Apakah Memilih Mesin Vacuum Sealer Bekas Itu Solusi Terbaik?

Vacuum sealer bekas seringkali menjadi banyak pilihan pengusaha pemula karena alasan keterbatasan modal. Tapi apakah dengan membeli mesin vacuum sealer bekas ini sudah jadi solusi terbaik? Mungkin bisa jadi, jika Anda beruntung menemukan mesin vacuum sealer bekas berkualitas, terawat serta masih berfungsi dengan baik.

Mario Wibowo, Jakarta, Vacuum Sealer

Memang secara harga lebih hemat dan terjangkau, namun dari segi kualitas tidak lebih unggul dari mesin baru. Resiko kerusakan-nya pun sangat besar, sehingga Anda perlu menyisihkan dan menyiapkan dana khusus untuk memperbaiki mesin tersebut jika terjadi kendala di kemudian hari. Dan masih banyak aspek penting lain-nya yang perlu Anda pertimbangkan.

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Vacuum Sealer Bekas

Vacuum sealer adalah salah satu perlengkapan usaha yang sangat vital dan harus ada untuk mendukung kelangsungan bisnis, terutama pada industri kuliner. Tidak hanya berfungsi untuk mengemas produk menjadi lebih menarik dan menjual, tapi juga dapat melindungi produk dari berbagai resiko kerusakan.

Salah satu-nya mencegah produk makanan cepat basi. Proses vacuum ini mampu memperlambat dan mencegah pertumbuhan bakteri serta mikroorganisme lain yang menyebabkan produk makanan tidak layak konsumsi. Karena keunggulan-nya inilah, vacuum sealer dibandrol dengan harga yang lumayan cukup tinggi dan sesuai dengan harga yang ditawarkan.

Mesin-Vacuum-DZ-X

Maka tak heran jika banyak pengusaha pemula terutama skala bisnis kecil, menengah, dan rumahan yang lebih memilih membeli mesin vacuum sealer bekas karena harga-nya yang lebih terjangkau. Keterbatasan modal memang seringkali menjadi permasalah para pengusaha pemula di awal merintis bisnis. Dan cara ini banyak dipilih sebagai upaya untuk menekan biaya operasional bisnis.

Jika Anda juga berniat untuk membeli mesin vacuum sealer bekas, sebaik-nya pertimbangkan beberapa hal berikut ini terlebih dahulu:

  • Mengerti soal mesin

Untuk mendapatkan mesin vacuum sealer bekas berkualitas ini memang rumit dan sulit. Anda perlu memeriksa-nya secara menyeluruh. Mulai dari spare parts hingga performa mesin itu sendiri. Pastikan semua fitur-nya berfungsi dengan baik.

Dan yang menjadi permasalah-nya disini adalah tidak semua orang mengerti tentang mesin, terutama Anda yang masih tergolong baru dalam industri kuliner. Sehingga Anda perlu mengajak teman atau kerabat yang dipercaya dan mengerti tentang mesin vacuum sealer dengan baik. Dengan begitu, Anda tidak akan merasa ragu saat menentukan apakah alat vacuum tersebut dalam kondisi bagus atau tidak.

  • Mesin terawat dengan baik

Hal kedua yang perlu Anda pastikan adalah perawatan mesin. Pastikan alat vacuum sealer bekas tersebut terawat dengan baik. Lihat apakah mesin tersebut bersih dari jamur, kotoran, dan karat. Perhatikan pula apakah ada bagian-bagian spare parts yang lepas atau rusak.

vacuum sealer bekas

Jika terdapat bagian fitur mesin yang rusak dan hilang, sebaik-nya urungkan niat Anda untuk membeli mesin bekas tersebut. Karena mengganti-nya akan mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. Belum lagi memperhitungkan biaya pemasangan atau service yang biasa-nya hanya bisa dikerjakan oleh teknisi berpengalaman.

  • Komponen mesin original

Tidak hanya berfungsi dengan baik, Anda juga perlu memperhatikan dan mengecek apakah komponen mesin-nya original atau tidak? Dan jika memang ada spare parts mesin yang sudah tidak original lagi, coba tanyakan bagian mana saja. Dan pastikan masih berfungsi dengan baik.

Tak lupa untuk melakukan test terlebih dahulu, untuk melihat perfoma mesin-nya. Jika Anda merasa bahwa mesin tersebut sudah tidak layak pakai, sebaik-nya urungkan niat Anda agar tidak menyesal di kemudian hari karena merasa dirugikan. Selalu prioritaskan mengecek kondisi dan komponen mesin terlebih dahulu.

  • Apakah harga-nya sesuai?

Setelah mengecek kondisi dan komponen mesin, pikirkan dengan matang apakah harga mesin vacuum sealer bekas tersebut sudah sesuai? Tidak hanya sesuai dengan budget yang dimiliki, tapi juga sesuai dengan performa mesin yang ditawarkan. Dan bandingkan!

Jangan terlalu terburu-buru, coba lakukan survey terlebih dahulu. Kini Anda tidak perlu repot-repot mendatangi satu persatu toko atau showroom yang menjual mesin vacuum sealer bekas. Anda cukup mengecek-nya secara online.

Lakukan perbadingan harga mesin vacuum sealer di beberapa situs e-commerce atau market place. Cek harga-nya sesuai dengan model atau jenis yang ditawarkan. Tidah hanya mengecek harga mesin vacuum sealer bekas saja, Anda juga bisa membandingkan-nya dengan mesin vacuum sealer yang baru.

Jika selisih harga yang ditawarkan tidak terlau jauh, sebaik-nya Anda membeli mesin vacuum sealer baru. Selain performa mesin-nya lebih maksimal, resiko kerusakan-nya juga lebih sedikit. Kalau pun ada kerusakan pada mesin, Anda bisa melakukan klaim garansi. Mahal memang, tetapi kualitas-nya lebih terjamin.

  • Apa masih ada garansi?

Usahakan cari mesin vacuum sealer bekas yang masih memiliki garansi. Sehingga jika ada kendala atau kerusakan pada mesin, Anda tidak harus mengeluarkan biaya reparasi cukup besar. Jarang memang, namun tidak ada salah-nya untuk dicoba.

Dan jika tidak menemukan mesin vacuum bekas bergaransi, pastikan Anda telah memperhitungkan biaya reparasi ataupun penggantian suku cadang yang dibutuhkan. Dengan begitu, Anda tidak akan terlalu kaget jika terjadi kerusakan mesin di kemudian hari, karena sudah dipertimbangkan dan diperhitungkan sebelum-nya.

  • Tanyakan alasan kenapa mesin tersebut dijual

Hal inilah yang sering dilewatkan, menanyakan alasan kenapa mesin vacuum sealer tersebut dijual. Pasti mereka menjual-nya bukan tanpa alasan, bisa saja alat vacuum tersebut memiliki beberapa kekurangan sehingga tidak terpakai lagi oleh pemilik-nya.

Jika memang ada kekurangan pada mesin dan masih bisa ditolerir, mungkin bisa Anda pertimbangkan. Tapi jika kendala-nya cukup banyak, lebih baik urungkan niat untuk membeli-nya. Anda juga bisa menanyakan penggunaan mesin tersebut.

Cari tahu mesin tersebut pernah digunakan untuk mengemas kemasan apa saja dan sudah berapa lama penggunaan-nya. Hal ini penting dilakukan, agar Anda mengetahui betul kondisi dari mesin vacuum sealer yang akan dibeli.

Itu dia sejumlah tips and trick memilih mesin vacuum sealer bekas. Pertimbangkan segala sesuatu-nya dengan matang sehingga tidak menganggu bisnis yang sedang Anda rintis. Membeli mesin bekas memang lebih murah, tapi penuh dengan resiko.

Salah satu-nya adalah kerusakan pada mesin yang mengharuskan Anda mengeluarkan dana lebih untuk memperbaiki-nya. Belum lagi resiko kerugian akibat proses produksi yang terhambat. Sehingga peluang untuk mendapat keuntungan pun hilang karena tidak bisa memenuhi permintaan pasar.

PT. HARUM SARI PRIMA FOOD INDUSTRIES, Vacuum Sealer

Mesin vacuum sealer baru memang membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Namun jika dilihat dari segi keunggulan yang ditawarkan, tentu-nya lebih menguntungkan. Dan untuk memulai usaha, mungkin Anda bisa memilih mesin dengan kapasitas kecil. Selain harga-nya lebih terjangkau, hal tersebut juga dinilai lebih efektif mengingat jumlah produksi di awal belum terlalu banyak.

Ingat selalu sesuaikan pemilihan mesin, dengan konsep atau skala bisnis yang akan Anda rintis. Baru setelah bisnis mulai berjalan dan berkembang, Anda mungkin bisa mulai memikirkan dan menabung sebagian dari pendapatan bisnis untuk membeli mesin vacuum sealer wirapax dengan kapasitas yang lebih besar lagi. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

15 − six =