Team kami dengan senang hati akan menjawab pertanyaan anda

Ini Dia Menu Olahan Kentang, Dari Hidangan Lokal Hingga Mancanegara

Hidangan Kentang Mana yang Menjadi Favoritmu?

Kentang merupakan salah satu jenis umbi-umbian batang yang banyak diolah menjadi menu makanan, sebut saja donat kentang. Kentang juga sering digunakan sebagai menu diet. Kentang memiliki bentuk bulat padat tidak beraturan dengan warna kulit cokelat. Saat dikupas, daging kentang terlihat lebih kuning dengan sedikit air. Kentang memiliki beragam bentuk dari yang kecil dan besar.

kentang

Selain menjadi menu lauk utama, kentang juga sering dijadikan topping sayur atau sup. Tidak hanya itu, menjadi camilan pun juga semakin menambah kelezatan dari umbi-umbian yang satu ini. Terbukti banyaknya keripik kentang yang laku keras di berbagai supermarket. Bahkan keripik kentang menjadi hidangan khusus saat berkumpul bersama teman-teman. Namun, sebenarnya apa sih manfaat kentang?

Manfaat Kentang

Kentang memiliki kandungan karbohidrat yang digunakan sebagai pengganti nasi. Kentang memiliki tekstur padat dan lembut, sehingga tepat dikonsumsi untuk mengganjal perut sementara. Tidak hanya lezat, ada berbagai manfaat yang baik untuk kesehatan tubuhmu. Berikut manfaat kentang:

  • Mengandung Antioksidan

Berbagai senyawa yang berperan sebagai antioksidan di dalam kentang adalah flavonoid, asam fenolik, dan karetonoid. Senyawa-senyawa tersebut dapat mencegah radikal bebas muncul yang biasanya merusak sel tubuh.

  • Menjaga Kesehatan Jantung

Fungsi jantung terjaga dengan baik karena adanya karotenoid. Selain itu vitamin C dan B6 dapat membantu mengurangi radikal bebas pada sel jantung dan sel-sel tubuh lainnya. Senada dengan itu, vitamin B6 juga berperan penting pada proses metilasi. Proses metilasi berfungsi untuk mengubah homoistein – molekul berbahaya menjadi metionin, yaitu struktur komponen baru dalam protein.

  • Mengendalikan Gula Darah

Bagi kamu yang memiliki diabetes, ternyata mengonsumsi kentang baik untuk menyeimbangi kadar gula. Kentang mempunyai pati resisten yang tidak bisa diserap oleh tubuh sepenuhnya. Saat pati resisten masuk ke usus besar, pati ini akan menjadi sumber nutrisi untuk bakteri baik yang ada di dalam usus.

  • Menjaga Kesehatan Fungi Otak dan Sistem Saraf

Selain dapat menyehatkan jantung, vitamin B6 mampu menjaga kesehatan saraf. Vitamin ini dapat menciptakan bahan kimia otak, seperti serotonin, noreprinefrinm dan dopamine. Kesimpulannya, mengonsumsi kentang dapat mengatasi depresi atau stress. Kalium pada kentang yang berfungsi mendorong pelebaran pembuluh darah juga membantu memastikan darah yang mengalir ke otak cukup.

  • Menyehatkan Pencernaan

Pati resisten juga berperang penting untuk menyehatkan pencernaan. Saat kentang masuk ke usus, pati resisten ini akan dimakan oleh bakteri baik yang akan diubah menjadi asam lemak rantai pendek. Asam lemak tersebut nantinya mampu mengurangi risiko peradangan di usus besar, mengurangi risiko kanker, dan memperkuat pertahanan usur besar.

Menu Kentang

Masih banyak manfaat lainnya yang kamu dapatkan jika suka mengonsumsi kentang. Untuk mendapatkan berbagai manfaat tersebut, kamu dapat mengolah kentang dengan berbagai cara apa pun. Mulai dari digoreng, direbus, dijadikan keripik, dan sebagainya. Beberapa menu kentang lainnya menjadi favorit berbagai daerah di Indonesia. Apa saja jenis makanan yang bisa kamu coba dari bahan kentang?

  • Mashed Potato

Mashed potato adalah salah satu hidangan kebaratan yang juga digemari masyarakat Indonesia. Mashed potato ini dibuat dengan cara menumbuk kentang yang sudah direbus hingga lembut. Biasanya kentang tumbuk ini disajikan sebagai menu sampingan dari hidangan utama. Kentang tumbuk juga lezat disantap bersamaan sajian steak hangat. Dikonsumsi tanpa makanan utama pun juga tidak kalah lezat. Kamu dapat menikmati mashed potato ini dengan berbagai jenis saus, seperti blackpepper sauce, barbeque sauce, dan sebagainya.

  • Kroket Kentang

Pernah mendengar istilah kroket kentang? Makanan ini memiliki dua versi, yaitu versi Belanda an Indonesia. Di Belanda kroket dibuat ragout (cincangan sayur seperti wortel, slederi, daging), yang dibaluri dengan telur dan tepung panir lalu digoreng. Sedangkan di Indonesia sendiri kroket dibuat menggunakan kentang rebus yang ditumbuk yang berisi daging cincang dengan sayuran. Berikutnya krekot dibaluri telur dan tepung panir. Lalu digoreng seperti sajian versi Belanda.

  • Perkedel

Kalau makanan yang terbuat dari kentang yang satu ini tentu saja sudah terkenal luas di lidah warga Indonesia. Perkedel sekilas mirip dengan kroket kentang. Bedanya perkedel ini tidak memiliki tepung panir. Perkedel juga menggunakan telur. Beberapa jenis lainnya mengombinasikan dengan isi daging. Resep Cara membuat perkedel kentang pun tidak terlalu sulit.

Bahan-bahan

  • 300gr kentang
  • 75gr daging sapi / ayam cincang
  • 3 siung bawang putih
  • 2 siung bawang merah
  • 1 ikat seledri
  • 2 butir telur
  • ½ sdt merica bubuk
  • Secukupnya minyak goreng

Langkah-langkah

  1. Cuci kentang dan kupas kulitnya. Potong-potong lalu goreng hingga sedikit melunak.
  2. Potong pangkal batang seledri yang tua. Lalu iris tipis sisa batang dan daunnya.
  3. Haluskan bawang putih, bawang merah, merica, dan garam. Tumis seluruhnya hingga harum.
  4. Haluskan kentang dengan cara ditumbuk. Lalu campurkan dengan bumbu tumis, daging sapi atau ayam cincang, dan daun seledri. Kemudian padatkan hingga membentuk bulatan pipih.
  5. Lumuri perkedel dengan telur yang sudah dikocok lepas. Goreng perkedel di dalam minyak panas. Gunakan api kecil dan masak hingga kekuningan.

Sebenarnya untuk memasak perkedel bisa menggunakan kentang rebus agar lebih mudah untuk dihaluskan. Namun, penggunaan kentang rebus lebih cepat membuat perkedel basi. Oleh karena itu, banyak para ibu rumah tangga lebih memilih kentang goreng daripada kentang rebus untuk membuat perkedel.

  • Sup Krim Kentang

Kentang memiliki tekstur lembut yang lezat diolah menjadi hidangan apa pun. Selain dihidangkan dengan sajian kering, nyatanya kentang yang diolah dengan sup tidak kalah menarik. Sup kentang ini memiliki rasa yang gurih karena dicampurkan taburan keju. Akan sangat nikmat disantap saat cuaca dingin. Coba buat yuk!

Bahan-bahan

  • 500gr kentang yang sudah dikupas dan dipotong-potong
  • 1sdm mentega
  • 1 siung bawang putih yang sudah dicincang
  • 20gr bawang bombay yang dicincang
  • 250ml susu segar
  • 250ml kaldu ayam
  • 2sdm krim segar
  • ½ sdt merica bubuk
  • 1 lembar bay leaf
  • 1sdt garam

Bahan pelengkap

  • Keju cheddar parut
  • Bread stick
  • Keripik kentang

Langkah-langkah

  1. Rebus kentang hingga lembut dan empuk.
  2. Tumis bawang bombay dan bawang putih hingga layu
  3. Masukkan kentang rabus dan aduk rata. Lalu angkat.
  4. Tuang ke dalam mangkuk lalu blender. Tambahkan susu.
  5. Lalu tuang ke dalam panci dan tambahkan bahan lainnya.
  6. Masak hingga mendidih, lalu angkat. Sajikan bersama bahan pelengkap.
  • Keripik Kentang

Makanan ringan yang satu ini tentu begitu familiar bukan? Cara pembuatannya pun sangat sederhana. Kamu hanya perlu mengupas kentang dan mencucinya bersih. Kemudian iris kentang tipis-tipis dan campurkan dengan garam atau bumbu racik lainnya. Goreng kentang hingga kekuningan jangan sampai gosong. Setelah matang, campurkan dengan berbagai bumbu seperti balado, jagung, keju, dan sebagainya.

bisnis keripik

Sambal Goreng Ati Kentang

Wah, kalau makanan yang satu ini Indonesia punya! Sambal yang digunakan pun beragam, mulai dari sambal pedas, asam pedas, pedas manis, dan sebagainya. Biasanya sambal goreng ati kentang juga dikombinasikan dengan berbagai tambahan makanan. Misalnya seperti ati ampela, daging giling, petai, ikan teri, dan sebagainya.

Dari berbagai hidangan kentang di atas, mana yang menjadi menu favoritmu? Hidangan western atau asli Indonesia? Biasanya yang membedakan keduanya adalah dari segi padanan bumbu. Indonesia sangat kental dengan kombinasi bumbunya yang berasal dari rempah-rempah. Sedangkan khas dari hidangan western salah satunya adalah penggunaan saus dengan berbagai varian.

Baik hidangan kentang ala western maupun khasnya Indonesia, kentang tetap menyimpan manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh kita. Kentang juga tepat menjadi teman diet yang sehat. Selain dari berbagai hidangan kentang di atas, kamu juga bisa lho untuk berkreasi sendiri. Yuk berkreasi!

 

 

(Zakiah)