Bakso Gelas Jadi Sasaran Keras Peluang Usaha Modal Kecil

Peluang Usaha Bakso Gelas Jadi Sasaran Keras

Salah satu makanan atau jajanan terkenal dari Indonesia yang selalu mencuri perhatian adalah bakso. Bakso pada dasarnya merupakan makanan dengan olahan utama dari daging sapi atau ayam. Makanan ini dihidangkan dengan iringan kuah bening. Bakso dengan hidangan kuah ini menjadi ciri khas penyajian di Indonesia.

bakso gelas

Bakso juga dikenal unik dan cepat menarik perhatian karena bentuknya yang bulat padat. Tidak hanya di Indonesia, usaha bakso bahkan merembah cepat di luar negeri. Banyak para turis mancanegara sepakat bahwa bakso memang makanan yang lezat untuk disantap.

Berbeda dengan negara lain, bakso dihidangan dengan berbagai cara. Misalnya bakso kuah sambal, bakso bakar, bakso goreng, dan sebagainya. Keunikan sajian bakso di negara lain pun membuat pebisnis kuliner di Indonesia ikut mengadaptasi kreasi tersebut. Mereka menginovasikan hidangan bakso terlihat lebih modern.

Saat ini hampir seluruh pelosok di Indonesia banyak pedagang yang menjual bakso. Tentunya dengan berbagai kreasi yang menarik. Misalnya bakso gelas dari Batam. Jajanan bakso ini kembali hadir setelah sempat viral di beberapa tahun yang lalu. Apa yang membuat jajanan ini menarik perhatian?

Bakso Gelas Jadi Usaha Unik, Ini Alasannya

Bakso merupakan jajanan yang memang mudah untuk dijadikan peluang usaha. Jangan khawatir karena harus bersaing di pasaran. Salah satu cara untuk dagangan Anda cepat dikenal adalah memiliki branding atau teknik promosi yang menarik. Salah satunya dari packaging  atau wadah bakso. Seperti bakso gelas berikut.

  • Wadah sederhana, namun berkesan

Salah satu daya tarik jual produk adalah dengan memanfaatkan bungkus atau packaging yang mencolok. Namun, jangan salah sangka packaging menarik tidak selalu harus mahal kok harganya. Seperti bakso gelas yang satu ini. Gelas yang digunakan bisa Anda dapatkan di toko plastik terdekat.

Meskipun terlihat sederhana, bakso gelas ini mampu menarik perhatian pelanggan sekitar. Apakah rasanya berbeda? Berapa harganya? Dan apakah jenis baksonya seunik wadah yang digunakan? Nah, melalui wadah gelas ini saja Anda sudah mampu melakukan branding pada produk Anda. Produk Anda lebih dikenal Karena memiliki identitas atau sesuatu yang mudah diingat.

Sedangkan untuk tutup gelas Anda juga bisa dapatkan satu paket pada pembelian gelas plastiknya. Tutup yang digunakan memang tidak menjamin isi bakso tidak akan tumpah karena tidak ter-seal. Untuk menjaga gelas agar tidak tumpah, Anda bisa menggunakan cup sealer. Namun tidak disarankan untuk disimpan dalam waktu lama ya.

Selain gelas plastik, Anda juga bisa menggunakan gelas styrofoam. Gelas Styrofoam mungkin memang tidak disarankan untuk digunakan karena kurang ramah lingkungan. Tapi gelas ini sering digunakan karena mampu meredam rasa panas. Selain itu, harga jualnya pun tentu jauh lebih mahal.

  • Bakso kerikil jadi menu utama

Berikutnya adalah menu utama. Dari kebanyakan pedagang yang menjual bakso tentu mengedepankan bentuknya yang bulat pepat. Nah khusus jajanan ini, para pedagang bakso lebih memiliki bakso ukuran kecil dengan bentuk seperti kerikil. Bentuknya tidak beraturan tapi memiliki ukuran kecil yang sama dari tiap baksonya.

Tenang meskipun memiliki ukuran kecil, bakso gelas disajikan dengan jumlah banyak. Selain bakso kerikil, juga disediakan satu menu bakso lagi, yaitu bakso telur. Bakso telur memiliki ukuran besar atau jumbo. Jika Anda memilih bakso telur, isian bakso kerikil pun dikurangi karena mengingat ukuran gelas yang tidak terlalu besar. Atau satu gelas hanya ingin dua jenis bakso telur? Juga bisa kok.

Membuat bakso kerikil sendiri mudah dilakukan tanpa menggunakan alat cetak khusus, mengingat bentuknya tidak beraturan. Sedangkan bakso telur akan lebih baik menggunakan mesin cetak bakso agar hasilnya lebih memuaskan.

  • Punya harga murah yang kebangetan

Satu gelas bakso memiliki harga Rp4.000-Rp7.000. Murah banget kan? Ini juga menjadi salah satu alasan banyaknya penggemar bakso gelas. Meskipun memiliki harga murah, isi bakso dalam gelas dikatakan cukup dan bisa mengganjal perut.

Untuk harga tersebut merupakan isi standar dalam setiap gelas. Jika Anda merasa kurang banyak juga bisa request untuk ditambah lho. Namun, tentu saja juga ada penambahan biaya yah hihi. Harga juga disesuaikan dengan jenis bakso atau pilihan menu yang dipilih. Bakso yang dihidangkan dengan mi memiliki harga jual Rp7.000-Rp10.000, sedangkan tanpa mi mulai dari Rp4.000.

  • Tunggu apalagi? Ayo mulai jual bakso gelas sekarang

Untuk memulai usaha bakso gelas tidak perlu mengeluarkan modal banyak. Anda bisa memanfaatkan teras depan rumah sebagai tempat jualan pertama. Jika tidak memungkinkan di pinggir jalan dengan peralatan dapur seadanya juga tidak masalah kok. Jangan lupa untuk menyiapkan bahan utama daging, blender daging, gelas, kompor, dan pancir yang berisi air atau kuah panas.

Selain di rumah, ada juga pedagang bakso gelas keliling. Biasanya menggunakan sepeda atau motor. Namun, untuk pedagang bakso gelas keliling tentu perlu ada tambahan biaya untuk mendesain gerobak yang aman dan nyaman.

Cara Membuat Bakso Isi Telur Simpel

Membuat adonan bakso isi telur sebenarnya tidak ada yang berbeda dari jenis bakso lainnya. Namun, yang membuat menarik adalah isiannya. Untuk membuat bakso isi telur memang bagusnya menggunakan mesin cetak khusus agar bentuk bulatnya seragam. Ada cara lain yang lebih sederhana dan lebih menghemat budget.

Bahan-bahan

  • 450gr daging sapi giling yang disimpan dalam freezer
  • 50gr tepung tapioka
  • 1sdm bawang putih bubuk
  • ½ sdt saus teriyaki
  • ½ sdt bumbu kaldu bubuk
  • 1bh telur ayam
  • 1sdt garam
  • 60ml air dingin
  • 3 butir telur ayam rebus (untuk isian)

Langkah-langkah

  1. Ambil daging dari freezer, diamkan sesaat hingga bagian permukaan mencair.
  2. Potong-potong daging dengan ukuran kecil.
  3. Campur daging sapi giling, telur ayam, seluruh bumbu, dan tapioka. Aduk seluruhnya dengan blender. Sesekali tambahkan air dingin jika dirasa adonan belum cukup kalis.
  4. Didihkan air dalam panci secukupnya.
  5. Sambil menunggu mendidih, ambil adonan secukupnya lalu pipihkan di telapak tangan.
  6. Isi dengan telur. Lalu tutup lagi adonan dengan cara membulatkan hingga permukaan telur tertutup.
  7. Masukkan bakso dalam air mendidih hingga matang.

Inovasi Jenis Bakso untuk Memulai Bisnis

Dalam mengawali bisnis sering kali kita dilanda rasa takut gagal atau kalah saing di pasaran. Rasa itu muncul karena produk yang dijual terlihat sama dan tidak menonjol. Lalu apa yang perlu Anda lakukan jika ingin tetap membangun bisnis? Jawabannya adalah melakukan inovasi. Inovasi bentuk dan hidangan pada bakso berikut bisa membantu Anda untuk semakin berani melangkah.

  • Bakso sarang burung

Apa kesan pertama setelah mendengar inovasi bakso tersebut? Tentu terdengar aneh tapi menarik penasaran bukan? Bakso sarang burung memiki bahan adonan dari sayur-sayuran seperti kol, wortel, jamur kuping, dsb. Saat dihidangkan mungkin bentuknya terlihat berantakan karena penggunaan berbagai bahan olah tersebut yang menonjol. Namun, siapa sangka jenis bakso ini sehat untuk Anda yang vegetarian.

  • Bakso bambu runcing

Tidak jauh berbeda dengan rasa bakso pada umumnya, namun terlihat nyentrik dari bentuknya. Bakso ini dibentuk menggunakan bambu runcing. Saat dihidangkan pun di atas mangkok menyerupai potongan bambu. Tepat bagian dalamnya diisi dengan tetelan daging. Jenis bakso ini sangat familiar di daerah kota Jepara.

  • Bakso goreng penyet

Jenis bakso yang satu ini hingga saat ini masih memiliki banyak penggemarnya. Apalagi khusus Anda yang menyukai rasa pedas. Bakso goreng penyet bisa disajikan baik untuk camilan maupun menu lauk pauk bersama nasi. Untuk melakukan sedikit perubahan, Anda bisa menggunakan sedikit sentuhan keju atau pilihan sambal yang beragam.

Bagaimana? Sudah punya bayangan untuk membuka usaha bakso? Jika Anda tertarik membuka usaha bakso gelas, pilihlah beberapa jenis atau menu bakso yang menarik. Misalnya, bakso kerikil, bakso sarang burung, bakso telur, bakso isi urat, dsb. Dengan demikian, dagangan Anda tentu tidak terasa membosankan karena memiliki variasi menu yang menarik.

 

(Zakiah)

Chat via WhatsApp