Pie Susu 

Bagi Anda warga Bali pasti tidak asing dengan Pie Susu. Pie adalah jajanan khas dari Bali. Bagi kalian yang berkunjung ke Bali pasti tidak akan lupa membeli kue pie sebagai oleh-oleh. Kue ini identik memiliki rasa manis dan gurih dengan bentuk yang unik. Bentuknya menyerupai mangkuk dengan pinggiran gerigi.

pie susu

Namun, saat ini tidak hanya ada di Bali. Saking menariknya rasa kue pie, banyak orang yang mencari resep pie susu ini. Meskipun memiliki asal dari Bali, pie susu sendiri merupakan gabungan dari Hongkong dan Portugis. Kulit luar pie susu bali dibuat menyerupai shortcrust pastry sama halnya dengan asal Portugis. Sedangkan isian yang berupa egg custard seperti Hongkong.

Melalui tampilan pie susu yang unik merupakan salah satu trik menarik perhatian pelanggan. Pelanggan tersebut juga memiliki usia beragam mulai anak-anak hingga dewasa. Nah, apalagi anak-anak. Anak-anak biasanya lebih memiliki rasa ketertarikan pada bentuk-bentuk makanan yang unik. Selain unik, Anda tidak akan menyesal saat mengonsumsinya. Rasanya yang manis dan gurih dijamin akan buat Anda ketagihan.

Pie susu memiliki bentuk seukuran mangkuk kecil. Biasanya dibungkus dengan kertas yang seukurannya kemudian dikemas lagi di dalam mika plastik ukuran kecil. Bagi Anda yang penasaran mencoba pie, dapat memanfaatkan berbagai kreasi resep pie dengan sentuhan rasa sesuai keinginan Anda.

Selain memanfaatkan rinsian resep, ada cara yang lebih mudah lagi. Saat ini jasa penjualan daring menyediakan berbagai jenis pie susu lezat yang bisa Anda nikmati. Anda bisa memesan via internet, kemudian membayarnya dengan transfer. Setelah itu, pie susu Anda akan dikirimkan dan langsung bisa dinikmati!!

Saat ini pie susu memiliki perkembangan banyak rasa, seperti cokelat, keju, strawberry, green tea, dan buah-buahan. Tidak jarang juga pie ini dikreasikan dengan tambahan topping seperti choco chip, irisan buah, dan lain-lain.

Nah, jika disajikan untuk Anak rasanya rasa yang paling cocok adalah buah-buahan. Biasanya topping buah yang digunakan adalah strawberry, kiwi, dan jeruk. Ketiga buah tersebut dipotong dipotong dengan ukuran kecil lalu diletakkan di atas pie susu. Sudah tidak sabar? Berikut resep pie susu buah-buahan.

Resep Pie Susu Buah-buahan

Bahan-bahan

  • 150gr margarin
  • 300gr tepung terigu
  • 70gr gula halus
  • 2 butir kuning telur
  • 1sdm susu bubuk

Bahan vla susu

  • 300ml susu cair
  • 1sdm margarin
  • 2sdm tepung terigu
  • 3sdm tepung maizena
  • 60gr gula pasir
  • 2 butir kuning telur
  • ¼ sdt garam

Bahan buah

  • Strawberry
  • Kiwi
  • Jeruk ukuran kecil (kalengan)

Cara membuat pie susu buah-buahan

  1. Kocok margarin dengan gula halus menggunakan mixer roti hingga tekstur lembut dan mengembang.
  2. Tambahkan kuning telur, lalu kocok kembali hingga seluruhnya tercampur rata.
  3. Masukkan tepung terigu dan susunya sedikit demi sedikit hingga membentuk adonan yang kalis.
  4. Bentuk adonan di dalam cetakkan pie susu. Kemudian tusuk-tusuk menggunakan garpu.
  5. Panggang menggunakan oven dengan suhu 180 derajat kurang lebih selama 20 menit.
  6. Untuk membuat vla campurkan susu, tepung terigu, dan tepung maizena. Masak menggunakan api kecil sambil diauk-aduk.
  7. Masukkan kuning telur dan juga gula, kemudian aduk rata. Biarkan hingga vla mendidih.
  8. Setelah mendidih tambahkan gula dan margarin sambil terus diaduk-aduk. Kemudian matikan api kompor dan biarkan hingga dingin.
  9. Masukkan vla ke plastik segitiga. Lalu perlahan semprotkan ke mangkuk pie.
  10. Tambahkan irisan buah-buahan di atasnya.

Selain diadaptasi dari Hongkong dan Portugis, Amerika juga memiliki ciri khas atas kue pie lho. Di Amerika kue pie menjadi bahan membungkus daging. Pie membuat daging serta bahan-bahan makanan yang dibungkus tidak basi. Karena digunakan sebagai pembungkus bahan makanan daging, kue pie asal Amerika ini memiliki rasa asin. Ets, tapi juga ada kok yang manis.

2 Jenis Kue Pie Versi Amerika

  • Pie Asin

Pie ini tidak sepenuhnya memiliki rasa asin, tetapi juga mempertahankan rasa gurih. Kue pie asin ini memiiki dua jenis isian, yaitu sayur dan daging. Sayuran yang digunakan mencakup wortel, jagung, jamur kacang polong, dan kentang. Sementara daging yang digunakan adalah ayam dan sapi. Mau menggabungkan sayur dan daging? Bisa juga kok, Anda bisa mengombinasikan sayuran dan daging cincang di dalamnya.

  • Pie Manis

Pasti sudah tertebak jika pie susu masuk dalam kategori ini. Pie manis ini memiliki berbagai macam jenis isian. Awalnya pie manis menggunakan bahan buah-buahan. Namun, seiiring berjalannya waktu pie manis mengalami perkembangan rasa, yaitu pie madu, pie cokelat, pie susu, dan pie-pie manis lainnya. Di Inggris sendiri berani mengkreasikan rasa pie dengan marshmellow. Sedangkan Jepang berkreasi dengan green tea. Anda pecinta kopi? Kue pie kopi juga bisa Anda temukan di Bali saat berlancong.

Munculnya berbagai resep kue pie dengan rasa baru mulai melupakan rasa asli dari pie bali.  Pie susu bali memang memiliki tampilan yang standar dari jenis kue pie masa kini lainnya. Meskipun memiliki tampilan yang sederhana, rasa pie bali tetaplah juara. Resep pie susu bali sendiri lebih mudah karena tidak menggunakan tambahan topping. Apa pun jenis pie susunya pasti tidak menghilangkan ciri khas manisnya.

 

 

(Zakiah)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

4 + 19 =