maka kemasan produk yang mewah dengan harga produk yang tinggi tidak akan menjadi penghalang untuk bersaing di pasaran.

Fungsi Desain Kemasan Keripik Yang Menarik

  • Membantu Pemasaran 

Didalam kemasan keripik pasti akan dicantumkan informasi penting, seperti merk bisnis, jenis produk, label produk, kadaluarsa, kandungan gizi, serta alamat dan keterangan lengkap produsen.

  • Meningkatkan Brand dan Kualitas Produk

Kemasan dapat meningkatkan brand dan kualitas produk karena semakin dikenalnya produk maka akan semakin dipercaya juga oleh konsumen dan calon konsumen baru.

  • Menjaga Kuantitas Barang

Dengan adanya kemasan menjadikan produk makanan yang dijual akan menjadi lebih awet, aman serta terjamin kualitasnya untuk dikonsumsi.

  • Sarana Komunikasi 

Sebagai produk bagian terluar kemasan ini menjadi sarana komunikasi visual, artinya kemasan yang baik dapat memberikan impresi yang sangat bagus. Sehingga dapat memberikan kesan yang elegan, ekslusif dan berkualitas.

Hasil gambar untuk kemasan snack

  • Simbol Estetika

Kemasan keripik memberikan kesan unik entah dari warna, tulisan ataupun bentuk. Ciri estetika bisa ,anda lihat dari elemen desain seperti pemilihan warna, tipografi, komposisi.

  • Memberi Proteksi 

Fungsi utama dari kemasan keripik adalah memberikan proteksi atau keamanan produk didalamnya. Tanpa adanya kemasan produk akan cepat rusak dan itu akan membuat citra dan kualitasa barang menurun. Tentunya juga akan mengubah rasa dari makanan itu sendiri.

  • Aspek Ergonomi 

Meskipun membuat desain kemasan keripik atau bentuk kemasan tidak mudah dan tidak bisa sembarangan. Aspek ergonomi ini menjadi bahan pertimbangan karena kaitanya dengan kenyamanan konsumen dalam menggunakan kemasan anda. Penataan kemasan dan kemudahan dalam membuka kemasan menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen.

Rahasia Desain Kemasan Keripik Yang Menarik

  • Warna Yang Cocok

Warna kemasan keripik yang menarik menjdi daya tarik tersendiri. Hampir 90% para konsumen tertarik berdasarkan warna. Maka dalam hal ini harus betul-betul mengetahui peran dan arti warna dalam sebuah kemasan. Berikut ini beberapa pilihan warna dan artinya :

  1. Merah melambangkan kekuatan cinta, keberanian, hasrat
  2. Kuning melambangkan energi dan kebahagiaan
  3. Orange melambangkan kesan senang, hangat, tejad
  4. Hijau melambangkan kesegaran atau uang
  5. Biru melambangkan ketenanagan, kenyamanan, atau maskulin
  6. Ungu melambangkan kreativitas dan misteri
  7. Pink melambanhkan keramahan, feminim
  8. Coklat melambangkan hangat, nyaman, kekuatan hidup

itulah beberapa arti warna menurut para ahli. Warna-warna tersebut bisa anda jadikan inspirasi untuk kemasan keripik anda. Tentu dengan pilihan warna yang sesuai.\

  • Mudah Dipahami

Konsumenmu perlu mengerti dengan cepat jenis produkmu. Maka buat desain kemasan keripikmu mudah dipahami. Buat agar kemasanmu tersebut dengan cepat mengambil hati kosnuemn pada saat pertama kali dilihat hanya dalam beberapa detik saja. Salah satu yang bisa anda coba yaitu dengan menggunakan kata atau kalimat yang sederhana yang mudah diingat. Salah satu cara ini penting untuk meningkatkan kemungkinan konsumen memahami produk yang anda jual. Dengan begitu konsumen akan lebih cenderung untuk membeli produkmu

  • Kalimat Yang Sederhana

Pada desain produk makanan sering kali kita menemukan berbagai macam tulisan selain komposisi ataupun identitas produk itu sendiri. Namun ada pula disisipkan slogan, jargon ataupun kalimat-kalimat lain yang bertujuan untuk menarik konsumen. Namun perlu diingat jangan menggunakanya secara berlebihan. Hindari kalimat alay yang dapat membuat binggung para konsumen. Pakailah bahasa yang sederhana dan mudah diingat yang mampu mendiskripsikan produk anda.

desain kemasan keripik

  • Bentuk Kemasan Sesuaikan Dengan Produk

Sering kali kita menjumpai beberapa bentuk kemasan keripik yang beraneka ragam, seperti kotak, persegi panjang, melengkung, bulat atau pun yang lainnya. Ternyata itu bukan hal yang kebetulan. Mereka sengaja mendesain kemasan mereka agar terlihat lebih menarik. Ada pertimbangan dalam menentukan bentuk kemasan dengan melihat target pasar. Maka anda bisa membuat desain kemasan dengan memperhatikan hal tersebut.

Meski dengan kreatifitas bentuk kemasan yang unik dapat menarik konsumen namun perlu anda ingat. Bahwa produk anda bersaing dengan industri ritel. Maka dari itu anda perlu mendiskusikan dengan para desainer kemasan agar kemasan keripik anda sesuai dengan produk yang dijual.

Demiian pembahasannya tentang pentingnya desain kemasan keripik yang menarik untuk menjawab persaingan pasar dalam pengemasan. Semoga bermanfaat dan menambahpengetahuan anda.

Chat via WhatsApp