Mesin Penutup Botol Portable Fleksibel Digunakan Untuk UKM

Mesin Penutup Botol Portable

Mesin penutup botol portable (mesin capping) lebih flexible digunakan dalam proses penutupan botol. Kini mesin penutup botol sudah di buat portable sehingga saat proses menutup botol jadi mudah. Mesin tersebut dapat digunakan untuk berbagai botol dengan tutup bulat. Dengan kemudahan bentuknya yang portable memudahkan untuk berpindah pindah dari botol yang satu ke botol selanjutnya.

Alat Pres Tutup Botol Manual

Penggunaan mesin ini tidak menyebabkan tutup botol rusak. Saat tutup telah maksimum menutup, maka mesin akan otomatis berhenti. Mesin ini  sangat besar perannya karena menyangkut segel dan juga masa penghitungan jangka kadaluarsa. Karena penutupan yang benar adalah suatu kewajiban, ada pernyataan umum yang mengatakan “dont accept if seal broken” atau dalam pengertiannya jangan terima apabila segel atau tutup botol rusak. Ini adalah suatu indikasi bahwa tutup botol adalah suatu hal yang sangat penting.

Kemasan suatu produk memegang peranan penting dalam mempengaruhi keputusan dari calon konsumen. Kemasan yang terlihat rapuh, bisa menimbulkan keraguan akan tingkat higienitas dari produk. Dalam hal ini, tutup botol adalah bagian dari pengemasan yang dapat menjadi sumber kontaminasi atau penurunan kualitas produk. Demi menghindari risiko tersebut, sangat di sarankan menggunakan mesin penutup botol untuk bisnis Anda.

Keunggulan Mesin Penutup Botol Portable

  • Dibuat dari Bahan Bermutu

Tak hanya bagian body, tapi juga seluruh komponen dan suku cadang dibuat dari material yang tahan karat. Mesin telah lulus uji kelayakan atau quality control. Hal ini menjadi jaminan bahwa mesin awet dan tak lekas rusak. Bukan hanya itu. Materi yang digunakan pada mesin sangat mudah dibersihkan. Anda pun tidak perlu kesulitan dalam perawatan mesin ini.

  • Mudah Dioperasikan

Mesin penutup botol ini sangat mudah untuk digunakan. Sistem penyegelan yang dilakukan bersifat otomatis dan bisa dilakukan oleh siapa saja. Tim Anda pun dapat memperoleh pelatihan singkat terkait cara pengoperasian mesin dan langsung dapat melakukan pemasangan tutup botol dengan mesin ini.

  • Aman Digunakan

Alat ini sangat aman digunakan untuk semua orang. Demikian halnya dengan mesin penutup botol ini. Fitur penyegelan didesain sedemikian rupa, sehingga menjaga tangan Anda dari risiko cedera saat mengoperasikannya.

Lain halnya dengan alat penutup botol manual. Potensi terjadinya luka bisa terjadi, bila pemakai alat belum terlampau mahir dalam melakukan penyegelan botol. Tidak hanya itu, material mesin pun telah memenuhi standar food grade. Standar ini menunjukkan bahwa mesin aman digunakan untuk produk makanan maupun obat-obatan.

  • Pengoperasian yang Cepat

Ketimbang penyegelan secara manual yang terbilang lambat, proses pemasangan tutup botol dengan mesin ini sangat cepat. Anda bisa menyegel hingga 1200 kali secara sekaligus dalam waktu 1 jam saja.

capping machine DK-50

Kecepatan ini akan sangat mendukung proses produksi Anda. Tidak perlu menunggu lama. Anda pun menghemat waktu dan beban produksi yang bisa berlipat ganda jika menggunakan alat penutup botol manual.

  • Hasil Penyegelan yang Konsisten

Meskipun cepat, tetapi mesin penutup botol mampu mempertahankan konsistensi kerapatan tutup botol. Kemasan botol akan tersegel dengan sempurna. Anda juga tidak perlu mengkhawatirkan terdapat kebocoran tutup pada produk yang dihasilkan.

Hal ini jelas sangat berbeda bila Anda menggunakan tenaga penyegelan manual. Sangat lumrah bila tenaga manusia bisa merasa lelah saat dipacu untuk melakukan penyegelan botol secara nonstop. Kelelahan fisik tersebut akan mengakibatkan proses penyegelan berpotensi mempunyai tingkat kerapatan yang tidak konsisten. Bahkan, bisa saja terjadi kerusakan atau kesalahan saat pemasangan tutup botol. Tentu kondisi ini bukanlah sesuatu yang Anda inginkan.

  • Efisiensi Tenaga dan Biaya

Anda tak perlu menggunakan banyak tenaga manual untuk memasang tutup botol. Anda pun dapat mengalihkan tenaga yang semula mungkin dipakai untuk proses penyegelan botol ke bagian produksi lainnya. Efisiensi ini akan berpengaruh terhadap penurunan biaya operasional atau beban produksi. Imbasnya, profit Anda juga akan menjadi lebih besar.

  • Multiguna

Mesin penutup botol ini tak hanya dapat digunakan untuk tutup botol berbahan plastik. Mesin ini bisa dipakai untuk melakukan penyegelan pada beberapa jenis dan bahan tutup botol sekaligus. Ini berarti Anda memiliki satu mesin yang multifungsi.

Apalagi bila produk yang Anda miliki memiliki lebih dari satu jenis botol sebagai kemasannya. Jelas, keberadaan mesin penutup botol dari ini akan menjadi pendukung bisnis Anda yang bisa diandalkan.

Fungsi Mesin Penutup Botol

Mesin penutup botol digunakan untuk memasang tutup botol dengan tujuan penyegelan agar produk tidak masuk udara maupun kontaminasi di ruangan. Penggunaan penutup botol yang tersegel dengan rapat dan kuat akan mempertahankan kualitas produk hingga sampai di tangan konsumen. Bukan hanya itu, tutup botol yang terpasang dengan baik akan memastikan produk yang disimpan tidak rusak sebelum mencapai masa kedaluwarsa. Tidak sedikit pengusaha kecil dan menengah yang menangguk biaya kerugian dan kehilangan konsumen, karena sedikit lalai dalam hal pengemasan tutup produk.

Padahal, akibat dari tutup yang kendur sangatlah fatal. Produk bisa berubah warna, rasa, dan yang terburuk bisa meracuni konsumen yang kurang teliti. Perlu Anda ketahui, bukan cuma produk makanan dan minuman atau bumbu masakan yang bisa menggunakan tutup botol. Melainkan juga produk obat-obatan atau farmasi yang justru lebih rentan terhadap perubahan suhu dan kondisi lingkungan.

subcat banner capping machine

Baik usaha kecil atau pun menengah, keamanan konsumen untuk memperoleh produk dengan kemasan yang layak tidak boleh Anda abaikan. Itulah mengapa penggunaan mesin penutup botol bisa menjadi solusi sekaligus penjamin mutu dari produk yang Anda pasarkan. Sebelum membahas lebih lanjut mengenai mesin penutup botol, Anda juga harus mengetahui ragam jenis dari tutup botol yang bisa digunakan dalam pengemasan produk. Oleh karena itu, jangan beranjak dan simaklah ulasan dari kami berikut ini.

Demikian pembahasannya tentang mesin penutup botol portable dalam menutup botol dengan berbagai jenis tutup botol dan ukurannya. Mesin tersebut sangat berperan sekali dalam industri produk dalam botol, Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda.

Chat via WhatsApp