Showcase Display

Harga Showcase sendiri bisa dibilang gak murah namun di balik harganya yang tinggi tersimpan kelebihan yang dimana dapat membuat produk apapun yang anda pajang menjadi lebih menarik serta berkelas Showcase adalah lemari pendingin / pemanas untuk menampilkan makanan atau minuman melalui media kaca. Showcase banyak ditemukan di berbagai supermarket atau toko kue. Kegunaannya untuk mempertahankan kesegaran produk. 

Showcase WS-X206C-3

Showcase memiliki manfaat yang penting untuk makanan dan minuman. Mungkin mendengar namanya akan sedikit asing untuk Anda. Namun, showcase ini mudah Anda temukan di mana saja. Mulai dari warung kecil hingga supermarket. Bahkan, beberapa tempat lain yang bukan otoritas menjual makanan dan minuman juga memiliki showcase.

Misalnya, seperti bengkel atau counter pulsa. Kedua tempat ini menyediakan showcase untuk menemani pelanggang yang sedang mendapatkan pelayanan. Di bengkel sembaari motor diperbaiki biasanya pelanggan akan merasa bosan. Sembari menunggu perbaikan motor selesai, pelanggan akan tertarik membeli produk minuman.

Selain minuman, makanan yang sering menggunakan showcase adalah kue tart. Kue tart menggunakan bahan-bahan yang mudah meleleh jika tidak disimpan dalam suhu dingin. Misalnya seperti krim atau cokelat batang. Jika dibiarkan di ruangan terbuka dan dengan suhu panas keadaan kue tart mungkin bisa menjadi buruk.

Begitu juga dengan minuman, hidup di negara beriklim tropis pasti lebih mengutamakan sajian dingin. Penyimpanan minuman di showcase inilah menjadi pilihan. Showcase juga dapat menjadi sarana binis. Tidak hanya untuk warung kecil dan toko kue. Siapa pun bisa membeli showcase ini. Harga showcase beragam ditentukan berdasarkan jenis dan kegunaannya.

            Sebelum membahas harga showcase ada baiknya Anda kenali dulu beberapa jenis showcase. Jenis-jenis ini dibedakan berdasarkan bentuk, kapasitas, dam kegunaan. Meskipun memiliki jenis yang sama, tujuannya tetap sama, yaitu sebagai lemari pendingin untuk menyimpan makanan atau minuman.

Jenis-jenis Showcase

  1. Dari Segi Ukuran

Single Door Showcase. Lemari pendingin ini memiliki satu pintu layaknya kulkas pada umumnya. Jenis ini memiliki bentuk kecil memanjang atau ramping. Selain minuman, single door showcase juga sering dimanfaatkan untuk penyimpanan puding. Single door showcase memiliki jarak antarrak sedikit tinggi ke atas, sehingga bisa digunakan untuk menyimpan minuman botol, kaleng, ataupun beberapa produk kecil dengan tinggi tertentu lainnya.

showcase single door

Multi Door Showcase. Jenis berikutnya memiliki fungsi yang sama dengan model satu pintu. Namun, bentuk multi door showcase ini lebih lebar karena memiliki dua pintu. Menggunakan showcase ini dapat memudahkan Anda untuk menempatkan produk secara bersamaan.

Multi Deck Showcase. Lemari pendingin ini yang paling umum dan sering ditemukan di supermarket. Multi deck showcase uniknya tidak memiliki pintu dan dibiarkan terbuka. Namun, udara dingin yang terkendali tetap mempertahankan kualitas minuman yang disimpan. Selain minuman, kulkas ini juga digunakan untuk menyimpan buah-buahan dan sayur-sayuran.

  1. Sebagai Penyimpan Minuman

Display Cooler. Display cooler memiliki beberapa rak bertingkat yang dapat memudahkan Anda untuk menyusun minuman dengan rapi. Display cooler memiliki model tampilan satu dan dua pintu. Salah satu penjagaan suhu udara dingin terdapat pada karet di sekeliling pintu pada bagian dalamnya. Karet tersebut memiliki sifat erat untuk menjaga suhu dingin di dalamnya. Display cooler memiliki suhu 0-10 derajat celcius.

harga showcase minuman

Beer Cooler. Beer cooler memiliki suhu maksimal mencapai -2 hingga -6 derajat celcius. Dengan suhu ini dapat menjaga busa bir dengan lezat dan berkualitas. Lemari pendingin ini juga memiliki jenis satu pintu dan dua pintu. Ukurannya lebih kecil dan lebar daripada display cooler.

Wine Cooler. Showcase berikutnya dikhususkan untuk minuman anggur atau wine. Minuman anggur ini memiliki sifat yang mudah bereaksi dalam keadaan terang. Oleh karena itu, wine cooler didesain dengan warna yang lebih gelap dengan filter ultra violet, desain rak kayu, pelindung frost, thermostat hingga alarm suhu tinggi.

  1. Sebagai Penyimpanan Makanan

Cake/Pastry Showcase. Cake showcase terbagai menjadi dua, yaitu countertop showcase dan full cake showcase. Countertop showcase adalah lemari pendingin ini biasanya diletakkan di atas countertop (meja marmer) yang berdekatan dengan kasir sebagai akses pengambilan produk dengan leluasa. Sedangkan full cake showcase memiliki bentuk yang lebih besar daripada countertop showcase. Full cake showcase ini harus diletakkan di lantai langsung karena bentuknya besar dan berat. Ada pula showcase display warmer yang biasa di gunakan untuk mendisplay kue-kue kering atau makanan hangat hasil dari proses fryer

display warmer

Kedua jenis tersebut menggunakan kaca antiembun untuk presentasi produk yang lebih indah dan menarik. Khusus kulkas ini memiliki pintu dengan sistem rear-door, yaitu pintu dibuka dari belakang oleh pemiliki toko.

Selain itu, terdapat frozen food atau snack showcase. Lemari pendingin ini diatur untuk makanan yang harus dikemas dingin atau beku. Misalnya seperti nugget, bakso instan, otak-otak, dan lain-lain.

Berikutnya ice cream showcase, kulkas ini tentu saja digunakan untuk menyimpan es krim. Lemari pendingin ini pasti sering Anda temukan bukan? Apalagi bagi penggemar es krim, pasti sudah hapal dengan lemari pendingin ini.

            Nah, jika Anda tertarik ingin berbisnis langkah pertama adalah memilih jenis showcase apa yang akan digunakan. Jangan lupa sesuaikan dengan budget harga showcase yang telah Anda siapkan. Selain itu, Anda juga perlu menyesuaikan dengan tata letak kedai Anda. Showcase memiliki berbagai macam bentuk yang dapat Anda pilih sesuai kebutuhan.

Harga Showcase

            Setelah mengetahui berbagai jenis showcase berikutnya Anda harus mencari tahu tentang harga showcase. Dari jenis showcase dengan ukuran kecil hingga besar perlu menyiapkan kisaran uang Rp2-25 juta. Untuk single door showcase memiliki harga Rp2.500.000 hingga Rp12.200.000. Sedangkan untuk multi door showcase terbagi menjadi dua, yaitu dua pintu dan tiga pintu.

            Semakin banyaknya pintu tentu saja harga showcase semakin mahal. Meskipun mahal kualitas mesin sesuai dengan harga. Anda memang perlu merogoh kocek dalam jika memilih multi door showcase. Untuk showcase dengan dua pintu memiliki kisaran harga Rp.8.500.000-20.000.000. Berikutnya dengan tiga pintu, biasanya tipe lemari pendingin ini dijual dengan harga showcase Rp13.800.000-24.500.000.

            Selanjutnya multi deck showcase. Showcase ini jarang digunakan untuk bisnis rumahan. Lemari pendingin ini dominan mewarnai makanan, minuman, buah-buahan, dan sayur-sayuran di swalayan besar. Harga showcase ini cukup mahal, yaitu memiliki kisaran Rp20-60jt. Harga showcase yang sangat fantastis bukan?

            Showcase berikutnya adalah beer cooler. Beer cooler lebih sering digunakan oleh masyarakat menengah ke atas. Di Indonesia sendiri minuman bir jarang dijual bebas. Namun, jika Anda tertarik membeli lemari pendingin ini, perlu mengeluarkan uang sekitare Rp6jt-an. Sama halnya dengan wine cooler, minuman ini hanya ada beberapa di tempat tertentu. Harga showcase ini mulai dari Rp2.650.000-6.500.000.

            Berikutnya showcase penyimpan makanan. Cake showcase ini dijual dari harga Rp9jt-an hingga Rp70jt-an. Harga tersebut juga merupakan gabungan dari countertop showcase dan full cake showcase. Harga mahal lebih mendominasi dari full cake showcase karena bobotnya yang berat dan besar.

            Lalu ada frozen food showcase. Mesin ini juga sering ditemukan di pasar swalayan besar. Frozen food showcase dengan harga kisaran Rp5jt-10jt-an. Terakhir adalah ice cream showcase. Lemari pendingin khusus ini sangat memiliki peranan penting. Apalagi makanan dingin ini memiliki banyak penggemar. Oleh karena itu, kualitas showcase perlu dipertimbangkan. Harga ice cream showcase memiliki harga sekitar Rp4jt ke atas.

            Beberapa kisaran harga tersebut bisa menjadi acuan Anda untuk membeli showcase. Agar lebih jelas ada baiknya Anda datang langsung ke toko mesin yang menjual berbagai showcase tersebut. Perbedaan harga dapat dilihat dari detail showcase. Detail tersebut bisa mencakup kapasitas, daya listrik, bobot mesin, dan lain-lain.

            Showcase pada umumnya memiliki fungsi sebagai lemari pendingin penyimpanan makanan dan minuman agar tetap segar. Lalu apa bedanya ya dengan kulkas atau freezer? Padahal kulkas atau freezer juga dapat difungsikan untuk menyimpan makanan atau minuman dengan suhu dingin.

Perbedaan Kulkas, Freezer, dan Showcase

Bentuk Fisik

Kulkas dan freezer dirancang sebagai penyimpanan makanan dan minuman dingin di rumah. Bahan masakan dapur akan lebih awet jika disimpan di kulkas atau freezer. Kulkas juga disebut dengan fridge. Biasanya kulkas memiliki varian 1-2 pintu. Saat ini kulkas sudah menyatu dengan freezer.

Freezer sendiri memiliki dua jenis, yaitu deep freezer dan chest freezer. Deep freezer berfungsi untuk membekukan makanan, minuman, dengan pintu yang dibuka dari depan. Sedangkan chest freezer juga memiliki fungsi yang sama dengan deep freezer. Namun, pintunya dibuka dari atas. Chest freezer juga memiliki ukuran lebar dan tidak meninggi.

Sedangkan showcase dirancang dengan pintu transparan. Hal tersebut memudahkan konsumen untuk memilih produk dari luar atau dalam jarak jauh. Penggunaan showcase memang dikhususkan untuk Anda yang ingin berbisnis. Dengan susunan yang rapi dan menarik akan membuat konsumen lebih tergoda untuk membeli.

Tingkat Suhu Maksimal Pendinginan

            Berbicara suhu, posisi pertama dengan suhu terendah ada pada posisi freezer. Freezer memiliki suhu maksimal -28 derajat celcius (pada cheset freezer) yang dimana prinsip kerjanya berbeda dengan Mesin Es Krim. Pada dasarnya freezer ini memang memiliki tujuan untuk membekukan air. Selain itu juga bisa menyimpan daging selama tiga bulan.

            Berikutnya fridge atau kulkas. Kulkas memiliki suhu mencapai 0 derajat celcius. Kulkas umumnya digunakan untuk menyimpan makanan dan minuman agar tetap dingin dan segar. Namun, khusus untuk makanan mentah seperti daging tidak bisa bertahan lama hanya bertahan beberapa hari ke depan. Kandungan gizi dari bahan makanan mentah tersebut jika disimpan dalam waktu lama juga dapat menyebabkan gizi yang berkurang.

            Lalu ada showcase yang dapat mencapai suhu maksimal pendinginan 0-10 derajat celcius. Suhu tersebut sangat cocok untuk meletakkan makanan dan minuman berkemasan kaleng. Kekuatan karet yang menempel pada sekeliling pintu juga membantu menjaga suhu agar tetap dingin. Showcase bisa dua kali lebih cepat dari kulkas biasa.

Konsumsi Daya Listrik

            Freezer yang tidak menyatu dengan kulkas memiliki daya listrik yang lebih hemat. Sedangkan kulkas memiliki perhitungan daya yang menarik. Saat Anda membuka pintu kulkas, sebagian udara dingin di dalamnya akan keluar dan menyebabkan suhu naik. Untuk menurunkan suhu kulkas kembali diperlukan energi yang besar dengan kata lain listrik yang dikeluarkan pun besar.

            Sama halnya dengan showcase, buka tutupnya pintu showcase juga dapat meningkatkan daya listrik. Namun, saat ini sudah tersedia showcase dengan pengaturan dan penggunaan listrik yang lebih efisien, sehingga juga dapat menghemat pengeluaran Anda.

            Nah, itu dia perbedaan dari ketiga jenis mesin pendingin ini. Meskipun memiliki fungsi yang hampir sama, untuk membangun bisnis yang lebih sederhana ada baiknya menggunakan showcase. Harga showcase pun beragam. Jadi, Anda tidak perlu bingung untuk memilih bisnis yang akan dibangun.

 

 

(Zakiah)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

16 − nine =