Harga Oven Gas 

Para pebisnis bakery biasanya membutuhkan refrensi harga oven gas. Oven gas merupakan salah satu mesin yang dapat menunjang hasil maksimal dari roti atau kue. Oven gas memiliki fungsi untuk memanggang adonan roti dan kue. Tanpa oven gas kedua adonan tersebut tidak bisa dikonsumsi karena tidak melalui proses panggang.

Oven Roti Elektrik 1 Deck New

Oven sendiri memiliki berbagai tipe dan tampilan yang berbeda. Perbedaan tersebut juga yang menentukan harga oven gas dan jenis lainnya. Semakin bagus kualitas oven, terkadang harga oven gas semakin mahal. Meskipun mahal, biasanya harga tidak pernah membohongi hasil. Banyak dari mereka juga yang berani memilih oven dengan harga mahal demi memberikan hasil terbaik.

Namun, jangan khawatir untuk Anda yang belum mencukupi target. Sesuai dengan penjelasan di atas bahwa oven memiliki berbagai jenis yang juga menentukan harga. Anda bisa memilih oven sesuai dengan budget yang telah Anda siapkan. Apalagi bagi Anda yang baru memulai bisnis roti atau kue. Gunakanlan oven dengan ukuran kecil atau dengan kapasitas yang tidak terlalu besar.

Selain harga oven gas, ada mesin lainnya yang juga menopang hasil maksimal dari roti atau kue. Mesin-mesin tersebut adalah mixer roti, proofer roti, dan oven gas ini. Semuanya memiliki fungsi yang berbeda. Mixer tentu saja penggunaannya sebagai pengaduk adonan secara otomatis dan cepat.

Sedangkan proofer roti memiliki fungsi sebagai pengembang adonan roti. Sebenarnya tidak menggunakan mesin proofer roti ini masih bisa dimaafkan. Anda bisa menggantikannya dengan hanya menggunakan ragi instan. Namun, jika Anda tidak memahami penggunaan ragi akan berdampak buruk pada adonan roti. Salah satunya bau roti akan lebih dominan dengan ragi. untuk mengatasi hal tersebut mesin proofer roti bisa membantu Anda.

Nah, berikutnya oven gas. Setelah semua proses rangkaian pembuatan roti berjalan, tibalah saatnya memanfaatkan tenaga mesin oven gas. Adonan yang sudah kalis biasanya akan dibentuk atau dicetak kemudian dipanggang. Tujuan memanggang sendiri jelas saja agar dapat dikonsumsi. Kita tidak mungkin memakan roti mentah-mentah bukan? Untuk itu, penggunaan oven gas ini adalah salah satu hal yang krusial dalam bisnis bakery.

Selain oven gas, ada beberapa jenis mesin pemanggang lainnya yang pasti Anda pernah lihat, yaitu oven tangkring dan microwave. Tidak hanya roti atau kue, salah satu dari mesin pemanggang tersebut bisa memanggang ayam atau steak. Cari tahu perbedannya yuk!

2 Oven Simpel Pemanfaatan di Rumah

Oven Tangkring

Oven tangkring merupakan alat pemanggang yang sering digunakan zaman dulu. Alat tradisional ini memiliki bahan dasar dari alumunium atau besi. Tangkring diadaptasi dari bahasa Indonesia “nangkring” yang artinya berada di atas. Makna tersebut menggambarkan proses kerja oven ini yang perlu di panaskan di atas kompor atau bara api.

Oven tangkring juga memiliki model dengan cekung bagian atas yang berfungsi untuk melatakkan arang panas. Jika dilihat dari sisi harga, oven tangkring sangat terjangkau. Oven ini juga cocok digunakan untuk para pemula. Namun, karena masih memiliki metode konvensional, Anda harus memperkirakan sendiri waktu matang makanan yang dipanggang.

Oven Listrik

Oven listrik juga biasa disebut dengan istilah microwave. Oven listrik ini didesain dengan tampilan modern dan pemprosesan full listrik. Oven ini memang sering dipilih para ibu rumah tangga karena lebih praktis. Karena didesain dengan tampilan modern, oven listrik ini juga dilengkapi dengan pengaturan waktu dan suhu. Jika panggangan selesai, microwave akan otomatis berbunyi.

Selain itu pengaturan api atas dan bawah bisa diatur sesuai keinginan. Namun ingat, karena ini menggunakan tenaga listrik pilihlah microwave dengan daya listrik yang tidak merugikan Anda. Sesuaikan dengan kapasitas listrik di rumah Anda.  Oven listrik ini juga sering digunakan untuk memanggang ayam dan steak lho. Waah, sangat mutifungsi bukan?

Dua jenis oven di atas bisa Anda gunakan sebagai pemula. Perbedaan yang sangat spesifik hanya pada tampilan sisi modern dan tradisionalnya saja. Kedua jenis oven di atas juga sering dimanfaatkan oleh pemula bisnis. Biasanya orang yang baru mengawali bisnis akan menjajakan produknya dalam jumlah sedikit terlebih dahulu. Itu mengapa banyak yang menggunakan kedua oven di atas.

 Nah, bagi Anda yang sudah memiliki bisnis besar jangan ragu untuk memilih oven gas. Oven gas juga memiliki berbagai tipe kok. Harga oven gas akan disesuaikan dari spesifikasi masing-masing mesin. Sebelum membeli, ada baiknya Anda mencari tahu informasi produk terlebih dahulu. Sesuaikan dengan kebutuhan Anda dan jangan sampai salah pilih.

harga oven gas

Spesifikasi oven gas biasanya dilihat dari kapasitas tampung, jumlah rak, dan lain-lain. Setelah melihat spesifikasi pilihlah toko mesin yang dapat dipercaya dalam menjual mesin berkualitas dan harga terjangkau. Jangan lupa juga untuk menanyakan garansi untuk persiapan jika mesin mengalami masalah.

Salah satu toko mesin makanan yang bisa Anda kunjungi adalah Wiratech. Selain menjual mesin makanan, Wiratech juga menjual mesin minuman dan perlengkapan kemasan. Toko mesin ini menjual berbagai macam mesin roti, terutama oven gas. Yuk lihat daftar harga oven gas berikut!

Daftar Harga Oven Gas

TipeHarga
BOV-ARF20HRp10.000.000
BOV-ARF40HRp20.000.000
BOV-ARF60HRp30.000.000
HTR-20H BLACKRp9.500.000
HTR-40H BLACKRp19.000.000
HTR-60H BLACKRp27.000.000
BSR-20SRp11.000.000
Convection OVENRp23.000.000

            Sesuai dengan namanya, oven gas ini menggunakan gas elpiji sebagai bahan bakar utama dalam proses pembakaran. Oven gas ternyata juga menggunakan tenaga listrik. Tetapi, tenaga listrik difungsikan sebagai power control untuk proses otomatisasi oven. Daya listrik oven gas ini juga tidak terlalu mahal, sehingga Anda tidak perlu khawatir untuk membayar listrik mahal.

            Jika dibandingkan dengan oven listrik memang lebih cepat memproses pemanggannya daripada oven gas. Namun, daya watt oven listrik jauh lebih besar daripada oven gas. Bagi Anda yang sehari-hari rutin memanggang dalam jumlah banyak, ada baiknya memang menggunakan oven gas agar uang Anda lebih irit untuk membayar listrik. Apalagi mesin tersebut tersedia dengan berbagai jenis serta harga oven gas yang berbeda.

Keuntungan Oven Gas

          Masing-masing oven pasti memiliki keuntungan, tidak terkecuali dari oven gas ini. Apalagi oven gas memiliki pengaruh penting dalam dunia bakery. Ini dia keuntungan yang didapat dari menggunakan oven gas:

  1. Hemat pemakaian gas karena digunakan secara otomatis oleh valve
  2. Oven gas dilengkapi dengan timer, jadi Anda tidak perlu menunggu lama
  3. Oven gas memiliki thermocontrol yang akurat
  4. Oven gas memiliki api atas dan bawah yang dapat bermanfaat untuk roti agar matang menyeluruh
  5. Bagian dalam oven tidak terlalu panas karena dinding dilengkapi oleh lapisan (rockwool/glasswool)
  6. Oven gas memiliki IC control board yang memiliki alarm kegagalan api di ruang bakar. Jadi, Anda tidak perlu merasa takut oven akan meledak akibat gas
  7. Pipa pembakar oven roti berbahas stainless steel, sehingga tidak mudah keropos

Oven gas akan sering digunakan bagi para produsen roti atau kue. Penggunaan oven akan menghabiskan waktu berjam-jam. Meskipun mesin pemanggangan memiliki harga oven gas mahal dan kualitas bagus, ada baiknya tetap melakukan perawatan untuk selalu menjaga stamina mesin. Melakukan perawatan juga bertujuan agar penggunaan mesin lebih awet dan dapat dimanfaatkan dalam waktu lama.

Merawat mesin sejak pertama kali pembelian juga memiliki manfaat lain. Mesin yang sehat tentu tidak akan merepotkan Anda. Jika mesin rusak kemudian garansi habis, tentu Anda sedikit pusing untuk memperbaikinya. Jika Anda penasaran pasti akan memperbaiki mesin sendiri. Setelah itu, jika mesin belum mengalami perbaikan jalan salah satunya adalah memanggil teknisi dan akhirnya Anda harus mengeluarkan uang.

Tips Merawat Oven Gas

Hal-hal tersebut bisa teratasi jika Anda merawat dan selalu membersihkan oven gas setiap kali pembersihan. Lalu apa saja ya langkah-langkah untuk merawat mesin roti ini?

  1. Pastikan oven tidak terhubungan dengan listrik saat Anda membersihkannya. Ini akan membahayakan jika terkena air atau cairan lainnya.
  2. Gunakan sabun yang tidak terlalu tinggi bahan kimia. Oven gas digunakan untuk memanggang makanan. Hindari penggunaan sabun atau pembersih lainnya jika memiliki kandungan zat kimia tinggi. Meskipun sudah dilap bersih, biasanya aroma zat kimia masih tertinggal. Gunakanlah sabun cuci piring dengan aroma jeruk nipis atau lemon.
  3. Gunakan alumunium atau oven sheets. Keduanya merupakan lembaran antilengket yang dapat mempermudah Anda untuk membersihkan dasar oven.
  4. Hindari penggunaan benda tajam. Mencungkil kerak yang menempel pada oven usahakan tidak menggunakan alat yang tajam. Hal tersebut dapat menyebabkan oven tergores.

Itu dia teman-teman berbagai pembahasan menarik terkait oven gas. Anda bisa kok memilih mesin dengan harga oven gas sesuai budget yang Anda siapkan. Jangan takut untuk tidak mendapatkan mesin mahal berarti kualitasnya jelek. Tidak semua mesin seperti itu kok. Jika toko yang menjual terpercaya, mesin yang disediakan berapa pun harganya tentu memiliki kualitas masing-masing.

(Zakiah)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

13 + nine =