Plastik Kemasan Kotak Jadikan Suatu Produk Lebih Menarik

Plastik Kemasan Kotak

Plastik kemasan kotak biasa digunakan untuk membungkus makanan seperti nasi kotak atau membungkus kue bahkan untuk membungkus souvenir. Kemasan jenis ini memang berbahan Kemasan ini memang biasa di peruntukan untuk kemasan kue dan juga beberapa produk selain makanan.

Plastik Kemasan Kotak

Sedangkan kemasan kotak biasanya sering kita jumpai pada souvenir, kemasan makanan yang membutuhkan wadah kemasan kotak. Seperti mie ayam, spaghetti, salad buah dan sayur. Serta masih banyak produk lainya selain makanan yang juga membutuhkan wadah plastik kemasan kotak. Seperti souvenir, kotak perhiasan, produk alat tulis, produk elektronik, hingga produk sepatu wanita.

Kemasan dalam bisnis makanan memegang peranan penting dalam melindungi makanan tersebut, agar terlihat menarik konsumen dan juga sebagai media promosi karena di berikan berbagai informasi tentang Brand, komposisi, expire date, juga keterangan izin sertifikat halal dan izin BPOM Depkes RI. Kemasan juga mempermudah distribusi atau pengontrolan produk. Berikut ini akan dijelaskan beberapa rincian fungsi kemasan dalam bisnis makanan:

Fungsi Kemasan Dalam Bisnis Makanan

Kemasan merupakan faktor penting dalam sebuah usaha pengolahan makanan karena fungsi dan kegunaan dari kemasan itu sendiri. Secara umum fungsi kemasan adalah sebagai bahan pelindung atau pengaman produk dari pengaruh-pengaruh luar yang dapat mempercepat terjadinya kerusakan pada makanan yang terdapat di dalamnya. Itulah fungsi utama kemasan pokok yaitu sebagai wadah dan pelindung sebuah produk agar mudah dibawa dan tidak cepat rusak. Dalam hal ini, dikenal tiga tingkatan kemasan, yaitu sebagai berikut.

  • Primary Packaging: kemasan yang langsung bersentuhan dengan produk, seperti plastik pembungkus, kaleng, botol, dan bungkus permen.
  • Secondary Packaging: kemasan yang membungkus beberapa kemasan utama sehingga ukurannya lebih besar, seperti plastic wrap, kardus, dan kantong plastik.
  • Tertiary Packaging: kemasan untuk melindungi produk selama proses distribusi, misalnya kontainer.

Dalam perkembangannya, kemasan tidak hanya berfungsi sebagai pembungkus, tetapi juga memiliki banyak fungsi lain berikut ini akan di jabarkan fungsi utama kemasan dan fungsi lain dari kemasan.

  • Sebagai Tempat/Wadah

Sebagai wadah, perantara produk selama pendistribusian dari produsen ke konsumen.

  • Melindungi Produk

Fungsi utama kemasan adalah melindungi produk. Tanpanya, produk akan mudah rusak sehingga merugikan produsen maupun konsumen. Produsen rugi karena citranya menjadi buruk, konsumen rugi karena sudah mengeluarkan uang untuk membayar.

  • Memudahkan Pengiriman Dan Pendistribusian

Memudahkan pengiriman dan pendistribusian, dengan pengemasan yang baik suatu produk akan lebih mudah didistribusikan.

  • Memudahkan Penyimpanan

Memudahkan penyimpanan, Suatu produk yang telah dikemas dengan baik akan lebih mudah untuk di simpan.

  • Memudahkan Penghitungan

Memudahkan penghitungan, dengan pengemasan jumlah atau kuantitas produk lebih mudah di hitung.

  • Menambah Daya Tarik

Ketika akan membeli sebuah produk, hal pertama yang dilihat konsumen adalah kemasan. Karena itu, desainnya harus memberikan kesan menarik, eksklusif, dan berkualitas kepada siapa pun yang melihatnya.

  • Sebagai Media Promosi

Kemasan harus mencantumkan berbagai informasi penting mengenai produk, seperti manfaat, kegunaan, nomor perizinan, dan tanggal kedaluwarsa. Informasi ini didesain semenarik mungkin sehingga konsumen tertarik membelinya.

  • Mengenalkan Identitas Produk

Setiap produk harus memiliki identitas yang membedakannya dari yang lain. Identitas tersebut bisa dibangun melalui kemasan. Kemasan yang khas dan unik akan melekat dalam benak konsumen sehingga selalu diingat sebagai identitas merek tertentu.

  • Mendukung Keputusan Berbelanja

Kemasan bisa memengaruhi calon konsumen untuk membeli sebuah produk. Kemasan dengan ciri estetika yang unik dan menarik, baik bentuk, warna, tipografi, maupun komposisinya pasti menarik perhatian calon pembeli.

Plastik Kemasan Kotak 2

Alasan Mengapa Kemasan Menjadi Sangat Penting.

  • Sebagai Pelindung Isi Produk

Kemasan tentunya dalah produk terluar, fungsi fisiknya adalah untuk melindungi produk dari kerusakan atau kontaminasi dari mikroorganisme, udara, kelembapan serta racun lainnya. Selain itu kemasan melindungi produk dari tekanan benda luar misalnya ketika jatuh.

  • Sebagai Penampung dari beragam produk

Hal ini biasanya  digunakan untuk kemasan makanan, baik buah atau sayur. Dengan menggunakan metode ini, berbagai sayuran atau buah-buahan jadi mungkin untuk menjadi satu kemasan.

  • Sebagai Identifikasi Produk

Kemasan adalah cara utama produk yang diiklankan dan identifikasi. Kemasan dengan logo tertentu atau dengan warna tertentu biasanya menjadi sangat mudah untuk diidentifikasi konsumen.

  • Sebagai Perlindungan dan mudahan selama Transportasi

Selain melindungi, kemasan juga bisa sangat memudahkan selama transportasi. Kemasan besar berupa dus-dus besar sangat membatu dalam proses selama transportasi. Selain itu kemasan juga membuat tidak “makan tempat” karena bisa ditata seefisien mungkin.

  • Memudahkan Penataan dan Penumpukan

Dibeberapa supermarket dan toko-toko, pengepackan stock menjadi sangat diperhatikan. Jika Fighters memperhatikan supermarket, bagaimana mereka memanage tempat dengan baik, sangat mengefisienkan tempat.

  • Sebagai Pemberi Informasi

Kemasan Produk yang baik tidak hanya tahan secara fisik, tapi juga harus memenuhi fungsinya untuk memberikan informasi yang benar kepada konsumen. Pada kemasan terdapat sisipan informasi berguna, seperti nama perusahaan, alamat, kontak. Termasuk didalamnya terdapat bahan, tanggal pembuatan, harga, barcode, dan banyak lagi.

Barcode adalah informasi yang sangat berguna untuk toko. Ketika barcode dipindai, sistem komputer secara otomatis menentukan apakah produk membutuhkan penataan kembali. Selain itu, harga produk menjadi muncul di kasir.

  • Sebagai Sarana Promosi

Fungsi kemasan terakhir dan terpenting yaitu sebagai sarana promosi, kemasan Produk yang bagus, wajib memenuhi fungsinya sebagai media promosi dan strategi penjualan. Itulah sebabnya produsen seolah berlomba membuat kemasan produk yang unik dan menarik serta bisa melakukan presentasi dengan sendirinya. Hal itu ditujukan agar dapat memberikan kesan pertama yang menarik dan membujuk konsumennya agar berniat dan kemudian membelinya.

Pengemasan adalah suatu proses pembungkusan, pewadahan atau pengepakan suatu produk dengan menggunakan bahan tertentu sehingga produk yang ada di dalamnya bisa tertampung dan terlindungi. Sedangkan kemasan produk adalah bagian pembungkus dari suatu produk yang ada di dalamnya. Pengemasan ini merupakan salah satu cara untuk mengawetkan atau memperpanjang umur dari produk-produk pangan atau makanan yang terdapat didalamnya.

plastik kemasan kotak 3

Demikian pembahasannya tentang plastik kemasan kotak yang digunakan untuk produk makanan dan juga produk lainya selain makanan. Seperti barang elektronik, souvenir dan masih banyak lagi produk lainya. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda.

Chat via WhatsApp