Mesin Label Manual Bikin Ongkos Produksi Jadi Lebih Mudah Dan Murah

Mesin Label Manual

Mesin Label Manual merupakan salah satu jenis mesin kemasan cetak otomatis yang mampu menghasilkan merek dagang berupa informasi produk dengan lebih cepat dan hasilnya sangat berkualitas. Produk yang paling banyak atau sering menggunakan label adalah produk yang dikemas dalam botol, baik botol plastik, kaca, maupun metal.

subcat banner labeling machine

Pemasangan atau perekatan label bisa terletak di atas, bawah, tengah, ataupun menutupi seluruh bodi dari botol atau pun media lain. Banyak sekali jenis film atau plastik yang bisa digunakan pada Mesin Label, mulai dari PE, PP, PVC, POF, dll.

Keunggulan Penggunaan Mesin Labeling

  • Efisien waktu dan tenaga. Baik dioperasikan secara manual maupun otomatis penggunaan mesin labeling ini lebih menghemat waktu dan tenaga. Biasanya industri rumahan mencetak label dengan alat printer biasa lalu menempelkan secara manual. Sedangkan untuk plastik kemasan, biasanya label dimasukkan hingga bersentuhan langsung dengan fisik produk.
  • Posisi lebih presisi. Dengan memanfaatkan mesin, pencetakan label dapat dilakukan lebih presisi atau tepat sesuai posisi yang diinginkan. Pencetakan label tidak miring dan hasilnya pun lebih berkualitas. Sedangkan jika dilakukan secara manual, yaitu menempel label satu per satu ke botol akan sedikit menyulitkan karena harus menyesuaikan posisi terlebih dahulu.
  • Dilengkapi dengan mesin coding. Keunggulan berikutnya adalah memiliki mesin coding. Namun, tidak semua mesin labeling memiliki kelengkapan ini. Untuk hasil yang lebih lengkap ada baiknya Anda menggunakan mesin labeling dengan fasilitas mesin coding. Dengan kedua mesin tersebut tampilan produk semakin menarik dan informasi tenggang waktu pemakaian pun tersampaikan.

Manfaat Mesin Label

Mesin Label banyak digunakan pada industri besar seperti industri minuman botol, makanan, obat-obatan, kosmetik, pestisida, dll. Namun tidak menutup kemungkinan Mesin Labelling digunakan pada industri menegah UKM, seperti pada industri makanan oleh oleh dengan wadah kaleng.

mesin label manual

Karena Mesin Tempel Sticker merupakan sebuah alat yang harus dimiliki oleh sebuah industri yang menggunakan label pada produknya. Dengan menggunakan Mesin Shrink Label, proses pelabelan produk anda akan semakin mudah, cepat, dan aman. Hasil penyegelan dan pelabelan menggunakan Mesin Tempel Sticker pun lebih kuat, rapi, artistik, dan berkualitas tentunya.

Cara Menggunakan Mesin Label

  • Persiapkan Botol atau media lain ( produk anda ) yang akan anda labeli.
  • Hidupkan Mesin Labelling Botol dengan menekan tombol ON.
  • Letakkan Botol ( Produk Anda ) diantara kedua roll.
  • Tarik Tuas Handle ke bawah untuk memulai proses pelabelan.
  • Botol ( Produk Anda ) akan terputar dan terlabeli.
  • Botol siap untuk di bungkus meggunakan kardus.

Tujuan Dari Kemasan Yang Diberi Label

  • Pertama, kemasan akan melindungi benda yang tertutup pada sebuah paket secara fisik dari getaran dan sengatan listrik. Kedua, kemasan dibuat untuk melindungi dari penghalang masuknya oksigen, uap air, debu dan beberapa elemen lain yang juga dibutuhkan oleh paket-paket tersebut. beberapa paket memang memiliki peredam oksigen untuk mengawetkan makanan yang dikemas. Oksigen juga dapat menjaga isi dalam kemasan tersebut untuk tetap bersih, segar, steril, dan aman. 
  • Pelabelan juga memiliki tujuan supaya paket dapat dilacak dengan menggunakan nomer seri. Pelabelan juga akan menentukan kadaluwarsa sebuah kemasan makanan, obat-obatan, dan beberapa bahan kimia lainnya yang berbentuk singkatan dan simbol-simbol.
  • Kemasan yang diberi lebel akan digunakan untuk memasarkan produk kepada pembeli. Desain grafis dan fisik sangat penting demi perkembangan makanan dan produk-produk lainnya. Rata-rata, kemasan didesain semenarik mungkin dan identik dengan brand serta identitas produk tersebut.
  • Keamanan sebuah kemasan juga sangat penting untuk mengurangi resiko pada saat pengiriman barang. Paket didesain dengan tingkat keamanan dan ketahanan dalam mencegah gangguang-gangguan pada saat pengiriman. Kemasan sebuah paket juga dibuat untuk mengurangi tindak pencurian dan penjualan kembali. Semua pencegahan tersebut dapat dilakukan dengan teknologi anti pmelasuan dan memiliki segel yang menggunakan kode keamanan.
  • Kemasan juga dibuat memiliki fitur kenyamanan pada saat paket akan didistribusikan, ditumpuk, digunakan, dikeluarkan, dan didaur ulang. Kontrol dosis juga memiliki jumlah memiliki fitur pengontrolan saat penggunaan kemasan tersebut. Dalam membuat kemasan seaman dan senyaman mungkin, produsen akan memiliki nomer seri khusus dan akan dikontrol pada pengecekan barang.
  • Semua hal yang dilakukan akan mencegah barang tidak mudah rusak, tahan lama, aman, dan terkendali pada saat kemasan atau paket dikirim ke beberapa titik untuk dipasarkan dan dijual. Dengan memiliki desain khusus, akan membuat paket atau kemasan memiliki ciri khas masing-masing.

Cara Perawatan Mesin Label Agar Tetap Prima

  • Bersihkan secara berkala. Untuk mempertahankan mesin agar tetap prima, Anda perlu melakukan perawatan secara berkala. Bersihkan mesin menggunakan kain atau kuas secara perlahan agar tidak merusak bagian vital di dalam mesin terutama bagian roll Lakukan pembersihan tersebut setiap selesai digunakan.
  • Disiplin dalam penggunaan. Meskipun disebut dengan istilah teknologi modern, penggunaan mesin juga harus dibatasi. Manfaatkanlah mesin dengan strategi 4&1, yaitu empat jam digunakan lalu satu jam diistirahatkan. Dengan disipilin melakukan hal tersebut mesin lebih terjaga keawetannya dan dapat dimanfaatkan dalam jangka waktu yang panjang.

Memanfaatkan mesin cetak labeling ini ada untungnya untuk kebutuhan bisnis Anda. Dengan begitu proses packaging produk pun jadi lebih cepat dan proses pendistribusian barang produksi pun bisa lebih menghemat waktu.

mesin label botol minuman
label botol

Demikian pembahasannya tentang mesin label manual, yang dapat memberikan ciri khas penandaan khusus pada produk anda dalam pendistribusian produk anda. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda.

Chat via WhatsApp