Cara Alami Membuat Es Cendol dengan Daun Suji

Membuat Es Cendol – Siapa yang tidak mengenali es cendol? Minuman tradisioanal yang segar ini berasal dari daerah Sunda. Saking menarik rasanya, es cendol kini dapat dinikmati di mana saja lho. Bahkan, di Jakarta pun mudah Anda temui. Es cendol merupakan campuran yang berbahan dasar tepung beras. Di Jawa Tengah es cendol disebut dengan istilah es dawet. Dinamakan cendol ini berasal dari bahasa Indonesia “jendol” saat bulir hijau es cendol melalui mulut kita.

membuat es cendol

Bulir hijau pada es cendol dapat dibuat dengan campuran tepung beras atau tepung tapioka dan diberi pewarna hijau. Dahulu proses pewarnaan hijau pada cendol menggunakan olahan alami daun pandan. Namun, seiring berjalannya waktu kini terdapat perwarna makanan buatan yang dapat Anda dapatkan di berbagai toko bahan-bahan kue.

Di Sunda sendiri, membuat es cendol dibuat dengan cara mengayak kukusan tepung yang sudah diwarnai. Nah, selain daun pandan, Anda juga bisa membuat cendol secara alami dengan memanfaatkan daun suji. Setelah diayak, maka dapat dihasilkan bentuk panjang, lonjong, dan runcing pada ujung-ujungnya.

Meminum es cendol juga ada manfaat tersendiri lho untuk kesehatan tubuh kita. Es cendol dapat berperan untuk membantu pencernaan kita. Bahkan seratnya dapat memudahkan usus halus untuk menyerap zat gizi. Es cendol juga dapat meningkatkan energi bagi tubuh. Minuman dingin ini juga memiliki kalsium yang bermanfaat bagi kesehatan tulang.

Nah, untuk kamu yang memiliki ketidakseimbangan dalam mengontrol tekanan darah, es cendol bisa menjadi solusi peredam masalahmu. Kandungan sedikit kalium pada es cendol dapat menyehatkan jantung Anda dan mengontrol tekanan darah agar tidak tinggi dan tidak rendah. Untuk Anda yang sedang menjalankan program diet, es cendol juga bisa menjadi andalanmu sebagai pengganti karbohidrat.

            Proses pembuatan es cendol pun tidak begitu sulit lho dan bisa Anda lakukan di rumah. Untuk membuat bulir cendol bahan-bahan yang perlu Anda siapkan seperti tepung tapioka, daun suji, kapur sirih, dan air matang. Lalu untuk kuah santannya, Anda perlu menyiapkan santan kental, garam, gula merah, tepung maizena, gula putih, air matang, dan es batu. Jika Anda ingin menambah variasi baru, bisa juga menggunakan nangka yang sudah dipotong dadu. Nangka juga dapat menambah aroma wangi pada es cendol buatan Anda lho. Let’s try!

Langkah-langkah yang dapat Anda coba mudah banget nih

Cara membuat bulir hijau cendol

  1. Menghancurkan daun suji di dalam blender dengan tambahan sedikit air
  2. Memanaskan daun suji yang sudah hancur di dalam kuali dengan tambahan air, tepung tapioka, dan tiga sendok makan kapur sirih
  3. Mengaduk adonan bulir cendol sampai sedikit mengental dan padat
  4. Menyaring adonan bulir dengan cetakan khusus cendol. Sebelumnya untuk mencetak bulir posisi cetakan di atas panci yang berisikan air agar bulir tidak lengket saat jatuh ke panci.
  5. Melakukan hal tersebut berulang kali sampai adonan bulir cendol habis

Cara membuat santan pada es cendol

  1. Menuangkan santan ketal ke dalam panci dengan menambahkan garam lalu dipanaskan
  2. Menuangkan santan yang sudah dipanaskan ke dalam mangkuk
  3. Memanaskan gula merah dengan campuran tepung maizena dan sedikit gula putih
  4. Menuangkan gula merah ke dalam mangkuk

Cara menggabungkan bulir cendol dan santan

  1. Menyiapkan es batu di dalam gelas
  2. Tuangkan tiga sampai empat sendok gula merah yang sudah didihkan
  3. Masukan tiga sampai empat sendok bulir cendol
  4. Campurkan nangka yang sudah dipotong dadu secukupnya
  5. Pindahkan santan yang sudah didihkan

Itu dia langkah-langkah untuk membuat cendol di rumah. Untuk Anda yang ingin cara instan Anda bisa menggunakan pewarna makanan buatan warna hijau yang dapat Anda beli di toko bahan kue terdekat. Kemudian, jika Anda sudah terbiasa menggunakan santan alami dengan proses pemerasan dari kelapanya langsung juga tidak menjadi masalah. Justru rasa yang disajikan semakin segar. Namun, tidak menutup kemungkinan jika Anda lebih memilih cara instan dengan membeli santan yang sudah tersedia yaah!

Berikutnya es batu, es batu pada minuman ini biasanya menggunakan cara khas, yaitu dengan diserut, Es batu serut biasanya dilakukan dengan cara manual. Jika Anda perhatikan saat membeli es cendol, serutan terletak di meja gerobak es cendol. Serutan tersebut terdiri dari dua pisau panjang yang tajam. Setelah itu, wadah gelas menampung di bawah untuk menunggu hasil serutan es batu.

Namun, demi memudahkan Anda es batu serut dapat diolah dengan mesin es serut atau ice crusher. Penggunaannya pun tidak terlalu sulit, Anda tinggal memasukkan es batu yang akan dihancurkan pada wadah mesin es serut. Kemudian Anda tekan tuas untuk menghancurkan es batu. Tidak perlu menghabiskan banyak tenaga, es serut dapat dinikmati dengan sajian minuman es cendol.

Es cendol juga bisa disajikan dengan es batu balok dengan ukuran kecil. Jadi segala halnya sesuai dengan selera Anda. Bagaimana? Penasaran untuk membuat es cendol secara langsung?

 

 

(Zakiah)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

18 + 13 =