Mesin Press Plastik Minuman Memiliki Jenis dan Tipe Berbeda

Mesin Press Plastik Minuman

Mesin press plastik minuman terdapat jenis dan tipe yang berbeda. Ada yang ukuran standart untuk pebisnis kecil dan ukuran besar yang digunakan pada pabrik minuman gelas. Mesin ini sangat berperan dalam membuat seal kemasan pada minuman yang dikemas dalam gelas plastik.

Mesin Press Plastik Minuman

Prinsip kerja mesin press plastik minuman menggunakan sistem pemanas. Mesin tersebut sangat biasa dipergunakan untuk usaha di bidang minuman ringan. Mesin press plastik minuman pengoperasiannya sangatlah mudah. Juga untuk pemula sekalipun mereka bisa mengoperasikannya, karena mesin tersebut sudah dirancang agar lebih user friendly.

Seperti yang kita ketahui bahwa penggunaan mesin press plastik minuman, membuat minuman kemasan jadi terlihat lebih rapih dan higienis. Serta saat minum pun tidak mudah tumpah karena hasil tutup segelnya yang sangat rapat.

Mesin press plastik minuman kini sudah mulai banyak bermunculan berbagai merk. Sehingga membuat bisnis minuman gelas ini jadi lebih menarik. Tak heran bila berbagai perusahaan makanan atau minuman bermunculan mempromosikan merk dagangannya melalui kemasan minuman demi meraih target pasar.

Kini sudah banyak produk minuman kemasan yang yang menggunakan mesin press plastik minuman. Adapun produk minuman yang sudah dilengkapi dengan cup sealer ini yaitu minuman buble, shake, bersoda, minuman teh, jus, kopi. Selain itu masih banyak lagi produk minuman yang menggunakan mesin press plastik minuman.

Pemakaian mesin press plastik minuman dinilai lebih praktis dan lebih berinovatif sehingga membuat bisnis minuman kemasan jadi semakin menarik. Alat tersebut menjadikan solusi pengemasan minuman gelas plastik yang lebih stylist, efektif, tidak tumpah bikin minuman ringan siap dikonsumsi.

 

Fitur Mesin Press Plastik Minuman

  • Bagian Pemanas Segel

Bagian penyegel elemen pemanas cup sealer dapat menghasilkan suhu panas hingga 250° Celcius. Tentunya jangan coba-coba Anda memegangnya ya. Bila Anda gunakan sesuai dengan prosedur, elemen pemanas cup sealer ini bisa bertahan hingga 100.000 kali penyegelan sebelum akhirnya Anda harus menggantinya dengan elemen pemanas yang baru bila memang dibutuhkan.

  • Tuning Pengatur Suhu

Anda harus memahami ketebalan plastik lid yang tersedia dipasaran yang bervariasi. Ada yang tebal, tetapi ada juga yang tipis dan gampang robek. Tetapi tenang, Anda tidak perlu khawatir. Semua sudah “dipersiapkan” oleh alat segel press gelas plastik. Melalui knob pengatur suhu, Anda tinggal “setel” suhu mana yang sesuai dengan ketebalan plastik lid yang Anda beli.

  • Ring Kecil Tambahan

Seperti yang saya katakan di atas, manual cup sealer bisa Anda gunakan untuk menyegel gelas besar dan kecil karena adanya tambahan ring kecil yang bisa Anda bongkar pasang setiap waktu. Untuk gelas yang kecil, ukurannya sebesar gelas air mineral kecil aqua dan semisalnya, sekitar 220 – 240 ml.

Cara kerja alat segel press gelas plastik adalah dengan membuat tutup kemasan cup Anda tersegel dengan cantik menggunakan plastik atau lid khusus. Mesin cup sealer membuat plastik atau lid melekat pada cup cukup kuat, sehingga tidak bisa Anda buka tutup. Dan plastik sealer atau lid sealer ini menggunakan jenis plastik yang kuat tapi cukup tipis sehingga bisa “ditembus” sedotan.

Mesin Press Plastik Minuman 2

Fitur Pada Mesin Besar Press Plastik Minuman

  • Feeding

Feeding berguna untuk menaruh gelas plastik pada conveyor. Gelas plastik akan otomatis masuk sendiri karena dorongan udara dari kompresor. Anda cukup meletakan deretan gelas ke dalam wadah feeding.

Perhatikan pula apa gelas yang tertumpuk melekat atau tidak. Gelas tumpuk yang terlalu melekat akan menyulitkan proses feeding.

Solusinya, anda bisa menarik gelas satu-satu sebelum dimasukan ke feeding untuk memastikan tidak ada gelas yang lengket bergandengan.

Pada mesin press plastik otomatis gelas terdapat selang yang terhubung dengan feeding. Selang tersebut memberikan tekanan udara untuk menurunkan cup (gelas) menuju konveyor.

Pada beberapa kasus ada kemungkinan, terjadi error pada mesin yang menyebabkan gelas tidak pas masuk ke lubang konveyor. Disini anda bisa mengecek selang penghubung yang terhubung pada cylinder atau valve.

Jika ada kerusakan, bisa ganti sparepart bagian yang rusak saja. Dan menariknya, spare part pneumatic mesin press plastik secara umum lebih murah dari pada tipe mekanik.

  • Filling

Tahap Filling adalah proses mengisi mengisi cairan ke dalam gelas. Seberapa banyak air yang dikeluarkan oleh piston menyesuaikan dengan kapasitas gelas.

Ini semua dikontrol oleh valve yang terdapat pada sisi atas bagian filling. Pada mesin pneumatic, seperti yang disebutkan, tetap bisa berjalan meski salah satu piston macet dan cairan tidak mau keluar.

  • Coding

Tahap coding adalah proses mencetak tanggal kadaluwarsa pada kemasan.

  • Adjusting & Sealing

Tahap ini adalah proses untuk menyesuaikan plastik penutup gelas agar pas pada kemasan serta merekatkan penutup gelas. Setelah proses ini selesai, gelas akan masuk proses cutting untuk memotong dan merapikan penutup gelas.

Cara mengoperasikan mesin press plastik gelas otomatis, pertama tekan tombol power. Kemudian putar tuas heating untuk menyalakan komponen pemanas pada sealing.

Atur temperatur control dan tank heating, setelah itu putar Photo sensor. Tombol ini terhubung dengan sensor yang terdapat di dekat bagian sealing, jadi anda harus memastikan roll film melewati bagian ini.

Photo sensor ini digunakan untuk menandai apakah roll film sudah terpasang sempurna. Juga mendeteksi kemungkinan tidak ada cup dibawahnya sehingga proses filling atau sealing tidak akan dilakukan.

Saat proses ini selesai, anda bisa mulai menyalakan mesin dengan memutar tombol Stop, Start dan Filling sekaligus. Sebagai tester awal anda dapat mengisi gelas berisi cairan secara manual ke dalam conveyor.

Kemudian anda tunggu semua proses berjalan. Cek juga keberadaan cairan pada hooper (tangki) jangan sampai kehabisan. Selesai memakai mesin, jangan langsung tekan Stop, namun putar dulu tombol Filling.

Keuntungan Menggunakan Mesin Press Plastik Minuman

  • Memudahkan Proses Pengemasan

Mesin press plastik minuman memudahkan proses penyegelan produk minuman gelas cup sehingga tidak tumpah, Dengan alat ini, proses pengemasan produk minuman bisa dilakukan dengan sangat mudah.

  • Melindungi Produk

Produk minunan sangat rentan terhadap kontaminasi udara, apalagi jika dipasarkan secara luas. oleh karena itu butuh pengemasan yang dapat melindunginya dari kondisi udara dan cuaca sehingga lebih awet. Pengemasan menggunakan mesin press plastik minuman akan menjamin minuman terlindungi dengan baik selama proses penyimpanan maupun pengiriman.

  • Menjaga Kualitas Produk Minuman

Mengemas minuman dengan mesin press plastik gelas cup membuat kemasan sangat rapat sehingga tidak ada udara yang masuk. Masuknya udara menyebabkan terjadinya oksidasi serta memberi akses pada bakteri dan jamur sehingga merusak minuman dan membuatnya tidak tahan lama.

  • Meningkatkan Efisiensi Produksi dan Pendistribusian

Untuk bisa memenuhi permintaan konsumen, dibutuhkan kecepatan dalam setiap tahap produksi, termasuk pengemasan. Penggunaan mesin press plastik minuman akan meningkatkan efisiensi proses produksi dan pendistribusian produk minuman. Karena sangat menghemat waktu dan tenaga.

  • Meminimalkan Risiko Tumpahnya Produk Minuman

Bila produk minuman hanya ditutup menggunakan penutup gelas cup saja tanpa disegel sealer, tentunya akan mudah tumpah dan tidak fleksible. Dengan bantuan mesin mesin press plastik minuman, tumpahnya produk minuman dapat dihindari. Karena gelas cup sudah tertutup segel oleh lid plastik gelas cup.

  • Produk Kemasan Gelas Cup Aman

Bila Menggunakan mesin press plastik minuman tentunya akan terlihat, aman, mudah dibuka namun tetap aman dan tidak mudah tumpah. Hal ini tentunya tidak bisa didapatkan dari pengemasan secara manual.

  • Meningkatkan Nilai Jual Minuman Gelas Cup

Nilai jual sebuah produk tidak hanya ditentukan dari harga produknya semata, tetapi juga dipengaruhi oleh tampilan, termasuk kemasannya. Produk minuman gelas cup yang dikemas secara rapih tentunya akan memiliki nilai jual yang lebih tinggi dari pada yang seadanya. Karena terkesan lebih higienis dan mudah dikonsumsi.

  • Harga Lebih Murah,

harga selembar lid plastik mesin press plastik gelas cup lebih murah ketimbang harga satu buah penutup cup mika. Walau anda harus membeli mesin press plastik gelas cup namun biaya pengemasan kedepannya terus menerus bisa anda tekan karena penggunaannya berkali-kali dan pemakaiannya tahunan oleh karena itu biaya pengeluaran dapat anda tekan.

  • Mengoptimalkan Promosi Produk,

pada lid plastik penutup gelas sealer tentunya anda bisa memasang logo brand merk produk minuman anda sementara pada penutup mika gelas cup anda tak bisa. Tutup kemasan plastik tersebut bisa anda jadikan identifikasi bisnis minuman anda selain untuk memasang logo brand minuman anda, dan sudah menjadi rahasia umum bahwa desain kemasan yang unik bisa menarik konsumen lebih banyak dan meningkatkan keuntungan tentunya dan juga sebagai media promo suatu produk agar dapat menjual dirinya sendiri.

  • Leluasa Tentunya

Penggunaan mesin press plastik minuman tak hanya pada satu objek bisnis minuman take away dengan booth yang keren saja namun anda juga bisa menjual minuman kemasan seperti bermacam sari buah, berbagai jus buah kemasan atau usaha minuman olahan segar lainya yang dapat anda jual secara eceran maupun grosiran. Pengamsan mesin press plastik minuman menjamin minuman anda tidak tumpah dan awet pastinya walau harus menempuh jarak perjalanan yang jauh.

Jadi jelas cara sealer cup memberikan banyak perubahan pada bisnis minuman yang kini banyak dijalani oleh pebisnis kecil dan UMKM. Kini sudah menjadi peralatan yang wajib anda miliki dalam menjalankan usaha minuman siap saji take away.

Pengemasan Selalu Memiliki Dua Tujuan Yaitu:

  • Sebagai Media atau Wadah dari Produk Anda, Tujuannya supaya konsumen Anda merasa nyaman dalam menikmati produk minuman Anda.
  • Sebagai Media Promosi, Dengan menyertakan logo dan merek dari usaha minuman segar Anda, konsumen akan selalu “diingatkan” secara terus menerus dengan merek Anda.

Mesin Press Plastik Minuman

Demikian pembahasannya tentang mesin press plastik minuman yang memiliki jenis dan tipe yang berbeda. Yaitu ukuran standart kecil yang biasa digunakan pebisnis minuman segar dan mesin besar yang digunakan pabrik minuman cup. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda.

Chat via WhatsApp