Makanan Khas Semarang

Sudah tahu makanan khas semarang berikut ini? Cari tahu dulu yuk sebelum berkunjung ke ibu kota dari Jawa Tengah ini. Semarang terkenal dengan sajian lumpianya. Bahkan kelezatannya mampu menarik perhatian Jakarta dan sekitarnya untuk ikut menjual lumpia. Makanan khas dari Semarang ini memiliki dua varian, yaitu lumpia basah dan lumpia goreng.

Makanan khas semarang lumpia

Biasanya di Jakarta ditemui varian lumpia basah. Lumpia basah sendiri mudah ditemukan di berbagai kantin sekolah atau sebagai jajanan pinggir jalan. Lumpia basah ini dibuat lebih sederhana dari versi aslinya. Bahan isiannya hanya menggunakan rebung, tauge, dan telur. Sedangkan versi Semarang menggunakan irisan daging ayam dan udang.

Selain makanan, Semarang juga memiliki destinasi wisata dari berbagai peninggalan sejarah. Seperti Benteng Willem II, Brown Canyon, Candi Gedung Songo, dan lain-lain. Namun, tentu saja tanpa menikmati makanan khas Semarang  akan terasa kurang lengkap. Kunjungi destinasinya, coba makanan khasnya!

Bagi kamu yang ingin berkunjung ke Semarang, kami sediakan daftar makanan khas jawa tengah yang bisa kamu coba. Jangan khawatir berbagai makanan khas semarang berikut ini juga dilengkapi alamat kedainya.  Jadi, cuss kamu bisa langsung mengunjungi lokasi dan segera santap bersama kerabat terdekatmu.

Jenis Makanan Khas Semarang

  • Nasi Goreng Babat dan Babat Gongso

Gongso dalam bahasa Jawa memiliki arti ditumis dalam waktu yang agak lama. Gongso menggunakan babat atau jeroan. Nasi goreng dengan potongan babat dimasak lembut lalu dicampurkan dengan bumbu gurih yang meresap pada nasi. Jika kamu tertarik untuk mencoba sajian ini, bisa mengunjungi ke salah satu warung tertua di Semarang, yaitu Warung Pak Karmin.

Warung Pak Karmin berlokasi di Jalan Pemuda (dekat Jembatan Berok), Semarang (cabang Telaga Mas dan Jalan Gadjah Mada). Warung Pak Karmin berdiri sejak 1971. Babat Pak Karmin terkenal empuk dan gurih. Tidak salah jika sering diserbu pengunjung. Dengan mengeluarkan Rp20.000 kamu bisa mendapatkan satu porsi.

  • Soto dan Ayam Goreng Bangkong

Dinamakan bangkong karena dekat dengan lokasi kantor pos Bangkong. Soto ayam ini memiliki kuah kecokelatan yang khas disebut dengan soto bangkong. Soto Bangkong disajikan dengan lauk seperti perkedel, satai telur burung puyuh, tempe, dan satai kerang. Tidak lupa ditambahkan perasan jeruk nipis untuk menambah kesegeran dari kuah soto.

Salah satu warung makan yang bisa kamu kunjungi berada di Jalan Bridgen Katamso Nomor 1 (dekat Kantor Pos Bangkong). Harga mulai dari Rp13.000 belum termasuk lauk tambahan. Harga yang sesuai dan mampu untuk mengganjal perutmu. Sudah coba belum?

  • Nasi Ayam

Sekilas makanan khas semarang yang satu ini memang sudah sering terdengar. Apa menariknya dari nasi campur ayam? Ets, jangan salah pikir dulu. Nasi ini memilili kuah kuning dari opor yang dilengkapi dengan sayur labu manis, suwiran ayam kampung, telur, tahu, dan krecek berbumbu khas.

nasi ayam semarang

Kamu juga menambah lauk seperti satai telur, satai usus, dan bagian lain dari ayam, seperti; dada; paha; dan sayap. Bumbu santan dan rempahnya membuat nasi ayam ini menjadi gurih dan lezat. Rekomendasi rumah makan yang bisa kamu kunjungi adalah Nasi Ayam Bu Wido yang buka dari pukul 17.00-23.00 WIB setiap hari. Lokasinya di Jalan Melati Selatan, Brumbungan, Semarang. Dengan harga Rp10.000 kamu sudah mendapatkan satu porsi.

  • Mie Kopyok

Mie kopyok cocok banget untuk kamu yang menghindari konsumsi daging. Pasalnya mie kopyok tidak menggunakan olahan daging sama sekali. Mie ini terbuat dari kaldu rempah-rempah. Sedangkan isiannya berupa potongan lontong, irisan tahu pong, daun seledri, tauge, dan kerupuk gendar.

Makanan khas jawa tengah ini asli menggunakan olahan nabati saja. Jadi, untuk kamu yang vegetarian bisa mencoba sajian yang satu ini. Mie kopyok memiliki tekstur lembut dan kenyal. Kamu bisa mengunjungi Mie Kopyak Pak Dhuwur di Jalan Tanjung, Jalan Kyai Saleh, Jalan Perintis Kemerdekaan Banymanik, Semarang dengan harga mulai dari Rp10.000.

  • Burung Belibis

Sudah pernah coba unggas yang satu ini? Daging burung belibis memiliki daging yang lebih tebal dan sedikit kenyal. Rasa gurihnya semakin terasa jika ditambahkan dengan variasi bumbu yang bebas kamu pilih. Daging burung belibis dimasak menggunakan api kecil dalam waktu lama, sehingga terasa lebih empuk.

Di Warung Pak No kamu bisa menemukan berbagai macam olahan burung, salah satunya adalah burung belibis. Lokasinya berada di Jalan Sawojajar I Nomor 44 Semarang. Dengan harga mulai Rp25.000 kamu sudah puas untuk menikmati satu ekor burung belibis.

  • Mangut Welut

Mangut Welut adalah salah satu makanan khas Semarang yang memiliki cita rasa pedas. Mangut welut memiliki bahan utama belut yang merupakan hewan air tawar dengan kandungan protein tinggi. Mangut adalah ikan air tawar yang mungkin sering kita jumpai. Belut terkenal dengan rasanya yang gurih jika digoreng hingga kering.

mangut welut

Warung Makan Welut Bu Nasimah menghadirkan sajian ini sejak 1985 dan masih memiliki banyak penggemar sampai saat ini. Belutnya terasa lebih gurih jika dipadukan dengan kuat mangut yang segar dan pedas. Dijamin buat kamu ketagihan. Coba kunjungi langsung yuk di Jalan Kyai Saleh Nomor 10 Semarang. Tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam, dengan Rp10.000 kamu sudah mendapatkan satu porsinya.

  • Sate Buntel dan Pepes Olor

Satai buntel merupakan sajian daging kambing cacah dengan bumbu yang dibalut dengan gajih tipis lalu dibakar seperti satai. Sedangkan peper olor terbuat dari sumsum tulang belakang (olor) yang diolah seperti pepes. Jika dibayangkan tentu akan membuatmu mendecak. Tapi jangan hanya dibayangkan. Mending langsung coba yuk!

Kamu bisa kunjungi Sate dan Gule Kambing 29 di Jalan Letnan Jendral Suprapto Nomor 29, Purwodinatan, Semarang. Harga gule per porsi mulai dari Rp30.000, sedangkan satai mulai dari Rp50.000 per porsi.

  • Wedang Tahu

Wedang tahu terbuat dari campuran gula jawa, jahe, dan kembang tahu yang berasal dari sari kedelai. Wedang tahu ini memiliki rasa manis dan bersifat menghangatkan. Wedang tahu memiliki berbagai manfaat, seperti memperbaiki metabolisme, menurunkan tekanan darah tinggi, dan melancarkan ASI.

wedang tahu semarang

Wedang tahu juga dapat menurunkan kadar kolesterol lho. Yang bikin menarik lagi kamu tidak perlu mengeluarkan banyak uang. Dengan Rp6.000 kamu bisa menikmati sajian wedang tahu di Wedang Tahu Pak Pardi. Di mana lokasinya? Kamu bisa berkunjung ke depan Dwiss House Ngaliyan Semarang.

Sekarang kamu sudah tahu beberapa titik lokasi kedai makanan khas di Semarang. Sampai Semarang tidak perlu bingung lagi ya untuk mencari makanan pengganjal perut. Beberapa makanan khas Semarang di atas cocok disantap sebagai menu siang atau malam. Satu porsinya cukup untuk mengganjal perut. Dari berbagai makanan di atas, kamu tertartik mencoba yang mana dulu guys?

 

 

 

(Zakiah)