Resep Dodol Pepaya Hijau Bikin Ketagihan dan Goyang Lidah

Resep Dodol Pepaya Hijau

Resep dodol pepaya hijau memang membutuhkan proses yang cukup lama, namun bisa dibilang wajar. Karena proses pembuatan dodol memang butuh proses yang lama, untuk menjadikan makanan tersebut menggumpal. Hingga menjadi adonan dodol juga lebih awet tahan dalam waktu yang lama.

Resep Dodol Pepaya Hijau

Dodol papaya memang pembuatannya salah satunya menggunakan papaya dan buah papaya yang dipilih adalah papaya khusus, jadi bukan papaya sembarangan. Serta bahan bahan pendukung lainya dalam pembuatan dodol yang digunakan dalam pembuatan papaya.

Tanaman papaya biasanya tumbuh pada tempat yang memiliki kelembaban tinggi, disanalah papaya yang berkualitas tubuh dengan baik. Ada banyak jenis varietas papaya yang ada di Indonesia, namun papaya yang cocok untuk di buat dodol. Adalah papaya dampit atau pepaya malang, papaya Bangkok, atau papaya semangka paris. Papaya yang sudah sudah berusia sepuluh bulan dan siap dipanen.

Dodol adalah makanan khas dari Garut. Panganan manis ini merupakan salah satu buah tangan yang wajib dibeli ketika berada di Garut dan sekitar Jawa Barat. Tapi makanan dodol tidak hanya fokus pada Dodol Garut saja, setiap daerah juga mengembangkan inovasi dodol mereka sendiri. Salah satunya adalah Dodol pepaya. Kali ini akan dibahas Resep Dodol Pepaya Hijau yang enak dan bisa dibuat dengan mudah di rumah.

Bahan utama dodol pepaya ialah pepaya setengah matang (pepaya yang berwarna hijau ke kuning kuningan). Belakangan ini, dodol pepaya banyak kita temui di toko roti, tapi jika anda bisa membuatnya sendiri pastinya akan terasa nikmatnya. Kemudian juga dapat menghemat kantong pengeluaran. Berikut Resep Dodol Pepaya Hijau yang enak dan mudah dibuat:

Cara Membuat Dodol Pepaya Hijau

Image result for Dodol Pepaya Hijau

Bahan Yang Digunakan:

  • 1/2 kg gula (sesuai selera)
  • pasta pandan (bisa di ganti)
  • santan dari 1 buah kelapa
  • 1 cangkir tepung ketan (+- 2 ons)
  • 1 cangkir tepung beras
  • 1 buah pepaya hijau muda medium (+- 1.5 kg)

Proses Membuatnya:

  • Parut pepaya muda,(bijinya dibuang ya bun), parut kelapa
  • Campurkan pepaya parut,tepung beras, tepung ketan, gula, santan (santannya pake dua gelas kecil air aja yah) di dalam wajan
  • Nyalakan kompor dengan api paling kecil
  • Terus aduk sampai kentalnya lengket banget seperti lem gitu loh dan warnanya udah mulai tua (+- 2jam an deh)
  • Angkat masukan di loyang datar biarkan dingin cetak ke plastik
  • Biarkan sampai mengeras sendiri baru potong dan sajikan.(sehari semalam kayaknya baru keras)
  • Oke selamat mencoba.

Asal Muasal Dodol

Mari kita bidik cerita masyarakat Betawi yang katanya memiliki identitas makanan tersendiri untuk menyambut Lebaran, salah satunya adalah dodol betawi. Namun, keberadaan dodol bagi masyarakat Betawi saat perayaan Lebaran bisa menjadi simbol status sosial.

Dodol dengan unsur beras di dalamnya merupakan sebagai symbol salah satu wakil dari budaya agraris masyarakat Betawi tempo dulu. Dulu yang membuat dodol itu hanya untuk kalangan tertentu atau lebih di kenal dengan orang kaya.

Dodol bagi masyarakat Betawi dulu tidak hanya menyimbolkan status sosial seseorang saja, tetapi juga memiliki makna filosofis berupa kebersamaan dan silaturahim.

Lain lagi di Jawa Timur, dodol disebut sebagai kue keranjang sebab dicetak dalam sebuah keranjang bolong kecil, sedangkan di beberapa daerah di Jawa Barat ada yang menyebutnya Dodol Cina untuk menunjukkan asal kue tersebut yaitu Cina, walaupun ada beberapa kalangan yang merujuk pada suku pembuatnya, yaitu orang-orang Tionghoa.

Kue keranjang atau dodol disebut juga sebagai Nian Gao atau dalam dialek Hokkian Ti Kwe. Kue ini merupakan salah satu kue khas dan wajib perayaan tahun baru Imlek.

Kue keranjang ini mulai dipergunakan sebagai sesaji pada upacara sembahyang leluhur, 7 hari menjelang tahun baru Imlek dan puncaknya pada malam menjelang tahun baru Imlek. Sebagai sesaji, kue ini biasanya tidak dimakan sampai Cap Go Meh (malam ke-15 setelah tahun baru Imlek).

Dipercaya pada awalnya kue ini ditujukan sebagai hidangan untuk menyenangkan dewa Tungku (Cau Kun Kong) agar membawa laporan yang menyenangkan kepada raja Surga (Giok Hong Siang Te).

Peluang Bisnis Dodol Pepaya Hijau

Related image

Ternyata buah pepaya tak hanya dapat dikonsumsi dalam bentuk buah segar, pepaya ternyata juga bisa kita nikmati dalam bentuk olahan kreatif. Di antaranya adalah dalam bentuk dodol pepaya.

Inilah kreasi dodol yang berbeda dengan dodol pada umumnya, memproduksi dodol dengan bahan baku utama yaitu buah pepaya. Ternyata respon masyarakat ternyata sangat bagus, karena masyarakat tentunya menyukai manfaat dari buah pepaya. Bahkan Ternyata olahan dodol ini bukan hanya digemari oleh masyarakat Indonesia, dodol juga digemari oleh masyarakat luar negeri seperti Negara Malaysia, Brunei Darussalam, dan nagara lainnya.

Berbisnis dodol pepaya memiliki pesaing yang tidak terlalu banyak karena bisnis makanan manis ini belum terlalu banyak pesaingnya. Jadi otomatis peluang bisnis dodol pepaya hijau sangat tinggi dan menjanjikan keuntungan yang cukup besar. Bila anda kreatif dan memodifikasi dodol dengan kemajuan zaman sekarang yang trend maka tentunya anda akan sukses menjalankan bisnis dodol. Bahkan kini sudah ada mesin pengaduk dodol, tentunya membuat dodol dan berbisnis dodol akan lebih mudah.

 

Demikian pembahasannya tentang resep dodol papaya hijau yang merupakan variasi makanan dodol yang di campur dengan buah. Dodol juga menjadi salah satu warisan budaya kuliner Indonesia yang patut di lestarikan. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda.