Harga Oven Roti Bekas

Harga oven roti bekas biasa dipasaran tentu lebih murah dari pada oven roti baru. Entah itu oven gas atau oven roti listrik bila sudah menjadi barang bekas tentunya harganya jatuh dari pada oven baru. Karena penyusutan untuk barang second selalu terjadi sesuai kondisi lama pemakaiannya.

Biasanya alasan orang membeli oven roti bekas karena memiliki budget yang minim atau karena penggunaannya hanya untuk sementara waktu saja. Sehingga orang malas bila menspend biaya terlalu besar jika penggunaannya hanya untuk sementara waktu agar tidak mubazir

harga oven roti bekas

Oven roti ialah salah satu mesin roti yang berfungsing untuk memanggang roti dan kue. Untuk para pebisnis roti yang menggeluti bisnis bakery, mesin roti yang satu ini merupakan mesin wajib yang harus dimiliki. Oven roti adalah salah satu faktor penentu berkembang atau tidaknya roti yang dibuat.

Dalam banyak hal oven juga digunakan untuk memanggang daging dagingan, seperti daging ayam, sapi, kambing dan juga ikan. Oven roti basic-nya memang untuk memanggang

Harga Oven Roti Bekas

  • Untuk oven roti gas bekas dipasaran harganya sekitar 2 jutaan hingga 8 jutaan
  • Untuk oven roti listrik bekas harganya mulai dari 7 jutaan hingga 10 jutaan

Tips Membeli Oven Roti Bekas

  • Perhatikan Kelayakan Oven Roti

Saat membeli oven roti bekas apakah oven bekas tersebut masih layak untuk melakukan oprasional dalam memanggang roti. alias segala fungsi fiturnya dapat berjalan dengan baik dan masih normal. Bila masih bagus itu berarti oven tersebut layak untuk anda beli.

  • Pastikan Membeli Brand Oven Ternama

Brand ternama tentunya sangat memengaruhi permasalahan sparepart oven tersebut bila terjadi kerusakan. brand oven ternama tentunya sparepartnya lebih mudah di dapat karena pasti banyak sparepartnya di pasaran. Sehingga bila terjadi kerusakan pada komponen oven tersebut anda tidak kesulitan mencarinya.

  • Sesuaikan Dengan Kebutuhan

Jika Anda baru pebisnis pemula maka disarankan bagi Anda membeli oven roti yang ukurannya kecil saja. Kecuali jika Anda ingin berinvestasi atau memulai usaha dengan produksi yang kapasitasnya besar. Anda boleh saja membeli oven roti ukuran bahkan besar. Namun jika masih bisnis rumahan, sepertinya oven ukuran kecil pas untuk bisnis Anda.

Biasanya untuk kebutuhan rumah tangga pilihlah oven roti dengan ukuran standar dengan jumlah rak dua hingga tiga buah. Sedangkan jika untuk kebutuhan bisnis pilihlah oven roti yang jumlah raknya melebih tiga agar bisa memanggang roti dengan jumlah yang banyak.

  • Hunting Harga

Sebelum membeli oven roti tak ada salahnya Anda hunting harga di beberapa swalayan dan toko online. Kemudian belilah oven roti di toko elektronik biasanya harganya lebih murah dibandingkan kedua tempat tersebut. Jika ternyata harga yang ditawarkan terlalu mahal maka bisa Anda tawar tak jauh dari harga yang sudah Anda lihat saat hunting harga.

  • Perhatian Mesin Oven Roti

Sebelum membeli lebih baik Anda perhatikan dengan seksama mesin roti yang akan Anda beli. Oven Rotinya terbuat dari stainless steel, almunium, besi atau baja. Biasanya mesin roti yang bagus terbuat dari stainless steel karena bahannya lebih awet dan tidak mudah berkarat.

Manfaat Oven Dari Beberapa Jenisnya

  • Oven Panci

Merupakan oven yang cara masaknya menggunakan panci berbahan logam dari besi. Manfaat menggunakan oven panci adalah panas yang dihasilkan oleh oven panci akan merata karena panas yang maresap ke panci akan mereata ke seluruh bagian panci yang berbahan besi.

  • Oven Tangkring / Oven Kompor

Oven jenis ini merupakan oven yang dipasang di atas gas atau kompor minyak tanah atau di atas tungku api. Manfaat menggunakan kompor ini dapat adalah dapat meghemat biaya karena harga oven yang cukup murah. Namun kekurangan dari oven ini adalah kualitas api yang tidak bisa di tebak jika menggunakan kompor minyak tanah maupun tungku api. (Baca juga: Manfaat Rice Cooker , Manfaat Sendok )

  • Oven Stove

Merupakan oven yang memiliki fitur two in one dengan kompor. Oven stove bermanfaat untuk efisiensi waktu memanggang ataupun memanaskan makanan sekaligus memasak makanan menggunakan kompor yang berada di atas oven. Dengan oven stove juga menjadikan kerja lebih cepat karena bisa sekaligus mengerjakan dua kegiatan memasak. Disisi lain juga dapat menghemat penggunaan tabung gas, karena satu tabung gas bisa digunakan untuk dua pekerjaan, yaitu menggunakan oven dan kompor.

  • Oven Listrik

Jenis oven yang mengubah energy listrik menjadi energy panas, atau dengan kata lain menggunakan listrik sebagai sumber energinya. Manfaat menggunakan oven listrik adalah menjadikan memasak lebih praktis, mudah, dan efisien karena selain menggunaakan listrik sebagai energy penghasil panasnya juga dikarenakan adanya fitur pengendali temperature dan timer otomatis. (Baca juga: manfaat buah yuzu, manfaat susu almond)

  • Oven Microwave

Oven ini bermanfaat hanya untuk memasak makanan yang mengandung air. Sumber energy yang dipakai adalah energy listrik sama dengan oven listrik biasanya. Hanya saja letak perbedaannya pada cara kerja masing-masing oven. Pada oven listrik, listrik memanaskan elemen pemanas, kemudian memanaskan udara di dalam oven, dan kemudian udara panas akan memanaskan masakan. Sedangkan pada oven microwave, listrik menghasilkan gelombang listrik dengan frekuensi yang tinggi, yang kemudian gelombang listrik tersebut secara otomatis memanaskan atau memasak makanan yang mengandung air.

  • Oven Gas Manual

Oven jenis ini menggunakan gas sebagai bahan bakarnya. Manfaat tambahan dari oven gas manual adalah hemat listrik karena menggunakan bahan bakar gas. Selain itu panas yang dihasilkan oven tidak mudah hilang karena dinding oven terbuat dari bahan isolator. Praktis dalam pengukuran suhu karena dilengkapi dengan thermometer. Hasil masakan juga matang secara merata karena terdapat fasilitas api atas dan api bawah, bahkan kita juga bisa mengaturnya apakah hanya menggunakan api atas saja ataukah api bawah saja.

  • Oven Elektrik

Merupakan oven yang menggunakan gas sebagai bahan bakar dan listrik untuk mengendalikan kerja oven. Selain untuk memanaskan makanan, oven elektrik memiliki manfaat yang lainnya adalah:

  • Praktis dalam pemakaian karena temperature dapat dikontrol secara otomatis, sehingga dapat disesuaikan sesuai kebutuhan, jika temperature yang diinginkan telah tercapai maka pembakar gas akan otomasi mati.
  • Lebih aman karena pemantik gas bersifat otomatis dengan listrik.Efisien, karena terdapat timer untuk menentukan berapa lama oven akan bekerja.
  • Meminimalisir energi yang hilang, hal ini dikarenakan oven elektrik memiliki isolator panas yang bagus.
  • Mudah dalam melihat derajat panas suhu yang sedang bekerja pada oven karena dilengkapi dengan thermometer.
  • Memudahkan dalam inspeksi keadaan masakan karena terdapat lampu indikator.
  • Konsistensi yang bagus karena temperature dan waktu sangat mudah dikendalikan. (Baca juga: manfaat sawi asin, manfaat kulit jeruk)

Bread Maker

Alat ini merupakan alat khusus yang digunakan untuk membuat roti, mulai dari mengaduk, menguleni sampai dengan proses pemanggangannya. Sehingga alat ini juga terdapat fitur sebagaimana oven yang berfungsi untuk memanaskan atau memanggang makanan, khususnya adalah roti.

Dengan menggunakan bread maker sangat bermanfaat bagi ibu-ibu rumah tangga yang suka membuat roti dengan tetap menjaga kualitas makanan karena dibuat sendiri.

Bahkan alat ini sangat praktis, kita tinggal memasukkan bahan-bahan yang dibutuhkan, menyalakan bread maker, maka secara otomasi bread maker akan mengaduk dan memasak roti sampai roti menjadi matang. Disisi lain bread maker juga akan membantu kita meminimalisir penggunaan waktu memasak.

Cara Memilih Oven Roti Sesuai Kebutuhan

  • Pilih sesuai dengan kebutuhan Anda. Sebelum membeli oven roti, ada baiknya Anda memahami terlebih dahulu jenis-jenis oven roti. Selain itu, jika Anda merupakan pebisnis pemula, dapat mencoba dengan mesin oven roti berukuran kecil. Sedangkan jika industri Anda meluas dapat mengganti mesin dengan kapasitas yang cukup besar.
  • Sesuaikan dengan batasan budget. Sangat penting untuk memilih mesin sesuai budget yang tersedia. Anda bisa melihat berbagai jenis oven roti di toko elektronik, swalayan, atau toko daring (online). Setelah melakukan hunting, Anda dapat menyesuaikan dengat persiapan budget dan segera membeli mesin di toko yang telah Anda tentukan.
  • Perhatikan komponen mesin. Oven roti yang baik memiliki bahan yang bersifat antikarat atau stainlees. Tujuannya tentu agar mesin lebih tahan lama dalam penggunaan jangka panjang.
  • Pilihlah mesin yang memiliki roda kaki. Tujuannya, agar mesin mudah untuk dipindahkan dan ditempatkan sesuai dengan ukuran mesin.
  • Pilih mesin dengan control timer. Hal tersebut memudahkan Anda untuk melakukan aktivitas lainnya. Mesin dengan penunjang timer akan menghentikan pembakaran secara otomatis. Jadi, Anda tidak perlu takut jika roti berakibat gosong.
  • Pilih oven yang memiliki pengatur suhu. Selain control timer, hal yang dapat memudahkan Anda adalah pengatur suhu. Dengan menyetel pengaturan suhu, roti Anda akan terbakar sempurna sesuai dengan keinginan Anda. Anda tidak perlu lagi memindaah-mindahkan loyang agar semua sisi terkena pembakaran.
  • Perhatikan garasi. Nah, ini merupakan salah satu hal yang penting untuk para pemula bisnis. Terkadang, para pemula sering kali belum memahami proses kerja mesin. Alhasil, mesin cepat rusak padahal baru digunakan dengan waktu pemakaian singkat. Dengan adanya garansi, Anda dipermudah untuk memperbaiki mesin agar dapat segera Anda gunakan kembali.

Peluang Usaha Oven Roti

Seperti yang kita ketahui oven roti adalah salah satu alat terpenting dalam produksi roti. Fungsinya untuk mematangkan adonan roti dengan cara memanggangnya dengan begitu akan menjadi roti yang siap di pasarkan dan di konsumsi.

Pastinya sangat menguntungkan sekali bila digunakan dalam bisnis roti dan kue. Tak hanya itu saja oven tersebut juga dapat digunakan untuk memanggang daging-dagingan seperti daging sapi, kambing, ayam, ikan, bebek dan lain-lain. Melihat hal tersebut tentunya oven semakin menguntungkan bila digunakan dalam bisnis kuliner apa saja yang proses pematangannya dengan cara memanggang.

Ibu Yuni, Jakarta, Gas Baking Oven

Dalam bisnis kuliner tentunya oven roti menjadi penentu kualitas  tingkat kematangan makanan yang akan disajikan pada pembeli. Kualitas makanan menjadi lebih baik saat disajikan dengan proses pemanggangan yang tepat.

Bisnis kuliner jadi lebih menguntungkan dengan adanya oven roti. Dalam bisnis restoran oven roti juga sangat berperan sekali karena berbagai bahan makanan yang akan di panggang jadi lebih cepat dan siap saji dan juga dapat meningkatkan kepuasan pelanggannya.

Demikian pembahasannya tentang harga oven roti bekas yang biasa dicari oleh para pebisnis kuliner yang memiliki budget minim. Untuk membantu dalam produksi usahanya agar lebih baik, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

one × five =