WeCreativez WhatsApp Support
CS Wiratech
Hi, ada yang bisa kami bantu ?

Mie : Ini Dia Makanan Hits Banget Yang Gak Ada Matinya

Kreasi Populer Hidangan Mie

Mie merupakan salah satu makanan instan yang tidak hanya disukai warga Indonesia, tapi hampir seluruh penduduk di dunia. Mie memieliki ciri khas bentuk yang selalu meninggalkan kesan mudah diingat. Bentuknya memanjang dan keriting. Tidak hanya keriting, mie juga memieliki bentuk lurus atau sedikit melebar seperti kwetiaw atau spageti.

cara membuat cwie mie

Umumnya mie terbagi menjadi dua jenis, yaitu goreng dan berkuah. Meskipun demiekian, sebagai proses awal terlebih dahulu mie dimasak dengan cara direbus. Perbedaannya saat penyajian, jika mie kuah sekaligus dituangkan air rebusan. Sedangkan mie goreng dengan cara memiesahkannya dengan air yang sudah ditiriskan. Berikutnya miee goreng bisa disantap, atau kamu dapat menumiesnya kembali dengan berbagai bumbu tambahan.

Di Indonesia sendiri ada berbagai banyak produsen mie yang juga memieliki nilai ekspor tinggi. Bahkan salah satu produsen mie di Indonesia sempat menempati urutan mie terenak di seluruh dunia. Dapat kita ambil contoh, yaitu Indomie.

Awal Mula Indomie

Masyarakat Indonesia pertama kali mengenal mie instan pada 1969. Harganya yang terjangkau, mudah disajikan, dan tahan lama membuat Indomie berkembang pesat seiring diterimanya mie instan di Indonesia. Produk Indomie pertama kali dimulai dengan jenis Kuah Rasa Kaldu Ayam yang saat itu sesuai dengan selera lidah warga Indonesia.

Pada 1982, tidak disangka penjualan Indomie semakin meningkat saat diluncurkan varian baru dengan Kuah Rasa Kari Ayam. Pada 1983, berbagai produk Indomie semakin digemari oleh warga Indonesia dengan diluncurkannya varian Indomie Mie Goreng.

Namun seiring berjalannya waktu, banyak orang yang berinovasi dalam menyajikan mie Indomie dengan berbagai kreasinya. Meskipun dinilai aneh, beberapa inovasi tersebut sukses di pasaran lho. Banyak masyarakat Indonesia khsusunya warganet yang ingin mencoba berbagai inovasi miee berikut ini.

Berbagai Kreasi Kekinian Indomie

Berbicara mie, kreasi apa yang akan kamu buat? Umumnya olaha mie yang paling sering dibuat adalah omlette. Omlette sendiri dibuat dengan bahan utama mie dan telur yang digabungkan jadi satu. Nantinya omlette akan terlihat seperti martabak atau pizza ala rumahan. Omlette sangat lezat disantap denga cocolan saus. Namun, nyatanya tidak hanya omlette lho. Ada beberapa kreasi mie lainnya yang patut kamu coba.

  • Donat Mie

Donat merupakan salah satu jenis roti yang memieliki ciri khas bolong di tengah seperti cincin. Umumnya, donat identik dengan rasa manis. Donat disajikan dengan berbagai topping, seperti cokelat, kacang, gula halus, dan sebagainya. Namun, berbeda dengan donat yang satu ini. Donat ini terbuat dari mie yang digoreng.

donat mie

Awalnya donat mie dikenal lebih dulu di Australia. Beberapa bulan kemudian, Jakarta ikut meramaikan hadirnya donat mie. Melalui akun Instagram @xcoffee.id donat mie dijual dengan harga Rp10-Rp16ribu. Tidak perlu diolah lagi, setelah membuka bungkusnya kamu langsung bisa mengonsumsi.

  • Onigiri Mie

Onigiri merupakan nama dari Jepang yang berarti nasi kepal. Nasi dari onigiri ini sewaktu hangat dipadatkan, lalu dibentuk segitiga, bulat, atau seperti karung beras. Nah, Indonesia sendiri selalu punya kreativitas dan tidak mau ketinggalan dengan ide-ide yang unik. Salah satu provinsi di Indonesia, yaitu Medan merupakan pelopor dari onigiri mie dari indomie ini.

Onigiri mie dibalut menggunakan rumput laut. Di dalam onigiri terdapat satu buah cabai rawit dan potongan sosis kecil. Onigiri mie asal Medan ini menghasilkan rasa yang lebih crunchy dan menggiurkan. Nantinya onigiri mie akan dibungkung menggunakan plastik khusus. Mie yang dipilih merupakan mie goreng instan.

  • Sushi Mie

Masih dari Jepang, kali ini ada sajian sushi dengan bahan utama mie. Sushi terdiri dari nasi yang dibentuk bersama lauk berupa makanan laut, daging, sayuran mentah atau sudah dimasak. Nasi sushi mempunyai rasa masam yang lembut karena dibumbui campuran cuka beras, daram, dan gula.

Image result for sushi mie

Cara membuatnya pun hampir sama. Mie yang sudah diolah akan digulung bersamaan dengan sosis atau bahan lainnya. Gulung dan balut menggunakan nori.

Salah satu kedai di Indonesia yang menyediakan sushi mie adalah Warunk Exito. Dengan persiapan uang Rp20ribuan saja, kamu sudah bisa mendapatkan satu prosis sushi dengan 12 potong yang disajikan bersamaan shoyu. Di dalam sushi mie terdapat potongan sosis atau chicken stick. Semuanya terasa lengkap jika disantap dengan celupan shoyu.

  • Teriyaki Mie

Teriyaki juga merupakan makanan yang berasal dari Jepang. Teriyaki dimasak dengan cara dipanggang dan dilapisi dengan kecap dan sake/mierin/gula beraroma rasa. Di Indonesia bahan yang sering digunakan adalah daging sapi dan daging ayam. Umumnya teriyaki dinikmati bersamaan dengan nasi putih hangat.

Namun, oranng-orang kreatif di Indonesia selalu memieliki ide yang unik. Miesalnya, dengan menggantikan nasi dengan mie sebagai wadah dari teriyaki. Mie awalnya dimasak atau direbus seperti biasanya. Kemudian ditiriskan lalu digoreng sambil dibentuk mangkuk secara perlahan. Setelah terbentuk mangkuk, kamu bisa meletekkan daging serta saus teriyaki di atas mie tersebut. Hasilnya akan terasa lebih renyah dan asam manis.

  • Indomie Burger

Kalau menu makanan yang satu ini pasti sudah sering kamu dengar bukan? Kedua roti pada burget diganti dengan miee yang sudah dibentuk seperti roti. Tanpa menghilangkan rasa lezatnya, burger ini sukses diterima di lidah warga Indonesia. Meski terlihat eneh, rasanya tetap menarik lho. Kamu juga bisa mengombinasikan burger mie ini dengan sayuran dan daging seperti pada umumnya. Ditambah dengan keju mozzarella dan saus pun akan buat kamu semakin ketagihan.

Related image

Berdasarkan berbagai penjelasan di atas, tampaknya kali ini mie lebih sering dikombinasikan dengan berbagai makanan ala luar negeri. Buat kamu yang ingin memadupadankannya dengan makanan tradisional juga boleh. Siapa tahu justru idemu yang akan laku di pasaran. Jadi kamu ingin mengombinasika mie dengan makanan apa nih?

 

 

(Zakiah)