Cara Kerja Mesin Es Krim Otomatis

Cara kerja mesin es krim Otomatis yang memudahkan pembuatan es krim menjadikan bisnis es krim lebih menarik dan kekinian. Menggunakan mesin es krim tentunya melalui proses pembekuan adonan es krim menjadi es krim yang lembut.

Mesin es Krim Otomatis 3 Kran dan 2 Kran Termurah, KLIK DISINI

kran sanitizer mesin es krim

Cara kerja mesin es krim sebenarnya mengkristalkan cairan adonan es krim dengan cara memutar-mutar adonan tersebut hingga mengkristal secara halus. Tehnik pendinginannya menggunakan kompresor dan mesin penggerak untuk menggerakan seluruh komponen mesin hingga adonan es krim menjadi es krim lembut. Kebanyakan orang menyukai soft ice cream karena es krim tersebut lembut serta rasanya yang enak banyak kandungan susunya. Jadi tak heran bila banyak orang yang menyukainya, karena es krim itu sendiri.

Dengan mengetahui cara kerja mesin es krim maka anda telah mempelajari komponen yang ada di dalamnya. Dari hal tersebut anda akan tau jenis mesin es krim apa yang akan anda gunakan untuk bisnis es krim anda.

Baca Juga :

mesin es krim bekas murah

mesin es krim roll

mesin es krim maksindo

mesin es krim manual

cara kerja mesin es krim

merk mesin es krim yang bagus

kredit mesin es cream

harga mesin ice cream 3 kran

Mengenal Komponen Mesin Es Krim

Ada komponen penting dalam es krim yang bisa anda ketahui kegunaannya berikut ini :

  • Kondensor Mesin Es Krim

Dengan kompresor refrigrant bertekanan yang memiliki temperatur tinggi memiliki bentuk gas untuk dialirkan menuju kondensor. Adapun kondensor inilah yang berperan mengubah refrigrant dalam bentuk cair.

Kemudian dalam sistem refrigrant berukuran kecil umumnya jenis dari kondensor yang dipakai memakai fan, di mana media untuk berlangsungnya proses kondensasi yang digunakan yaitu aliran udara.

  • Cup Tempat Adonan

Umumnya cup untuk tempat adonan pada mesin pembuat soft ice cream terletak di atas mesin pembuat es krim itu sendiri. Di bagian bawah sendiri ada lubang yang berperan mengalirkan adonan menuju cooling.

  • Expansion Valve

Komponen ini termasuk bagian terpenting dalam sistem refrigrasi mesin pembuat es krim. Adapun fungsinya adalah mengubah tekanan pada refrigrant untuk digunakan untuk proses evaporasi.

Komponen ini memiliki peranan begitu vital sebab jika proses ekspansi melalui refrigran tak berlangsung dengan baik akibat sumbatan. Sehingga proses evaporasi pada bagian barrel atau ruang pendingin pun menjadi tak sempurna.

cara kerja mesin es krim otomatis

Imbasnya mempengaruhi suhu atau temperatur bahan untuk dibekukan atau didinginkan.

  • Cooling Room atau Cylinder

Bagian ini merupakan bagian dari mesin es krim yang umumnya dinamakan cylinder tube terlapisi sistem jacket berisi cairan. Dengan karakteristik layaknya es batu dan garam hasil pembekuan sistem refrigrasi.

Melewati proses evaporasi untuk bisa mentransferkan temperatur dingin menuju ruang cylinder berisi adonan dari es krim diaduk menggunakan shaft screw.

Digerakan melalui motor penggerak untuk bisa berputar melalui putaran konstan. Anda juga bisa menemukan bagian ini dalam produk mesin es krim merk Tomori.

  • Valve

Valve sendiri biasanya dinamakan juga bagian kran dalam mesin pembuat es krim yang kegunaannya untuk membuka serta mengalirkan produk es krim. Adapun valve ini terbagi ke dalam 2 jenis, di antaranya jenis mechanical system dan Electric system.

Manfaat Mesin Es Krim

Mesin Es Krim hard112

  • Fungsi dari mesin pembuat ice cream tentu saja untuk mengolah bahan-bahan es krim tertentu untuk dibuat menjadi Es Krim yang enak. Serta bisa digunakan untuk berbagai keperluan usaha maupun keperluan pribadi.
  • Bagi pengusaha di bidang kuliner yang membutuhkan Es Krim. Maka mesin tersebut akan memudahkan tersedianya Es Krim pada usahanya.
  • Selain efisien dalam waktu mesin-mesin ini juga sangat baik dalam kualitas es krim yang dihasilkan.
  • Mesin Es Krim digunakan untuk membuat banyak jenis es krim yang beraneka rasa, untuk usaha cafe dan kedai. Terutama rasa-rasa yang unik yang menjadi karakter dari sebuah usaha kedai atau cafe yang dijalankan.
  • Dengan adanya mesin es krim menjalankan usaha kuliner es krim dapat dengan mudah dan efisien.

Peluang Bisnis Es Krim

Berbicara masalah peluang usaha, bisnis es krim ini terhitung sebagai bisnis yang peluang suksesnya cukup besar dan menjanjikan keuntungan lumayan. Konsumennya berasal dari berbagai macam umur, mulai kanak-kanak hingga dewasa

peluang bisnis es krim

Baik anak laki-laki maupun perempuan sangat menyukai es krim. Sedangkan untuk orang dewasa biasanya lebih didominasi para wanita.

Saat ini, produk es krim tidak lagi asing bagi siapa pun, sehingga lebih mudah dalam hal pemasarannya. Asalkan anda mampu membuat es krim yang lezat dan bervariasi maka produk es krim anda potensial untuk laku di pasaran

Terus diminatinya es krim ini menjadi bukti bahwa produk es krim tidaklah hanya trend musiman, tapi cenderung terus menerus diminati. Sehingga untuk jangka panjang prospek bisnis ini cukup bagus. Asalkan sabar dan dikelola secara profesional maka bisnis ini akan makin membesar.

Jenis Es Krim Yang Bisa Anda Jual

Saat ini terdapat dua jenis es krim yang biasa dijual di pasaran. Pertama Soft Ice Cream (es krim lembut), kedua Hard Ice Cream (es krim keras). Soft Ice Cream atau es krim lembut adalah es krim yang mempunyai tekstur sangat lembek dan lembut. Untuk membuatnya dibutuhkan mesin Cone Ice Cream.

Adapun untuk Hard Ice Cream atau es krim keras adalah es krim yang teksturnya lembut akan tetapi ketika dibekukan di freezer umumnya akan menjadi keras, dan biasanya dalam penyajiannya diperlukan Skop Ice Cream. Salah satu keunggulan Hard Ice Cream dalam bisnis adalah tidak diperlukannya mesin es krim yang harganya mahal. Cukup dibuat menggunakan mixer dan kemudian dibekukan di freezer.

bisnis es krim

Nilai plus lain berjualan es krim jenis ini adalah bisa diolah menjadi produk yang bervariasi dan unik. Seperti es krim panggang, goreng, es krim rujak, es krim moci, banana es krim dan variasi-variasi lainnya yang bisa anda kembangkan sendiri.

Tips Berbisnis Es Krim

Sebelum anda memulai bisnis es krim ada beberapa hal yang harus anda rencanakan. Agar bisnis es krim yang anda jalankan berjalan lancar simak berikut ini:

  • Siapkan Modal

Modal merupakan hal penting dalam membangun sebuah bisnis, modal menjadi sumber pertama untuk membuka sebuah bisnis. Modal bisa didapatkan dari hasil kita menabung dari investor maupun juga dari pinjaman bank.

Modal yang disipkan untuk memulai usaha es krim ini sebenarnya tidak terlalu besar. Contohnya alat yang digunakan hanya mesin es krim dan juga freezer. Alat pendukung lainnya bisa anda beli nanti jika sudah memiliki keuntungan yang cukup.

  • Analisa Bisnis Es Krim

Pastikan bahwa anda meyakinkan bisnis es krim merupakan bidang usaha yang akan anda jalankan dengan serius. Temukan kelebihan dan potensi dari bisnis ini supaya menjadi nilai tambah bagi anda sendiri. Jangan lupa untuk menyusun rencana pemasaran pada usaha es krim ini.

  • Buat Konsep Bisnis Yang Bagus

Konsep bisnis yang bagus akan menentukan kemajuan usaha anda untuk kedepannya. Oleh karena itu buatlah konsep bisnis yang menarik yang disukai banyak orang dan bisa merangkul semua kalangan.

Karena disini anda akan memikirkan konsep yang akan anda pakai. Anda bisa menentukan jenis es krim apa yang akan anda jual dan lain sebagainya.

  • Perluas Networking anda

Dari sini lah anda dapat memperluas bisnis anda dengan menjalin hubungan pada sesama pebisnis. Baik bisnis yang sejenis maupun dengan pebisnis lain agar anda mendapatkan ilmu untuk mengembangkan bisnis anda.

Cara Membuat Es Krim Dengan Bahan Instan

Setiap brand tentu mempunya resep masing-masing untuk membuat es krim dengan rasa khas-nya. Namun kami akan berikan resep yang mudah untuk dipraktikkan dengan menggunakan mesin es krim.

Resep dan cara membuat Es Krim susu yang paling mudah adalah sebagai berikut.

Alat untuk membuat es krim :

Wirastar Mesin Es Krim WIR-888T

  • Mesin Es Krim
  • Mixer Makanan
  • Baskom/Wadah lain yang higienis(Disarankan pakai yang Stainless Steel Food Grade)

Bahan Yang Digunakan Untuk Membuat Es Krim :

  • Bubuk Soft Ice Cream 1Kg (Bisa dibeli di Supermarket/Toko Online)
  • Air 3 Liter

Sebagai catatan : Komposisi ikuti petunjuk pada Kemasan Bubuk Soft Ice Cream. Bila Anda ingin berinovasi, silahkan.

Proses membuat es krim :

  • Tuangkan 1 Kg Bubuk Soft Ice Cream dan 3 liter air ke dalam wadah atau baskom bersih. Kocok dengan mixer sampai adonan larut, merata dan tidak ada yang menggumpal.
  • Diamkan adonan selama 30 menit.
  • Nyalakan mesin dan bilas tangki dengan air bersih.
  • Masukkan adonan Soft Ice Cream tadi ke dalam tangki / wadah pada Mesin Es Krim dan tutup.
  • Setting/Atur Mesin sesuai dengan yang diinginkan.
  • Nyalakan proses pendinginan.
  • Tunggu sampai mesin berhenti bekerja.
  • Soft Ice Cream sudah siap untuk disajikan.
  • Tempatkan ke wadah yang sudah disiapkan.

Beberapa Jenis Menu Es Krim Tren di Pasaran:

  • Gelato

Terjemahan dari bahasa Italy, yang artinya adalah es krim. Awalnya berasal dari kata “congelati” yang artinya beku. Gelato sendiri terdiri dari bahan dasar pembuatan susu, gula, kuning telur dan juga air.

Sangat fleksibel untuk membuat varian gelato karena bersifat home made atau buatan rumahan. Contohnya saja anda dapat menambahkan kacang sebagi pelengkap gelato atau bisa dengan makanan lain.

gelato

Uniknya rasa gelato ini lebih dominan susu dan mempunyai tekstur padat. Selain itu kandungan lemak dalam gelato relatif lebih sedikit jika dibandingkan dengan jenis es krim lainnya.

Jika merasa ribet dan belum tahu takaran dan resep membuat gelato, anda bisa membeli bubuk sachet gelato untuk bahannya. Jadi tinggal masukkan ke mesin es krim di proses dan jadilah gelato yang enak dan siap dikonsumsi.

Gelato sendiri di Indonesia sudah dikenal dan banyak digemari para pecinta es krim. Bukankan ini peluang usaha yang sangat menarik untuk anda?

  • Sorbet

Sejarahnya, sorbet ini adalah makanan yang terbuat dari salju, mempunyai tekstur mirip serbuk es. Mirip dengan gelato tapi beda di tekstur dan bahan pembuatannya.

Sorbet ini terbuat dari bahan baku gula, buah dan air. Tidak ada susu yang digunakan dalam pembuatan sorbet ini. Jadi rasanya segar dan sehat karena terbuat dari bahan alami seperti buah dan sayur.

sorbet

Bagi orang yang sedang menjalani diet sehat, sorbet ini cocok untuk dikonsumsi. Mesin kami juga dapat digunakan untuk membuat sorbet, jadi varian usaha anda akan lebih banyak.

  • Sherbet

Makanan creamy satu ini mirip dengan Sorbet diatas, hanya saja Sherbet ada campuran susu rendah lemaknya. Sangat cocok dimakan di daerah tropis.

sherbet

Masih sedikit tempat yang menyediakan varian sherbet ini, Namun peluang usaha untuk sherbet masih sangat terbuka. Karena peminat es krim dengan berbagai varian jumlahnya beranjak dari waktu ke waktu.

  • Es Krim Frozen Yogurt

Dari namanya sudah tahu kan? Makanan satu ini cukup baik buat kesehatan. Apalagi dengan kesadaran masyarakat akan kesehatan. Pasti anda pernah dengar tentang boomingnya frozen yogurt ini.

frozen yoghurt

Memang dengan rasa yang enak dipadu manfaat yang terkandung dalam yogurt. Rasanya tidak akan rugi jika banyak orang membeli dan menikmati frozen yogurt ini.

Rasanya campur, ada rasa segar, sedikit asem, manis dan lembut membuat es krim frozen yogurt laris di pasaran. Tertarik memulai usaha ini? Jangan khawatir, mesin kami solusi usaha anda.

  • Es Krim Goreng dan Es Krim Bakar

Saat mendengar makanan ini cukup aneh. Tapi kenapa es krim goreng dan es krim bakar tidak meleleh?. Ternyata tidak sepenuhnya es krim goreng atau bakar ini adalah es krim yang langsung di goreng atau dibakar.

es krim goreng

Terlebih dulu es krim dilapisi roti atau bahan serupa untuk di proses menjadi sebuah makanan unik. Namun dalam beberapa tempat juga benar-benar ada es krim yang digoreng.

Mulai dari es krim yang benar-benar dingin kemudian diolesi dengan telur mentah. Kemudian di goreng dan siap disajikan. Makanan ini sangat populer di restoran Cina dan Jepang.

Demikian pembahasannya tentang cara kerja mesin es krim dan serba serbinya yang terkait dengan es krim dan bisnisnya. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

16 − fifteen =