Mesin Sealer, Bikin Makanan Jadi Awet Dan Lebih Aman

Mesin Sealer

Mesin Sealer merupakan mesin yang digunakan untuk merekatkan kemasan agar tertutup rapat, sehingga produk terkemas dengan baik siap untuk dipasarkan. Mesin sealer sangat berperan penting dalam hal pengemasan. Seperti yang kita ketahui mesin ini ada beberapa jenis dengan tehnik atau metode pengemasan yang berbeda.

Kita tau bahwa dengan menggunakan mesin sealer ini maka kemasan dapat tertutup dengan rapat. Mesin sealer plastik ialah mesin pengemas suatu produk dengan cara melakukan pres pada dua sisi plastik sehingga dapat menjadi sealer yang merekat dengan kuat. Dengan menggunakan jauh lebih praktis dan cepat.

Sarana yang satu ini juga banyak dimanfaatkan oleh industri rumah tangga. Karena harganya di pasaran sendiri juga tergolong sangat murah untuk yang berukuran portable. Sementara untuk hasil kerja yang didapatkan sendiri juga sangat cepat dibandingkan dengan metode pengemasan yang tradisional. Itulah salah satu alasan banyak yang memanfaatkan mesin tersebut.

Manfaat Mesin Sealer

  • Mempermudah Pengemasan

Karena pengemasan membutuhkan kecepatan dalam pengemasan pastinya membutuhkan mesin pres plastik. Jika dibandingkan dengan cara manual yaitu setelah dikemas dengan plastik kemudian diikat dengan karet atau tali. Atau bisa juga direkatkan dengan api yang ditempelkan pada plastik. Cara tersebut memang menghasilkan kemasan yang tertutup namun tingkat kebocoran plastik besar.

  • Mengurangi Tingkat Kecelakaan

Cara manual yaitu pres plastik dengan merekatkan kedua bibir kemasan pada api yang menyala dengan hitungan detik. Sepertinya cukup berbahaya apalagi bagi pemula. Namun jika menggunakan mesin pres plastik,kemasan tinggal dipres pada mesin pres plastik maka kemasan langsung rekat.

  • Kemasan Makanan Lebih Rapi

Merekatkan kemasan dengan cara manual selain ditempelkan pada api, biasanya diikat dengan karet atau tali. Hasil yang didapat terntunya tak serapi jika menggunakan mesin pres plastik. Karena akan terlihat berantakan dengan banyaknya lilitan.

  • Mengurangi Kontaminasi

Karena kemasan dijamin rekat sehingga kemungkinan tingkat kontaminasi kecil. Bakteri, jamur hewan lainnya kemungkinan kecil masuk ke dalam kemasan. Jadi produk yang telah dikemas dengan mesin  lebih higienis.

  • Harga Jual Lebih Mahal

Karena lebih higienis dan rapi tentunya produk yang dikemas dengan mesin pres plastik lebih menarik Dibandingkan dengan produk yang dikemas dengan cara manual. Sehingga harganya pun ikut naik.

Mengenal Jenis Mesin Sealer

Berikut ada beberapa mesin sealer yang perlu anda kenali jenisnya simak berikut ini:

  • Hand Sealer

Ialah mesin sealer plastik yang digunakan buat merekatkan plastik menggunakan berukuran yang lebih mungil dibandingkan mesin perekat yang digunakan. Cara kerjanya dengan memanfaatkan pana syang dihasilkan sang listrik yang membuat plastik akhirnya melekat dan pula rapat udara dalam pada bagian pada plastik.

Bentuk hand sealer pula lebih mungil dibandingkan dengan mesin perekat biasa sebagai akibatnya praktis untuk dibawa kemana-mana. Hand sealer mampu digunakan buat mengemas produk makanan yang ukuran kecil mirip bumbu kuliner atau makanan ringan lainnya.

Bila dibandingkan dengan perekatan secara manual yang menggunaka lilin. Jika merekatkan menggunakan hand sealer terkesan lebih rapi dan  lebih rekat. Jika dengan lilin dikhawatirkan bungkus justru bolong karena terbakar.

Memakai hand sealer pun relatif praktis menggunakan menempelkan kemasan di alat. Jadi anda tidak perlu repot membaca buku manual. Selain itu keunggulan lainnya bisa merekatkan kembali kemasan yang sudah terbuka sehingga produk mampu disimpan kembali dan  tahan usang.

  • Vacuum Sealer

Ialah mesin yang berfungsi buat Mengganggu oksidasi produk makanan. Jadi mengemasnya menggunakan hampa udara. Kuliner yang dikemas dengan mesin ini mampu bertahan hingga ketika 20 hari.

  • Continous Sealer

Continous sealer merupakan salah  satu mesin sealer plastik yang secara otomatis mampu merekatkan kemasan plastik maupun almunium foil. Keunggulan dari mesin ini yaitu hasilnya lebih tertutup serta rekat sebagai akibatnya meminalisir produk asal kebusukan karena bisa mencegah masuknya mikroorganisme.

Selain itu kecepatan dalam penyegelan produk juga bisa diatur sinkron dengan kebutuhan. Selain itu mesin sealer ini pula mempunyai fitur pencetak expired date. Bahan mesin sendiri terbuat asal stainless steel sebagai akibatnya bertenaga, awet dan  tidak praktis berkarat. Di mesin ini jua ada sistem roda buat mempermudah pengemasan.

  • Cup Sealer

Mesin sealer yang dipergunakan buat menyegel minuman yang dikemas dalam gelas plastik. Contohnya yoghurt, juz, the, nata de coco. Alat ini terdapat yang otomatis terdapat jua yang manual. Para pedagang ketika ini lebih menentukan menggunakan cup sealer dibandingkan tutup cup. Sebab tutup cup tak jarang mengalami kebocoran ketika dijinjing oleh pembelinya.

  • Pedal Sealer (Foot Sealer)

Artinya mesin sealer plastik yang menggunakan pedal kaki dalam pengoperasiannya. Menggunakan begitu proses pengemasan akan lebih cepat dan mengurangi taraf kebocoran kemasan. Sebab energi pengepressan dilakukan sang kaki.

Maksimalkan Produk Makanan Dengan Mesin Sealer Plastik

  • Mesin Pengemas Plastik ini mempunyai peran yang sangat besar dalam industri pengemasan makanan di Indonesia.
  • Hampir seluruh pengusaha makanan kemasan sekala kecil dan menengah yang menginginkan kerapatan dan kecepatan dalam mengemas produk mereka.
  • Tentunya pelaku industri makanan akan memilih Alat Pengemas Makanan Terbaik sebagai alat utama penunjang bisnisnya.
  • Kualitas Mesin sealer Plastik sangat handal dan memberikan hasil maksimal dalam hal pengemasan dan daya jual. Bagi anda yang ingin usaha makanan kemasannya lebih baik, gunakanlah Mesin sealer Plastik.
  • Mesin sealer Plastik memiliki tingkatan segel yang sangat baik (sangat rapat).
  • Selain itu memiliki kecepatan operasi sealer yang cukup cepat dengan rate speed bisa mencapai 13 meter per menit panjang sealer.
  • Bila kebutuhan pengemasan plastik ukuran 30 cm maka anda dapat mengemas produk anda hingga 43 produk kemasan permenit.
  • Selain itu pada Mesin sealer Plastik otomatis memiliki sistem pencetakan kadaluarsa dengan sistem emboss.
  • Hal ini sangat menguntungkan bagi para pengusaha kerena para pengusaha seperti membeli 2 mesin dalam satu fungsi mesin sekaligus.

Pengemasan yang dilakukan oleh mesin sealer tentunya tidak terlepas dari kemasan plastik. Seperti yang kita ketahui ada banyak model jenis kemasan plastik sesuai dengan jenis, fungsi dan kebutuhannya. Tapi kali ini saya akan membahas tentang kemasan snack yang biasa digunakan untuk mengemas makanan ringan yang tentunya proses menutup kemasannya menggunakan mesin sealer sebagai alat bantunya.

Menganal Jenis Plastik Kemasan Makanan Ringan

Dalam industri makanan ringan atau snack kemasan menjadi salah satu hal terpenting untuk mengemas secara fungsional manfaatnya dan juga desain kemasan yang sesuai produknya akan memberi nilai tampah keunikan untuk menarik konsumen membeli produk makanan tersebut, berikut ada beberapa contoh kemasan yang biasa digunakan dalam industri makanan ringan:

  • Plastik Kemasan Stand Up Pouches

Plastik bungkus jenis stand up pouch artinya contoh bungkus terkini yg poly digunakan sang pelaku usaha ketimbang bungkus tradisional menggunakan plastik biasa, botol serta kaleng. Ketika ini, para pelaku usaha, baik perjuangan skala kecil menengah juga perusahaan akbar menggunakan merek dan  pabrik terkenal, ramai-ramai menggunakan kemasan stand up pouch.

  • Plastik Bungkus Hdpe (High Density Polyethylene)

Hdpe atau kepanjangan asal (high density polyethylene) artinya kemasan yg memiliki sifat bahan yang lebih kuat, keras, buram dan lebih tahan terhadap suhu tinggi. Bungkus yang biasa dikenal dengan kode 2 ini biasa dipakai buat botol susu yang berwarna putih susu, tupperware, galon air minum dan  lain-lain.

Hdpe artinya keliru satu bahan plastik yang safety buat dipergunakan sebab kemampuan buat mencegah reaksi kimia antara bungkus plastik berbahan hdpe menggunakan kuliner/minuman yang dikemasnya.

  • Plastik Kemasan Side Gusset Pouches

Bungkus gusset ini biasa pula diklaim menjadi bungkus bantal, karena bentuknya yang mirip bantal. Gusset pouch biasa digunakan untuk produk kopi, bentuk nya yg unik menghasilkan produk kopi yg dijual menjadi lebih menarik. Kemasan gusset ini tidak memakai zipper, sebagai akibatnya selesainya kemasan terbuka, maka harus ditutup menggunakan penjepit, umumnya disebut tintie, mampu pula memakai karet atau clip paper.

Kemasan gusset mampu juga digunakan buat bks snack atau jenis makanan kering lain nya. Buat produk selain kopi, maka valve tidak diperlukan. Valve digunakan sebagai katup udara, sehingga berfungsi buat mengeluarkan gas yg ada di pada bungkus, sebagai akibatnya kesegaran kopi permanen terjaga, tetapi udara asal luar tidak dapat masuk ke pada bungkus. Biasanya valve digunakan buat produk kopi.

  • Plastik Kemasan Flat Bottom Pouch

Plastik kemasan flat bottom pouch adalah keliru satu inovasi pouch packaging. Waktu ini yang baru memakai produk ini ialah dari negara india serta taiwan. Saja yang menghasilkan bungkus flat bottom pouch ini. Jpw packaging ialah distributor bungkus berasal india dengan kualitas terbaik dengan harga terjangkau.

Bungkus mode flat bottom pouch tersedia dalam aneka macam pilihan warna antara lain: black, silver, gold, white, paper kraft. Waktu ini bungkus lagi pada proses produksi massal di india, serta akan segera didistribusikan ke indonesia untuk dijual.

Model kemasan flat bottom pouch ini merupakan kombinasi berasal stand up pouch serta gusset pouch. Pandangan baru bentuk bungkus ini awalnya ada dari wangsit bagaimana agar kemasan berbentuk gusset ini bisa menggunakan zipper menjadi penutup. Karena kelemahan terbesar dari gusset pouch merupakan tidak adanya zipper, karena itulah terbentuk bungkus mode baru menggunakan nama flat bottom pouch.

Demikian pembahasannya tentang mesin sealer wirapax yang biasa digunakan dalam pengemasan yang terkait dengan kemasan plastik dalam proses pengemasannya. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda.

Chat via WhatsApp