Cara Membuat Martabak Manis

Cara membuat martabak manis merupakan resep martabak terang bulan yang isiannya atau toppingnya segala sesuatu yang manis. Martabak manis termasuk jajanan pinggir jalan paling populer di Indonesia. Kini sudah menjelma jadi kuliner kekinian yang tetap laris manis walaupun disajikan di kafe dan kedai terkenal.

cara membuat martabak telur manis

Martabak manis pun kini memiliki banyak varian rasa, namun tak hanya dari segi topping. Adonan martabak manis kini bisa dimodifikasi dengan berbagai warna dan rasa. Mulai dari green tea, black sweet, hingga red velvet yang menggoda.

Bisa dibilang martabak manis termasuk kue yang cukup mudah dibikin. Anda pun dapat membuatnya sendiri di rumah. Tak ada loyang martabak, panci teflon pun jadi. Dengan resep yang tepat, martabak manis buatan anda dapat bersarang/berambut, berwarna kuning merekah, dan selezat buatan kedai kaki lima.

Martabak Manis ialah makanan khas dari Bangka. martabak manis bernama asli Hok Lo Pan. Martabak manis diciptakan oleh orang-orang Hakka (Khek) Bangka. Satu-satunya di dunia, makanan orang suku Hakka (khek) yang memakai nama suku Hoklo. Bisa dibilang semua orang di kota-kota besar seperti di kota Jakarta mengenal Martabak Bangka, nama aslinya di Bangka adalah Hok Lo Pan (Martabak). Arti Harfiah Hok Lo Pan (Martabak) adalah Kue Orang Hok Lo.

Bagaimana cara membuat martabak manis ?, berikut resep dasar martabak manis original yang dapat anda praktikkan di rumah. anda pun dapat menuangkan ide kreatif topping dan variasi yang dapat anda dibuat.

Resep Membuat Martabak Manis

Bahan Yang Digunakan:

  • 3 butir telur ayam
  • 50g gula pasir
  • 1 sdt garam
  • mentega untuk menggoreng
  • 300g tepung terigu
  • 500g susu segar
  • 1 bungkus ragi roti kering
  • 1 bungkus baking powder

Isi/Atasan:

  • Cokelat butir (meses)
  • Keju parut
  • Kacang tanah dihancurkan kasar.

Proses Membuatnya:

  • Semua bahan dicampur dan diaduk.
  • Siapkan wajan datar/pan (diameter lk. 25cm) dan panaskan mentega hingga cair dan panas.
  • Kecilkan api. Tuangkan campuran bahan dan tunggu hingga setengah matang (waktunya singkat, tampak uap keluar dari permukaan)
  • Taburkan isi/atasan sesuai selera.
  • Setelah matang (lk. setengah menit) angkat dan lepaskan kue dari wajan.
  • Lipat kue hingga berbentuk setengah lingkaran. Potong-potong. Hidangkan.

Tips Dalam Membuat Martabak Manis

  • Pakai bahan pengembang agar teksturnya semakin bersarang

Tekstur martabak manis bisa bersarang, berserat, atau berpori karena adanya gelembung udara yang “terjebak” dalam adonan. Gelembung udara ini muncul karena adonan diberi bahan pengembang seperti baking soda, baking powder, dan ragi. Anda bisa pilih salah satu bahan pengembang atau mengombinasikan dua bahan. Misalnya baking soda dan ragi. Campurkan ragi saat proses pembuatan adonan, lalu diamkan selama kurang lebih 1 jam agar adonannya proofing. Ketika akan dipanggang, barulah masukkan baking soda secukupnya saja dan aduk rata.

cara membuat martabak manis

Penambahan baking soda atau baking powder sebaiknya dilakukan sesaat sebelum dipanggang. Sebab, kedua jenis bahan pengembang ini tak bisa tahan lama dalam suhu ruang. Kecuali bila pakai baking powder double acting, anda bisa mencampurkannya bersamaan dengan ragi.

  • Pakai wajan yang tebal dan anti lengket

Penjual martabak manis biasanya memakai loyang khusus martabak. Loyang khusus ini berat, tebal, dan terbuat dari besi atau baja. Kalau ingin martabak lebih matang sempurna, pakailah panci yang paling tebal di rumah anda. Selain itu, pastikan juga pancinya anti lengket sehingga martabak lebih mudah diangkat. Dengan begitu, martabak bisa matang  merata dan tidak cepat gosong saat dimasak.

Kalau anda ingin membuat martabak dalam bentuk mini, anda bisa menggunakan Happy Pan Cetakan Martabak Mini (lihat di Tokopedia) sebagai loyangnya. Cetakan ini memiliki 7 lubang dan dilapisi dengan Teflon yang berkualitas baik. Jadi, martabak mini tidak akan lengket dan pastinya aman.

  • Pastikan wajan sudah cukup panas sebelum adonan masuk

Trik lain supaya martabak lebih bersarang adalah memasukkan adonan saat wajan sudah benar-benar panas. Seperti membuat kulit dadar gulung, adonan martabak akan langsung mengembang dan lebih cepat muncul pori-porinya saat bersentuhan dengan wajan panas. Cara mengecek wajannya, coba ciprati sedikit air ke atas wajan. Kalau air cepat menguap, berarti wajan sudah cukup panas untuk memanggang adonan martabak.

Langsung tutup wajan saat adonan sudah bulat merata di atas wajan, Tuang adonan martabak di atas wajan dan ratakan hingga berbentuk bulat. Nah, salah satu trik supaya permukaan atasnya lekas matang adalah segera tutup setelah adonan bulat merata di atas wajan. Selain itu, martabak manis juga lebih ngembang dan cepat muncul sarangnya karena suhu di dalam wajan lebih panas. Jangan lupa untuk mengecilkan api supaya bagian bawahnya tidak cepat gosong.

  • Oleskan margarin atau mentega selagi martabaknya panas

Setelah permukaan martabak manis agak padat, taburkan gula secukupnya dan tutup lagi wajannya. Kalau pinggiran martabak sudah lepas dari wajan, buka tutupnya dan segera oleskan margarin atau mentega pada permukaan martabak. Dijamin, tekstur martabak akan lebih lembut dan bercitarasa. Selanjutnya, taburkan topping yang agak besar dan kasar seperti kacang, meses, oreo, atau coklat sesaat setelah martabak dilapisi margarin. Dengan begitu, toppingnya akan lebih menempel di permukaan martabak.

Demikian pembahasannya tentang resep membuat martabak manis yang dapat anda praktikkan dirumah. Juga mungkin bisa anda jadikan bisnis untuk penghasilan anda, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda.