Kue Balok dan Kue Pukis, Mau Tau Apa Bedanya? Ini Dia

Kue Balok dan Kue Pukis

Kue balok merupakan salah satu jajanan khas Bandung yang saat ini masih cukup familiar. Jika diingat-ingat Bandung memang patut disemat dengan kota jajanan kekinian yang selalu sukses diterima oleh lidah penduduk Indonesia. Terutama warga Bandung itu sendiri.

Kue Balok Khas Bandung

Pada dasarnya kue ini memiliki bentuk sama dengan jenis jajanan lainnya. Mulai dari segi rasa, bentuk, atau penggunaan bahan dalam pembuatannya. Namun, sebelum membehas perbedaannya lebih lengkap kita bahas awal mula dari kue balok dulu yuk!

 

Dari Camilan Orang Belanda Jadi Jajanan Khas Bandung

Kue balok sesuai dengan namanya memiliki bentuk persegi panjang dan padat. Ternyata mulanya kue ini berasal dari Belanda, kemudian diadaptasi oleh warga Bandung. Kue ini di Belanda sering dihidangkan menjadi menu sarapan. Sampai sekarang pun banyak warga Bandung yang setuju memilih kue ini sebagai menu sarapan.

Tidak sampai di situ, setelah diadaptasi Bandung pun kue balok mulanya lebih sering disantap oleh para pedagang dan tukang becak. Menurut mereka untuk satu ukuran kue ini yang cukup padat mampu menggangjal perut, sehingga tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk sarapan.

Kue Balok atau Kue Robur?

Pada 1960-an kue balok hampir berganti nama menjadi kue robur. Pada masa itu Bandung memiliki bus kecil dari Jerman dengan merek Robur. Bus kecil tersebut memiliki bentuk unik yang disebut-sebut mirip dengan kue ini. Namun sayangnya, nama “balok” pada jenis kue ini sudah lebih lama diterima di kuping pelanggan, sehingga penggantian “robur” pun diurungkan.

Cara Masak dengan Teknik Tradisional

Adonan kue ini dituang ke atas cetakan. Berikutnya cetakan dipanaskan menggunakan api dari arang kayu. Teknik memanaskan berikut juga membuat aroma bakar yang khas. Itu juga yang menjadi ciri kue ini yang dikenali pembelinya.

Hadir dengan Wajah Kekinian

Agar diterima oleh kaum milenial saat ini, para pedagang kue ini ikut berinovasi dalam menghidangkan dagangannya. Tentu saja penggunaan topping dan aneka rasa menjadi pilihan utama dalam mempertahankan nama kue balok agar tetap populer. Mulanya kue ini tidak memiliki aneka rasa dan topping, tetapi saat ini kue khas bandung tersebut dengan rasa cokelat, red velvet, green tea, keju, dan oreo sudah banyak ditemukan di mana saja.

Jenis-jenis Penganan yang Mirip Kue Balok

Nah, sesuai pada pembahasan sebelumnya sekarang saatnya kita akan membahas berbagai jenis kue yang mirip dengan kue ini. Aneka kue berikut memiliki bentuk dan ukuran serupa tapi tak sama lho dengan kue balok. Jangan sampai tertukar yah. Yuk kita kupas satu per satu.

  • Kue Pancong

Dari segi bentuk sekilas kue pancong sama dengan kue balok. Namun, jika diamati dengan saksama ukuran kue pancong lebih kecil daripada kue tersebut. Selain itu, penggunaan bahan-bahannya pun berbeda. Kue pancong diolah menggunakan bahan seperti tepung beras, santan, dan kelapa parut. Kue pancong disajikan dengan taburan gula pasir yang bisa langsun dicocol.

  • Kue Rangi

Jika kue balok berasal dari Bandung, kue rangi merupakan jajanan khas dari Betawi. Kue rangi merupakan perpaduan antara kue pancong dan kue balok. Bentuknya seperti kue ini, yaitu setengah lingkaran sedangkan ukurannya seperti kue pancong.

Kue rangi dibuat dengan bahan dasar tepung kanji dan kelapa parut. Cara penyajiannya disiram dengan pasta gula merah yang biasanya terdapat irisan nangka, durian, atau nanas.

  • Kue Sagu Gula Ambon

Berikutnya kue yang mirip dengan kue yang sedang kita bahas adalah kue sagu gula ambon. Kue yang satu ini memiliki rasa yang hampir sama dengan kue rangi. Namun bedanya kue rangi menggunakan tepung kanji, sedangkan kue sagu gula menggunakan tepung sagu. Sedangkan bentuk dan ukuran dari kue sagu gula ambon mirip dengan kue balok.

  • Kue Pukis

Jenis kue yang terakhir ini adalah yang paling mirip dengan kue balok. Dari segi bentuk dan ukuran pun hampir sama. Tidak jarang orang yang sulit membedakan antara keduanya. Kue pukis juga memiliki topping di atasnya seperti keju atau meses cokelat. Namun, tentu saja ada perbedaannya. Meskipun bahan adonannya hampir sama, ada satu yang berbeda, yaitu santan. Kue pukis memiliki bahan utama pengolahannya dengan santan. Sedangkan kue pancong tidak mengandalkan santan.

Aneka Resep Kue Balok Kekinian

Untuk memulai membuat kue ini tentu akan lebih lengkap jika diawali dengan resep original hingga dengan macam rasa yang unik. Rasa original inilah yang pertama kali memperkenalkan kue tersebut ke hadapan muka warga Bandung. Yuk catat dan ikuti resepnya.

 

Cara Membuat Kue Balok Original

Sudah siap membuat kue ini versi original? Untuk membuat jajanan khas Bandung ini dibutuhkan waktu kurang lebih 45 menit. Yuk persiapkan bahan dan alatnya.

Bahan-bahan

  • 500gr tepung terigu
  • 1 bh susu saset
  • ½ kg gula pasir
  • 2 sdt soda kue
  • ½ kg telur
  • Margarin secukupnya
  • 2 sdt vanili bubuk

Langkah-langkah

  1. Siapkan satu buah wadah, lalu masukkan gula pasir dan telur satu per satu.
  2. Aduk menggunakan mixer, pastikan bahan tersebut merata hingga berbuih dan mengembang. Jika adonan sudah berwarna pucat mixer bisa Anda hentikan.
  3. Masukkan margarin ke adonan tersebut, lalu kocok kembali menggunakan mixer. Aduk hingga merata kembali.
  4. Tambahkan tepung secara perlahan. Aduk secara merata, jangan sampai menggumpal.
  5. Tuang sedikit air ke dalam adonan, tapi jangan sampai terlalu encer. Lalu aduk kembali hingga semuanya tercampur rata.
  6. Panaskan cetakan kue tersebut dan letakkan tutup di atasnya. Sebelumnya tutup alat cetak juga perlu dipanaskan.
  7. Tuang adonan ke dalam cetakan secara perlahan dan tidak terlalu penuh. Lalu tutup.
  8. Masak hingga adonan matang dan mengembang.

Kue Balok dan Kue Pukis 2

Cara Membuat Kue Balok Green Tea

Setelah mencoba membuat kue tersebut versi original, sekarang Anda bisa berkreasi dengan aneka rasa menarik. Misalnya seperti resep kue balok green tea berikut

Bahan-bahan

  • 150gr tepung terigu
  • 1 sdm susu bubuk
  • 1 sdm bubuk green tea
  • 2 btr telur
  • 3 sdm mentega
  • 3 sdm gula
  • 100 gr cokelat green tea
  • Secukupnya vanili
  • ½ sdt TBM
  • ½ sdt SP
  • 3 sdm minyak goreng
  • 5 sdm air matang

Langkah-langkah

  1. Panaskan mentega dan cokelat green tea hingga mencair. Lalu dinginkan.
  2. Kocok telur bersamaan dengan gula, SP, dan vanili hingga teraduk rata.
  3. Ayak semua bahan kering seperti tepung, susu, TBM, dan bubuk green tea.
  4. Tambahkan mentega dan cokelat green tea yang sudah dicairkan ke dalam adonan telur.
  5. Tambahkan minyak dan bahan kering yang sudah diayak tadi. Kemudian aduk-aduk hingga merata seluruhnya.
  6. Tambahkan air matang lalu aduk rata kembali.
  7. Panaskan cetakan terlebih dahulu, jangan lupa dioles mentega.
  8. Berikutnya tuang adonan kue balok ke dalam cetakan lalu tutup dan tunggu hingga 5 menit dengan api kecil.
  9. Jika bagian bawah sudah kering sudah bisa diangkat. Untuk tingkat kematangan bagian atas disesuaikan dengan keinginan.

 

Cara Membuat Kue Balok Cokelat

Membuat kue atau jenis penganan apa pun tentu tidak akan lengkap jika tidak memiliki rasa cokelat. Tenang, kami juga akan menghadirkan resep kue balok cokelat. Persiapkan bahan-bahannya yah.

Bahan-bahan

  • 4 btr telur
  • 75 gr gula pasir
  • ¼ sdt garam
  • 125 gr tepung terigu protein sedang
  • 20 gr cokelat bubuk
  • ½ sdt baking powder
  • 50 ml susu cair
  • 50 gr margarin yang dilelehkan
  • 50 gr cokelat masak pekat yang dipotong
  • 50 gr choco chip untuk taburan

Langkah-langkah

  1. Kocok telur, gula pasir, dan garam hingga mengembang.
  2. Tambahkan tepung terigu, baking powder, dan cokelat bubuk sambil diayak.
  3. Masukkan susu cair. Kocok seluruhnya perlahan hingga teraduk rata.
  4. Tuangkan margarin dan cokelat masak. Aduk rata kembali
  5. Panaskan dan oleh cetakan kue balok dengan margarin. Tuang adonan dan masak dengan api kecil.
  6. Biarkan ¾ matang. Tambahkan choco chip di atasnya. Lalu tutup cetakan dan biarkan hingga mematang.

Oke itu dia berbagai pembahasan menarik terkait kue ini. Ternyata memang seunik namanya ya guys. Jika kita rangkum keseluruhannya, kue ini memang memiliki bentuk yang hampir menyerupai balok. Kue ini mulanya menjadi menu sarapan orang Belanda. Lalu diangkat kembali menjadi jajanan khas Bandung.

Kue Balok Brownies Meler

Untuk menarik minat pelanggan, kue balok dihadirkan dengan berbagai topping dan aneka rasa. Uniknya lagi, ada beberapa jenis kue yang hampir mirip dengan kue balok. Nah, setelah dijelaskan di atas jangan sampai tertukar yah. Tertarik mencoba?

(Zakiah)

Chat via WhatsApp