Roti Tawar Sisa Bisa Menjadi Olahan Makanan Yang Enak Lho

Memanfaatkan Roti Tawar Sisa

roti tawar

Roti tawar adalah olahan roti yang terbuat dari tepung terigu, rasanya cenderung hambar atau tawar agak terasa gurih. Dikarenakan dalam proses pembuatannya tanpa di campuri bahan lain. Dan ciri lain dari roti tawar bentuknya biasanya persegi dan sekarang juga sudah banyak yang membuatnya sedikit menarik dari bentuknya yang unik. Berwarna cokelat pada bagian tepinya. Apabila anda mengirisnya maka tekstur pada bagian dalamnya terasa kasar.

Dan untuk sekarang ini roti tawar juga tidak cenderung tepinya cokelat dan dalamnya putih. Kita dapat menjumpai roti tawar gandum dan roti tawar pandan yang bewarna hijau, dan rasanya pun mempunyai ciri khas tersendiri. Roti tawar merupakan jenis makanan yang bersifat mengenyangkan. Maka dari itu santapan roti tawar biasa disajikan sebagai menu sarapan pagi bersama selai, irisan daging, telur dan masih banyak lagi. Tidak heran banyak para penikmat roti menyimpannya sebagai stok dan dapat di simpan dalam suhu ruangan karena roti tawar praktis untuk disajikan. Karena stok banyak tetapi tanggal kadaluarsa, mungkin seringkali anda bingung. Berikut sebagian olahan roti tawar yang mungkin anda juga bingung dan bosan dengan roti tawar yang hanya di olesi selai dan lain sebagainya :

  1. Roti Kering

Proses untuk membuat roti kering ini tidak sulit. Pertama potong roti sesuai bentuk yang anda inginkan, lalu oleskan mentega dan taburkan gula pasir di atasnya. Kemudian anda tata di loyang oven lalu panggang dalam oven bersuhu kurang lebh 100°C selama 30menit. Sangat cocok untuk di jadikan santapan minuman hangat, contoh teh, susu kopi dan lainnya.

  1. Puding Roti

Olahan yang satu ini mungkin yang banyak di gemari anak-anak. Selain kandungan gizinya yang terbilang lengkap dan rasanya yang enak dan lezat. Cara membuatnya tergolong mudah. Potong-potong roti tawar bentuk dadu dan ditambah dengan susu cair dan tambahkan gula pasir secukupnya dan aduk merata. Tuang adonan tersebut ke dalam priringan yang tahan panas. Lalu tambahkan hiasan seperti kismis, irisan kacang almond, lalu panggang dalam oven sampai matang.

  1. Roti Goreng

Roti goreng, menu yang satu ini bisa dibilang sedikit mirip sandwich. Ya, olahan ini berbahan dari roti tawar juga. Cara buatnya pun mudah dan dari bahan-bahan yang biasa anda dapat dr kulkas atau dapur rumah anda. Pertama roti tawar anda lekuk bentuk segitinya, anda isi toping, bisa cokelat, buah-buahan atau pun daging tumis. Lalu anda lipat, dan di celupkan ke kocokan telur, dan pindahkan dan bisa di taburkan tepung roti. Proses selesai anda tinggal menggorengnya sampai matang bewarna cokelat kekuning-kuningan.

Selamat Mencoba

(dn)