Cara Membuat Bakso

Bakso, adalah makanan yang terbuat dar i bahan dasar daging sapi yang di bulat dan di sajikan dengan kuah kaldu sapi Bersama campuran mie ayam atau bihun. Bakso memang bisa dibilang merupakan salah satu jenis makanan yang paling di sukai “Seumur Hidup”. Nasibnya memang bisa dibilang hampir mirip dengan Mie Ayam, karena memang kedua jenis makanan ini seperti sahabat sejati yakni selalu ada dan sangat ideal untuk di sajikan secara bersamaan.

kursus bakso

Jenis-Jenis Bakso

Bakso sendiri terdisi dari banyak jenis, sebut saja Bakso Ikan, Bakso Ayam, Bakso Tahu, Bakso Sayur,Bakso Udang,dll. Maka dari itu bisa dibilang Bakso merupakan salah satu jenis makanan utama sekaligus bisa di jadikan bahan makanan pelengkap.

Sifatnya (bakso) yang fleksibel semakin menambah nilai plus sebagai bahan olahan dan di ideal untuk kombinasikan dengan menu apa saja. Oleh karena itu jangan salah jika anda sering melihat menu bakso di dalam setiap jenis makanan baik itu kering ataupun basah.

Nah zaman sekarang bakso sendiri telah mengalami perubahan pada sisi pengolahan dan penyajiaannya. Hal ini terlihat dari banyaknya produsen bakso yang mampu menciptakan jenis-jenis bakso dengan bahan baku yang berbeda-beda untuk tiap kebutuhannya. Kehadiran mesin bakso modern tentu membuat banyak produsen bakso yang di untungkan. Dengan menggunakan mesin cetak bakso otomatis, imbasnya mereka (produsen bakso) mampu mengasilkan ratusan butir bakso pentol hanya dalam hitungan menit.

Nah karena kemajuan zaman dan teknologi inilah yang membuat banyak orang berbondong-bondong ingin mempunyai usaha bakso sendiri, karena memang potensi berbisnis warung bakso atau produsen bakso pentol UKM cukup amat menjanjikan profitnya.

Nah Tertarikah anda untuk bisa mendirikan dan merintis usaha bakso dengan brand sendiri?? Tentunya hal tersebut bisa anda lakukan, asal……anda harus paham betul seluk beluk yang tepat bagaimana berbisnis warung bakso yang tepat. Mulai dari cara membuat bakso pentol, urat,atau telor hingga Teknik cara membuat kuah bakso yang tepat.

 

Semua itu bisa anda pelajari secara otodidak atau dengan mengikuti kelas kursus cara membuat bakso komersil di internet. Nah jika anda kesulitan atau tidak mempunyai waktu yang cukup untuk mengikut kelas kursus bakso tertentu, anda bisa mencari solusinya VIA internet. Ya, via internet anda bisa mendapatkan informasi yang cukup bagaimana siy cara membuat bakso yang berkualitas, kenyal dengan kuah kaldu yang enak.

Nah pada artikel kali ini, kami (WIRATECH) juga ingin berbagi resep bagaimana cara membuat bakso dengan daging ayam ala rumahan. Nah jika anda ingin mencobanya, anda bisa mengikuti langkah-langkah yang akan kami jelaskan berikut ini. Yuk kita coba….

Bahan-Bahan Untuk Cara Membuat Bakso Sapi

  • ½ kg daging sapi segar
  • 100 gram tepung tapioka (bisa diganti tepung kanji)
  • 1 sendok teh garam
  • ½ sendok teh lada putih bubuk
  • Bawang putih 1 sendok makan yang sudah dihaluskan
  • 2 sendok makan bawang merah yang sudah dihaluskan
  • 40 gram es batu
  • ½ bungkus jeli atau agar-agar tanpa rasa
  • 2000 ml air

Cara Membuat Bakso Daging Sapi

  • Pertama-tama masukkan tepung tapioka, daging sapi, es batu, bawang merah, bawang putih, lada, dan garam ke dalam food processor. Jika tidak ada food processor, bisa mengunakan blender. Kemudian giling semua bahan tersebut sampai menjadi adonan yang halus dan tercampur rata.
  • Lalu rebus 2000 ml air dalam panci besar. Dan tunggu sampai air panas dan mendidih.
  • Silahkan ambil sedikit adonan, letakkan di telapak tangan dan genggam adonan sampai adonan bisa keluar di antara ibu jari dan jari telunjuk. Bisa mengunakan sendok untuk mengambil adonan yang sudah muncul dan selanjutnya masukan ke dalam air panas. Lakukan hingga adonan habis.
  • Tunggu hingga bakso mengapung. Tiriskan.

Nah gimana?? Cukup mudah dan sederhana bukan resep cara membuat bakso di atas?? Anda tidak perlu menggunakan aneka jenis mesin-mesin bakso modern yang harganya belasan jutaan rupiah. Anda hanya perlu latihan dan mengembangkan Teknik serta resep pencetakan bakso yang tepat agar hasilnya maksimal dan juga kenyal.

Bicara soal kekenyalan, bisa dibilang untuk mendapatkan level kekenyalan yang kita inginkan biasanya cukup sukar di lakukan. Karena bisa dibilang tiap takaran bahan-bahan perlu anda perhatikan secara teliti ketika proses pencampuran. Tetapi jangan khawatir, karena saat ini sudah cukup banyak bahan khusus pengenyal bakso alami yang bisa anda dapatkan di beberapa swalayan hingga warung-warung bahan sembako.

Yang terpenting ketika anda membeli bahan pengenyal adonan bakso sapi, anda harus memperhatikan kandungan yang tertera di dalamnya. Usahakan anda membeli pengenyal bakso yang mengandung Karagenan (ekstrak rumput laut). Atau anda bisa juga menggunakan bubuk jeli agar-agar non rasa (plain) karena kandungan zatnya di percaya cenderung lebih aman dengan standar food grade.

Oke selanjutnya rasanya tak lengkap jika kita tak membuat kuah kaldu untuk bakso yang telah di buat. Jangan khawatir karena sekarang waktunya kami (WIRATECH) memberikan sedikit tutorial dan resep cara membuat kuah bakso kaldu sapi ala rumahan. Yuk kita coba langkah langkah di bawah ini :

Bahan-Bahan Untuk Membuat Kuah Bakso Daging Sapi

  • 3000 ml air
  • 200 gram tulang daging sapi
  • 7 siung bawang putih dan 5 buah bawang merah, yang sudah di iris, goreng, dan di haluskan
  • 2 sendok teh bubuk kaldu sapi
  • ½ sendok teh merica
  • Garam 1 sendok teh
  • 4 batang daun bawang

Cara Membuat Kuah Bakso Daging Sapi

Setelah menyiapkan semua bahan-bahan yang telah di sebutkan di atas, kini saatnya kita mengolahnya secara bersamaan. Dalam membuat kuah kaldu bakso sederhana, anda hanya perlu memasukan seluruh bahan untuk kuah kedalam panci yang telah terisi air mendidih di dalamnya. Tunggu hingga beberapa saat sampai kuah kaldu berwarna pucat atau terlihat keruh dan berbau harum. Sederhana bukan??

Nah gimana mudah bukan cara membuat bakso dan kuah kaldunya, sekarang anda tinggal menerapkan apa yang telah kami berikan. Owh ya kami juga mempunyai 1 resep seputar cara pengolahan bakso menjadi menu baru yang gak kalah istimewa.

Bakso Burger

Ya, jika anda sering sekali melihat menu makanan western yang satu ini..pastinya anda sudah kenal sekali dengan cita rasanya yang khas di mulut kita. Burger merupakan salah satu menu andalan dari negara bagian barat tepatnya di daratan Benua Amerika hingga Eropa. Burger biasanya di olah dari bahan-bahan daging pilihan, hampir seperti bakso hanya saja pada daging burger teksturnya jauh lebih kasar dengan rasa daging sapi yang lebih smooth dan juicy.

Oleh karenanya jika kita melihat bahan-bahan dasar yang di gunakan pada proses pembuatan burger, kita akan menemukan beberapa kesamaan dengan bahan-baha yang kita lihat pada proses pembuata bakso. Nah persamaan inilah yang menyebabkan adonan bakso ternyata juga bisa lho di modifikasi menjadi toping daging untuk roti burger. Gak percaya?? Yuk kita lihat resep singkat di bawah ini :

Bahan-bahan yang perlu Anda siapkan, yaitu bakso, telur, timun, tomat, dan daging rica pedas bentuk bulat. Jika hanya sekadar iseng di rumah, Anda dapat membeli bakso instan yang mudah ditemukan di pasaran. Namun, jika Anda produsen bakso, ada baiknya tetap membuat bakso sendiri dengan bantuan mesin cetak bakso dan mesin gilingan bakso untuk mempertahankan ciri khas rasa makanan dari olahan daging tersebut.

            Cara membuat bakso burger pertama ini sebenarnya hanya dengan metode menumpuk bahan-bahan yang sudah disiapkan. Anda hanya perlu menceplok telur mata sapi dan menggoreng sekilas daging rica. Daging rica saat ini juga mudah Anda beli di pasar terdekat, sehingga Anda tidak perlu lagi repot untuk mengolah daging rica sendiri.

            Setelahh menceplok telur dan menggoreng daging saat kita menumpuknya hingga menyerupai burger. Untuk wadah roti burger, Anda dapat menggunakan potongan bakso. Usahakan bakso memililiki ukuran lebih lebar dari biasanya, sehingga dapat menyesuaikan dengan ukuran daging dan telur mata sapi.

            Setelah tutup roti, berikan timun. Kemudian daging rica pedas yang sudah dibentuk bulat. Lalu tambahkan timun kembali, telur mata sapi, tomat, timun, dan ditutup dengan potongan bakso. Langkah-langkah tersebut dilakukan dimulai dari alas burger hingga tutup roti burger dari potongan bakso.

Bumbu Burger Bakso

Jika pada Hamburger bumbum utamanya menggunakan olahan Mayonaise,Mustard dan Sauce Sambal. Maka pada Burger bakso anda bisa menggunakan alternative lain yang jauh lebih murah dan mudah. Anda bisa menggunakan olahan sambal kacang yang telah di modifikasi sedemikian rupa dengan perasa jeruk purut. Atau anda tetap bisa menggunakan mayonnaise yang di tambah dengan sedikit Chesse Spread untuk menciptakan rasa gurih keju yang lebih nikmat.

Nah gimana?? Jauh lebih mudah kan???

Pada resep burger bakso di atas bisa dibilang cara pengolahannya jauh lebih singkat, dengan penggunaan bahan-bahan yang lebih sedikit. Dalam membuat burger bakso, hal yang harus benar-benar anda perhatikan adalah trik cara mencetak adonan bakso agar bisa menjadi sebesar daging ham.

Mesin Cetak-Bakso Wirastar

Kendala yang paling sering di temui dari modifikasi adonan bakso menjadi bentuk lain adalah teksturnya yang halus. Hal ini seringkali menjadi masalah ketika adonan akan di cetak menggunakan mesin cetak bakso otomatis, anda harus berhati-hati dengan adonan bakso karena sifatnya sangat rentan terhadap kondisi dan suhu di sekitar.

Oke semoga info resep cara membuat bakso ini bisa berguna untuk anda. Selamat mencoba di rumah 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published.

four × 3 =