Tips Cetak Plastik Kemasan Snack Ini Buat Bisnismu Makin Gemilang

Cetak Plastik Kemasan Snack

Cetak plastik kemasan snack merupakan salah satu hal yang perlu dipertimbangkan untuk memulai bisnis kecil-kecilan. Umumnya, setiap pemula bisnis pasti tertarik membuat packaging sesuai dengan keinginan (custom). Mulai dari ukuran, bentuk, dan dilengkapi fitur-fitur lainnya.

banner subcat plastik kemasan

Apalagi sebagai kebutuhan makanan ringan atau snack. Untuk menambah nilai jual tentu dibutuhkan desain pada cetak plastik kemasan snack. Tapi kamu tahu enggak sih, sebenarnya untuk seorang pemula dengan mengandalkan plastik transparan pun tidak menjadi masalah.

Namun, perlu diingat segmentasi pembeli perlu dipersempit terlebih dahulu. Misalnya menjajakan ke sekitar rumahmu atau dari mulut ke mulut terlebih dahulu. Cara tersebut dilakukan untuk mendapatkan saran dan pendapat terlebih dahulu. Di sisi lain juga sembari menggali rasa percaya konsumen akan rasa dari produk itu sendiri.

Kemasan polos memang tidak sepenuhnya menjadi prioritas konsumen. Konsumen tentu tidak terlalu percaya dengan makanan yang tidak menyajikan informasi lengkap pada kemasannya. Nah, untuk itu mulailah dengan menyajikan produk di sekitar rumahmu terlebih dahulu.

Jenis Plastik Kemasan

Ada dua jenis plastik kemasan yang bisa kamu pilih sebagai bungkus dari produkmu. Nah kedua jenis ini juga sangat berpengaruh penting untuk penjualan produkmu lho. Yuk kita simak bersama dari kedua jenis plastik berikut.

  • Pouch/Bag

Kemasan Zipper Pouch thumb

Pouch atau bag juga disebut dengan kemasan pillow karena bentuknya seperti bantal. Kemasan ini sangat umum digunakan di pasaran. Harga jual dari jenis kemasan ini juga tidak terlalu mahal, sehingga cocok untuk kamu seorang pemula bisnis.

  • Stand up plastic

Jenis plastik kemasan yang kedua adalah stand up. Stand up plastic lebih memiliki banyak keunggulan daripada pouch. Sesuai dengan namanya, plastik ini dapat diposisikan secara berdiri. Plastik ini banyak dipilih para produsen karena dinilai lebih fleksibel. Stand up plastic juga mampu menghindari isi produk agar tidak tumpah. Dengan posisi berdiri juga lebih mudah ditempatkan di mana saja.

Fitur Kemasan yang Penting Kamu Ketahui

Setelah terbagi menjadi 2 jenis, ada beberapa hal penting yang perlu kamu perhatikan, yaitu fitur . Beberapa fitur pada kemasan ini juga menjadi sorotan penting untuk menambah nilai estetik pada plastik. Fitur ini juga tidak hanya sebagai hiasan, tetapi juga memiliki fungsi atau kegunaan tersendiri.

  • Pinch Cutter

Pinch cutter adalah fitur penyobek pada kemasan plastik. Fitur ini memiliki bentuk runcing kecil yang ada di sudut atas plastik. Biasanya ada di sisi kanan atau kiri atas. Adanya pinch cutter ini mempermudah konsumen untuk membukanya tanpa merusaknya . Kemasan yang tidak memiliki pinch cutter terkadang menyulitkan konsumen untuk membukanya. Akhirnya membutuhkan peranan gunting.

  • Jahitan Korporasi

Jahitan korporasi hampir memiliki fungsi yang sama dengan pinch cutter, yaitu sebagai fitur penyobek pada plastik. Umumnya jahitan korporasi ini ada pada plastik dengan material PP Superclear. Berbeda dengan pinch cutter, jahitan korporasi ini terdapat di sepanjang segel di atas.

  • Lubang

Lubang pada kemasan berguna untuk memudakan pemajangan produk di rak-rak. Biasanya lubang dimasukkan ke sela-sela rak yang terkait, sehingga saat mengambil produk pembeli hanya perlu menggeser kemasan yang sudah tergantung pada kaitan rak.

  • Zipper

Zipper atau ziplock adalah salah satu fitur unggulan yang paling banyak dicari konsumen. Dengan adanya zipper memudahkan konsumen untuk membuka dan menutup kembali apabila isi produk belum habis. Adanya zipper juga membantu sebagai bentuk antisipasi agar isi produk tidak tumpah dari dalam kemasan.

Pilihan Desain Cetak Plastik Kemasan Snack

Salah satu hal yang selalu dipertimbangkan oleh perintis usaha adalah meminimalisir pengeluarkan dengan budget terbatas. Pemilihan packaging polos pun masuk dalam kriteria dalam menghemat budget. Namun, tidak ada salahnya jika kamu inging langsung mencoba merangkai desain cetak pada plastik snack. Ada beberapa tingkatan desain dari harga termurah hingga yang memiliki harga fantastis.

stand up pouchh OLD

  • Cetak Stiker

Cetak stiker dapat dilakukan terpisah dengan pembelian plastik. Kamu bisa mendesain sendiri dan mencetaknya ke digintal printing terdekat. Biasanya ukuran stiker pada kemasan tidak terlalu besar, misalnya dengan maksimal panjang 9cm dan maksimal lebar 5cm. Stiker yang sudah tercetak bisa ditempelkan secara manual pada muka kemasan.

Sebelumnya banyak para pemula mencetak logo kemasan dengan kertas biasa dan tidak bisa ditempel seperti stiker. Cara ini juga memiliki harga yang murah. Kamu hanya perlu meletekkan kertas logo itu di dalam kemasan. Namun, dampak buruknya kertas logo akan bercampur dengan isi produk. Cetak stiker biasanya minimum pemesanan tidak terlalu banyak dan bisa disesuaikan dengan kesepakatan antara pelanggan dan operator.

  • Sablon Kemasan

Sablon adalah proses stensil untuk memindahkan suatu citra ke atas plastik atau kertas. Sablon terdahulu memiliki proses kerja manual, yaitu dengan mengandalkan screen/kain. Namun seiiring berjalannya waktu pengerjaan sablon semakin canggih dengan mengandalkan mesin cetak khusus.

Beberapa plastik yang bisa disablon memiliki material OPP, PP, dan PE. Harga cetak desain sablon pada kemasan pun beragam. Ada yang menarik harga jual Rp250 per warna. Maksimal warna yang diperbolehkan pun hanya 5 buah. Tapi, pemesanannya pun tidak main-main, yaitu 10 ribu pcs dalam sekali cetak.

  • Printing Kemasan

Berbeda dengan sablon, biasanya plastik dengan desain printing ini memiliki sistem pewarnaan yang lebih tegas. Kemasan printing dicetak khusus. Biasanya banyak produsen yang tertarik memilih packaging dengan desain printing ini. Tidak hanya produsen begitu juga dengan konsumen.

Alasannya karena desain printing memiliki pewarnaan yang lebih menarik bahkan bisa disebut full color. Siapa sih yang tidak tertarik melihat packaging yang mencolok? Namun, tentu saja untuk pemesanan plastik dengan desain printing cukup menguras budget, yaitu sekitar 30rb minimum pemesanan atau setara dengan minimum budget Rp50jt. Belum lagi dikenakan biaya pada silinder saat proses pencetakannya.

Cetak Plastik Kemasan Snack

Bagaimana? Kira-kira jenis kemasan plastik apa yang cocok dengan snack-mu. Kamu juga bisa melakukannya per tahap. Sesuaikanlah dengan budget terlebih dahulu. Misal dengan pemilihan kemasan pouch yang dilengkapi fitur zipper saja. Sedangkan untuk desain bisa memilih cetak stiker atau sablon terlebih dahulu.

Seiiring berjalannya waktu, kamu bisa memodifikasi packaging dengan mencoba desain printing dengan menambahkan berbagai fitur mulai dari lubang, pinch cutter, dan sebagainya. Sudah siap untuk mulai cetak plastik kemasan snack sekarang?

 

 

(Zakiah)

Chat via WhatsApp