Mesin Vacuum Sealer Bandung Dan Penyesuaian Kemasan

Mesin Vacuum Sealer Bandung merupakan mesin yang biasa digunakan untuk menghampakan udara pada kemasan. Karena bila udara tidak dihampakan maka akan menyebabkan proses dioksidasi pada suatu produk yang ada didalamnya. Dengan menggunakan vacuum sealer perkembangan oksigen akan ditekan sedemikan rupa. Sehingga bakteri akan berkembang biak lebih lama dibandingkan dengan proses oksidasi alami.

Wirapax Mesin Vacuum Sealer HVC-260T

Dalam industri pengemasan suatu produk menggunakan mesin vacuum sealer bandung tak hanya uang berukuran besar saja. Namun juga ada vacuum sealer sinbo tipe DZ-280 yang berukuran kecil yang biasa di pergunakan untuk industri kecil. Juga untuk keperluan rumah tangga dalam mengemas bahan makanan dan jenis makanan lainya yang memerlukan pengemasan agar lebih awet.

Dalam industri kecil biasanya menggunakan vacuum sealer portable untuk industri rumahan juga keperluan rumah tangga. Untuk pembungkus bahan makanan agar awet dan dapat digunakan dalam jangka waktu tertentu. Penggunaan vacuum sealer memang biasa digunakan dalam industri makanan karena manfaatnya dalam mengemas makanan lebih baik dari mesin pengemas lainya. Biasaya plastik kemasan yang digunakan pun berbeda yaitu menggunakan plastik vacuum.

Mesin vacuum sealer Bandung biasa digunakan untuk mengemas makanan basah, kering dan makanan gorengan untuk mengemas produknya agar lebih awet, jika tidak dikemas dengan baik maka akan mudah melempem. Bila makanan gorengan seperti keripik melempem, maka para konsumen tidak lagi berminat untuk membelinya bahkan tak mau memakannya.

Supaya makanan seperti kripik tetap renyah, perlu dilakukan pengemasan yang baik. Pengemasan yang menarik serta mudah untuk mendistribusikannya, juga mudah dalam penyimpanannya. Maka anda harus memilih kemasan yang dapat melindungi makanan renyah dari benturan supaya tidak gampang hancur. Hal tersebut akan membuat produk makanan anda lebih awet, hingga ketangan konsumen dalam keadaan masih fresh tetap krispi dan renyah. Karena sudah di kemas dengan plastik kemasan yang berkualitas serta udara di dalamnya sudah di vakum dengan mesin vacuum sealer.

Jenis kemasan yang digunakan perlu disesuaikan dengan daya beli konsumen atau target pasar anda. Bila target pasar anda adalah kalangan menengah ke bawah maka pengemasan yang perlu anda lakukan seminimal mungkin. Karena karakter merket yang seperti ini sangat sensitif dengan harga, berbeda bila target market anda adalah kalangan menengah ke atas. Konsumen seperti ini tak lagi melihat harga selama masih wajar kenapa tidak. Mereka hanya mementingkan kualitas produk yang anda tawarkan, buat mereka kualitas lebih penting dari pada harga.

Perlu anda ketahui pengemasan berkualitas akan meningkatkan kualitas makanan yang anda produksi, makanan renyah jenis keripik dan makanan renyah lainya. Sangat cocok pengemasannya bila menggunakan plastik poripropilen, stoples plastik atau kaca, alumunium foil, dan masih banyak lagi kemasan lainnya. Hal terpenting kemasan tersebut tidak menembus udara dan tidak terkontaminasi oleh minyak yang dapat merubah rasa dan bentuk keripik. Jangan lupa gunakan silica gel dalam kemasan untuk menjaga kerenyahan makanan produksi anda.

Pengemasan Menggunakan Plastik Vakum Dengan Vacuum Sealer

Pengemasan menggunakan vacuum sealer biasanya jodohnya adalah plastik vakum, Perlu anda ketahui berikut ini ada beberapa jenis makanan yang bisa dikemas dengan plastik vakum:

Plastik Vakum Sealer OLD

Kerupuk

Kerupuk banyak jenisnya. Bisa kerupuk kulit dan ditambahkan berbagai varian rasa pedas. Dan juga keripik buah yang lagi nge-trend sekarang ini. Khususnya di daerah Surabaya dan Semarang. Daerah ini banyak menjual keripik buah, mungkin memang spesialisasinya.

Rendang

Jenis rendang yang bisa diolah dari jenis bahan makanan daging ayam dan jenis bahan daging sapi ini banyak peminatnya. Pembeli masih penasaran jika rendang yang diolah dan dibuat berasal dari daerah tempat aslinya.

Ayam Presto

Siapa yang menduga jenis makanan ini bisa dijual secara online dan banyak peminatnya. Karena sekarang ini orang mau instan dan rasanya juga enak. Sekarang orang tidak mau direpotkan lagi dengan masalah pembuatan yang rumit dan banyaknya bumbu yang sudah ada.

Pempek

Jenis makanan ini khas dengan daerah Palembang. Berbahan dasar ikan yang kemudian dicampur dengan tepung dan dimasukan beberapa bumbu di dalamnya. Yang membuat enak makan makanan ini adalah cukanya dengan rasa asam, pedas dan manis.

Otak Otak

Jenis makanan ini juga banyak dikemas dengan menggunakan plastik vakum. Dikarenakan memang jenis makanan ini banyak disukai orang banyak. Lagi-lagi, tergantung dari pasar Anda sendiri. Ketika Anda membidik market kelas atas. Tentunya kemasan yang harus Anda buat itu haruslah rapi, menarik dan bikin lapar mata aja dulu.

Baca artikel terkait: Mesin Vacuum Packaging Cara Penggunaan dan Manfaatnya

Keuntungan Menggunakan Mesin Vacuum Sealer Bandung Dalam Mengemas Produk:

  • Produk yang dikemas lebih awet. Menggunakan mesin tersebut produk dijamin lebih awet. Alasannya, karena udara di dalam kemasan lebih di-press keluar sehingga udara tidak memiliki ruang lagi di dalam kemasan. Seperti yang kita tahu terdapat berbagai produk yang memerlukan kemasan dengan metode vacuum agar cita rasa tidak rusak, salah satunya sosis. Dengan ketiadaan udara dalam kemasan, kerusakan akibat oksidasi dapat dihilangkan sehingga produk pun dapat bertahan lama.
  • Higienis dan terhindar dari kontaminasi atau kerusakan. Terdapat berbagai bateri pembusuk di lingkungan kita. Selain berperan untuk membusukkan hewan yang sudah mati atau sayuran yang layu, bakteri tersebut dapat merusak baik makanan matang maupun makanan yang belum diolah. Bakteri juga dapat masuk ke kemasan jika terjadi kebocoran. Untuk meminimalisir kejadian tersebut, kemasan yang hampa udaralah yang dapat mengatasinya. Dengan demikian produk akan terjaga tingkat kehigienisannya dan terhindar dari kontaminasi atau bakteri lainnya.
  • Produk fresh dan cita rasanya terjaga. Karena kosongnya udara di dalam kemasan produk lebih berkualitas dan terjaga kesegarannya. Produk seperti sosis atau olahan daging lainnya pun lebih segar jika menggunakan mesin vacuum sealer Bandung dibandingkan dengan non vacuum.
  • Bisa untuk mengemas berbagai produk. Selain produk olahan daging, mesin vacuum juga dapat digunakan untuk produk makanan lainnya, seperti keripik. Bahkan mesin ini juga dapat berperan untuk produk non makanan.
  • Pemasaran lebih luas. Produk yang dikemas menggunakan vacuumdapat dipastikan lebih tahan lama. Oleh karena itu, produk dapat disebarluaskan dengan jarak dan waktu yang jauh. Kemasan hampa udara ini tentu sangat memudahkan produsen dan distributor untuk meningkatkan penjualan produk.
  • Good Looking packaging. Langkah pertama dalam memilih konsumen biasanya dapat dilihat dari tampilan kemasan. Dengan kemasan yang menarik dan exclusive dapat meningkatkan kepercayaan konsumen dalam memanfaatkan produk. Sebaliknya, jika kemasan tidak memiliki nilai jual, konsumen tidak akan melirik sedikit pun.

Ciri Pengemasan Makanan Yang Baik Adalah Sebagai Berikut :

  • Tahan air dan penguapan.
  • Tidak mudah retak atau pecah dalam suhu dingin misalnya botol yang biasanya mudah pecah didalam freezer.
  • Kemasan untuk makanana haruslah kemasan yang tidak meninggalkan bau dan tidak berasa.
  • Mudah digunakan, dapat diberi label dan ditutup (sealing/vacuum)
  • Tidak memakan tempat dan murah.

banner Vacuum Sealer New

Demikian pembahasannya tentang mesin vacuum sealer Bandung dan kemasan yang cocok sesuai dengan target pasar. Serta plastik vakum yang cocok untuk beberapa jenis makanan, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda.