Vacuum Sealer Powerpack Memiliki Tiga Jenis Tipe Berbeda

Vacuum Sealer Powerpack

Vacuum sealer powerpack merupakan brand ternama yang kualitas produknya sudah teruji cukup baik. Brand ini sudah memiliki kualitas terstandarisasi sesuai produk yang sama pada umumnya. Namun sudah pasti produsen powerpack ini membuat produknya berbeda dari produk yang sejenis.

 

Vacuum Sealer Powerpack

 

Brand Powerpack menyediakan tipe vacuum sealer jenis Household, Single Chamber, Double Chamber. Tentunya brand ini sudah teruji kualitasnya dan bergaransi, juga memiliki service center lisensinya sendiri. Dalam memilih vacuum sealer anda harus memilih sesuai kriteria vacuum sealer yang terbaik untuk anda pilih sesuai kebutuhan anda.

Tipe Vacuum Sealer Yang Dimiliki Brand Powerpack

Jenis Vacuum Sealer Household :

Single Chamber Vacuum Sealer

  • Vacuum Sealer DZ-260
  • Vacuum Sealer DZ-300N
  • Vacuum Sealer DZ-400N/B
  • Vacuum Sealer DZ-400TN/B
  • Vacuum Sealer DZ-500N/B
  • Vacuum Sealer DZ-500TN/B

 

Double Chamber Vacuum Sealer

  • Vacuum Sealer DZ-400/2SB

 

Pengemasan vakum adalah metode pengemasan dengan menghilangkan udara dari kemasan sebelum penyegelan kemasan plastik. Pengemasan hampa udara (vakum) dengan cara mengeluarkan udara dari kemasan. Hal tersebut bertujuan untuk : Memperpanjang umur simpan makanan, Menjaga kesegaran rasa dan aroma makanan. Dengan bentuk kemasan yang ramping setelah di vakum dapat mengurangi volume kemasan pada saat penyusunan kedalam kotak. Setelah udara sudah dikeluarkan, mesin ini secara otomatis akan menyegel kemasan plastik agar udara tidak kembali masuk.

Mesin vacuum sealer ini banyak digunakan pada produk kemasan makanan basah seperti daging mentah, sosis, bakso, siomay, nugget, rendang, bumbu-bumbu dan lainnya. Karena dengan mengeluarkan udara dari kemasan dapat menghambat pertumbuhan bakteri sehingga produk makanan yang sudah dikemas menggunakan mesin ini dapat bertahan lebih lama.

Umumnya bahan-bahan makanan yang sudah menggunakan metode pengemasan ini adalah produk-produk yang kemasan plastiknya sangat kencang dan ketat. Jenis plastik yang digunakan haruslah plastik dengan jenis tertentu yakni plastik yang terbuat dari bahan LDPE, PED dan nylon yang ketiganyasudah di laminasi menjadi kemasan kantong plastik atau biasa disebut plastik nylon. Menggunakan plastik selain jenis ini tidak akan berfungsi sempurna, karena plastik biasa setelah di vakum, umumnya keesokan hari udara akan kembali masuk kedalam kemasan plastik biasa.

Mesin ini juga bisa digunakan untuk menyimpan makanan kering dalam jangka waktu yang panjang, seperti beras, sereal, kacang, keju, teh, kopi, dll. Untuk produk-produk makanan mudah hancur saat proses pengepakan vakum (seperti keripik, camilan), alternatif metode pengemasan dalam vakum udara adalah kemasan produk di isi gas nitrogen setelah proses mengeluarkan udara selesai. Setelah gas nitrogen selesai mengisi kemudian kemasan di segel. Mesin vakum yang digunakan sama dengan mesin vakum umumnya, hanya mesin sudah dilengkapi dengan pengisi gas nitrogen (Gas Fill).

Cara Pengoperasian Vacuum Sealer:

  • Pertama persiapkan dan cek mesin, kemudian hubungkan kabel pengalir daya ke Stop Kontak ( Aliran Listrik PLN ).
  • Hidupkan Mesin dengan menekan tombol ON.
  • Sambil menunggu Alat Pres Plastik Kedap Udara siap dioperasikan, siapkan dahulu kemasan yang sudah diisi produk anda.
  • Kalau Alat Pres Plastik Kedap Udara sudah siap untuk dioperasikan. Masukkan selang besi Alat Pres Plastik Kedap Udara ke dalam plastik kemasan.
  • Setelah posisi plastik kemasan pas, injak pedal Alat Pres Plastik Kedap Udara untuk memulai proses vakum dan pengemasan.
  • Kompressor akan mengambil atau menyedot semua udara yang ada di dalam plastik kemasan.
  • Dan setelah plastik kemasan hampa, Mesin otomatis akan mengemas plastik kemasan.
  • Produk anda sudah terkemas rapat, rapi, dan hampa udara. Serta siap untuk dijual atau didistribusikan.

 

Wirapax Mesin Vacuum Sealer HVC-260T

 

Manfaat Vacuum Sealer

  • Produk yang dikemas lebih awet. Menggunakan mesin tersebut produk dijamin lebih awet. Alasannya, karena udara di dalam kemasan lebih di-press keluar sehingga udara tidak memiliki ruang lagi di dalam kemasan. Seperti yang kita tahu terdapat berbagai produk yang memerlukan kemasan dengan metode vacuum agar cita rasa tidak rusak, salah satunya sosis. Dengan ketiadaan udara dalam kemasan, kerusakan akibat oksidasi dapat dihilangkan sehingga produk pun dapat bertahan lama.
  • Higienis dan terhindar dari kontaminasi atau kerusakan. Terdapat berbagai bateri pembusuk di lingkungan kita. Selain berperan untuk membusukkan hewan yang sudah mati atau sayuran yang layu, bakteri tersebut dapat merusak baik makanan matang maupun makanan yang belum diolah. Bakteri juga dapat masuk ke kemasan jika terjadi kebocoran. Untuk meminimalisir kejadian tersebut, kemasan yang hampa udaralah yang dapat mengatasinya. Dengan demikian produk akan terjaga tingkat kehigienisannya dan terhindar dari kontaminasi atau bakteri lainnya.
  • Produk fresh dan cita rasanya terjaga. Karena kosongnya udara di dalam kemasan produk lebih berkualitas dan terjaga kesegarannya. Produk seperti sosis atau olahan daging lainnya pun lebih segar jika menggunakan vacuum sealer dibandingkan dengan non vacuum. 
  • Bisa untuk mengemas berbagai produk. Selain produk olahan daging, mesin vacuum juga dapat digunakan untuk produk makanan lainnya, seperti keripik. Bahkan mesin ini juga dapat berperan untuk produk non makanan.
  • Pemasaran lebih luas. Produk yang dikemas menggunakan vacuum dapat dipastikan lebih tahan lama. Oleh karena itu, produk dapat disebarluaskan dengan jarak dan waktu yang jauh. Kemasan hampa udara ini tentu sangat memudahkan produsen dan distributor untuk meningkatkan penjualan produk.
  • Good Looking packaging. Langkah pertama dalam memilih konsumen biasanya dapat dilihat dari tampilan kemasan. Dengan kemasan yang menarik dan exclusive dapat meningkatkan kepercayaan konsumen dalam memanfaatkan produk. Sebaliknya, jika kemasan tidak memiliki nilai jual, konsumen tidak akan melirik sedikit pun.

 

Wirapax Mesin Vacuum Sealer Double Chamber DZ-410

 

Demikian pembahasannya tentang vacuum sealer powerpack yang kualitasnya sudah terjamin dan juga memiliki standarisasi sendiri perihal produknya. Juga memiliki vacuum sealer jenis household, single chamber dan double chamber. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda.

Chat via WhatsApp