Mesin Giling Daging dan Tulang Terbaik Untuk Bisnis Dan Rumahan

4 Mesin Giling Daging dan Tulang terbaik

Mesin giling daging dan tulang adalah alat yang mampu menghaluskan potongan-potongan daging dan tulang menjadi ukuran lebih kecil. Mesin giling ini juga dikenal dengan sebutan meat grinder. Nah, kategori halus di sini bukan seperti adonan yang kalis ya guys, melainkan hanya menjadikan ukuran potong lebih kecil agar mempermudah proses pengolahan berikutnya.

Mesin giling daging dan tulang

Manfaat Hasil Mesin Giling Daging

Daging dan tulang memiliki tekstur dan ketebalan yang berbeda. Tidak jarang banyak orang yang kesulitan menemukan mesin giling yang dapat digunakan untuk daging sekaligus tulang. Nah, sebelum membahas mesin giling daging dan tulang lebih jauh, kita cari tahu dulu yuk untuk manfaat dari hasil mesin giling untuk daging.

  • Mempermudah proses adonan yang kalis

Misalnya untuk membuat adonan bakso atau sosis. Tidak jarang dibutuhkan daging ukuran kecil untuk diadon agar lebih cepat menyatu dan teraduk rata dengan bumbu atau bahan-bahan lainnya. Sedangkan jika ukuran daging lebih besar atau tanpa digiling pada saat tahapan pengadonan membutuhkan waktu lama untuk memberikan hasil kalis.

Potongan daging yang lebih besar juga menyulitkan pisau mesin pengadon beroperasi. Alasannya dibutuhkan kerja dua kali, yaitu menghancurkan daging lebih lama setelah itu baru mempermudah untuk campurkan dengan bahan-bahan lain.

  • Memiliki jumlah moulding atau ukuran giling yang beragam

Keistimewaan lainnya dalam menggunakan mesin giling daging dan tulang ini adalah tersedia dengan macam ukuran. Biasanya mesin yang Anda beli memiliki 1-3 ukuran cetak atau giling daging. Adanya moulding atau cetakan ini juga mempermudah Anda untuk menyesuaikan dengan kebutuhan adon atau bahan olah masakan lainnya.

  • Menjadi bahan olah masakan langsung

Biasanya hasil giling daging menjadi bahan pendukung untuk dicampur dan dihaluskan dengan bumbu lainnya. Namun, ternyata tidak jarang juga banyak orang yang mengolahnya langsung menjadi bahan masak atau menu lauk utama. Hasil gilingan daging yang kecil dan presisi biasanya diolah dengan cara tumis bumbu teriyaki. Atau Anda punya resep menarik lainnya dari hasil giling daging?

Manfaat Hasil Mesin Giling Tulang

Pada tulang ayam ada 2 bagian yang sering diketahui, yaitu tulang rawan atau ringan yang bisa dikonsumsi dan tulang keras yang sulit dicerna manusia. Namun, dengan memanfaatkan mesin giling daging dan tulang, akan membuat berbagai jenis tulang ayam bisa diolah menjadi lebih halus.

  • Sebagai bahan kaldu ayam

Penggunaan kaldu ayam pada beberapa jenis masakan memang tidak perlu diragukan lagi. Kaldu ayam dapat membuat masakan menjadi lebih lezat. Umumnya kaldu ayam diolah dari dagingnya. Namun, memanfaatkan tulang ayam juga bisa lho. Caranya dengan menghaluskan tulang terlebih dahulu dengan mesin giling setelah itu dkeringkan.

  • Sebagai makanan binatang

Pernah dong melihat kucing suka mengonsumsi tulang ayam? Namun sayangnya tidak semua bagian tulangnya dihabiskan. Hal itu besar kemungkinan karena tekstur tulangnya keras, sehingga sulit dicerna oleh kucing. Nah, di sini Anda bisa membuahkan bisnis menjual makanan kucin dengan menggiling tulang menjadi lebih halus agar mudah dikonsumsi kucing.

  • Pisau mesin giling tulang jamin kualitas hasil

Mengingkat tulang memiliki tekstur keras, Anda tidak bisa sembarang memilih mesin giling. Pastikan Anda cari tahu mesin giling daging dan tulang memiliki pisau cetak yang tajam. Dengan pisau giling yang tajam dapat memberikan hasil cetak yang berkualitas.

Rekomendasi Tipe Mesin

Mesin Giling Daging Manual 1

Mesin giling daging dan tulang lebih sering dimanfaatkan oleh restoran dan hotel. Mesin tersebut mampu mempermudah kinerja operator dapur dan tentu saja menghemat waktu. Untuk bisa memilih mesin giling daging dan tulang yang terbaik tentu tidak bisa sembarang. Mengapa demikian? Karena tidak semua mesin giling daging juga dapat menggiling tulang. Jika Anda salah pilih, khawatir pisau pada mesin mudah patah dan akhirnya mesin rusak.

Jika Anda ingin membeli mesin giling daging dan tulang yang bisa digunakan satu waktu, Wiratech memiliki rekomendasi meat grinder yang tepat. Anda bia menggunakan meat grinder dengan series H. Series tersebut satu-satunya yang saat ini mampu mengolah jenis daging, tulang, dan kacang-kacangan. Yuk cek berbagai tipenya.

Meat Grinder H Series

Tipe meat grinder yang satu ini memiliki keunggulan dari segi bodi materialnya, yaitu full stainless steel food grade. Wadah atau nampan penampung daging mesin ini juga lebih lebar, sehingga dapat menadah banyak daging sekaligus. Meat Grinder H Series juga memiliki sistem pengoperasian yang mudah. Mesin ini terdiri dari 4 tipe, yaitu 8H, 12H, 22H, dan 32H.

MEAT GRINDER MGD-8H

  • Meat Grinder MGD-8H

Tipe pertama ini adalah jenis mesin yang memiliki kapasitas paling kecil. Biasanya mesin ini banyak dimanfaatkan untuk para pemula atau beberapa kafe dan rumah makan. Meat Grinder MGD-8H memiliki daya listrik 250 watt dengan kapasitas pengoperasian 80kg per jamnya.

  • Meat Grinder MGD-12H

Berikutnya ada tipe MGD-12H. Tipe mesin ini mulai digunakan oleh para pengusaha yang bisnisnya mulai berkembang. Dengan daya listrik rendah, yaitu 550 watt membuat satu keunggulan dari mesin yang bisa menghasilkan gilingan daging 120kg per jam ini. Harganya pun terbilang masih cukup terjangkau lho.

  • Meat Grinder MGD-22H

Sudah masuk tipe ketiga pasti udah ketebak dong dari serial nomornya? Yap! Benar sekali mesin ini mampu menampung 220kg daging yang digiling dalam per jamnya. Bayangin setiap jamnya bisa menampung sebegitu banyak daging. Hebat banget kan? Mesin ini memiliki daya listrik 1100 watt dengan bobot mesin yang lumayan besar, yaitu 21.7kg.

  • Meat Grinder MGD-32H

Meat Grinder MGD-32H adalah tipe terakhir dari H series. Mesin ini yang memiliki kapasitas terbesar dari tipe lainnya. Mesin gilingan daging MGD-32H sangat direkomendasikan untuk hotel dan restoran berbintang atau yang memiliki intensitas sering atau padat dalam mengolah daging giling per harinya.

Itu dia pembahasan mengenai mesin giling daging dan tulang. Tulang yang digunakan dalam mesin ini dikhususkan untuk tulang ayam saja yah. Jika Anda membutuhkan mesin untuk memotong tulang sapi/kambing bisa menggunakan bone saw. Kalau belum yakin juga bisa konsultasikan dengan tim marketing Wiratech yaah.

(Zakiah)

Chat via WhatsApp