Cara Membuat Santan Kelapa

Cara membuat santan kelapa termasuk proses yang paling mudah untuk dilakukan. Untuk memperoleh santan kelapa dapat dilakukan dengan cara manual. Meskipun sedikit menguras waktu, untuk mendapatkan rasa makanan yang lezat itu tidak menjadi masalah. Umumnya santan didapat dari hasil memeras parutan kelapa dengan air.

cara membuat santan kelapa

Santan memiliki berbagai tingkatan tekstur yang dapat kamu manfaatkan. Mulai dari kental, encer, bahkan ada yang mempunyai tekstur bubuk. Pada dasarnya santan digunakan sebagai olahan berbagai makanan. Misalnya seperti sajian gulai atau kari. Namun dewasa kini, tidak hanya tergolong makanan berat, tetapi juga kudapan atau minuman. Bahkan ada juga lho yang menggunakan santan sebagai obat kecantikan.

Selain menggunakan cara manual, kamu juga bisa memanfaatkan tenaga Mesin Pemeras Santan. Mesin ini lebih membantumu menghemat tenaga dan waktu. Keunggulan lainnya, mesin pemeras ini bisa langsung memisahkan antara santan dan ampas dengan keluar di corong yang berbeda. Namun, jika hanya dimanfaatkan sebagai kebutuhan rumah tangga bisa menggunakan cara manual saja.

mesin pemeras santan
mesin pemeras santan otomatis

Cara Membuat Santan Kelapa Kental dan Encer

Santan kental didapat dari perasan pertama kelapa parut. Saat proses memasak sendiri, harus selalu diaduk agar tidak mengalami pecah santan atau menggumpal. Begitu juga saat direbus, jika terlalu lama akan berubah menjadi minyak. Oleh karena itu, dalam menggunakan santal harus lebih sabar untuk selalu mengaduknya. Santan kental biasa digunakan untuk membuat gulai, kari, opor, dan lain-lain.

Bahan-bahan

  • ½ buah kelapa parut
  • 750ml air panas

Langkah-langkah (santan kental)

  1. Masukkan kelapa parut dengan 250ml air panas dalam satu wadah. Diamkan sesaat hingga turun suhunya.
  2. Remas-remas campuran tersebut hingga keluar sari dari kelapa.
  3. Berikutnya peras kelapa parut di atas saringan. Pisahkan ampas di wadah lain. Remas terus hingga seluruh parutan kelapa terperas.
  4. Siapkan mangkuk untuk menampung santan beserta saringan di atasnya.
  5. Tuang kembali 250ml air panas ke mangkuk berisi ampas kelapa yang sudah diperas tadi. Diamkan sesaat lalu lakukan remas kembali seperti cara sebelumnya.

Langkah-langkah (santan encer)

  1. Ampas kelapa yang sudah diperas dua kali tuang dengan air panas. Diamkan sesaat dan lakukan remas lagi di atas saringan.
  2. Tampung dengan wadah yang berbeda dari santan kental.
  3. Karena sudah dilakukan tiga kali remas (2 kali santan kental dan 1 kali santan encer), kamu hanya perlu melakukan sekali saja untuk mendaparkan santan encer.

Perbedaan yang paling mendasar antara santan kental dan santan encer adalah dengan melihat tingkat transparansinya. Santan kental saat dituang ke dalam wadah bening akan terlihat memisah menjadi dua lapisan. Bagian yang kental akan mengapung ke atas, sedangkan bagian bawah terlihat lebih encer. Santal kental mudah pecah saat dimasak.

cara membuat santan kental dan encer

Di sisi lain santan encer memiliki lapisan kental yang tipis di permukaan santan. Santan encer ini lebih kompak dan tidak mudah pecah saat dimasak. Oleh karena itu, santan encer lebih dulu dituang ke dalam masakan. Berikutnya disusul santan kental sembari diaduk terus hingga mendidih. Tujuannya juga akan meminimalisir santan pecah.

Cara Membuat Santan Kelapa Bubuk

Bosan dengan santan cair? Kamu bisa memilih santan bubuk. Kadar lemak dari santan bubuk pun lebih rendah sekitar 11% daripada santan kelapa cair. Proses pembuatan santan bubuk ini juga tidak memakan waktu, hanya membutuhkan 45 menit.

Langkah-langkah

  1. Peras 200gr parutan kelapa dengan campuran air.
  2. Campurkan bahan pengisi untuk menambah massa dan mengikat partikel yang ada.
  3. Masukkan campuran tersebut ke Mesin Pasteurisasi untuk membunuh kuman yang ada dengan suhu 65o
  4. Keringkan hingga menjadi bubuk dengan spray dryer.

Santan bubuk dinilai lebih praktis. Untuk memanfaatkannya, santan bubuk perlu ditambahkan air hangat hingga mendapatkan tingkat kekentalan yang diinginkan. Sebagai perbandingan, kamu bisa mencoba 50gr santan bubuk yang diseduh dengan 150ml air hangat. Biasanya santan bubuk ini dibungkus dalam kemasan alumunium.

Kegunaan Santan Kelapa dalam Pengonsumsian

Kamu percaya gak jika dengan santan bisa mengolah berbagai jenis makanan? Mulai dari makanan, minuman, sebagai saus, dan lain-lain. Seperti berbagai kegunaan santan berikut ini.

  • Pengganti susu

Bagi kamu yang menderita intoleransi laktosa, bisa mengganti susu dengan santan. Selain susu, santan bisa menggantikan creamer atau susu di café latte-mu. Santan juga bisa menjadi heavy cream pada pasta atau hidangan berkuah creamy dan yoghurt. Santan juga bisa diolah menjadi es krim dengan rasa yang lembut dan gurih.

  • Pencuci mulut

Berbagai pencuci mulut dari santan misalnya seperti puding lapis, custard, hingga crème brulee. Sedangkan dari Indonesia sendiri juga khas dengan sajian kolak pisang. Kolak pisang selalu menjadi ciri khas saat Ramadan tiba.

  • Pelengkap saus cocol

Saus kok dari santan? Ada dua jenis saus santan yang bisa kamu santap. Untuk hidangan dimsum kamu bisa mencampurkan santan dengan bubuk kari, saus ikan, dan sedikit perasan jeruk nipis. Sedangkan untuk dinikmati besama potonan buah, kamu bisa mengolah santan dengan susu kental manis dan sedikit garam. Buah yang bisa kamu coba adalah mangga segar atau nanas panggang.

  • Penyedap kari

Salah satu negara yang kreatif dengan olahan kari adalah Thailand. Thailand mampu mengolah kari dengan berbagai warna seperti hijau dan merah. Daging yang diolah dengan sajian kari ini, gula pada santan akan menjaga tektur tetap juicy meski dimasak dalam waktu lama. Ditambah lagi dengan aneka rempah pada kuah kari yang menambah rasa kari lebih lezat.

  • Penyegar minuman

Selain es krim, santan juga dapat diolah menjadi minuman segar lainnya. Berbagai minuman segar ini lebih dikenal di dunia makan kebarat-baratan. Misalnya seperti tea latte, susu cokelat santan, mocktail dari Pina Colada. Kalau kamu ingin mengembangkan kreativitas sendiri juga bisa. Share resepnya yaah!

resep air santan

Setelah mengetahui resep cara membuat santan kelapa, kamu bisa mulai mengkreasikan sendiri berbagai makanan atau minuman. Jika terasa lebih repot memanfaatkan resep cara membuat santan kelapa tersebut, kamu bisa menggunakan cara instan. Banyak kok supermarket yang menyediakan santan instan.

Santan instan dipilih karena lebih praktis. Biasanya untuk menggunakannya, kamu perlu menambahkan air sesuai kebutuhan masakan. Adanya tambahan homogenizer membuat santan instan tidak mudah pecah saat dimasak. Namun, tentu saja menggunakan pengawet tambahan agar santan instan bisa dipajang lebih lama di supermarket. Oke semoga cara membuat santan kelapa di atas bermanfaat! Selamat berkreasi ya!

 

 

(Zakiah)