Begini Cara Pakai Tik Tok Agar Menghasilkan Uang Bagi Pemula

Tik Tok Sebagai Promosi

Gimana sih Cara Pakai Tik Tok? Nah Tik Tok Sendiri merupakan salah satu aplikasi yang memiliki special efek dan filter menarik. Tik Tok umumnya dipergunakan untuk membuat video pendek dengan hasil yang keren, lucu, bahkan menarik perhatian untuk diikuti. Tik Tok pertama kali muncul di Tiongkok pada September 2016. Meskipun pada 3 Juli 2018 sempat diblokir Kominfo Indonesia, Tik Tok saat ini kembali merembah di dunia hiburan.

cara pakai tik tok

Tidak hanya pelajar atau warga Indonesia, bahkan beberapa selebriti Tanah Air tertarik untuk mencoba Tik Tok sebagai media seru-seruan.  Padahal kamu tahu enggak sih? Mulanya orang-orang yang menggunakan aplikasi ini di-judje alay atau tidak berkelas. Namun, siapa sangka? Saat ini pengguna Tik Tok justru tidak mengenal batasan usia dan dari kalangan mana saja.

Tik Tok sebagai aplikasi yang menghibur juga dimanfaatkan sebagai media atau sarana dalam berbisnis lho. Bukan masyarakat Indonesia kalau enggak kreatif. Jadi bagaimana sih cara mempromosikan bisnis daring dengan memanfaatkan Tik Tok?

Tips Promosi Bisnis Online di Tik Tok

Jangan takut ketinggalan zaman karena tidak memahami penggunaan Tik Tok. Semuanya bisa kamu pelajariterlebih dahulu kok. Apalagi untuk dimanfaatkan sebagai wadah promosi bisnis online. Tentu kamu harus mempelajari step by step dalam menggunakan aplikasi ini.

  • Mempelajari Tik Tok

Sudah unduh aplikasinya? Sekarang saatnya kamu coba satu per satu berkenalan dengan fitur yang disediakan oleh Tik Tok. Tidak perlu langsung di-upload kok, kamu bisa melakukan tes satu per satu atau beberapa efek dan filter dalam Tik Tok. Tidak apa-apa, meskipun perlahan-lahan setidaknya kamu puas untuk menelisik satu per satu fitur yang ada di Tik Tok.

Untuk medapatkan referensi sendiri kamu bisa dapatkan di halaman trending Tik Tok. Biasanya pengguna Tik Tok memiliki segmentasi usia muda dengan kisaran 16 hingga 24 tahun. Nah, jika target konsumenmu remaja akan sangat cocok menggunakan Tik Tok sebagai fasilitas promosi dengan konsep kekinian.

  • Membuat Konten Menarik

Ini yang mungkin akan sedikit sulit direalisasikan. Kamu perlu memberikan kesan pertama yang gokil, lucu, menarik, atau apa pun itu yang mudah diingat para konsumen. Dengan fitur yang sudah disediakan Tik Tok sebenarnya mampu membantumu untuk menciptakan konten yang kreatif. Kamu juga tidak perlu sulit untuk menggunakan kamera tambahan. Hanya dengan mengandalkan ponselmu video Tik Tok sudah bisa langsung jadi kok.

Menariknya untuk memanfaatkan Tik Tok tidaklah harus memerlukan pengeditan yang halus. Namun, perlu diingat Tik Tok memang merupakan aplikasi yang menampilkan beberapa tayangan konyol atau “aneh”. Jangan karena banyak yang mempertahankan konsep tersebut, kamu tetap mengikutinya padahal tidak cocok dengan produk yang dijual. Ingat koherensi dalam penjualan produk dengan konsep harus sepadan yah.

  • Memunculkan Tagar Baru

Tagar atau hashtag sangat membantu produk yang kamu jual lebih mudah untuk diingat. Challenge tagar adalah tantangan khusus untuk membuat ulang konten dan menambahkan hashtag bermerek di dalamnya. Penggunaan tagar ini juga menguntungkan keduanya lho. Para konsumen yang banyak menggunakan tagar promosi tersebut membantu penjualan produk produsen semakin maningkat.

Hasil gambar untuk promosi di tik tok

Sedangkan bagi konsumen penggunaan tagar juga membantu membuatnya cepat viral dan terkenal. Untuk memunculkan challenge tagar usahakan tidak sepenuhnya bertujuan untuk mempromosikan produkmu, tetapi juga mendorong interaksi para pengguna. Adanya interaksi menarik yang terjalin lebih membantu penjualanmu dikenal masyarakat luas.

  • Bekerjasama dengan Influencer Tik Tok

Influencer merupakan salah satu yang memiliki pengaruh besar dalam promo penjualan produk. Terlebih lagi saat ini banyak influencer dari media sosial seperti Instagram dan YouTube. Influencer yang sudah memiliki nama yang cukup terkenal lebih memudahkan followers-nya untuk mendapatkan perhatian produk yang digunakan.

Pastikan influencer yang kamu pilih sesuai dengan target audiens. Para influencer biasanya mencantumkan brand lain, membuat konten dengan tema yang sedang trending, dan sebagainya Kamu bisa melihat atau memeriksa bio di laman profile media social mereka. Silakan cocokkan dengan produk dan target audiens yang kamu inginkan.

  • Memanfaatkan Iklan Tik Tok

Mulanya Tik Tok tidak memiliki iklan. Namun, seiring berjalannya waktu Tik Tok sudah memiliki iklan berbayar mulai dari awal 2019 lalu. Ada empat jenis iklan Tik Tok yang perlu kamu ketahui, yaitu

  • Konten asli, konten asli ini hampir sama dengan stories Snapchat atau Instagram, serta mendukung banyak fitur seperti klik situs web atau unduhan aplikasi.
  • Lensa brand, iklan yang satu ini berisi lensa Snapchat 2D dan 3D untuk wajah dan foto.
  • Penyebutan brand, kemungkinan brand mengambil alih Tik Tok untuk hari itu. Iklan yang satu ini dapat membuat GIF, video, dan gambar ke link laman yang dituju.
  • Challenge hashtag, seperti pada pembahasan sebelumnya, adanya challenge hashtag ini membuat tantangan agar lebih mudah viral dan mendapatkan banyak

Tips Menggunakan Tik Tok Untuk Pemula

Jangan takut dibilang alay untuk bermain Tik Tok. Selama kamu percaya diri dan yakin bahwa itu menarik pasti memberikan hasil yang unik. Ada beberapa tips untuk kamu yang baru ingin mencoba Tik Tok. Siapa tahu membantu, yuk disimak!

  • Memiliki Ponsel Canggih

Sebenarnya persyaratan pertama ini tidak terlalu wajib untuk dipenuhi. Namun, kadang kala karena berbasis video dengan tambahan banyak filter dan effect membuat proses pengeditan sedikit lebih lama. Jika ponsel tidak memiliki kapasitas yang cukup akan menyebabkan proses yang lambat dalam bermain Tik Tok.

  • Mempelajari Tik Tok

Sama halnya dengan cara promosi online sebelumnya, untuk menggunakan Tik Tok mau tidak mau kamu harus mempelajari cara menggunakan aplikasi tersebut. Pelan-pelan pasti nanti akan mengerti kok hihi. Semua bisa dimulai dari pemilihan berbagai fitur yang mendasar. Misal, durasi 15 detik dengan pemilihan lagu yang waktunya serupa. Pilih juga lagu yang sedang viral.

  • Pemilihan Lagu

Lagu bisa kamu pilih berdasarkan segmentasi yang diinginkan. Misalnya lagu dangdut atau barat. Pilih juga lagu yang mudah dikenal banyak orang, namun tidak merendahkan harga diri. Bahkan dari pemilihan lagu sendiri dapat memberikan penilaian sendiri terhadap dirimu lho. Biasanya untuk lagu-lagu dangdut memiliki konsep lucu. Sedangkan lagu barat banyak terfokus pada konsep tarian atau dance.

  • Pemilihan Transisi

Transisi merupakan salah satu efek pada bagian video. Transisi nantinya sebagai peralihan dari satu bagian ke bagian lainnya. Memilih transisi sendiri tidak semudah yang dibayangkan lho. Terlebih lagi transisi yang disediakan Tik Tok memiliki banyak jenis. Pasti tidak butuh waktu sedikit untuk memberikan hasil akhir yang bagus.

Hasil gambar untuk transition tik tok

Selain transisi filter dan efek kocak lainnya juga menambah referensi wajib dalam menggunakan Tik Tok. Adanya fitur-fitur ini sebenernya juga membantu kamu lebih kreatif dalam menghasilkan karya terutama pada video. Satu lagi, kuncinya harus sabar untuk menggabungkan banyak fitur demi membuahkan hasil yang maksimal.

  • Melakukan Riset Lirik

Selain mengikuti gerak atau tarian, akan lebih seru jika Tik Tok dipadankan dengan tiruan suara atau berlaga dubbing. Dubbing ini bisa kamu dapatkan dengan cara menghapal lirik sesuai lagu yang digunakan. Nah, dengan gerakan yang sudah dipelajari serta lirik yang sudah dihapal bisa semakin asyik dalam bermain Tik Tok. Sudah siap belum bermain Tik Tok?

Memang ada baiknya sebelum mengaplikasikan Tik Tok sebagai media promosi, kamu harus pahami terlebih dahulu tips menggunakan Tik Tok untuk pemula. Nah, kalau kamu sudah bisa bermain sendiri atau dengan teman-temanmu, ide Tik Tok bisa kamu ajukan nih ke tim marketing perusahaanmu.

Jadi kesimpulannya, untuk memulai Tik Tok pilihlah challenge hashtag yang sedang viral. Lalu coba tiru dengan gayamu sendiri. Jangan lupa untuk tampil percaya diri dan berani gila. Gila dalam artian tetap tampil kekinian ya guys, tidak untuk merendahkan harga diri. Yuk mulai berbisnis dengan Tik Tok!

 

 

(Zakiah)

Chat via WhatsApp