free website stats program

Tips Menyimpan Coklat Di Dalam Plastik Kemasan

Coklat adalah salah satu jenis camilan yang mempunyai rasa manis yang sangat khas. Coklat sendiri masuk ke dalam kategori makanan ringan, ya makanan ringan yang cocok di santap sebagai camilan di kala senggang. Menyantap coklat juga ada triknya lho, karena memang gak sembarang coklat itu bisa di nikmati ketika tidak pada waktunya. Waktu yang paling pas menyantap coklat adalah di kala santai, yak karena saat itu kita akan merasakan quality time secara bebas tanpa perlu di kejar waktu.

tips menyimpan coklat

Sehingga menikmati sebatang coklat sepotong demi sepotong akan terasa nikmat. Nah bagaimana jika kita mengkonsumsi coklat sedikit demi sedikit bahkan cenderung tidak habis pada saat waktu yang bersamaan? Tidak masalah tentunya, tetapi yang akan jadi pertimbangan adalah tekstur coklat akan berubah drastis.

Ya coklat merupakan jenis makanan yang di olah dengan menggunakan metode Cetak dan Pembekuan. Coklat berasa dari bahan yang di olah dalam bentuk cair/pasta, lalu di cetak dan di bekukan ke dalam suhu yang telah di atur. Hanya saja coklat cukup berbeda dengan es krim, coklat mempunyai daya tahan lebur yang cukup baik meski bisa berubah bentuk.

Hanya saja mengingat di Indonesia merupakan negara tropis, maka cara paling baik adalah mengkonsumsi coklat sekali habis atau menyimpan nya di dalam lemari pendingin / kulkas. Menyimpan coklat di dalam kulkas sendiri gak sesederhana yang kita bayangkan kok. Jika anda ingin rasa dan tekstur coklat tidak berubah, maka anda harus detail dengan segala aspek yang ada, berikut ini tips menyimpan coklat yang tepat

Ketika anda menyimpan coklat di dalam kulkas ada baiknya suhu ideal yang di pilih adalah 15-21 derajat celcius, gun yang akan plastik kemasan berstandar food grade. Anda bisa menggunakan kemasan plastic zipper atau vacuum pouch Atau anda bisa menggunakan alternative lain yang sebagai media penyimpanan seperti kotak makan/tuperware berbahan tipis. Usahakan untuk menyimpan cokelat di dalam ruangan dengan kelembaban udara di bawah 50%. Pastikan bahwa cokelat tidak terkena sinar matahari langsung karena sinar matahari bisa memudahkan cokelat leleh dan cokelat menjadi tengik.

Dan yang paling penting lagi jika menyimpan coklat di dalam kulkas / freezer, tutup lah rapat karena jika terlalu dingin, dan coklat menjadi lembab maka resikonya kandungan coklat akan tercemar oleh uap air di dalam kulkas. Tentunya hal ini tidak baik bagi kesehatan tubuh anda bukan?? Oke semoga info ini berguna untuk anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

four × 2 =