Perhatikan Sebelum Membeli Mesin Es Batu Kristal Bekas

Mesin Es Batu Kristal Bekas

Mesin es batu kristal bekas untuk sebagian pengusaha pemula dan akan ingin mengembangkan usahanya sangat dibutuhkan. Hal tersebut dilakukan karena budget yang terbatas atau ingin meminimalisir budget untuk awal permulaan.

Mesin Es Batu Kristal Bekas 1

Seperti yang kita ketahui bahwa mesin bekas adalah mesin yang sudah pernah dipakai dalam jangka waktu tertentu. Jadi apabila dikemudian hari terjadi kerusakan maka anda harus memakluminya dan menyediakan budget extra untuk perbaikan dikemudian hari. Mesin bila digunakan dalam jangka waktu tertentu pastinya komponen mesin tersebut akan ada yang aus atau butuh penggantian parts. Maka sebaiknya anda membeli mesin dengan brand (merk) terkenal agar memudahkan anda mencari parts-nya

Dalam membeli mesin es batu bekas sebaiknya anda mempertimbangkan beberapa hal. Perihal tersebut apakah mesin tersebut masih layak pakai, pastikan dari brand ternama, sesuaikan dengan kebutuhan anda dalam pembuatan es batu Kristal dan juga pertimbangkan harganya. Jadi apabila harga mesin bekas setara dengan mesin baru dari brand ternama maka sebaiknya anda mendingan beli mesin baru saja.

Tips Sebelum Membeli Mesin Es Batu Kristal Bekas

  • Masih layak pakai standart.
  • Pastikan membeli mesin es batu kristal dari brand ternama.
  • Sesuaikan dengan kebutuhan produksi anda.
  • Pertimbangkan harga mesin es batu kristal pastikan harganya 50% hingga 60% lebih murah dari mesin baru.
  • Membeli dari sumber yang terpercaya agar tidak salah beli mesin.
  • Membeli dari penjual mesin es batu kristal bekas yang profesional.
  • Sebelum membeli mesin es batu kristal bekas ada baiknya terlebih dahulu anda mencari informasi tentang standarisasi produk mesin gulali melalui internet.
  • Memilih agen penjual mesin es batu kristal bekas secara bijak, tentu hasil yang di dapat tidak mengecewakan.

Manfaat Mesin Es Batu Kristal

  • Manfaat dari mesin es batu kristal yang utama membuat es batu kristal dari air bening. Sehingga dapat membekukan air bening menjadi es batu berbentuk cube (kubus). Es batu bentuk kubus ini biasa disebut dengan es batu kristal.
  • Hasil es batu kristal cube sebagaimana namanya adalah berbentuk kubus (cube). Dengan bentuknya yang kubus sangat cocok untuk minuman bersoda dan minuman fresh sehat seperti jus, kopi, bubble agar lebih segar dan lebih awet.
  • Mesin es kristal ini menjadi populer dan sangat cocok untuk pengusaha kuliner. Juga karena bentuk es kristalnya yang unik, mudah dalam penyajian dan penyimpanan-nya. Es kristal jenis ini juga banyak disukai oleh konsumen dalam berbagai usaha minuman.

Mesin Es Batu Kristal Bekas 2

Tips Memulai Bisnis Es Batu Kristal

  • Tempat

Modal yang pertama wajib kita siapkan adalah modal tempat. Meskipun barang es batu ini tak terlalu besar, tetapi jika kita telah bermain di level “ton-ton-an” tentu harus memiliki tempat yang luasnya mencukupi. Bahkan di samping bangunan yang mencukupi, kita juga memerlukan tempat yang terjaga suhunya dan bersih. Tentu jika tempat kotor bisa memunculkan risiko kotornya es batu. Dan tentu kalau tempatnya mudah panas akan menjadikan es tak tahan lama.

Di bangunan itu kita akan melakukan proses pembuatan es batu dengan bantuan alat dan mesin yang kita telah miliki. Di samping itu, kita juga memerlukan tempat itu sebagai tempat penyimpanan sementara sampai es batu dikirimkan ke konsumen.

  • Alat Pembuat Es Batu

Untuk membuat es batu dengan kuantitas besar sudah pasti kita membutuhkan alat pembuat es batu atau freezer khusus.

Kita ambil contoh Ahmad di pembahasan sebelumnya. Beliau memakai 200 juta untuk memperoleh 3 unit mesin pembuat es dan instalasinya. Sedangkan tempat seluas 200m2 telah ia punyai sebelumnya. Mesin yang ia dapat dari Jepang itu bisa membuat 200 kg es kristal dalam durasi 4 jam.

  • Pengiriman

Kita juga harus mempersiapkan semua yang dibutuhkan untuk pengiriman, seperti misalnya kendaraan dan packing. Yang harus diperhatikan dari packaging tersebut adalah kapasitas untuk memelihara suhu dingin dan kehigienisannya. Sedangkan yang harus diperhatikan dari kendaraan adalah bahwa kendaraan itu harus dapat membawa dan menampung es sampai hitungan ton.

Potensi Bisnis Es Batu Kristal

Seperti yang kita ketahui bisnis minuman saat ini sedang bertumbuh dengan pesat. Banyak diantaranya bermunculan jenis-jenis baru yang di sukai masyarakat. Paling sering kita temui berupa booth-booth yang menjual aneka minuman seperti, cappucino cingcau, jus buah, es buble, hingga teh manis.

Usaha-usaha tersebut lah yang menjadi sasaran utama dari bisnis es batu kristal ini. Sangat jarang mereka menggunakan es berbentuk balokan, selain harus repot menghacurkan jadi kecil, tempat usaha mereka juga umumnya berada di tempat modern seperti mall atau pusat perbelanjaan, tentunya konsumen yang membelinya pun akan lebih slektif dalam memilih.

Selain itu, terdapat pula pasar yang lebih besar dari pedagang minuman di booth, yaitu cafe dan juga restoran, sudah menjadi keharusan bagi mereka untuk menyediakan menu minuman yang lebih eksklusif, sebabnya harga jual di tempat seperti ini juga umumnya lebih tinggi. Maka menggunakan es tube ini hukumnya wajib pada setiap minuman dingin yang mereka tawarkan.

Belum lagi para pengusaha tempat makanan yang berada di daerah-daerah, tentunya selain menjual makanan pada umumnya mereka juga menyediakan aneka menu minuman seperti es campur, es jeruk, aneka juice dan lain sebagainya. Selama ini jalur distribusi es batu kristal ini sangat jarang bisa menjagkau mereka, sementara kebanyakan hanya tersedia di kota-kota.

Dengan banyaknya pangsa pasar yang bisa di garap. Tentunya usaha ini masih membuka peluang bagi kita untuk ikut meraup keuntungan dari bisnis ini.

Mesin Es Batu Kristal Bekas

Demikian pembahasannya tentang mesin es batu kristal bekas yang perlu anda pertimbangkan sebelum membelinya agar anda tidak merugi setelah membelinya semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda.

Chat via WhatsApp