Harga Freezer 

Harga freezer memiliki pengaruh penting bagi para penjual frozen food. Freezer akan mempertahankan kesegaran dan keawetan dari makanan atau minuman yang dibekukan. Jika, Anda salah pilih dengan harga freezer yang murah akan memengaruhi kualitas produk yang dijual. Banyak orang yang membuka usaha dengan freezer ini.

freezer

Frozen food memiliki berbagai jenis ragamnya, seperti nugget, sosis, daging rolade, dan lain-lain. Tidak hanya makanan, para pedagang es lilin juga memanfaatkan freezer untuk membekukan minuman dingin ini. Untuk makanan, penggunaan freezer difungsikan untuk mempertahankan keawetan dan kesegarannya.

Selain freezer, pada umumnya frozen food memiliki tempat penyimpanan khusus, yaitu snack showcase. Namun, bagi pemula bisnis untuk menekan biaya pengeluaran, penggunaan freezer lah yang diprioritaskan. Snack showcase ini memang jarang ditemukan di berbagai Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Namun, jika Anda berpergian ke pasar swalayan pasti disuguhkan dengan berbagai jenis showcase.

Tidak jauh berbeda begitu pula dengan es lilin. Jenis minuman ini memang memiliki ciri khas dengan cara dibekukan. Es lilin memiliki ciri dengan berbagai warnanya yang menarik. Karena tekstur bekunya yang sudah menjadi ciri khas, menikmati es lilis tanpa beku bukan suatu yang mengasyikan.

Sebelumnya freezer digabungkan dengan lemari pendingin. Namun, lemari pendingin ini memiliki ukuran yang cukup memakan ruangan. Oleh karena itu, banyak pedagang yang mulai beralih mencari harga freezer untuk mendapatkan mesin pembeku tersebut dengan kualitas maksimal.

Daftar Harga Freezer Murah

Model Harga
RSA CF-100 Rp1.795.000
GEA AB-100 Rp1.960.000
AQUA AQF-160W Rp2.200.000
AQUA AQF-S6S Rp2.650.000
Modena MD-15 Rp2.699.000
GEA AB-210 Rp2.700.000
Modena MD-20A Rp2.804.000
Sharp FRV 300 Rp2.950.000
RSA CF-600 Rp5.278.000
RSA CF-750 Rp6.379.000
GEA AB-1200-T-X Rp9.168.000

            Adanya daftar harga freezer di atas tentu akan memudahkan Anda memilih. Anda tidak perlu lagi pusing membeli freezer dengan harga mahal dan memaksakan budget. Sesuaikanlah dengan budget Anda kemudian segera beli untuk membuka bisnis makanan atau minuman yang dibekukan.

Keunggulan Freezer

            Freezer memiliki dua jenis, yaitu deep freezer dan chest freezer. Deep freezer memiliki fungsi untuk membebukan makanan dan minuman dengan pintu yang dibuka dari depan. Begitu juga dengan chest freezer yang memiliki fungsi yang sama. Namun, chest freezer cara membuka pintunya dari atas. Chest freezer juga memiliki ukuran lebih lebar dan tidak meninggi.

            Berbicara tingkat suhu maksimal pendinginan freezer memegang peringkat pertama dari kulkas dan showcase. Freezer memiliki suhu maksimal pendinginan mencapai -28℃ pada chest freezer. Freezer memang memiliki fungsi utama untuk membukan air menjadi es batu. Itu mengapa banyak penjual es krim atau makanan beku yang lebih memilih mesin pembeku ini.

            Freezer memiliki bentuk dengan ukuran yang melebar. Luas freezer tersebut memudahkan untuk penyimpanan makanan atau minuman. Cara menatanya dengan menyusun secara horizontal. Dengan demikian cara penyusuan makanan atau minuman freezer masih bisa dikatakan unggul.

harga freezer

            Untuk permasalahan daya listrik akan lebih hemat jika memilih freezer yang terpisah dari kulkas. Daya listrik yang lebih hemat tersebut karena pada dasarnya freezer yang terpisah dari kulkas jarang dibuka. Sedangkan jika digabung dengan kulkas setiap pintu dibuka meskipun tidak memanfaatkan freezer listrik akan tetap terserap.

            Berikutnya, harga freezer. Anda hanya perlu menyiapkan kisaran uang mulai dari 1-6jt-an. Anda masih bisa memilih mesin pendingin ini dengan harga freezer di bawah 6jt. Tentunya spesifikasi mesin berbeda dengan setiap modelnya. Misalnya dari kapasitas, daya listrik, dan lain-lain.

Manfaat Unik dari Freezer

            Umumnya freezer bermanfaat untuk membekukan makanan atau minuman. Menggunakan mesin ini menjamin produk Anda akan tetap terjaga kesegarannya. Namun, di sisi lain mesin ini juga memiliki manfaat yang unik dan tak terduga. Uniknya lagi freezer tidak digunakan yang berkaitan dengan makanan dan minuman. Jadi apa saja ya manfaatnya?

  1. Menghilangkan bau

Jika dipikir bagaimana ya cara kerja freezer untuk menghilangkan bau? Padahal mesin pendingin ini bukan teknologi modern yang mampu menghilangkan bau. Oke saatnya kita coba. Saat bau bajumu memiliki aroma yang kurang enak letakkanlah di dalam plastik. Kemudian siam di dalam freezer selamalaman. Saat pagi menjelang bau menyengat pada sudah baju memudar.

  1. Membersihkan kerak dari alat dapur

Kerak yang muncul pada peralatan dapur biasanya dari bekas memasak atau kurangnya pembersihan setelah digunakan. Parahnya lagi terkadang kerak tersebut dapat menyebabkan munculnya karat. Nah, sebelum itu terjadi Anda bisa menghilangkan karat dengan memasukkan peralatan dapur ke freezer. Tunggu beberapa jam, kerak akan membeku dan menjadi mudah untuk diangkat.

  1. Membersihkan sisa permen karet yang menempel

Jika pakaian kita tidak sengaja terkena sisa permen karet akan sangat menyebalkan bukan? Teksturnya yang lengket akan membuat kita kesulitan untuk membersihkannya. Alhasil, pakaian tersebut masih menyisakan sedikit sisa permen karet dengan noda yang mengganggu.

Namun, Anda bisa memanfaatkan freezer sebagai solusinya. Masukkan baju Anda yang terkena sisa permen karet tadi ke freezer lalu biarkan selama beberapa jam. Setelah itu, Anda akan dengan mudahnya melepaskan permen karet dari baju yang menempel tadi.

  1. Membuat lilin lebih tahan lama

Lilin akan cepat menyusut setelah api dinyalakan. Untuk membuat lilin lebih tahan lama masukkanlah ke freezer selama beberapa jam. Setelah dimasukkan ke freezer lilin dapat digunakan sekitar 1 jam setelah api dinyalakan.

  1. Memperbaiki lipstik yang patah

Bagi wanita yang akrab dengan make up akan sangat kesal rasanya jika lipstik kesayangan patah. Hal tersebut akan membuat mood rusak dan akhirnya lipstick dibuang. Waah, padahal ukuran lisptik masih lumayan panjang dan cukup digunakan untuk waktu yang lama. Nah, untuk mengembalikan patahan lipstik tersebut masukkanlah ke freezer. Sama seperti sebelumnya, diamkan lipstik beberapa lama di dalam freezer. Kemudian Anda bisa menggunakan lipstik kesayangan kembali.

Jual Es Lilin Manfaatkan Freezer

            “Es lilin” apa yang terlintas jika Anda mendengar kata itu? Mungkin tidak semua orang yang mengetahui jenis es ini. Namun, es lilin sempat merajai salah satu minuman dingin favorit dari semua kalangan usia. Nama es lilin sempat booming pada 1980-an. Namun masih bertahan hingga 2000-an meski tidak sebanyak masanya.

es lilin

            Es lilin ini berasal dari Jawa Barat. Sudah pernah dengar juga bukan lagu asli daerah Jawa Barat yang berjudul es lilin? Zaman dulu es lilin hanya memiliki dua rasa, yaitu kacang hijau dan kelapa. Namun, seiring berjalannya waktu es lilin semakin banyak memiliki berbagai jenis padanan rasa.

            Rasanya yang enak sampai mengantarkan es lilin hingga ke luar Bandung. Banyak para pedagang es lilin berjualan dengan gerobaknya atau stand by di depan rumah mereka. Seiiring berjalannya waktu, nama es lilin semakin meredup. Saat ini kita sudah jarang menjumpai es lilin. Melihat redupnya minuman dingin ini, bisa Anda manfaatkan untuk menghidupkan kembali dengan berbagai kreasi rasa.

            Es lilin dijual dengan tampilan bungkusan plastik. Sebelum dijual es lilin terlebih dahulu dibekukan dulu di dalam freezer. Bagi Anda yang baru memulai bisnis, bisa menggunakan mesin es krim dengan harga freezer yang lebih murah. Berapa pun harga freezer tentu memiliki fungsi yang sama, meskipun memiliki kapasitas tampung yang berbeda.

Para penggemar es biasanya identik dengan anak-anak. Anak-anak lebih menyukai sesuatu yang berwarna. Sekilas tampilan dari es lilin memang tidak menarik. Namun, Anda bisa memberikan rasa penasaran kepada konsumen melalui berbagai rasa es lilin. Salah satu tampilan es lilin yang menarik adalah dengan mencampurkan yoghurt dengan tambahan pewarna makanan.

Resep Es Lilin Yoghurt

Bahan-bahan

  • 400ml yoghurt
  • 300gr gula pasir
  • 500ml susu cair
  • 500ml air
  • 1 bungkus agar-agar bubuk
  • Pewarna makanan hijau dan merah (sesuai selera)

Langkah-langkah

  1. Rebus agar-agar dengan air dan gula sambil diaduk hingga mendidih dan merata.
  2. Lalu bagi menjadi dua bagian masing-masing ditambahkan warna merah dan hijau. Kemudian aduk kembali hingga merata.
  3. Tuang olahan agar tadi masing-masing ke dalam mangkuk dan dinginkan.
  4. Setelah dingin potong dadu dengan ukuran kecil.
  5. Rebus yoghurt, gula pasir, dan susu cair sambil diaduk hingga mendidih. Lalu dinginkan.
  6. Campurkan potongan agar-agar dan adonan yoghurt.
  7. Masukkan ke plastik lalu bekukan di dalam

Mengangkat kembali makanan tradisional dengan tampilan baru mungkin bisa Anda coba sebagai peluang bisnis kuliner. Tidak hanya es lilin kok masih banyak produk lainnya yang dapat memanfaatkan freezer. Dengan adanya daftar harga freezer di pembahasan sebelumnya, Anda dapat memilih secara bebas sesuai dengan kebutuhan. Namun yang perlu diingat adalah harga freezer menjamin kualitas dari hasil penggunaannya nanti.

 

 

(Zakiah)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

fifteen − eight =