Cara Membuat Bakso Burger

Penikmat bakso biasanya penasaran untuk mengonsumsi bakso di warung makan yang berbeda. Cara itu mereka tempuh untuk membandingkan berbagai rasa bakso. Perbandingan tersebut kemudian mereka rangkum dan dijadikan refrensi bakso mana yang paling enak.

bakso burger

Sebenarnya cara membuat bakso burger mudah Anda dapatkan di internet atau kumpulan resep yang dijual di toko buku. Namun, sering kali selalu masih kurang menyatu di lidah. Bereksperimen sendiri memang tidak selamanya langsung berhasil, tetapi terkadang butuh kegagalan untuk mencari tahu kekurangan dari bakso tersebut.

Belum lagi beberapa pedagang bakso biasanya memiliki bumbu atau resep rahasia yang tidak disebarluaskan. Itu mengapa terkadang rasa bakso jajanan di luar lebih nikmat daripada buat sendiri di rumah. Namun, jika penasaran cara membuat bakso di rumah, Anda dapat mencobanya berkali-kali. Jadi, jangan cepat menyerah ya sampai menemukan rasa bakso yang lezat.

Selain rasa yang lezat, bakso memiliki tampilan menarik yang mengundang perhatian para konsumen. Tidak hanya orang Indonesia lho, bentuk bulat bakso juga menarik perhatian turis untuk segera melahapnya. Meskipun sudah familiar bagi orang Indonesia, bakso tetap menjadi makanan favorit yang selalu lezat disantap.

Eksperimen dengan bakso memang sangat mengasyikkan. Apalagi jika mengkreasikan dengan bentuk-bentuk lainnya. Salah satu bentuk unik yang bisa Anda coba adalah bakso burger. Cara membuat bakso burger beragam. Ada yang menjadikan potongan bakso sebagai tutup roti burger, di sisi lain juga ada potongan bakso yang diaduk dengan telur untuk dijadikan isi burger.

Cara membuat bakso burger

            Bahan-bahan yang perlu Anda siapkan, yaitu bakso, telur, timun, tomat, dan daging rica pedas bentuk bulat. Jika hanya sekadar iseng di rumah, Anda dapat membeli bakso instan yang mudah ditemukan di pasaran. Namun, jika Anda produsen bakso, ada baiknya tetap membuat bakso sendiri dengan bantuan mesin cetak bakso dan mesin gilingan bakso untuk mempertahankan ciri khas rasa makanan dari olahan daging tersebut.

            Cara membuat bakso burger pertama ini sebenarnya hanya dengan metode menumpuk bahan-bahan yang sudah disiapkan. Anda hanya perlu menceplok telur mata sapi dan menggoreng sekilas daging rica. Daging rica saat ini juga mudah Anda beli di pasar terdekat, sehingga Anda tidak perlu lagi repot untuk mengolah daging rica sendiri.

            Setelahh menceplok telur dan menggoreng daging saat kita menumpuknya hingga menyerupai burger. Untuk wadah roti burger, Anda dapat menggunakan potongan bakso. Usahakan bakso memililiki ukuran lebih lebar dari biasanya, sehingga dapat menyesuaikan dengan ukuran daging dan telur mata sapi.

            Setelah tutup roti, berikan timun. Kemudian daging rica pedas yang sudah dibentuk bulat. Lalu tambahkan timun kembali, telur mata sapi, tomat, timun, dan ditutup dengan potongan bakso. Langkah-langkah tersebut dilakukan dimulai dari alas burger hingga tutup roti burger dari potongan bakso.

            Bakso burger ini akan lebih nikmat disantap dengan paduan sambal kacang yang hangat lalu ditambahkan perasan jeruk purut. Aroma khas dari jeruk tersebut semakin menambah selera konsumen untuk menyantapnya. Anda juga bisa berkreasi sendiri dengan menggunakan saus pedas atau mayonnaise jika memang cocok untuk lidah Anda.

Namun, jika tidak cocok, dengan sambal kacang pun sajian bakso burger mampu menggoyang lidah. Dengan demikian, bakso tidak hanya nikmat disantap dengan kuah pada umumnya, tetapi juga mantap disajikan dengan berbagai kreasi tambahan seperti bakso burger ini.

(Zakiah)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

fifteen − 7 =