Keuntungan Menggunakan Mesin Cetak Bakso Skala Rumah Tangga

Mesin Cetak Bakso Skala Rumah Tangga

Mesin cetak bakso skala rumah tangga sampai saat ini bisa dibilang tidak ada, adanya alat pencetak bakso skala rumahan. Karena memang yang ada hanyalah alat pencetak bakso manual biasa yang digerakan dengan tangan. Dengan adanya alat pencetak bakso manual skala rumah tangga ini pekerjaan memasak ibu rumah tangga jadi lebih mudah. Hasilnya juga lebih cepat serta lebih higienis.

Banner Mesin Cetak Bakso

Bila anda ingin memiliki alat mesin pencetak bakso seperti pabrik bakso atau pedagang bakso. maka anda bisa membeli mesin pencetak bakso untuk bisnis skala besar. Tentunya hasil produksi  baksonya akan lebih banyak dan juga lebih higienis lagi.

Untuk skala rumah tangga anda cukup menggunakan alat pencetak bakso manual biasa yang bentuknya terbelah dua masing-masing setengah lingkaran. Bakso sederhananya makanan yang terbuat dari daging-dagingan halus, putih telur, serta tepung yang dicampur dengan bumbu. Dagingnya bisa daging sapi, ikan, udang kemudian dibentuk bulat seperti bola bekel.

Bakso di Indonesia kini banyak macamnya bisa terbuat dari daging sapi, ikan, udang, cumi dan masih banyak lagi. Tapi umumnya bakso kini terbuat dari daging sapi. Isian bakso kini tidak hanya diisi bulatan daging namun bisa diisi dengan bermacam isian. Seperti telur puyuh, telur ayam, cabai, sambal, sosis, hingga keju. Cara penyajian bakso kini juga beraneka macam. Ada yang menggunakan kuah seperti biasa, ada yang dibakar. Ada yang di makan dengan bumbu tabur serbuk cabai atau serbuk gurih, ada pula yang dipenyet dengan sambal.

Hasil kreatifitas dari bentuk dan ukuran bakso juga kini sangat bevariasi, jadi tak hanya bentuk bulat saja tapi juga beraneka bentuk. Ada yang bentuk gepeng, kotak, bentuk hati, kerucut, ketupat, hingga berbentuk barbel, dari hal tersebut bisa dibilang masyarakat Indonesia kreatif.

3 Keunggulan Alat Cetak Bakso Skala Rumah Tangga

  • Proses cetak bakso sesuai keinginan

Alat cetak yang setengah lingkaran memudahkan anda mencetak bakso cukup presisi bulatnya. Sedangkan ukurannya sudah diatur berdasarkan standart ukuran bakso.

  • Telah teruji

Alat cetak bakso ini sudah sangat teruji manfaatnya sehingga tak heran sudah banyak ibu rumah tangga yang menggunakannya. Dan bulatan baksonya cukup presisi.

  • Ready On Pakai

Segala kebutuhan proses mencetak bakso rumahan kini semakin mudah, alat cetak bakso rumahan ini siap pakai, proses pengoperasiannya juga sangat mudah dan sederhana.

5 Manfaat Alat Pencetak Bakso

  • Alat cetak bakso rumahan adalah alat cetak yang digunakan untuk mencetak adonan bakso menjadi bulat dan sama rata.
  • Alat cetak bakso ini sangat bermanfaat sekali membantu para ibu rumah tangga dalam membuat bakso jadi lebih mudah.
  • Dengan adanya alat cetak bakso, maka ibu rumah tangga bisa mencetak bakso sesuai ukuran standar.
  • Alat cetak bakso ini membuat proses pencetakan bakso jadi lebih efektif dari segi waktu, tenaga dan kuantitasnya.
  • Alat cetak bakso menghasilkan lebih banyak bakso dengan ukuran yang seragam sesuai ukuran cetakan.

Ketahui Tahap Pembuatan Bakso

  • Proses pembuatan bakso diawali dengan tahap menggiling potongan daging segar. Tahap ini bertujuan untuk “menghancurkan” serat daging, dengan begitu daging lebih halus. Siap dicampurkan dengan bahan pembuat bakso lainya, karena adonan bakso tentunya memerlukan bahan-bahan yang halus. Tahap ini akan lebih maksimal jika dilakukan dengan penggiling daging listrik.
  • Kemudian, daging giling tersebut akan dilanjutkan pada tahap proses dilanjutkan dengan tahap pembuatan adonan bakso. pada pembuatan adonan bakso tentunya bahan yang akan diaduk menggunakan mixer bakso adalah campuran tepung + daging giling + aneka bumbu dapur.
  • Setelah bahan yang diaduk sudah berubah menjadi adonan bakso yang homogen, hal ini sekaligus menjadi pertanda bahwa waktunya sudah tiba bagi cetakan bakso bulat untuk mengubah adonan menjadi bola-bola bakso yang dari segi waktu lebih cepat.

Alat Pencetak Bakso

Tips Membuat Bakso Sapi Yang Kenyal Dan Lezat

Berikut ini ada beberapa tips dalam membuat bakso yang kenyal agar bakso buatan anda disukai oleh para konsumen.

  • Gunakan Daging Sapi Segar dan Berkualitas Tinggi

Bahan utama dari pembuatan bakso daging sapi adalah daging sapi. Daging sapi yang digunakan untuk membuat bakso akan sangat menentukan hasil akhir dari bakso yang dibuat. Untuk menghasilkan bakso sapi yang kenyal dan lezat, gunakan daging sapi yang segar dan berkualitas tinggi. Jangan gunakan daging sapi yang sudah dibekukan dalam freezer sebelumnya. Daging beku seperti ini teksturnya tidak sama dengan daging segar dan akan mempengaruhi cita rasa dan tekstur bakso sapi yang dibuat nanti. Pilih daging segar dengan warna yang masih merah gelap dan bukan berwarna pucat seperti daging sapi beku.

  • Perhatikan Proses Penggilingan Daging

Daging sapi yang akan digunakan dalam cara pembuatan bakso daging sapi haruslah digiling terlebih dahulu. Ada baiknya, kamu perhatikan proses penggilingan daging. Pastikan daging sapi digiling dengan sangat halus, bahkan hingga serat daging terlihat terpisah. Daging sapi yang digiling dengan halus akan menghasilkan bakso dengan tekstur yang lebih lembut dan kenyal. Jangan sampai masih ada daging yang terlihat seperti bongkahan kerikil karena hal itu akan membuat tesktur bakso tidak sehalus yang diharapkan. Kecuali memang kalau kamu pengennya bikin bakso urat, tekstur baksonya justru harus sedikit kasar.

  • Campurkan Es Batu Saat Proses Penggilingan

Untuk mendapatkan hasil terbaik, jangan lupa campurkan sedikit es batu pada saat proses penggilingan daging. Apa fungsi es batu di sini? Es batu akan membantu menghambat naiknya suhu pada daging ketika daging digiling. Jika suhu dalam daging naik, gel alami akan terbentuk pada daging, padahal daging belum masuk ke tahap rebusan. Alhasil, tekstur bakso nantinya malah akan terlalu alot dan tidak kenyal.

  • Perhatikan Kualitas dan Perbandingan Tepung Tapioka

Kualitas dan banyak sedikitnya tepung tapioka yang dicampur dengan daging giling akan sangat mempengaruhi kualitas bakso daging sapi yang dibuat. Untuk menghasilkan bakso sapi yang enak dan kenyal, tambahkan tepung tapioka berkualitas tinggi dengan jumlah 20% dari jumlah daging. Misalkan kamu bikin bakso dengan 200 gram daging sapi. Maka, jumlah tepung tapioka yang harus kamu masukkan ke dalam adonan adalah 40 gram saja. Jangan lupa juga tambahkan bahan-bahan lainnya seperti garam, gula, merica, bawang putih, dan lain sebagainya sesaat sebelum adonan digiling.

  • Gunakan Bahan Pengenyal Alami

Jika tak diberi bahan pengenyal, memang agak susah untuk mendapatkan tekstur bakso yang kenyal dan lezat. Karenanya, di banyak resep membuat bakso sapi, terdapat tambahan bahan pengenyal. Ada banyak bahan pengenyal yang tersedia di pasaran. Untuk hasil bakso yang tak hanya kenyal tapi juga nikmat, gunakan bahan pengenyal yang alami seperti karagenan (ekstrak rumput laut) atau bubuk agar-agar tanpa rasa (plain).

3. Bapak Edi Wibowo - Cengkareng - Mesin Cetak Bakso MBM-300 - Meat Grinder MGD-12A - Meat Mixer MMX-R22 - 17 November 2020

Demikian pembahasannya tentang mesin cetak bakso skala rumah tangga yang sangat terjangkau. Sehingga memudahkan ibu rumah tangga dalam membuat bakso dengan alat yang praktis. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda.

Chat via WhatsApp